(REVIEW) 3 Pesantren Gratis di Bekasi

Anda sedang mencari informasi seputar pesantren gratis di Bekasi? Jika iya maka Anda sangat beruntung. Di artikel ini kami telah menghimpun berbagai pesantren gratis di Bekasi. Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Yatim Piatu Baiturrahman Tambun

Kredit Foto: Iyang Sopian

Pesantren gratis di Bekasi pertama yang akan kami bahas adalah Pesantren Yatim Piatu Baiturrahman. Sesuai namanya, Pesantren ini adalah sebuah pesantren khusus yang merawat anak-anak yatim piatu dan dhuafa untuk dididik secara formal, diarahkan pada kegiatan yang positif, dan dibekali ilmu agama untuk kehidupan dan masa depannya agar bermanfaat untuk dirinya dan juga masyarakat luas.

Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, pesantren ini senantiasa berupaya dan berusaha untuk mewujudkan visinya yaitu: “Dengan disiplin, iman dan taqwa, tamatan memiliki kualitas profesional seorang Santri yang berwawasan luas, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maupun mandiri, kreatif, produktif, inovatif, sehingga unggul dalam berbagai bidang secara global, lokal dan nasional.” Nah untuk mewujudkan visi tersebut maja disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efisien.
  • Menerapkan aturan-aturan yang dapat menumbuh kembangkan kepribadian.
  • Menumbuhkan pemahaman dan penghayatan terhadap ajaran agama/Kitab.
  • Memberi bekal dasar pada tamatan untuk mengembangkan dirinya sendiri secara berkelanjutan.
  • Memberi keahlian yang dapat diandalkan sebagai bekal untuk membuat dirinya menjadi produktif.
  • Menciptakan calon-calon masyarakat yang berkualitas profesional sehingga mampu berperan sebagai faktor keunggulan.
  • Mempersiapkan calon Ustadz/Ustadzah untuk mengisi kebutuhan Umat.

Meskipun gratis, pesantren ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup memadai. Diantara fasilitas yang tersedia adalah:

  • Ruang Dewan Asatidz
  • Ruang Sekertariat
  • Kamar Tidur Santri
  • Ruang Usaha
  • Mushola
  • Kamar Mandi / Tempat Wudhu
  • MCK

Alamat lengkap: Jl. Manggis 2 RT. 002 RW. 005 KP. Rawa Kalong, Ds. Karang Satria, Kec. Tambun Utara, Kab. Bekasi, Jawa Barat 17510

Website resmi: https://ponpesyapiba.com/

Pondok Pesantren Al Ikhwan

Pesantren gratis di Bekasi berikutnya adalah Ponpes Al Ikhwan. Pondok pesantren yang memfokuskan diri membina santri dari kalangan yatim dan dhuafa ini berdiri dibawah naungan Yayasan Qaulan Tsaqila yang secara formal berdiri serta dikukuhkan sejak tahun 2007.

Setiap santri yang telah menjadi bagian dari pesantren ini akan memperoleh fasilitas asrama berupa tempat tinggal, pangan, sandang, biaya pendidikan formal dan informal, pelatihan kepemimpinan, pelatihan kepribadian, berorganisasi, serta ikut serta dalam pelatihan keterampilan dan kewirausahaan.

Seluruh biaya bagi para santri nantinya akan ditanggung pihak yayasan melalui melalui sumbangsih para donatur tetap maupun tidak tetap, yang terdiri dari perorangan, perusahaan, maupun instansi-instansi lainnya. Pihak pesantren belum memiliki bentuk usaha produktif untuk pembiayaan mandiri setiap operasional kegiatan. Bahkan pesantren juga belum mendapat bantuan khusus dari pemerintah Republik Indonesia.

Untuk aktivitas pembelajarannya, pihak pengurus akan memberikan materi kepada para santri yang meliputi takhasus Al Qur’an, Tahfidz Al Qur’an, Kajian Tafsir Al Qur’an, Kajian Hadits, Kajian Fikih, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan juga pembinaan Entrepreneur. Metode pendidikannya menggunakan sistematika Al Qur’an dan Hadits, yaitu menjadikan Al Qur’an dan sunnah rasul hidup berjalan seiring dengan aktivitas kehidupan sehari-hari.

Alamat lengkap: Kp. Lubang Buaya Rt 08 Rw 01, Ds. Lubang Buaya, Kec. Setu, Kab. Bekasi, Jawa Barat

Website resmi: https://pesantrenalikhwan.blogspot.com/

Pondok Pesantren Taubatan Nasuha

Pesantren gratis di Bekasi terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Taubatan Nasuha. Pesantren yang diproritaskan bagi yatim dan dhuafa yang satu ini terletak di wilayah Bekasi Timur dan berada di bawah pimpinan Kyai Ogi. Yang mana latar belakang dari pendirian pesantren ini adalah untuk memfasilitasi anak dari keluarga tidak mampu. Secara garis besar, pihak pesantren menginginkan agar anak-anak yang ingin ngaji dan belajar agama tidak terhambat. Apalagi jika masalahnya berada pada segi pembiayaan.

Adapun untuk dana operasional pesantren ini nantinya akan bersumber dari para jamaah Majelis Singa Rasulullah. Selain itu, pondok pesantren ini juga memiliki hasil bercocok tanam dan budidaya ikan.

Untuk pendidikannya, para santri nantinya akan mempelajari berbagai kitab para ulama salaf sebagai mana pesantren pada umumnya. Kitab-kitab berbahasa dari berbagai fan ilmu seperti nahwu, sharaf, fiqih, dan yang lainnya akan menjadi santapan rutin para santri setiap harinya. Selain itu para santri juga akan mengikuti berbagai kegiatan khas warga nahdliyin seperti tahlilan, manakiban, yasinan, dan yang semisalnya.

Bagi siapapun yang ingin mengikuti pendidikan gratis di pesantren ini, maka harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Laki-laki dan perempuan dengan usia minimal 12 tahun, yatim atau piatu, maupun dhuafa dan umum.
  • Santri siap untuk tinggal di asrama, dan belum diasuh di lembaga lain.
  • Orang tua atau wali bersedia menyerahkan anaknya untuk dididik sesuai arahan Pesantren.
  • Fotocopy kartu keluarga, fotocopy KTP orang tua/wali, fotocopy akta kelahiran, surat pernyataan orang tua, surat kematian ayah/ibu, dan foto ukuran 4×6 dua lembar.

Alamat lengkap: Jl. Raya Karang Satria, RT.005/RW.007, Duren Jaya, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17510, Indonesia

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pesantren Gratis di Bekasi yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

(REVIEW) Rekomendasi 9 Pesantren di Bekasi 2022

(REVIEW) 5 Pesantren Gratis di Bandung

(REVIEW) 5 Pesantren Tahfidz di Bekasi 2022

Tinggalkan komentar