(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Temanggung

Bingung mencari rekomendasi pesantren di Temanggung yang terbaik untuk pendidikan putra maupun putri tercinta? Meskipun bukan merupakan daerah pusat perkembangan agama Islam dan tidak terletak di pesisir, namun Temanggung juga memiliki pesantren-pesantren terbaik.

Kabupaten Temanggung secara wilayah memang tidak terlalu luas dan tidak setenar tetangganya yaitu Magelang. Namun meskipun tidak luas jumlah pondok pesantren di Temanggung cukup banyak bahkan ada yang khusus untuk penderita tuna rungu.

Bahkan di daerah Temanggung bukan hanya terdapat pesantren tradisional saja tetapi juga pesantren modern dengan program pendidikan terbaik. Dengan mengetahui apa saja pesantren terbaik di Kabupaten Temanggung diharapkan Anda bisa menemukan yang paling tepat.

Pesantren Verbal ABATA

Pesantren Verbal ABATA

Inilah pesantren istimewa di Temanggung yang memang dikhususkan untuk santri dengan disabilitas yaitu tuna rungu. Namanya adalah pesantren verbal ABATA. Pesantren khusus tuna rungu ABATA memberikan pengajaran dengan metode visual kepada para santrinya.

Pembelajaran akan diberikan melalui metode lips reading atau membaca gerak bibir serta visual phoenix. Keistimewaan lainnya dari pesantren verbal ABATA adalah seluruh siswa atau santri yang menuntut ilmu di sini tidak dikenai biaya apapun alias gratis.

Sementara itu seperti kita ketahui bahwa mendidik anak-anak dengan kekurangan atau disabilitas tuna rungu tidak mudah dan membutuhkan keahlian khusus. Karena itulah untuk dibuka donasi bagi para dermawan yang ingin membantu pendidikan tuna rungu di ABATA.

Pesantren tuna rungu ABATA Temanggung memang sementara ini baru menerima santri putri saja karena terbatasnya tempat dan fasilitas. Program pengajaran yang diberikan adalah menggambar, melukis, hafalan Quran dan matematika.

Alamat Pesantren ABATA di Desa Manding Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Jika Anda berkenan menjadi donatur bisa melalui website http://abataindonesia.com/

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Banjarnegara

Pesantren Parak Bambu Runcing

Pesantren Parak Bambu Runcing

Melihat nama pesantren di Temanggung satu ini memang mengingatkan kita pada perjuangan para pahlawan. Persepsi tersebut memang tidak keliru karena pesantren tersebut memiliki keterkaitan dengan perjuangan bangsa terutama dalam peristiwa G30.S/PKI.

Pesantren yang sebenarnya bernama Manba’ul Falah ini didirikan oleh KH. Muhaimin yang merupakan anak dari seorang kyai kharismatik di Temanggung. Selanjutnya pesantren bersejarah di Temanggung ini disebut dengan nama Kyai Parak.

Metode pendidikan di Pesantren Kyai Parak menggunakan model formal pada tingkat Tsanawiyah dan juga Aliyah. Sedangkan untuk santrinya ada yang menetap namun ada juga yang pulang ke rumah.

Jumlah santri yang menginap di pesantren ada sekitar 200 orang dan sisanya pulang pergi ke rumah setiap hari. Selain pembelajaran formal layaknya di sekolah MTs dan MA lainnya santri di sana juga belajar tentang fiqih dan bahsul masail.

Alamat Pesantren Kyai Parak Bambu Runcing ada di Jalan Coyudan 3 RT.01/13 Kauman, Parakan, Temanggung 56264

Nomor telepon : (0293) 597160

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Jepara

Pesantren Hidayatullah

Pesantren Hidayatullah

Di pondok pesantren Kabupaten Temanggung ini para santri diajarkan untuk selalu menjaga adab dan tata krama kepada orang tua. Disamping itu juga pendidikan agama tentunya. Visinya adalah mencetak santri yang cerdas dan berbakti.

Hal tersebut berangkat dari filosofi yang diyakini oleh para pendiri pesantren di Temanggung tersebut. Filosofinya bahwa tidak akan ada kesuksesan yang dapat diraih anak jika tidak disertai dengan doa restu yang ikhlas dari orang tuanya.

Pesantren ini mempunyai lembaga pendidikan non formal tahfidz Al Quran selain program pendidikan formal. Jenjang pendidikan formal yaitu:

  • PAUD
  • SD
  • SMP
  • Aliyah (MA)

Alamat Pesantren Hidayatullah : Tuksongo, Nglorog, Pringsurat, Temanggung, Jawa Tengah.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Pemalang

Pesantren Modern Darul Falah

Pesantren Modern Darul Falah

Di Temanggung kita tidak hanya bisa menemukan pondok pesantren tradisional saja tetapi juga yang modern. Salah satu pondok pesantren modern di Temanggung adalah Darul Falah. Namun yang perlu Anda catat bahwa arti modern disini bukan pada fasilitas dan sarananya.

Jangan kaget kalau Anda kesana dan melihat gedung dan fasilitas yang cenderung sederhana jauh dari kesan modern. Pondok pesantren ini mengartikan modern dalam hal sistem pendidikannya tidak pada gedungnya.

Sistem pendidikan pada pesantren di Temanggung ini sama dengan pengajaran menggunakan kurikulum nasional umumnya. Tingkat pendidikan formal terdiri dari :

  • MTs yang setara SMP
  • MA setara dengan SMA
  • SMK

Sedangkan program tambahannya adalah:

  • Khusus Tahfidz Quran jadi setiap jenjang akan ada plus program tersebut. Misalnya MTs plus Tahfidz Quran. Siswa diwajibkan menghafal 15 juz Quran pada setiap jenjang pendidikan sehingga akan khatam saat lulus MA.

Bukan hanya itu saja karena para santri juga diwajibkan untuk mempelajari serta menguasai dua bahasa yaitu Arab dan Inggris. Santri juga harus belajar mendalami akidah, fiqih, tafsir dan lainnya.

Informasi penting lain mengenai Pesantren Darul Falah yaitu:

Biaya pendaftaran Rp4.500.000

SPP Rp500.000 per bulan

Website resmi : https://pkq.darulfalach.com/

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Batang

Miftakhurrosyidin Madureso

Miftakhurrosyidin Madureso

Keistimewaan dari pesantren di Temanggung ini adalah adanya perpaduan ciri khas antara pesantren tradisional Jawa Timur dan Jawa Tengah. Meskipun identik dengan pesantren tradisional namun gedung dan fasilitasnya justru sangat memadai.

Anda dapat melihat gedung yang digunakan untuk belajar pada santri cukup bagus dan bertingkat. Namun memang kurikulum pendidikan yang digunakan tradisional atau non formal seperti kajian kitab klasik.

Jenjang pendidikan dibagi menjadi 5 tingkat yang berbeda dari biasanya yaitu:

  • Ula
  • Wustho
  • Ulya
  • Dua jenjang lanjutan sehingga totalnya berjumlah 5.

Biaya masuk untuk belajar di pondok pesantren ini adalah Rp1.400.000 dan dapat dicicil.

Alamat : Cekelan, Madureso, Temanggung.

Informasi lebih lengkap dapat Anda dapatkan melalui website resminya di http://www.miftakhurrosyidin.ponpes.id/

Pesantren Modern Assalam

Pesantren Modern Assalam

Satu lagi pesantren di Temanggung dengan konsep modern yaitu Assalam. Bisa dikatakan konsep di sini adalah sekolah modern yang dilakukan dengan sistem pesantren atau istilahnya boarding school.

Boarding school di Temanggung ini menggunakan kurikulum yang dibuat oleh Kementerian Agama RI. Sedangkan fasilitas yang disediakan cukup komplit yaitu:

  • Ruang kelas
  • Laboratorium IPA,
  • Laboratorium komputer dan internet
  • Laboratorium bahasa

Prestasinya juga bagus yaitu meraih juara lomba KSM IPA Terpadu Tingkat Kabupaten Temanggung 2018.

Khusus untuk pendidikan Al Quran di sini yaitu tahfidz dengan target minimal sebanyak 6 juz dalam waktu 3 tahun atau per jenjang. Kemampuan lainnya adalah pelajaran bahasa Inggris dan Arab untuk setiap siswa.

Satu hal yang perlu dicatat karena memiliki fasilitas yang lengkap maka tidak heran kalau pondok pesantren modern Assalam Temanggung ini biayanya terbilang mahal. Setiap siswa akan dikenakan biaya kurang lebih Rp8.000.000 untuk bisa belajar di sana.

Alamat : Jalan Raya Secang Km.5 Kranggan, Gandokan, Temanggung.

Kalau Anda merasa tertarik untuk menyekolahkan putra putri di pesantren Assalam silahkan langsung melihat informasinya melalui website http://assalaamtmg.sch.id/

Ternyata meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, namun pesantren di Temanggung cukup beragam dari segi jenjang pendidikan maupun konsepnya. Anda bisa memilih pesantren tradisional maupun pesantren modern di Temanggung tersebut.

Tinggalkan komentar