(REVIEW) 5 Pesantren Gratis di Bogor

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari informasi seputar pesantren gratis di Bogor? Jika iya maka Anda sangat beruntung. Di artikel ini kami telah menghimpun berbagai pesantren gratis di Bogor. Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman

Kredit Foto: Yayasan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School

Pesantren gratis di Bogor pertama yang akan kami ulas adalah Ponpes Al Ashriyyah Nurul Iman. Jika umumnya pesantren yang menggratiskan biaya pendidikannya adalah pesantren yang santrinya sedikit, maka tidak dengan pesantren yang satu ini. Pesantren yang bercorak modern menggratiskan biaya pendidikan bagi lebih dari dua puluh ribu santrinya. Sangat luar biasa sekali bukan?

Nurul Iman didirikan dan dirintis oleh Habib Saggaf bin Mahdi bin Syekh Abi Bakar bin Salim beserta istrinya Umi Waheeda sejak tahun 1998. Selama kiprahnya dalam dunia pendidikan, pesantren ini memiliki formula pendidikan yang khas yaitu dengan mengkombinasikan unsur pendidikan agama dan umum secara terpadu dengan porsi yang semestinya.

Sistem ini memungkinkan terbentuknya generasi santri yang dinamis dan tangguh dalam menghadapi tantangan globalisasi dengan tetap dilandasi oleh kemampuan spiritual yang memadai. Di samping hal itu, santri juga difasilitasi pembelajaran ketrampilan khusus seperti komputer, menjahit, teknisi, bahasa asing, dan lain-lain.

Tidak berhenti sampai situ, Nurul Iman juga mengedepankan pendidikan entrepreneurship santri, dengan mendirikan koperasi yang membawahi berbagai macam bidang usaha diantaranya roti, air dalam kemasan, tahu, tempe, susu kedelai, pupuk organik, percetakan, studio, daur ulang, sampah dan membentuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang membawahi pertanian, perikanan, peternakan dan lain-lain.

Saat ini pendidikan yang diselenggarakan di Ponpes Nurul Iman adalah satuan pendidikan formal dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA dan Sekolah Tinggi.

Alamat lengkap: Jl. Nurul Iman No.01, Warujaya, Kec. Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16330, Indonesia

Website resmi: https://www.nuruliman.or.id/

Pondok Pesantren Al Huda

Kredit Foto: Al Ricky Shg

Pesantren gratis di Bogor berikutnya adalah Ponpes Al Huda. Pesantren yang satu ini berdiri dan bernaung dibawah Yayasan Islam Al Huda. Yayasan ini adalah salah satu lembaga yang konsentrasi bergerak dalam Program Dakwah, Pendidikan, dan Sosial. Dalam menjalankan aktivitasnya, Yayasan ini senantiasa berupaya dan konsisten untuk mewujudkan visinya yaitu: “Menjadi Lembaga Sosial Dakwah Profesional dan Amanah Harapan Ummat”. Adapun misinya adalah:

  • Menyebarkan dakwah Islamiyah melalui pemurnian ajaran Islam dan pembinaan dengan hikmah
  • Mencerdaskan umat melalui lembaga pendidikan dan dakwah secara intensif dan terpadu.
  • Mendidik generasi intelektual Muslim yang bertauhid. Beribadah dengan benar dan berahlak mulia.
  • Membangun ekonomi umat yang mandiri dan berkesinambungan.
  • Berperan aktif membantu pemerintah dalam kesejahteraan sosial dan pendidikan kepada fakir miskin.

Ada dua program pendidikan gratis bagi para santri dari Yayasan ini, yaitu:

a. Beasiswa Program S1

Program ini merupakan pemberian beasiswa pendidikan kepada pelajar berprestasi yang tidak mampu namun ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi Islam selama 4 tahun dan diasramakan di Ma’had Huda Islami Kota Bogor.

b. Beasiswa Pelajar Berbasis Pesantren

Yaitu para pelajar Menengah Atas (SMA/sederajat) yang kurang mampu mendapatkan pendidikan resmi kurikulum pemerintah dan kurikulum kepesantrenan selama 3 tahun dan diasramakan di Ma’had Huda Qurani Kabupaten Bogor.

Alamat lengkap: Jl. Kapten Yusuf Gg. Purnama TK. Purnama No.61, RT.05/RW.01, Sukamantri, Kec. Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16610

Website resmi: https://alhudabogor.org/

Pondok Pesantren Nahwa Nur

Kredit Foto: Fajar Hartomo

Selanjutnya adalah Ponpes Nahwa Nur. Pesantren Nahwa Nur adalah sebuah sekolah berasrama gratis untuk kalangan yatim dan dhuafa. Yang mana nantinya pihak pesantren akan memfasilitasi santrinya dengan pendidikan akademik, kepesantrenan dan tahfidz Al-Quran. Dalam menjalankan aktivitas pendidikannya, pesantren ini senantiasa sekuat tenaga untuk mewujudkan visinya yaitu: “Membina anak yatim dan dhuafa menjadi generasi Qurani yang mandiri”. Adapun misi pendidikannya adalah:

  • Memberikan pengasuhan, pendidikan, dan pembinaan kepada anak yatim dan dhuafa.
  • Menumbuhkan kesadaran umat/masyarakat tentang pentingnya penanganan anak yatim dan dhuafa.
  • Mengangkat harkat dan derajat anak yatim dan dhuafa melalui pengasuhan, pendidikan dan pembinaan yang terpadu sehingga mendapatkan kehidupan yang layak.
  • Menumbuhkan rasa bangga pada anak yatim dan dhuafa bahwa agama Islam memuliakan mereka dan rahmat bagi semesta alam.

Saat ini Pesantren Nahwa Nur berfokus pada pengelolaan santri yatim dan dhuafa mulai jenjang kelas 7 SMP sampai dengan 12 SMA. Adapun pola pendidkannya adalah dengan mensinergikan pendidikan kurikulum Diknas, kurikulum kepesantrenan, Tahfidz Al-Quran 30 juz dan pendidikan karakter yang bercita-cita menjadikan para santri menjadi pribadi yang unggul dan multi talenta.

Alamat lengkap: Kampung Caglak RT4 RW 7, Desa Sukmajaya, Cimanggis, Kec. Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16320, Indonesia

Website resmi: https://pesantrennahwanur.com/

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Huda Qur’ani

Berikutnya adalah PPTQ Huda Qur’ani. Pesantren yang berkonsentrasi kepada tahfidz Qur’an ini berdiri dan mulai beroperasi pada tanggal 1 Januari tahun 2013 yang bertepatan dengan tanggal 18 Safar 1434 H. Huda Qur’ani didirikan atas kemauan kuat para pendiri untuk menciptakan generasi yang mengetahui dan mendalami al-Qur’an untuk dijadikan sebagai sumber hukum Islam sekaligus pedoman hidup bagi kaum muslimin.

Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, PPTQ ini senantiasa konsisten untuk mewujudkan visinya yaitu: “Mencetak Generasi Qur’ani.” Nah untuk mewujudkan visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Melahirkan generasi penghafal al-Qur`an yang memiliki aqidah dan pemahaman yang benar sesuai Ahlussunah wal Jama`ah.
  • Mencetak generasi muda yang ber-akhlakul karimah.
  • Menyiapkan para da`i yang tangguh dan berkompeten.
  • Menjadi pondok pesantren yang perhatian terhadap pembelajaran al-Qur`an baik bacaan maupun hafalan.
  • Menjadi pondok pesantren penghasil penghafal al-Qur`an terbaik dalam hal kualitas maupun kuantitas.
  • Mencetak para pendidik al-Qur`an.

Adapun syarat yang harus dipenuhi bagi santri yang ingin menimba ilmu gratis di pesantren ini adalah:

  • Laki-laki Muslim
  • Minimal Lulusan SD/sederajat
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Siap diasramakan selama masa pendidikan (masa belajar 5 tahun)
  • Mendapatkan izin orang tua

Alamat lengkap: Kampung Gunung Tangkil, RT. 02, RW. 05, Desa Cibeber, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Website resmi: –

Ekselensia Tahfidz School

Kredit Foto: Jahidin Zey

Pesantren gratis di Bogor terakhir yang akan kami bahas adalah Ekselensia Tahfidz School. Sesuai namanya, pesantren gratis bercorak modern ini mengkhususkan dan memfokuskan pendidikannya kepada hafalan Qur’an. Secara umum pendidikan di pesantren ini diperuntukkan bagi anak-anak pilihan lulusan SMP/MTs/sederajat yang memiliki kemampuan akademik tinggi namun memiliki keterbatasan finansial.

Meskipun gratis, para pendidik dan pengajarnya senantiasa berupaya dan berusaha untuk mewujudkan visi pendidikannya yaitu: “Melahirkan Hafizh Qur’an Pemimpin Peradaban.” Nah untuk mewujudkan visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menyelenggarakan model pendidikan non formal berkualitas berbasis Al-Qur’an.
  • Melahirkan generasi Hamalatul Qur’an.
  • Memelopori gerakan dakwah Al-Qur’an.
  • Menjadi laboratorium pendidikan Al-Qur’an dan kepemimpinan.
  • Melahirkan generasi yang memiliki jiwa kepemimpinan diri dan sosial.

Beberapa keunggulan dari pesantren gratis ini ialah:

  • Mengombinasikan model pendidikan pesantren dan pendidikan modern.
  • Santri dibimbing untuk bisa membaca kitab kuning kurang dari 1 tahun.
  • Dilengkapi MiQroLib (Mini Quran Library), perpustakaan Quran untuk memperkaya pemahaman qur’an dan korelasinya dengan ilmu-ilmu lain.
  • Santri mendapat ijazah setara SMA melaui program kejar paket C.
  • Santri dibekali persiapan tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN).
  • Santri akan mengunjungi minimal 1 negara asing di akhir program lewat program Hacker (Hafizh Backpacker).

Alamat lengkap: Jl. Raya Parung Bogor No.KM. 42, Jampang, Kec. Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16310, Indonesia

Website resmi: https://etahfizh.org/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pesantren Gratis di Bogor yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

(REVIEW) 5 Pesantren Tahfidz di Bogor (Terbaik 2021)

(REVIEW) Rekomendasi 9 Pesantren di Bogor (2022)

Satu pemikiran pada “(REVIEW) 5 Pesantren Gratis di Bogor”

Tinggalkan komentar