(REVIEW) 3 Pesantren Gratis di Semarang

Anda sedang mencari informasi seputar pesantren gratis di Semarang? Jika iya maka Anda sangat beruntung. Di artikel ini kami telah menghimpun berbagai pesantren gratis di Semarang. Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Tahaffudzul Qur’an

Pesantren gratis di Semarang pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Tahaffudzul Qur’an. Pesantren yang berfokus kepada tahfidz Qur’an ini merupakan salah satu dari 3 pesantren yang berada di bawah naungan Masjid Agung Semarang. Selain pesantren ini, Masjid Agung Semarang menaungi Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an dan Ponpes Mathlabu Mafaazil Qur’an (MMQ).

Secara umum, pesantren ini dikhususkan untuk membina anak-anak usia sekolah dasar 6-14 tahun yang mempunyai semangat yang besar untuk menghafal al Qur’an atau bahasa kerennya menjadi Hafidz Qur’an. Setiap harinya para santri akan dibimbing dan diarahkan untuk senantiasa fokus dan semangat dalam menghafalkan kalam-kalam ilahi. Waktu setoran, menghafal, dan murajaah mereka ialah bakda ashar, bakda maghrib dan bakda shubuh.

Adapun pada waktu pagi hingga siang para santri ini tetap menempuh pendidikan sekolah dasar umum. Beberapa santri misalnya bersekolah di SD Badan wakaf yang letaknya satu kampung dengan lokasi pesantren Tahaffuzul Qur’an. Beberapa santri yang lain memilih untuk bersekolah di SD Bangunharjo dan beberapa SD negeri lainnya.

Persyaratan untuk menjadi santri dalam pondok pesantren Tahaffudzul Qur’an sangat mudah yaitu hanya perlu mengisi formulir dan identitas. Meskipun gratis, para santri akan mendapatkan fasilitas yang cukup memadai, seperti makan gratis 3 kali sehari, asrama pondok dan seragam.

Alamat lengkap: Jl. Suromenggalan No.20, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139, Indonesia

Website resmi: https://masjidagungsemarang.weebly.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Rijalul Qur’an

Kredit Foto: Pesantren Tahfidz Rijalul Qur’an 1

Pesantren gratis di Semarang berikutnya adalah Ponpes Rijalul Qur’an. Ponpes yang berfokus kepada pendidikan tahfidz Qur’an ini dirintis sejak tahun 2008 silam. Perintisnya adalah Ust. Aziz Muslim, S. Kom M. Kom, Ust. Imam Marjuki, S. Si, Ust. Moh. Zainun, Ust. Abdullah Fikri Fakih, SE, MM, Ust. Nur Hasan, S. Kom serta Ust. H. Zulfa Hakim, S. Hi.

Dalam menjalankan aktivitas pendidikannya, pesantren ini senantiasa istiqomah untuk mewujudkan visinya yaitu: “Gemilang Di Sisa Usia, Lahirkan Generasi Sahabat Nabi.” Nah untuk mewujudkan visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Melahirkan generasi yang hafal, memahami dan mengamalkan 30 juz Al Qur’an serta hafal Kitab-Kitab Hadist (Kutubus Sittah).
  • Melahirkan generasi yang beradab kepada Allah dan makhluk makhluknya.
  • Melahirkan generasi pemimpin umat, pemakmur bumi.

Saat ini Ponpes Rijalul Qur’an menyelenggarakan beberapa program pendidikan seperti:

Pra Kuttab

Program tahfidz untuk usia balita mulai umur 3 tahun. Ditempuh dalam masa belajar 2 tahun.

Kuttab

Program tahfiz untuk pendidikan usia sekolah dasar mulai umur 5 tahun.

Madrasah

Jenjang pendidikan tahfidz untuk usia mulai 12 tahun atau setara usia SMP.

Madrasah Guru /Mutiara Qur’an

Program ini diikuti oleh santri mulai usia 17 tahun untuk mempersiapkan calon guru yang imannya menyala, adabnya mengagumkan dan hafalannya Mutqin 30 juz serta fasih berbahasa arab.

Alamat lengkap: Jalan Pakintelan I RT 02 RW IV Kel. Pakintelan, Kec. Gunungpati, Kota Semarang, 50229

Website resmi: https://www.instagram.com/rijalulquran/?hl=id

Pondok Pesantren Yatim Hisyam Nur Musthofa

Kredit Foto: PT Yantomo Sukses

Pesantren gratis di Semarang terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Yatim Hisyam Nur Musthofa. Sesuai namanya, pondok yang berdiri sejak tahun 2009 ini merupakan tempat penampungan khusus untuk anak-anak yatim.

Saat ini Pesantren Hisyam Nur Musthofa memberikan pendidikan yang memadai kepada para santri yatim, baik pendidikan umum maupun pendidikan khusus agama Islam. Yayasan telah bekerja sama dengan beberapa instansi pendidikan dari SD/MI, SMP/MTS sampai MA/SMA yang berada di sekitar Sumowono. Seluruh santri diwajibkan mengikuti pendidikan dengan jenjang tersebut.

Khusus pendidikan tambahan terutama agama Islam mengacu pada sistem pendidikan pesantren pada umumnya. Santri diberikan pendidikan agama Islam seperti baca tulis Al-Quran, kitab fiqih, kajian Hadis, Bahasa Arab, dan lainnya. Ada pula pendidikan dan kursus sebagai bekal ketika nantinya santri lulus dan terjun ke masyarakat, seperti keterampilan dan juga bidang kesenian.

Alamat lengkap: Jl. Khotib Anom 36 RT 02/04 Dsn. Sumowono Desa Sumowono Kec. Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50662

Website resmi: https://www.hisyamnurmusthofa.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pesantren Gratis di Semarang yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Semarang (2022)

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar