(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Situbondo

Tidak hanya memiliki objek wisata pasir putih yang terkenal akan keindahannya, Situbondo juga memiliki sejumlah pesantren di dalamnya. Bahkan, Situbondo mendapat julukan Kota Santri seperti Jombang. Hal ini dikarenakan banyaknya jumlah pesantren di Situbondo.

Tidak hanya itu, salah satu bupati Situbondo bahkan pernah mencetuskan wilayah tersebut sebagai Bumi Shalawat Nariyah. Berbagai pesantren yang ada di sana juga besar dan populer serta terkenal di daerah-daerah lainnya.

Untuk Anda yang sedang mencari informasi mengenai beberapa pesantren terbaik yang ada di Kota Santri tersebut, bisa menyimak penjelasan berikut. Namun perlu dipahami bahwa urutan penyebutan pesantren di bawah ini tidak menunjukkan peringkat ya.

Pesantren Jam’iyah Tahfidz Qur’an

Pesantren Jam’iyah Tahfidz Qur’an

Sesuai dengan namanya, ini adalah salah satu pesantren di Bondowoso yang secara khusus menangani tahfidz qur’an. Meskipun demikian, pesantren ini juga berhasil mengantarkan santrinya hingga menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi.

Bahkan ada santri yang hingga kuliah ke negara-negara lainnya seperti Mesir dan Cina. Jumlah santri yang ada di sini memang bisa dikatakan tidak sebanyak pesantren lain yang ada di Situbondo. Hanya saja, program tahfidz yang ditawarkan sangat variatif.

Bahkan ada 5 program tahfidz sekaligus, yaitu Tahfidz Plus Sarjana, Tahfidz Plus Sanad, Tahfidz Plus SMA, tahfidz plus SMP dan Tartil Plus Sanad.

  • Tahfidz Plus Sarjana, yaitu program menghafalkan al-qur’an yang lamanya 4 tahun atau 8 semester
  • Tahfidz Plus Sanad, yaitu program menghafalkan al-qur’an selama 6 bulan sampai 1 tahun
  • Tahfidz Plus SMA , yaitu program menghafalkan al-qur’an selama 3 tahun atau 6 semester
  • Tahfidz Plus SMP, yaitu program menghafalkan al-qur’an serta pendidikan formal yang setara SMP dengan metode Mesir
  • Tartil Plus Sanad, yaitu pendidikan khusus belajar al-qur’an secara baik serta benar yang sesuai dengan kaidah dalam ilmu Tajwid

Pesantren Jam’iyah Tahfidz Qur’an berada di Jl. Sucipto 77 Dawuhan, Situbondo.

Websitenya di https://tahfidz.id/.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Bondowoso

Pesantren Nurul Huda Paowan Panarukan

Pesantren Nurul Huda Paowan Panarukan

Pesantren Nurul Huda Paowan termasuk pesantren yang tertua di Situbondo. Pasalnya, pesantren ini sudah berdiri pada tahun 1862 silam. Meskipun termasuk pesantren yang tua, namun pesantren ini juga memasukkan program pendidikan formal.

Program pendidikan formal tersebut terdiri atas berbagai jenjang yang terhitung lengkap. Mulai dari PAUD, TK, MI, MTs, hingga MA dan SMK bahkan ada juga sekolah tinggi yang dinamakan dengan Cendekia Insani.

Biaya pendaftaran serta uang gedung di pesantren ini gratis. Selain itu, ada juga program unggulan lainnya, yakni program pendalaman terjemahan al-qur’an, sebuah program yang masih terhitung jarang ditemukan pada sejumlah pesantren saat ini.

Adapun alamat Pesantren Nurul Huda adalah di Bukkolah, Powan, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

Alamat website: –

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pamekasan

Pesantren Nurul Huda Paleyan

Pesantren Nurul Huda Paleyan

Pesantren di Situbondo lainnya ialah Pesantren Nurul Huda. Pesantren ini berada di atas lahan yang luasnya mencapai 14 hektar dan sudah berdiri sejak tahun 1974. Pesantren ini didirikan oleh Habib Musthafa Al-Jufri.

Pesantren Nurul Huda memiliki santri yang sangat banyak, dan bisa dikatakan sebagai salah satu pesantren yang besar di Kota Santri ini. Lokasi dan suasana dalam pesantren juga tergolong nyaman. Pesantren Nurul Huda juga menunjukkan pesantren yang khas pesantren NU pada umumnya.

Hal ini terlihat dengan metode yang digunakan, yakni metode bandongan dan metode sorogan. Selain itu, tradisi lain yang juga masih bertahan di pesantren ini ialah tradisi bahtsu masail. Lalu, tidak hanya mengajarkan ilmu agama, pesantren ini juga mengajarkan keterampilan.

Keterampilan tersebut secara khusus di bidang pertanian, tata boga serta pembangunan. Adapun program pendidikan yang ada di pesantren ini, terdiri atas berbagai jenjang, yakni mulai dari jenjang TK sampai dengan jenjang perguruan tinggi.

Selain ada pendidikan formal, ada juga pendidikan non formalnya. Kemudian ada program khusus tahfidz qur’an serta pendidikan bahasa Arab dan juga pendidikan bahasa Inggris.

Alamat pesantren ini adalah di Desa Peleyan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo.

Alamat website: –

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Sampang

Pesantren Walisongo Situbondo

Pesantren Walisongo Situbondo

Pesantren di Situbondo lainnya adalah Pesantren Walisongo. Pesantren ini sudah ada sejak tahun 1993 yang lalu. Pesantren Walisongo menerapkan pendidikan yang khas aswaja dengan aspek yang sangat menonjol ialah pembelajaran bahasa Arab, shorof, nahwu serta kajian kitab kuning.

Pesantren Walisongo termasuk pesantren yang besar. Dakwahnya dikenal oleh masyarakat luas dan sholawatnya juga yang terkenal dengan sebutan Al Mahabbah. Pesantren ini berada di atas lahan yang luasnya sekitar 10 hektar.

Di atas lahan seluas itu, Pesantren Walisongo memiliki sejumlah fasilitas. Diantara fasilitas tersebut ialah klinik kesehatan, perpustakaan, koperasi untuk santri, lapangan, gedung sekolah, dapur, masjid, kantor, serta asrama santri.

Tidak hanya ada berbagai fasilitas tersebut, Pesantren Walisongo bahkan juga memiliki lahan pertanian serta peternakan sendiri. Dengan semua hal tersebut, tidak heran jika Pesantren Walisongo disebut memiliki pengaruh yang besar di Situbondo.

Sementara untuk program pendidikan yang ada di pesantren ini ialah Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah untuk pendidikan formal. Kemudian ada Madrasah Diniyah sebagai pendidikan non formalnya. Selain itu, ada juga perguruan tinggi yang bernama STIQ Walisongo.

Alamat Pesantren Walisongo adalah di Jl. Basuki Rahmat No. 07, Mimbaan, Panji, Kabupaten Situbondo.

Website: – 

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Sumenep

Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo

Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo

Berbicara tentang pesantren yang usianya sudah tua di Situbondo, Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo adalah salah satunya. Pasalnya, pesantren ini sudah dirintis sejak tahun 1908. Namun baru pada tahun 1914, pesantren ini resmi didirikan.

Didirikannya Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo adalah berkat salah satu tokoh agama yang sekaligus merupakan pahlawan, yakni KH. Raden As’ad Syamsul Arifin.

Hadirnya pesantren di Situbondo ini tidak hanya sebagai lembaga pendidikan, namun juga sebagai lembaga perjuangan serta layanan masyarakat.

Dalam pesantren yang memiliki misi mengembangkan pondok pesantren yang berbasis ilmu, iman, teknologi serta kebutuhan masyarakat ini ada pendidikan non formal dan pendidikan formal serta sekolah tingginya.

  • Pendidikan Non Formal
  • Lembaga Qira’atuna & Amtsilatuna
  • Kajian Kitab Kuning
  • Jam’iyatul Qurra’ wal Khatthathin
  • Kursus menjahit dan bordir
  • Kursus dan pelatihan Jurnalistik
  • Kursus dan pelatihan elektronika, internet serta komputer
  • Kursus dan pelatihan kepemimpinan dan organisasi
  • Kursus dan pelatihan Bahasa Arab serta Bahasa Inggris
  • Pendidikan Formal Madrasah
  • MQ (Ma’hadul Qur’an) yang terdiri atas Tadris al-qur’an dan Tahfidz al-qur’an
  • MTI (Madrasah Ta’hiliyah Ibrahimy) yang khusus untuk mahasiswa dan mahasiswi
  • MA Salafiyah Syafi’iyah (Program Kemenag)
  • MA Salafiyah Syafi’iyah (Diniyah)
  • MTs Salafiyah Syafi’iyah (Program Kemenag)
  • MTs Salafiyah Syafi’iyah (Diniyah)
  • Madrasah I’dadiyah
  • MI Salafiyah Syafi’iyah (Program Kemenag)
  • MI Salafiyah Syafi’iyah (Diniyah)
  • RA Ibrahimy
  • Pendidikan Formal Sekolah
  • SD Ibrahimy
  • SMP Ibrahimy 1
  • SMP Ibrahimy 2 yang khusus untuk putra – putri masyarakat di Kecamatan Banyuputih – Situbondo
  • SMP Ibrahimy 3
  • SMA Ibrahimy 1 & 2 dengan jurusan IPA, IPS dan Bahasa
  • SMK Ibrahimy 1 dengan jurusan Administrasi Perkantoran, Teknik Komputer dan Jaringan, Akuntansi, Pemasaran, Budidaya Perikanan Air Payau, Multimedia, Keperawatan, Farmasi dan Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan
  • SMK Ibrahimy 2 dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan serta Agribisnis Tanaman Perkebunan
  • Perguruan Tinggi
  • Ma’had Aly Li’ilmai Al-Fiqh wa Ushulihi
  • Universitas Ibrahimy

Adapun biaya yang berlaku di pesantren ini adalah:

Uang PangkalRp600.000
Dana SehatRp100.000 per tahun
AsramaRp150.000
PendaftaranRp400.000

Selain itu ada biaya UTAP atau Uang Tahunan Pesantren yang besarannya disesuaikan dengan tingkat pendidikan yang ditempuh.

Alamat Pesantren ini adalah Sumberejo, Banyuputih, Situbondo.

Sedangkan alamat websitenya adalah https://sabarsukorejo.com/.

Berbagai pesantren di Situbondo tentunya semua layak untuk dipilih khususnya saat Anda ingin belajar agama Islam lebih dalam. Hanya saja, kalau berbicara soal pesantren yang banyak direkomendasikan, kelima pesantren di atas di antaranya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya.

Tinggalkan komentar