(REVIEW) 5 Pesantren Gratis di Tangerang

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari informasi seputar pesantren gratis di Tangerang? Jika iya maka Anda sangat beruntung. Di artikel ini kami telah menghimpun berbagai pesantren gratis di Tangerang. Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Tahfidz Wadil Quran

Kredit Foto: Zamzam Jamel

Pesantren gratis di Tangerang pertama yang akan kami ulas adalah PPTQ Wadil Quro. Sesuai namanya, pesantren yang terletak di Tangerang Selatan memfokuskan pendidikannya kepada pendidikan tahfidz Qur’an. Secara umum pesantren ini tidak memiliki jenjang pendidikan seperti SMP/SMA. Artinya pesantren ini tersedia bagi semua kalangan yang ingin dan punya kemauan untuk menghafal Al Qur’an, baik itu balita hingga lansia semuanya akan diterima untuk mengikuti program hafalan disini.

Terdapat 3 program utama di pesantren ini. Pertama Program Ziyadah, yakni program menghafal Qur’an selama minimal sebulan (boleh lebih), yang mana nantinya setiap hari para santri ditarget untuk menyetorkan 12 halaman hafalan baru.

Kedua Program Murajaah, yaitu program mengulang hafalan bagi yang sudah hafal 30 juz namun belum lancar selama minimal sebulan (boleh lebih). Ketiga Program Mutqin, yaitu program menambah dan muroja’ah hafalan 30 juz yang berlangsung minimal 1 tahun.

Sebagai pesantren gratis, tentu saja para santrinya tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Hanya saja pihak pondok tidak akan menolak bilamana ada santri yang berinfaq untuk biaya operasional pesantren. FYI, pesantren gratis ini kini telah memiliki 4 cabang yang terdapat di Tasikmalaya, Bogor, Sragen, dan Bojong Nangka (Banten).

Alamat lengkap: Jalan Lingkar Selatan, Muncul, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten 15314, Indonesia

Website resmi: https://www.wadilquran.com/

Pondok Pesantren Al Ikhlas

Pesantren gratis di Tangerang berikutnya adalah Ponpes Al Ikhlas. Secara kelembagaan, pesantren gratis yang terletak di kecamatan Jambe ini berada di bawah Yayasan Majelis Dzikir Al Ikhlas. Yayasan ini didirikan oleh Al Ustadz Habibullah Al Faqir Illallah Endang Haryana Tajuddin Syarif Bin Saprani Bin Musa. Beliau mendirikan majelis ini dilatarbelakangi oleh dari pengalaman dan perjalanan hidup yang begitu panjang mengarungi dan melalui panjangnya samudra lautan ilmu, khususnya ilmu thariqat.

Berdiri sejak 13 November 2013, Santri Yayasan Majelis Zikir Pesantren al-Ikhlas dibebaskan dari biaya apapun alias gratis. Santri Pesantren al-Ikhlas terdiri dari usia TK sampai Kuliah. Sejak tahun 2019, sudah ada 70 santri yang bermukim disini. Adapun hal yang mendasari biaya pendidikan di pesantren ini gratis adalah karena dulu kedelapan anak sang pendiri pesantren pernah mendapatkan hal serupa, Yakni disekolahkan oleh orang lain secara cuma-cuma ketika ia sedang mendalami ilmu agama.

Sebagai pesantren yang memiliki background thariqah (khususnya Thariqah Qadiriyah wa Naqshabandiyah) yang cukup kuat, para santri disini akan ditekankan untuk mendalami ilmu-ilmu tasawwuf dan hikmah. Mereka akan diarahkan untuk senantiasa beribadah dan berdzikir kepada Allah dimanapun dan kapanpun waktunya. Selain itu para santri juga nantinya akan diajari untuk mengamalkan berbagai macam-macam hizib dan wirid.

Alamat lengkap: Kampung Manukung RT 07/04 Desa Rancabuaya, Kecamatan Jambe, Tigaraksa, Kabupaten TangerangBanten

Website resmi: https://majlisdzikiralikhlas.or.id/

Pondok Pesantren Al Aminiyah

Kredit Foto: Ummu Abdirrahman

Selanjutnya adalah Ponpes Al Aminiyah. Pesantren gratis yang diperuntukkah khusus untuk kaum adam yang minimal lulusan SD/SMP ini dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya senantiasa berupaya dan berusaha untuk mewujudkan visinya yaitu: “Sebagai pusat pengembangan da’wah dan kajian ilmu serta budaya Islam.” Nah untuk mewujudkan visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Membina wadah dan pusat kajian ilmiah Al-Islamiyah.
  • Membina generasi muda atau kader-kader, Da’iAhlul Ilmi yang siap menghadapi era globalisasi tekhnologi dan informasi.
  • Menyatukan antara ilmu, amal serta da’wah yang merupakan kekuatan umat Islam.
  • Membangun dan membentuk serta membina wadah sebagai sarana dan prasarana untuk menegakkan kembali menara keimanan ilmu, sosial, budaya dan ekonomi Islam di bawah petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Saat ini Ponpes Al Aminiyah menyelenggarakan beberapa program pendidikan. Antara lain:

  • Tahfizhul Qur’an (3 tahun)
  • ‘Ulum Syar’i (3 tahun)
  • Daarul Hadits (2 tahun – program lanjutan ‘Ulum Syar’i)
  • Kurikulum DIKNAS

Selain mempelajari ilmu sesuai dengan programnya, para santri juga akan mengikuti berbagai kegiatan esktrakulikuler sesuai minat dan bakatnya. Ekskul tersebut antara lain:

  • Wadokai
  • English Class
  • Pengenalan ilmu kesehatan / Thibbun Nabawi
  • Pelatihan Baris Berbaris
  • Renang
  • Futsal
  • Rihlah
  • Kajian Pra Nikah (bagi yang sudah selesai Daarul Hadits)
  • Pelatihan komputer (bagi yang sudah selesai Daarul Hadits)

Alamat lengkap: Jl. As Shobirin No.116, Sudimara Pinang, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15145, Indonesia

Website resmi: https://alaminiyah.wordpress.com/

Pondok Pesantren Yatim Al Hanif

Kredit Foto: Alyamani Channel

Berikutnya adalah Ponpes Yatim Al Hanif. Sesuai namanya, pesantren yang didirikan dan dirintis dari awal oleh Ustadz Ahmad Jazuli ini dikhususkan bagi para santri dari kalangan yatim dan dhuafa. Al Hanif didirikan pada tanggal 14 Maret 2011. Yang mana semua biaya operasional santri sembilan puluh sembilah persen dari hasil kerja keras sang pendiri baik dari hasil beliau berdakwah maupun dari hasil beliau mendampingi para jamaah haji/umroh tour dan travel.

Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, Al Hanif memiliki visi: “Menjadi salah satu institusi atau lembaga yang peduli terhadap yatim dan dhuafa.” Adapun misi pendidikannya adalah:

  • Meringankan penderitaan anak yatim dan dhuafa dengan membantu biaya pendidikan dan keterampilan.
  • Menanamkan nilai-nilai iman, takwa dan akhlakul karimah.
  • Mengarahkan kemandirian dengan menciptakan terobosan wirausaha.
  • Menjadi mediator dan fasilitator antara dermawan dengan yatim dan dhuafa.

Untuk kegiatan rutinan para santri di pesantren ini antara lain:

  • Dzikir dan Do’a bagi seluruh santri seminggu sekali.
  • Tahajjud dan munajat santri mukim setiap hari dan non mukim seminggu sekali.
  • Pengembangan bahasa arab dan bahasa inggris, pengajian kutib kuning, hadist, safinah tunajah, lim muta’lim, mahfujot, tijan darori, tanki’ul, tilawah dan tahfizh Al-Quran ba’da shubuh, ashar, dan isya.
  • Latihan muhadloroh/ceramah bagi santri mukimin.

Alamat lengkap: Jl. Bukit Indah No.5, RT.03/RW02, Serua, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15414, Indonesia

Website resmi: https://www.instagram.com/ponpes_yatim_alhanif/?hl=id

Pondok Pesantren Yatim Cahaya Madinah

Kredit Foto: Syaiful Anwar

Pesantren gratis di Tangerang yang akan kami bahas adalah Ponpes Yatim Cahaya Madinah. Cahaya Madinah merupakan lembaga pemberdayaan anak-anak yatim, piatu dan dhuafa dibawah pengawasan Pesantren Al-Qur’an Nurmedina. Sesuai dengan namanya, pesantren ini dibuat untuk memudahkan santri – santri yatim maupun yatim piatu yang ingin menjadi penghafal kitab suci Al- Qur’an.

Asrama pesantren ini,baik untuk asrama santri putra maupun santri putri, berlokasi di tengah permukiman yang cukup padat. Sehingga suasana belajar dan kegiatan sehari–harinya lebih ramai dan bisa bertemu banyak orang baru. Meskipun begitu, tidak sembarang orang tanpa kepentingan bisa masuk ke lingkungan pesantren. Hal ini dilakukan demi menjaga kosentrasi para santri yang sedang belajar dan menghafal Al- Qur’an serta menghindari terjadinya hal–hal yang tidak diinginkan.

Fokus utama dari pesantren Yatim Cahaya Madinah selain membangun karakter para santri adalah mengajarkan cara menghafal Al- Qur’an. Proses belajar dan menghafal ini dibagi menjadi 3 waktu yaitu pagi atau subuh setelah selesai ibadah, sore, dan diakhiri di malam hari. Dengan metode hafalan harian yang dites setiap hari sesuai kemampuan santri, diharapkan para santri bisa menjadi hafidz Al-Qur’an dalam waktu paling lambat 3 tahun.

Alamat lengkap: Pd. Cabe Ilir, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15418, Indonesia

Website resmi: https://www.facebook.com/pesantrenyatimcahayamadinah/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pesantren Gratis di Tangerang yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

(REVIEW) Rekomendasi 9 Pesantren di Tangerang Selatan (2022)

(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Tangerang 2021

Tinggalkan komentar