(REVIEW) Rekomendasi Pesantren Terbaik di Wonogiri

Tidak dikenal sebagai kota pesantren, bukan berarti kehadiran pesantren kosong di Wonogiri. Terdapat beberapa pondok pesantren di Wonogiri yang terbaik sebagai pilihan untuk menimba ilmu agama dan pengetahuan umum.

Saat ini, model pesantren modern memang semakin banyak. Pesantren tersebut tidak hanya fokus pada pendidikan agama dan kajian kitab kuning, tetapi juga ilmu umum di jenjang pendidikan formal. Bagi yang berencana untuk nyantri di Wonogiri, maka harus mencermati rekomendasi berikut ini.

Pondok Pesantren Modern Al Iman

Pondok Pesantren Modern Al Iman

Salah satu pesantren modern yang terkemuka di Wonogiri yaitu PP Al Iman. Lembaga pendidikan tersebut menyelenggarakan program pendidikan kesetaraan yang selevel dengan jenjang SMP dan SMA.

a. Alamat dan Kontak

Jalan Raya Wonogiri – Ponorogo Kilometer 9, Sanggrahan, Ngadirojo Kidul, Wonogiri, Jateng. Nomor telepon pesantren: 0878 3993 9692, website ponpes: https://al-iman.ponpes.id/pondok-pesantren-modern-al-iman-wonogiri/.

b. Program Pesantren

PP Modern Al Iman merupakan salah satu pesantren di Wonogiri yang menerapkan model pembelajaran terpadu (integrated). Disebut sebagai sistem terpadu karena menggunakan 100% materi keislaman dan 100% materi umum.

Sistem tersebut memang umum diaplikasikan oleh ponpes modern untuk membekali para santri dengan ilmu agama dan umum secara seimbang. Berikut daftar program pendidikan di PP Modern Al Iman Wonogiri:

  • Kuliyyatul Mu’allimin/Mu’allimat Al Islamiyah (KMI). Jenjang pendidikan yang setara dengan SMP/MTs dan SMA/MA;
  • Sekolah Menengah Kejuruan. Adapun jurusan yang dibuka yakni Tata Busana.

Ponpes Modern Al Iman mengaplikasikan 3 jenis kurikulum yakni kurikulum pesantren modern, khas pesantren salaf dan kurikulum nasional.

c. Biaya Pesantren

Berikut estimasi biaya pendidikan di Pesantren Modern Al Iman Wonogiri:

Jenis BiayaJumlah
Sumbangan PembangunanRp700.000
Layanan KesehatanRp150.000
Ujian Pondok dan RaportRp250.000
Majalah/KertasRp100.000
Organisasi SantriRp100.000
SPP BulananRp245.000
Uang Makan BulananRp355.000
Perluasan WakafRp20.000

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Sukoharjo

Pondok Pesantren Arrasyid

Pondok Pesantren Arrasyid

Pesantren Arrasyid didirikan pada tahun 2017. Walaupun tergolong muda, kualitas pondok pesantren modern ini tidak perlu diragukan. PP Arrasyid menerapkan sistem pembelajaran yang berpatokan pada kurikulum terintegrasi, Tahfidz Quran dan pengajaran bahasa Arab.

a. Alamat dan Kontak

Dusun Mantren, Desa Gunungan Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Kode Pos 57662. Nomor telepon pesantren: 0896 6154 2256 atau -838 3629 2213. Informasi dan berita terbaru dapat dibaca pada website resmi pondok https://www.arrasyid.ponpes.id.

b. Program Pesantren

Dalam menjalankan programnya, PP Arrasyid Wonogiri berpegang teguh pada Alquran dan Sunnah berdasarkan pemahaman salaful ummah. Pesantren ini memiliki komitmen kuat untuk menghasilkan generasi para da’i dan da’iyah berkualitas.

Terdapat dua jenis program pendidikan yang diselenggarakan oleh PP Arrasyid Wonogiri, antara lain:

  • Kuliyyatul Mu’allimin/Mu’allimat Al Islamiyah (KMI) untuk Putra dan Putri. Program pendidikan kesetaraan yang levelnya sama dengan jenjang Tsanawiyah dan Aliyah. KMI ditempuh selama 4 hingga 6 tahun yang terbagi menjadi kelas reguler dan intensif;
  • Ma’had Aly. Program yang setara dengan pendidikan tinggi. Kampus Ma’had Aly PP Arrasyid dibuka hanya untuk santri putri yang nantinya akan dibekali dengan dasar ilmu agama dan Qur’an. Tujuannya untuk menghasilkan para kader da’iyah unggul dan berakhlaqul karimah.

c. Biaya Pesantren

Berapakah biaya yang dibutuhkan untuk nyantri di PP Arrasyid? Sebagai gambaran, silakan mencermati tabel berisi rincian dan nominal biaya di bawah ini:

Program KMIProgram Ma’had Aly
Jenis BiayaJumlahJenis BiayaJumlah
Uang SPPRp500.000Uang SPPRp400.000
Uang GedungRp4.000.000Uang GedungRp1.500.000
Uang Kegiatan SantriRp450.000Uang Kegiatan SantriRp450.000
Uang PerlengkapanRp2.000.000Uang PerlengkapanRp500.000
Paket SeragamRp750.000  
Paket BukuRp500.000  

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Sragen

Pondok Pesantren Terpadu Al Huda

Pondok Pesantren Terpadu Al Huda

Masih ada pilihan terbaik lain untuk nyantri di Wonogiri yakni PP Terpadu Al Huda. Pondok pesantren yang dikelola oleh sebuah yayasan dengan nama yang sama tersebut, menyelenggarakan program pendidikan jenjang SD, SMP dan SMA.

a. Alamat dan Kontak

Jalan Raya Wonogiri – Ngadirojo Kilometer 3, Bulusulur, Wonogiri. Nomor telepon pondok pesantren: (0273) 321982 dan websitenya: https://smpitalhuda.sch.id/.

b. Program Pesantren

Pondok Pesantren Islam Terpadu Al Huda Wonogiri merupakan model pesantren modern yang menyediakan pendidikan formal jenjang SD IT, SMP IT dan SMA IT. Adapun program unggulan yang ditawarkan oleh PP Terpadu Al Huda, antara lain:

  • Kelas digital;
  • Akselerasi Tahfidz Qur’an;
  • Outing class;
  • Bina pribadi Islami;
  • Kegiatan kemah nasional & internasional;
  • Al Huda expo;
  • English & Arabic club;
  • Program prestasi akademik & non-akademik.

Program-program tersebut dibentuk demi menggapai tujuan utama PP Al Huda yakni menghasilkan para santri yang berakhlaqul karimah, berprestasi dan bermanfaat bagi umat.

Selain mengajarkan materi seputar pengetahuan umum sesuai kurikulum nasional, seluruh jenjang pendidikan di PP IT Al Huda juga memberikan materi kepondokan yang meliputi:

  • Bahasa Arab;
  • Fiqih;
  • Hadist Arba’in;
  • Bulughul Maram;
  • Muhadhoroh;
  • Tasmi’.

c. Biaya Pesantren

Bagi yang berminat menyekolahkan putra atau putri ke PP Islam Terpadu Wonogiri, maka penting mengetahui estimasi biaya pendidikan yang perlu dikeluarkan:

Jenis BiayaJumlah
SPIRp4.500.000
Dana Kegiatan SantriRp600.000
Dana Kesehatan SantriRp300.000
Paket SeragamRp1.450.000
Paket BukuRp1.350.000
Syahriah BulananRp1.100.000
TabunganRp1.000.000

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Karanganyar

Pondok Pesantren Mambaul Hikmah

Pondok Pesantren Mambaul Hikmah

Termasuk pesantren yang tua di Wonogiri, nama Mambaul Hikmah sudah akrab di telinga masyarakat sekitar, bahkan luar Wonogiri. Perintisan pondok pesantren tersebut dimulai sekitar tahun 1994 oleh Ustadz Abdul Aziz dari Cirebon. Kini, Mambaul Hikmah sudah maju dan dipilih banyak santri.

a. Alamat dan Kontak

Nambangan, Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Kode Pos 57652. Nomor telepon pesantren: (0273) 322520.

b. Program Pesantren

Pesantren Mambaul Hikmah menerapkan kurikulum yang terpadu sehingga mengajarkan materi agama dan umum secara seimbang kepada para santri. Adapun program pendidikan yang dibuka, meliputi:

  • Taman Kanak-Kanak;
  • Sekolah Dasar Nawa Kartika;
  • Sekolah Menengah Pertama Nawa Kartika;
  • Madrasah Diniyah;
  • Taman Pendidikan Alquran.

Dalam rangka menunjang pengembangan diri para santri, kegiatan ekstrakurikuler pun disediakan. Beberapa pilihannya sebagai berikut:

  • Kajian Kitab Kuning;
  • Tahfidzul Qur’an;
  • Seni Hadroh;
  • Tahlil;
  • Imamah;
  • Pidato dan Dakwah;
  • English & Arabic Club;
  • Pramuka & PMR;
  • Sepakbola & beladiri.

Baca: Rekomendasi Pesantren Terbaik di Blora

Pondok Pesantren Al Ibanah

Pondok Pesantren Al Ibanah

Bagi yang mencari pondok pesantren di Wonogiri khusus Tahfidz Quran dan bahasa Arab, maka salah satu rekomendasi terbaiknya yaitu PP Al Ibanah. Sebagai ponpes yang fokus pada Tahfidz Qur’an, maka programnya didominasi oleh kegiatan menghafal Alquran.

a. Alamat dan Kontak

Desa Dangkrang, Purwantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Nomor telepon pesantren: 0858 0295 3981. Silakan untuk mengklik website pesantren https://www.ponpesalibanah.sch.id untuk memperoleh informasi dan berita paling baru.

b. Program Pesantren

Al Ibanah memang pilihan yang cocok bagi calon santri yang ingin menghafal Alquran dan menguasai materi keislaman dengan maksimal. Tujuan utama dari PP Al Ibanah yakni perbaikan bacaan, hafalan, pendalaman bahasa Arab dan pendalaman keislaman serta ilmu dakwah.

Adapun program pendidikan yang diselenggarakan oleh PP Al Ibanah Wonogiri, meliputi:

1) Tahfidz Alquran

Program ini khusus untuk menghasilkan para lulusan yang menghafal Alquran. Metode yang digunakan yakni Metode Yanbu’a yang terdiri dari 7 jilid. Sebelum memulai program menghafal Alquran, para santri harus melalui program perbaikan bacaan terlebih dahulu.

2) PAUD Alquran

Seperti yang tertera pada namanya, program ini memiliki tujuan untuk mengenalkan Alquran kepada para santri PAUD sejak dini. Pengenalan tersebut meliputi cara membaca, menulis dan contoh pengamalan isi Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

3) Madrasah Ibtidaiyah Unggulan

Program pendidikan yang berdiri tahun 2016 ini memiliki tingkat yang setara dengan Sekolah Dasar. Program unggulannya yakni Tahfidzul Quran. Pada tahap ini, santri belum diwajibkan hafal 30 juz, tetapi hanya beberapa surat-surat dalam Qur’an.

4) Pendidikan Kesetaraan

Selanjutnya, program pendidikan kesetaraan juga disediakan. Program kesetaraan ini merupakan layanan pendidikan non-formal yang tingkatnya setara dengan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.

5) Dauroh Hadist

Program khusus yang dapat diambil oleh santri lulusan jenjang setara SMA. Nantinya, santri akan belajar banyak hadist bersumber dari Kutubus Sittah selama kurang lebih 2 tahun.

c. Biaya Pesantren

PP Al Ibanah Wonogiri memberlakukan 2 kategori biaya yakni biaya wajib dan tambahan. Rinciannya sebagai berikut:

Biaya Wajib
PendaftaranRp150.000
Syahriyah BulananRp300.000
Biaya Tambahan (Sifatnya Opsional)
Sewa LemariRp430.000
Buku dan KitabRp70.000
Sirrul IbanahRp15.000
Seragam AlmamaterRp175.000

Dengan mengetahui daftar rekomendasi pesantren di Wonogiri, maka tidak perlu pusing lagi untuk memilih yang sesuai kebutuhan. Pastikan untuk mencermati informasi dari setiap pondok, seperti profil, program pendidikan dan biaya. Hal tersebut merupakan bahan pertimbangan yang penting.

Tinggalkan komentar