(REVIEW) 5 Pesantren Gratis di Yogyakarta

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari informasi seputar pesantren gratis di Yogyakarta? Jika iya maka Anda sangat beruntung. Di artikel ini kami telah menghimpun berbagai pesantren gratis di Yogyakarta. Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Yatim Tahfidz Al Qur’an De Muttaqin

Kredit Foto: Google Maps

Pesantren gratis di Yogyakarta pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Tahfidz De Muttaqin. Sesuai namanya, pesantren yang terletak di wilayah Kabupaten Sleman ini memfokuskan program pendidikannya kepada tahfidz Qur’an. Yang mana dalam menjalankan setiap aktivitasnya, pesantren ini senantiasa konsisten untuk mewujudkan visinya yaitu: “Menyongsong Generasi Teladan Untuk Kemuliaan Islam Dan Indonesia Raya.” Nah untuk mewujudkan visi tersebut, maka disusunlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Membentuk insan yang bertaqwa, berakhlak mulia, disiplin, hafal Al-Qur’an dan Hadits.
  • Membentuk insan yang mandiri, menguasai bahasa asing (bahasa Arab, Inggris, dan Mandarin), berwawasan kewirausahaan (entrepreneurship), dan mampu bersaing di era global.
  • Membentuk insan yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Menjadi pusat pendidikan insan yang bertaqwa, berakhlak mulia, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, serta inampu bersaing di era global.

Nah adapun program pendidikan bagi para santri disini adalah:

  • Tahfidzul Qur’an
  • Pembinaan Ahlak
  • Pembiasaan Ibadah
  • Wawasan Umum

Keseluruhan program tersebut akan santri dapatkan melalui para pengajar yang berkompeten dalam bidangnya. Tidak hanya pembelajaran yang luar biasa, mereka juga akan mendapatkan berbagai fasilitas yang sangat menunjang proses belajar mengajar. Antara lain:

  • Gedung Sekolah
  • Asrama yang Nyaman
  • Perbaikan Gizi
  • Olahraga

Bagi yang ingin menjadi santri di pesantren ini, maka persyaratannya adalah:

  • Yatim, laki-laki, maksimal berusia 8 tahun.
  • Dapat membaca Al Qur’an dengan lancar.
  • Sudah terbiasa makan dan mandi sendiri, serta tidak sering mengompol.

Alamat lengkap: Jl. Beringin No. 88, RT. 05/RW.02, Denokan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Website resmi: https://demuttaqin.com/

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Dzikrul Qolbi

Kredit Foto: PP Tahfidzul Qur’an Zikrul Qolbi

Pesantren gratis di Yogyakarta berikutnya adalah PPTQ Dzikrul Qolbi. PPTQ ini merupakan salah satu Pondok Pesantren yang berkonsentrasi pada bidang pendalaman Al-Qur’an baik secara tahfidz maupun pengkajian kandungan isi-isi Al-Qur’an. Jika biasanya sebuah pesantren didirikan oleh kalangan ustadz ataupun ulama, maka tidak dengan pesantren ini. Dzikrul Qolbi didirikan oleh AKBP (Purn) Imam Subarno yang dirintis sejak tahun 2005 dan diresmikan pada pada 20 Februari 2008.

Pondok pesantren ini didirikan dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan yang unggul dan sekaligus benteng moral spiritual bagi masyarakat sekitar, khususnya dan masyarakat generasi muda Islam di wilayah kabupaten Kulon Progo. Selain itu pesantren ini juga didirikan guna menjadi tempat mengenyam pendidikan Al-Qu’an guna menciptakan bibit-bibit unggul santriwan dan santriwati sebagai penerus generasi tahfidz yang terbaik.

Meskipun baru resmi berdiri sejak tahun 2008, pesantren gratis ini telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Dzikrul Qolbo memiliki 2 aula untuk masing-masing santriwan dan santriwati, gedung asrama putra, gedung penginapan untuk tamu atau wali murid, perpustakaan, dan puskestren atau pusat kesehatan pesantren.

Bahkan pesantren ini juga telah memiliki masjid yang cukup besar, dan di masjid inilah yang biasanya untuk kegiatan rutinan para santriwan maupun santriwati. Sarana dan fasilitas yang layak ini diharapkan mampu memuaskan para santri dan wali santri ketika mereka atau putra-putri Anda mengenyam pendidikan kajian Al-Qur’an di sini.

Alamat lengkap: Ngrandu, Salamrejo, Kec. Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Website resmi: https://www.tahfidzulqurandzikrulqolbi.com/

Pondok Pesantren IT Al Madinah

Kredit Foto: Pondok Informatika Al Madinah

Selanjutnya adalah Ponpes IT Al Madinah. Jika biasanya pendidikan di pesantren berfokus kepada pendidikan bahasa arab dan tahfidz Qur’an, maka tidak dengan pesantren unik yang satu ini. Sesuai namanya, pesantren yang terletak di wilayah Sleman ini berfokus kepada pendidikan IT alias Ilmu Teknologi.

Secara umum, pesantren ini berusaha melahirkan Ahli-Ahli IT muslim yang mendapatkan pendidikan islami berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah Nabi yang bermanfaat untuk ummat. Pendidikan disini dikhususkan kepada orang-orang yang kurang mampu secara ekonomi namun mempunyai minat dan bakat dalam bidang IT. Namun bagi santri yang berasal dari keluarga berkecupan juga dapat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dengan catatan ada biaya khusus yang harus dipenuhi.

Setiap harinya, para santri akan fokus belajar IT, sebagian fokus programming, graphic design dll, Bahasa Inggris, kemudian Tahfidz, belajar diniyah (aqidah ahlak dll) sesuai quran dan sunnah. Kurikulum pendidikannya terbagi menjadi dua gugus, yaitu:

  • Gugus informasi teknologi seperti web programming, web design, mobile programming, design grafis, video editing, dan bahasa Inggris.
  • Gugus kemampuan penguasaan ilmu agama seperti tahsin, aqidah, fiqh ibadah, muamalah, hadist, Al-Quran, bahasa arab dan tahfidz.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mengikuti program di pesantren ini ialah:

  • Laki-Laki
  • Umur 16-21 tahun
  • Taat Beragama
  • Siap mengikuti program Pondok selama 2 tahun
  • Siap Mengikuti Pengabdian

Alamat lengkap: Jl. Raya Krapyak, RT.05, Karanganyar, Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584

Website resmi: https://pondokinformatika.com/

Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahussalam

Kredit Foto: Fandika Agustiyar

Berikutnya adalah Ponpes Mahasiswa Miftahussalam. Sesuai namanya, pesantren yang terletak di wilayah Kabupaten Sleman ini diperuntukan bagi para mahasiswa/i. Pesantren ini memiliki keunggulan dari letak lokasinya, hal ini karena letaknya berada ditengah sawah yang sangat sejuk udaranya dan indah pemandangannya. Sehingga menjadikan setiap santri yang mondok disini dapat healing setiap saat.

Sebagai pesantren mahasiswa, secara letaknya pesantren ini cukup dekat dengan beberapa kampus seperti UTY (Paling dekat), AMY, UGM dan kampus besar lainnya.

Untuk kegiatan rutin para santri, dilakukan pada waktu antara maghrib-isya, kemudian subuh hingga pukul 05.30 WIB. Di siang hari, terutama jam kuliah, para santri lebih dominan berkegiatan dikampus yakni menjalani perkuliahannya masing-masing. Untuk jadwal lain terkait petugas sehari-hari seperti jadwal solat wajib (muadzin dan imamnya), bersih-bersih dan jadwal lainnya disesuaikan dengan kosongnya jadwal perkuliahan. Jika pun ada kegiatan mendadak terkait perkuliahan para santri diperbolehkan untuk izin.

Selain itu, pesantren juga memiliki halaman yang luas sehingga bisa digunakan untuk berolahraga. Para santri juga bisa jalan-jalan didaerah persawahan yang ada disekitar pondok, baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan sepeda peninggalan santri lama (alumni), dan masih banyak lagi fasilitasnya.

Alamat lengkap: Jl. Ponpes Miftahussalam, Karanggeneng, Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55285

Website resmi: https://miftahussalam-jogja.blogspot.com/

Pondok Pesantren Modern Yatim & Dhuafa Madania

Kredit Foto: Rachmad Hartono

Pesantren gratis di Yogyakarta terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Madania. Ponpes ini didirikan oleh salah seorang muballigh di wilayah Yogyakarta yaitu Ust Suyanta atau yang lebih dikenal dengan Abi Suyanta. Yang mana pendirian pesantren ini dilatarbelakangi dampak dari terjadinya gempa bumi yang menguncang Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2006 silam.

Setiap santri yang menjadi bagian dari pesantren ini, maka akan mendapatkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Mereka akan mendapatkan fasilitas makan, minum, seluruh biaya sekolah dan pesantren, bahkan sampai kebutuhan mandi, cuci, dan pembalut. Adapun sumber pembiayaannya berasal dari donatur dan badan usaha pondok.

Kemudian sebagai sebuah pesantren, Madania tidak hanya mengajari dan mendidik para santrinya dengan ilmu agama. Para pengurus akan melatih jiwa kepemimpinan santri dan fokus menanamkan jiwa wirausaha, seperti membuat kue bakpia, mengelola peternakan, perikanan, konveksi, mini market, air minum dan masih banyak lagi.

Kini Yayasan Pondok Pesantren Modern Yatim Dhuafa Madania Yogyakarta sudah memiliki sekolah sendiri dari jenjang pra sekolah (Play Grup) Madania Kids, PKBM setingkat SLTP, sampai Madrasah Aliyah (MA), termasuk amal usaha lainnya seperti Panti Asuhan (LKS baik LKS balita, anak, difabel, dan lansia). Madania juga sudah merintis Koperasi, Lembaga Zakat, Mini Market, dan asrama santri sendiri.

Alamat lengkap: Jl. Raya Janti Gg. Gemak No.88, Wonocatur, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Website resmi: https://www.madania.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pesantren Gratis di Yogyakarta yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok gratis yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

(REVIEW) 9 Pesantren di Yogyakarta Paling Bagus (2021)

(REVIEW) Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Bantul (2022)

Tinggalkan komentar