5 Pesantren Gangguan Jiwa -Tempat Sembuhkan Mental

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda punya keluarga atau kerabat yang terkena gangguan jiwa atau mental? Jika iya, Anda mungkin bisa pertimbangkan untuk mendaftarkannya ke pesantren gangguan jiwa. Siapa tau, ikhtiar ini berhasil membuat mereka sembuh.

Di Indonesia, ada beberapa tempat terkenal yang menjadi tempat semacam ini. Berikut beberapa di antaranya:

Pondok Pesantren Ki Ageng Serang Grobogan

Sosok pendiri pesantren. Kredit Foto: Kompas

Pertama adalah Ponpes Ki Ageng Serang. Pesantren khusus penderita gangguan jiwa ini berdiri pada tahun 2000. Sejatinya pesantren ini awalnya adalah pesantren Tahfidz, namun sang pendiri yaitu Kiai Ghufror merasa kasihan kepada orang-orang yang terkena gangguan kejiwaan yang terlantar dipinggir jalan, dikeroyok oleh orang tak dikenal karena sikapnya yan ganeh, dan penampilan yang tidak seperti orang normal.

Karenanya timbulah ide “aneh” beliau untuk menangani orang yang gangguan jiwa. Dan pada akhirnya beliau mengubah pesantren beliau menjadi pesantren khusus menangani orang yang mengalami gangguan kejiwaan.

Selain menangani orang yang memiliki gangguan kejiwaan, pesantren ini juga menangani santri yang mengalami depresi karena broken home, diputus cinta, gagal mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, kecanduan game online, dan lain sebagainya.

Adapun praktik pengobatan yang dilakukan pesantren gangguan jiwa di Jawa Tengah ini adalah sebagai berikut:

Menggunakan ayam putih mulus satu jodo

  • Pemotongan rambut
  • Dimandikan dengan menggunakan air tujuh rupa
  • Menggunakan Asma Allah (Asmaul Husna)
  • Menggunakan istighfar
  • Menggunakan madu
  • Menggunakan obat herbal
  • Menggunakan media air
  • Melaksanakan sholat
  • Rehabilitasi

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Karangmanis, Cingkrong, Kec. Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58114

Pondok Pesantren Nurul Firdaus Ciamis

Berikutnya adalah Ponpes Nurul Firdaus. Pesantren yang terletak di Ciamis ini menerima santri yang menderita berbagai masalah kejiwaan. Misalnya Caleg yang kalah dalam pemilu, depresi karena tekanan pekerjaan, remaja yang gila karena kecanduan game online, dll.

Dalam melakukan rehabillitasi kepada para santri, Nurul Firdaus memiliki target waktu pengobatan, yaitu selama 4 bulan. Nantinya para santri akan diobati sesuai sebab dan gangguan jiwa seperti apakah yang ia alami.

Berbagai metode yang terdapat di Nurul Firdaus antara lain:

  • Pemberian obat-obatan dari psikiater dengan standar keamanan yang berlaku.
  • Ruqyah syar’iyyah atau Qur’an Healing atau Islamic Exocist, yaitu metode terapi mendengarkan Ayat suci Al-Qur’an yang berfungsi stimulasi otak secara simultan.
  • Bekam pada titik kepala untuk memperbaiki fungsi jaringan syaraf otak;
  • Shalat fardhu dan sunnah
  • Totok syaraf untuk memperbaiki jaringan syaraf agar tubuh bekerja maksimal
  • Akupunktur stimulasi otak dan perbaikan fungsi organ tubuh secara sistematis;
  • Terapi herbal terstandar
  • Hypnotherapi dengan mengekplorasi pikiran bawah sadar dan memberikan sugesti positif memperbaikan kelainan psikologis;
  • Rehabilitasi psikologis dengan metode terapi pendekatan persuasif-kognitif

Kelebihan dari pesantren gangguan jiwa di Ciamis Jawa Barat ini segala sesuatunya lebih terprogram. Ada laundry, pemeriksaan, dokter. Jadwal yang teratur. Karenanya dana yang diperlukan untuk penyembuhan selama 4 bulan yaitu sekitar 27 Juta.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Dusun Panoongan, Desa, Kertaraharja, Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46263

Pondok Pesantren Darut Tasbih Tangerang

Ponpes Darut Tasbih Tangerang

Selanjutnya adalah Ponpes Darut Tasbih. Pesantren yang dipimpin oleh KH Rofiudin ini sudah berfokus menangani santri gangguan jiwa sejak 2000. Walaupun secara kegiatan rintisan sudah sejak 1990-an. Dan selama kurun waktu tersebut, sudah tak terhitung berapa banyak santri yang kembali menjadi waras.

Secara umum kegiatan di dalam pesantren gangguan jiwa di Tangerang Banten ini tidak berbeda dengan pesantren pada umumnya. Para santri Darut Tasbih menggelar ibadah, mengaji, mendengarkan tausiyah, dan melakukan ruqiyah. Alasan dari normalnya kegiatan ini adalah karena KH Rafiudin memiliki pandangan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut membuat para santri yang semula punya gangguan kejiwaan lama-lama pulih dan kembali hidup normal. 

Selain kegiatan rutinan tersebut, terdapat beberapa metode khusus untuk menyembukan para santri. Antara lain seperti terapi mandi tengah malam, di atas jam 01.00, dini hari. Hal ini berfungsi untuk melembutkan syaraf-syarat di kepala.

Kemudian setelah mandi, santri akan dibimbing untuk melaksanakan shalat sunnat Taubah sebanyak-banyaknya, dengan bilangan setiap dua rakaat satu kali salam. Selesai sholat sunnah Taubah, mereka dibimbing untuk membaca istighfar sebanyak mungkin.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Puri Agung No.RT 03/04, Gelam Jaya, Kec. Ps. Kemis, Tangerang, Banten 15560

Pondok Pesantren Tetirah Dzikir Sleman

Pondok Tetirah Dzikir
Kredit Foto: Pondok Tetirah Dzikir

Berikutnya adalah Ponpes Tetirah Dzikir. Pesantren ini didirikan oleh KH. Muhammad Trihandono. Beliau adalah seorang sarjana sejarah Universitas Gadjah Mada yang juga merupakan alumni dari Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya.

Pesantren ini memiliki beberapa konsep rehabilitasi dengan pendekatan agama Islam yang diterapkan kepada santri. Diantaranya adalah mandi taubat, sholat, dzikir, qiyamul al-lail (sholat malam) dan puasa. Kelima metode inilah yang digunakan Pondok Tetirah Dzikir untuk melakukan rehabilitasi kepada para santri penyandang kelainan jiwa.

Dalam prkatik kesehariannya para santri nantinya diwajibkan melakukan mandi taubat yang dilakukan pada sepertiga malam. Kemudian kegiatan sosialisasi ke masyarakat untuk mengakrabkan santri dengan masyarakat setempat. Kegiatan ini dilakukan agar para santri merasa dihargai dan diterima oleh masyarakat.

Kemudian pesantren gangguan jiwa di Sleman Jogja ini juga memiliki kaitan erat dengan Tharekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah dari Ponpes Suryalaya. Karenanya terdapat juga berbagai zikir-zikir dan doa khas tarekat tersebut.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl Wonosari Km 10 Kuton RT 2 RW 15, Tegaltirto, Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pondok Pesantren Az Zainy Malang

Ponpes Az Zainy Malang

Terakhir adalah Ponpes Az Zainy. Pesantren yang memiliki nuansa bangunan Timur Tengah ini berdiri pada tahun 2001. Pendirinya adalah   KH. Zain Baik. Beliau mendirikan pesantren khusus pengidap gangguan jiwa ini karena merasa iba dengan banyaknya pengidap gangguan jiwa yang terlantar dan tidak terurus.

Adapun metode penyembuhan yang terdapat di pesantren gangguan jiwa di Malang Jawa Timur ini antara lain:

  • Pengobatan menggunakan Asmak atau di Hizib (Doa khusus – Rotibul Haddad) secara langsung (tanpa obat).
  • Pengobatan melalui makanan dan minuman sebanyak 3 kali sehari.
  • Mandi tiga kali sehari, pada pukul 07.30, 12.00 dan 15.30.
  • Di totok bagi pasien yang baru datng agar peredaran darahnya lancar, sehingga fungsi syarafnya kembali lancar.
  • Sholat berjamaah lima waktu
  • Doa & Dzikir setiap bulan melalui Majelis Dzikir
  • Penempatan pasien diruang yang bebas / ruangan terbuka sehingga terbentuk kelompok – kelompok kecil untuk berinteraksi sesama pasien.
  • Koordinasi dengan keluarga santri
  • Pembinaan Konseling
  • Cek kesehatan fisik seminggu sekali yang dilakukan oleh tim kesehatan pondok pesantren Az- Zainy.

Selain itu Az Zainy juga mengadakan kegiatan keagamaan yang turut melibatkan masyarakat. Kegiatan itu meliputi majelis taklim, majelis dzikir, istighosah, rehabilitasi dan wisata religi. Kegiatan-kegiatan ini bebas diikuti oleh siapa pun yang ingin memperdalam ilmu agama Islamnya. Adapun tujuan dari kegiatan-kegiatan ini adalah menjadi jembatan bagi santrinya untuk bersolialisasi dengan dunia luar.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Dsn. Bangilan, Ds. Pandanajeng – Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang – Jawa Timur

Nah, itulah beberapa lokasi pesantren gangguan jiwa yang insya Allah bisa membantu problem kejiwaan orang-orang terdekat Anda.

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar