7 Pesantren Mahasiswa di Indonesia, Bisa Sambil Kuliah!

Anda mau kuliah tapi tak ketinggalan dalam menuntut ilmu agama? Solusinya, Anda bisa belajar sambil mondok di pesantren mahasiswa di Indonesia yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Ketimbang ngekos, memilih mondok di pesantren jelas pilihan lebih bagus. Kehidupan Anda bisa lebih tertata dan terarah karena Anda hidup dalam sistem pondok yang lebih lebih teratur dalam kegiatannya.

Pondok Pesantren Mahasiswa Thayibah Surabaya

Kredit Foto: Pesantren Thayyibah

Pertama adalah Pesma Thayibah. Pesantren yang satu ini mulai aktif menerima para mahasiswa sejak tahun 2004. Secara lokasi, pesantren ini terletak di lokasi yang sangat strategis dan dekat dengan beberapa Universitas di Surabaya. Antara lain seperti Institut Teknologi Surabaya, Politeknik Elektronika Surabaya, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Hang Tuah, dan Univeristas Airlangga.

Kegiatan di pesantren ini dilaksanakan setelah subuh atau malam hari. Hal ini tentu dimaksudkan agar tidak mengganggu kegiatan kuliah mahasantri di kampusnya masing-masing. Di antara kegiatan rutinnya adalah kajian habis subuh sampai sekitar jam 6 pagi. Materi kajian subuh bervariasi tiap hari mulai dari kajian Aqidah, Fikih, Tafsir dan lainnya.

Selain kajian rutin adalah juga program tahsin, hafalan al Qur’an dan bahasa Arab. Dan nantinya para mahasantri ditarget untuk bisa mengusai ilmu organisasi, ilmu Bahasa arab, dan hafal Qur’an minimal 5 juz.

Kemudian fasilitas penunjangnya pun terbilang cukup lengkap. Pengelola menyediakan perpustakaan islami, Wifi, lapang tenis meja, masjid, dll.

Saat ini Pesma Thayibah menyelenggarakan pendidikan pesantren bagi mahasiswa mukim dan non mukim. Adapun biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 1.500.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 350.000Biaya bulanan mukim
Sekitar Rp. 200.000Biaya bulanan non mukim

Alamat lengkap pesantren: Keputih Tegal Timur No. 1-3 Perumahahan Sukolilo Park Regency, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60111

Website resmi: http://thaybah.id/

Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir Bandung

Kredit Foto: Miftahul Khoir

Berikutnya adalah Pesma Miftahul Ulum. Pesantren ini merupakan pesantren mahasiswa yang memiliki konsep pembekalan ruhiyah sekaligus tempat pemondokan bagi mahasiswa muslim yang berada di bawah koordinasi MUI Kota Bandung dan Departemen Agama Kota Bandung.

Waktu belajar di PPM Miftahul Khoir disesuaikan dengan jadwal rutinitas kuliah para santri (yang kebanyakan mahasiswa) dengan durasi dua kali ta’lim dalam sehari yaitu setelah maghrib sampai pukul setengah sembilan dan ba’da shubuh sampai pukul enam pagi.

Para santri terbagi menjadi 3 kelas yaitu kelas I’daad, Ibtida’ dan Wustho. Materi ta’lim yang diajarkan meliputi kajian tentang aqidah, fiqih, akhlaq, ilmu tata bahasa arab, ilmu Al-Qur’an, sirah nabawiyyah dan praktek-praktek kehidupan Islami.

Kitab-kitab yang diajarkan diantaranya Tijan Dharori, Safinatun Najah, Arba’in Nawawi, Diktat Aqidah Islamiyah (susunan K.H. Choer Affandi), Fathul Qorib, Jurumiyah, Imrithi, Kaylani, Mukhtarul Ahadits, Tafsir Ibnu Abbas, Ta’limul Muta’allim dll.

Secara lokasi pesantren ini dekat dengan berbagai kampus di Kota Bandung. Antara lain ITB, Unpad Dipatiukur, Polban, UIN, ITENAS, UNISBA, UNIKOM, dll.

Adapun biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 2.500.000 Biaya masuk
Sekitar Rp. 300.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Tubagus Ismail VIII No.60, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135

Website resmi: https://www.ppmmiftahulkhoir.com/

Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Bandung

Pesantren Mahasiswa di Jatinangor
Kredit Foto: Ahmad Abdul Ghani

Selanjutnya adalah Pesma Universal. Pesantren mahasiswa di Bandung yang satu ini terletak di lokasi yang sangat strategis. Yaitu terletak di pertengahan antara Kawasan Universitas di Jatinangor (UNPAD, ITB, IKOPIN) dan kampus UIN Sunan Gunung Djati.

Secara umum pembelajaran di pesantren mahasiswa di Indonesia ini terdiri dari kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan belajar mengajar ditentukan waktunya (terjadwal). Sementara kegiatan ekstrakurikuler dilakukan secara berkala, ada juga yang terjadwal secara rutin.

Sebagai pesantren mahasiswa, tentu metode dan pendekatan pembelajarnnya berbeda dengan pesantren bagi siswa. Karenanya pesantren ini menerapkan metode dan pendekatan pendidikan berupa:

  • Metode sorogan, yakni model pembelajaran yang hampir sama dengan mentoring system
  • Metode klasikal, yaitu proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. 
  • Metode kuliah umum, yakni sistem pembelajaran model berupa pengajian umum yang dipandu oleh ustadz.

Adapun pendekatan pelajarannya menggunakan:

  • Pendekatan tekstual, yaitu memahami nushus secara lughowiyyah, harfiyyah dan tarkibiyyah
  • Pendekatan kontekstual, yaitu memahami nushus secara cermat dan teliti, serta difokuskan pada kajian maqashid al-syari’ah dengan telaah kritis
  • Pendekatan naqdiyah (kritis), yaitu mengkaji beberapa literatur secara kritis, melakukan komparasi kitab-kitab.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Desa Cipadung No.01, RT.03/RW.08, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Website resmi: https://pp-universal.suwargibuwanadjati.org/

Pondok Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang

Pesantren Mahasiswa di Malang
Kredit Foto: Ahmad Sofiudin

Berikutnya Pesma Al Hikam Malang. Pesantren mahasiswa di Indonesia ini didirikan oleh KH Hasyim Muzadi ini berdiri pada 21 Maret 1992. Bisa dikatakan Al Hikam Malang merupakan pelopor pesantren khusus mahasiswa di Indonesia.

Di pesantren ini mahasantri terbagi menjadi dua. Yaitu mahasantri yang kuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikam atau Ma’had Aly Al-Hikam, dan mahasantri yang mukim di pondok tapi kuliahnya di luar Al Hikam. Kombinasi ini diharapkan akan terwujud komunikasi antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan dalam ‘learning society’ yang tercipta di tengah-tengah pondok pesantren Al Hikam.

Dalam pendidikannya Al Hikam menerapkan sistem kurikulum integral yang memadukan aspek teoritis (in-class) dan praktis (daily life) yang diorganisir dalam sebuah sistem terpadu (Pengasuhan – Pembelajaran – Pendampingan) yang saling berkaitan dan saling mendukung.

Pelaksanaan kurikulum ini didukung oleh tiga bidang yang menangani tugas sistemik Pesantren secara proporsional, yaitu; Dirosah menangani bidang pengajaran, Kepengasuhan menangani bidang mental-spiritual dan Kesantrian mahasiswaan mendampingi proses aplikasi dan aktualisasi diri serta memandu para mahasantri dalam pengembangan karakter dan kepribadiannya.

Penerapan kurikulum integral di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam ini diharapkan dapat terlaksana efektif karena seluruh mahasantri dalam mengikuti proses pendidikannya tinggal di dalam asrama selama 24 jam, sehingga proses tranmissi dan transformasi dapat dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Cengger Ayam No.25, 02, Tulusrejo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141

Website resmi: https://alhikam.ac.id/main

Pondok Pesantren Mahasiswa Al Hikam Depok

Pesantren Mahasiswa di Depok
Kredit Foto: Athallah

Selanjutnya adalah Pesma Al Hikam. Pesantren mahasiswa di Depok Indonesia ini merupakan cabang dari Pesma Al Hikam Malang. Karenanya secara kegiatan tidak jauh berbeda antara Al Hikam Malang dan Al Hikam Depok.

Karena khusus mahasiswa, pelajaran pesantren tentu disesuaikan dengan kegiatan mahasiswa. Pelajaran pesantren hanya selepas shalat Subuh dan shalat Maghrib, sehingga tidak mengganggu aktivitas kampus.

Selain mengaji, mahasantri juga akan dibekali dengan berbagai kegiatan/event tambahan untuk memfasilitasi kebutuhan dan minat bakat santri, didukung dengan fasilitas yang dimiliki oleh pesantren. Lokasi yang dekat dengan kampus UI (belakang FT UI) sehingga memudahkan untuk akses ke kampus dan tempat strategis lainnya.

Dalam kesehariannya, proses pendidikan di pesantren ini mengutamakan pendidikan yang berakhlak karimah, berjiwa sosial, sederhana, dan berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Hadis, sejalan dengan moto Pesantren Mahasiswa Al-Hikam: amaliah agama, prestasi ilmiah, dan kesiapan hidup.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. H. Amat No.21, Kukusan, Rusunawa, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Website resmi: http://walisongoonline.com/

Pondok Pesantren Inayatullah Yogyakarta

Kredit Foto: Ponpes Inayatullah

Berikutnya Ponpes Inayatullah. Pesantren yang satu ini sejatinya tidak menamakan diri sebagai pesantren mahasiswa. Tapi meskipun begitu pada faktanya banyak mahasiswa dari berbagai Kampus di Yogyakarta seperti UGM, UNY, UAD, UIN Suka, UII, dll yang nyantri di pesantren ini. Hal ini dikarenakan lokasinya yang strategis dan jam pelajaran pesantren yang sesuai dengan waktu mahasiswa.

Secara umum Kegiatan di pesantren mahasiswa di Jogja ini dibagi menjadi kegiatan malam dan kegiatan pagi. Kegiatan malam dimulai dari Maghrib sampai pukul 22.00 WIB. Kegiatan tersebut meliputi sholat Maghrib berjama’ah, pembacaan Surat Al-Fatihah 11 kali, tadarus Al-Qur’an, mengaji kitab hadits (bandongan), sholat Isya’ berjama’ah, madrasah, kemudian ditutup dengan kajian kitab (bandongan).

Sementara itu, kegiatan pagi dimulai dari Shubuh sampai pukul 06.00 WIB. Kegiatan pagi hari meliputi sholat Shubuh berjama’ah, mujahadah, sorogan Al-Qur’an, setoran hafalan, dan musyawarah.

Selain kegiatan pokok tersebut, terdapat kegiatan lain yaitu kegiatan ekstrakulikuler berupa seni hadroh. Setiap santri diwajibkan mengikuti kegiatan ini. Latihannya diadakan seminggu sekali, yaitu di hari Minggu.

Santri yang sudah cukup mahir akan menjadi tim inti dari grup Sholawat Hayatul Qulub. Kegiatan lain selain hadroh antara lain piket harian per kamar, piket ndalem (untuk santri putri), ronda kampung setiap malam Sabtu (untuk santri putra), kerja bakti, tahlilan, dan pengajian selapanan.

Adapun biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 1.495.000 Biaya masuk
Sekitar Rp. 230.000Biaya bulanan putra
Sekitar Rp. 210.000Biaya bulanan putri

Alamat lengkap pesantren: Jalan Monjali 20 RT. 01/38 Nandan Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta

Website resmi: https://ponpesinayatullah.com/

Pondok Pesantren Madinah Munawwaroh Semarang

Pesantren Mahasiswa di Semarang
Kredit Foto: Muhammad Khoiron

Terakhir adalah Ponpes Madinah Munawwaroh. Pesantren ini adalah gagasan dari  K.H. Abdul Wahid Al-Mutamakkin, K. H. Mustofa Azhari beserta keluarga besar Habib Toha Putra Al-Munawwar khususnya Habib Hasan Toha Putra Al- Munawwar. Sejatinya ini adalah pesantren untuk umum, namun terdapat juga program khusus mahasiswa. Hal ini dikarenakan lokasinya yang dekat dengan berbagai kampus di Semarang. Yaitu Universitas Diponegoro, POLINES, POLTEKKES, dll.

Di pesantren mahasiswa di Semarang ini para mahasiswa akan belajar pada shubuh dan malam hari. Hal ini dilakukan tentu saja untuk menyesuaikan dengan kesibukan mahasiswa dalam menghadapi pelajaran di kampusnya masing-masing. Adapun pelajaran yang akan dikaji oleh para mahasantri adalah Ilmu Fiqih, Aqidah, Tahsin Qur’an, dan Bahasa Arab.

Selama menjadi mahasantri di pesantren ini, mereka akan mendapatkan berbagai fasiliitas. Antara lain dibimbing oleh guru-guru berkompeten dan memiliki sanad keilmuan yang jelas, makan 3x sehari, free wi-fi, lingkungan bersih, ekstrakulikuler, dll.

Adapun biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 2.800.000 Biaya masuk
Sekitar Rp. 500.000Biaya bulanan putra

Alamat lengkap pesantren: Jl. Durian Raya No.27B, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50268

Website resmi: https://pmm.or.id/

Nah, demikianlah deretan pesantren mahasiswa di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan. Silahkan sesuaikan dengan tempat dimana Anda kuliah ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar