(REVIEW) 5 Pesantren Gratis di Jakarta

Anda sedang mencari informasi seputar pesantren gratis di Jakarta? Jika iya maka Anda sangat beruntung. Di artikel ini kami telah menghimpun berbagai pesantren gratis di Jakarta. Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Gratis Al Isyraq

Kredit Foto: Pondok Pesantren Terbuka Gratis Al Isyraq

Pesantren gratis di Jakarta pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Isyraq. Al-Isyraq adalah lembaga pendidikan yang berawal dari Majelis Ta’lim yang tersebar di wilayah Jakarta barat dan sekitarnya dengan nama yang berbeda-beda. Kemudian pada tanggal 6 Desember 2009 pada waktu Isyraq, majelis ta’lim tersebut melebur dan disematkan nama al-Isyraq.

Dalam menjalankan pendidikannya, Al Isyraq berpegang pada visinya yaitu: “Mewujudkan santri yang dapat menulis dan membaca kitab kuning, cerdas, berakhlak dan bertanggung jawab, serta mewujudkan masyarakat muslim yang berakhlak mulia sejahtera lahir dan bathin dalam ikatan Ukuwah Islamiyyah, sehingga dapat menjadi Rahmatan Lil Alamin.” Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Memasyarakatkan kitab kuning
  • Memberikan bimbingan dan pembinaan pada santri untuk meningkatkan pemahaman agama Islam
  • Memberikan pelayanan untuk keperluan-keperluan ritual

Secara umum corak pendidikan di Al Isyraq adalah salafiyah. Karena itu pendidikannya mengedepankan kajian kitab kuning dengan masa belajar enam tahun. Kemudian pesantren ini pun didesain untuk kalangan dewasa, segingga para santri juga dilatih tentang penalaran dan intelektual.

Setiap semester, para santi nantinya akan memiliki target kitab-kitab yang harus dikuasai. Misalnya di semester empat para santri harus menguasai kitab Fathul Majid, Ummul Barahin, dan lain sebagainya.

Nah meskipun gratis tapi pendidikannya ketat. Setiap semester nantinya ada yang namanya ujian lisan dan tulisan. Juga ada praktek terjun ke masyarakat melalui ceramah di hadapan banyak orang. Bahkan hebatnya lagi ada tugas karya tulis.

Alamat lengkap pesantren: Kampung Perjuangan, Jl. F No.56, RT.10/RW.10, Kec. Kebon. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530

Website resmi: https://alisyraq.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Al Islah

Kredit Foto: Willy Willy

Pesantren gratis di Jakarta berikutnya adalah Ponpes Tahfidz Al Islah. Al Islah yang berdiri pada tahun 1987 ini dalam pendidikannya memiliki motto “Qur’an dulu, Qur’an lagi, Qur’an saja dan Qur’an selalu.” Hal ini berarti kegiatan di dalam pesantren ini lebih menekankan kepada aspek membaca, menelaah dan menghafal Al-Qur’an.

Bahkan belajar sains, dikaitkan dengan ayat Al-Qur’an. Belajar IT, diiringi oleh kajian Al-Qur’an juga. Yang lebih hebatnya waktu istirahat dan libur digunakan para santri untuk menghafal Al-Qur’an. Kemudian Cita-cita Pesantren ini menjadikan santri menguasai IT dan bahasa asing namun tetap terbiasa beribadah dengan giat seperti solat lima waktu berjama’ah, senantiasa dekat dengan Al-Qur’an, dan dapat bersosialisasi dengan baik.

Dalam pelaksanaan pendidikannya Al Ishlah membagi santri menjadi 3 kelas, yaitu: Kelas awaliyah (kelas dasar), kelas wustha (kelas menengah) dan kelas ‘ulya (kelas atas). Di sini santri ditargetkan untuk bisa menghafal Al-Qur’an, 20 Maqra (surat dan ayat pilihan) dan terjemahannya, 20 hadits pilihan, 10 macam dzikir, dll. Tak lupa juga pengetahuan kepesantrenan, aqidah, ibadah, akhlaq dan tarikh juga tetap diajarkan kepada mereka. Setiap kelas akan berbeda paket dan target hafalannya.

Kemudian pesantren ini tidak menyelenggarakan pendidikan formal, namun Al Ishlah membuka PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang dapat membantu para santri untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Usia minimal santri yang ingin masuk ke pesantren ini adalah 8 tahun. Adapun syara utama bagi yang ingin mengikuti pendidikan di pesantren ini secara gratis ialah berasal dari kalangan yatim dan dhufa. Bagi mereka yang tidak memenuhi persyaratan, maka diwajibkan untuk membayar biaya pendidikan sesuai ketentuan.

Alamat lengkap: Jl. Raya Gg. Hj Masmala No.69, RT.13/RW.7, Penggilingan, Cakung, East Jakarta City, Jakarta 13940

Website resmi: https://alishlah.id/

Pondok Pesantren Darul Ishlah As Salafi

Kredit Foto: Adiel Sebastian

Selanjutnya adalah Ponpes Darul Ishlah As Salafi. Ponpes Daarul Ishlah merupakan pesantren yang bercorak salafiyah yaitu pesantren yang menyelenggarakan pengajaran Al-Qur’an dan ilmu-ilmu agama Islam dengan mengacu kepada kitab-kitab kuning (kitab klasik) sebagai inti pelajarannya.

Dalam setiap aktivitas pendidikannya, pesantren ini senantiasa berupaya untuk mewujudkan visinya yaitu: “Dengan pendidikan tafaquh fiddin yang bermutu membentuk generasi yang beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah dan berprestasi” Adapun misi pendidikannya ialah:

  1. Mewudkan pendidikan yang Islami melalui penanaman aqidah Ahlusunnah Wal jamaah.
  2. Mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif sesuai dengan syariat Islam dalam proses belajar mengajar.
  3. Menanamkan nilai-nilai keIslaman dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan.
  4. Membentuk santri yang berprestasi dalam ilmu keIslaman dan bermanfaat bagi masyarakat.

Untuk proses pembelajarannya, pesantren ini menyelenggarakan pendidikan dengan cara klasikal (ibtidaiyah, tsanawiyah, dan aliyah). Sedangkan dalam metode pembelajarannya, pesantren Daarul Ishlah menggunakan metode sorogan, wetonan / bendongan, hafalan, diskusi, majlis taklim, muhdahoroh, bahtsul kutub, dan ditambah dengan metode karya nyata.

Alamat lengkap: Jalan Buncit Raya No. 5, Kalibata Pulo, RT.5/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan 12740

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tahfidz Wadda’wah Ashabul Azhar

Berikutnya adalah Ponpes Tahfidz Ashabul Azhar. Sesuai namanya, pesantren yang terletak di wilyah Jakarta Selatan ini dalam program pendidikannya mengutamakan pendidikan Tahfidz Al Qur’an. Artinya para santri setiap harinya akan bercengkerama dengan kalam Allah. Baik itu dengan membacanya, menelaahnya, mentadabburinya, dan tentu menghafalkannya.

Tujuan dari berdirinya pesantren ini adalah sebagai selter-selter dakwah di tengah-tengah masyarakat dengan menempatkan para da’i dan santri sebagai garda terdepan untuk membina masyarakat sekitar sekaligus mencetak para penghafal Al Qur’an yang berahlakul karimah.

Adapun selain tahfidz Qur’an, pesantren ini juga akan mengajari para santrinya berbagai hal seperti:

  • Ilmu Al Qur’an
  • Fiqih
  • Bahasa Arab
  • Bahasa Inggris
  • Matematika
  • Ilmu Komputer
  • Program Pembentukan
    • Spritual Quotient
    • Emotional Quotient
    • Physical Quotient
    • Intelligence Quotient
    • Communication Quotient

Adapun syarat yang harus dipenuhi agar bisa mengikuti pendidikan di pesantren gratis ini ialah:

  • Yatim & Dhuafa
  • Laki-laki
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Fasih Membaca Al Qur’an
  • Kesungguhan Menghafal Al Qur’an
  • Fc Ijazah dan KK
  • Surat Keterangan Tidak Mampu

Alamat lengkap: Jl. Pulo Mawar No. 110, RT.1/RW.4, North Grogol, Kebayoran Lama, South Jakarta City, Jakarta 12210

Website resmi: https://www.instagram.com/ashabul.azhar/?hl=id

Pondok Pesantren Sohibul Qur’an

Kredit Foto: Jamiul Umam

Pesantren gratis di Jakarta terakhir yang akan kami ulas adalah Ponpes Sohibul Qur’an. Pesantren yang memiliki arti “Teman atau pemilik Qur’an” ini didirikan pada 2 Mei 2011 oleh Ustadz Arliansyah, SS. Kala itu beliau mendirikannya dengan memberi nama Markaz Qur’an Maghfiroh. Seiring dengan berjalannya waktu, pada tanggal 27 Februari 2014 pesantren ini berdiri dibawah Yayasan Sohibul Qur’an dan dirubah namanya menjadi pesantren Sohibul Qur’an.

Dalam melaksanakan aktivitas pendidikannya, pesantren ini memiliki visi: “Menjadi pusat pengkaderan dai hafizh Al-Qur’an yang berkualitas dan mempelopori sistem pesantren tahfizh berbasis masjid.” Adapun misinya adalah: “Membangun jaringan dan sistem pesantren tahfizh yang unggul hingga menghasilkan hafizh Qur’an yang produktif cakap dan bermanfaat untuk umat.”

Di pesantren ini, menghafal Al-Qur’an adalah materi pelajaran pokok bagi para santri dengan tujuan untuk mencetak para penghafal Al-Qur’an yang akan meramaikan dunia dakwah Islam di Indonesia, konsep yang dibangun cukup sederhana, yakni konsep pesantren berbasis mushola atau masjid yang berada persis pada lingkungan masyarakat yang heterogen.

Kini Ponpes Sohibul Qur’an membuka program takhasus tahfidz dengan masa pendidikan 3 tahun, (2 thn menghafal, 1 thn pengabdian, jika tidak mampu selesai dalam 2 thn, maka 3 thn menghafal, 1 thn pengabdian), dengan program penunjang sebagai berikut:

  • Tashihul Qiroah
  • Halaqoh Tahsin
  • Tasmi’ Akbar
  • Kajian Kitab
  • Dirosah Bahasa Arab
  • Liqo Tarbawi

Alamat lengkap:  Jl. Al-Magfiroh No.08, RT.8/RW.4, Balekambang, Kec. Kramat Jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13530

Website resmi: https://www.sohibulquran.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pesantren Gratis di Jakarta yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok gratis yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren Terbaik di Jakarta (2022)

(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Jakarta Timur (2021)

(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Jakarta (2021)

Tinggalkan komentar