(REVIEW) Pondok Pesantren Taruna Quran Yogyakarta

Sekilas Pesantren Taruna Quran

Pondok Pesantren Taruna Quran merupakan satu diantara pesantren yang menyiapkan santrinya untuk menjadi penghafal Al-Quran yang berada di Yogyakarta. Pesantren ini didirikan oleh Ustadz Umar Budihargo pada tahun 1997. Beliau adalah lulusan dari Universitas Islam Madinah. Sebelum mendirikan Taruna Al-Quran beliau menjadi salah satu pengasuh di Pesantren Asy Syifa Muhammadiyah di daerah desa Sumbermulyo, Bambang Lipuro, Bantul.

Kala itu sang pendiri mendirikan pesantren ini memiliki tujuan untuk memahamkan umat Islam terhadap agamanya secara totalitas dan komprehensif, sesuai dengan ketentuan Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Selain itu beliau berharap agar umat Islam kembali tampil menjadi umat yang terbaik ditengah-tengah manusia.

Biografi Pendiri

Ustaz Umar, demikian ia disapa, hidup sederhana. Pakaian selalu baju putih polos, tidak pernah pakai yang lain. Rumah juga sederhana; tembok cuma diplester dan dicat, lantai ubin abu, kursi tamu dari bambu. Kalau ada tamu, selalu beliau yang menyuguhkan sendiri suguhan untuk tamu, termasuk kalau makan berat. 

Satu hal yang unik dan menjadi bukti ketawadluannya, beliau biasa memanggil para santrinya dengan sebutan “ustaz” juga. Karenanya para bapak, ibu, jemaah haji yang sudah sepuh-sepuh pun akhirnya memanggil santri-santri kecil Pesantren Taruna Alquran dengan sebutan sama.

Visi Pesantren

Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, Pesantren Taruna Quran senantiasa berupaya dan berusaha untuk mewujudkan visinya yaitu: “Membentuk generasi yang beraqidah lurus, berakhlak mulia, beribadah yang benar, hafal Al Quran dan mampu beramal usaha.” Nah untuk mewujudkan visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menumbuhkan semangat untuk mempelajari dan menghafal Al Quran secara intensif kepada seluruh siswa/santri, sehingga menjadi generasi Qur’ani.
  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa/santri dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing.
  • Memberikan kemampuan ilmu agama maupun umum bagi siswa/santri untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  • Menyiapkan lulusan yang mandiri dan mampu mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan pemahaman salafus sholih.

Kurikulum dan Program Pesantren

Saat ini Pesantren Taruna Qur’an memiliki dua program utama. Program tersebut ialah:

  • Program Reguler 7 Tahun (Lulusan SD/Sederajat)
    • Madrasah Tsanawiyah : 3 tahun
    • Madrasah Aliyah : 3 tahun
    • Masa Bakti Pengabdian : 1 tahun
  • Program Takhasus 5 Tahun (Lulusan SMP/Sederajat)
    • Masa Takhasus : 1 tahun
    • Madrasah Aliyah : 3 tahun
    • Masa Bakti pengabdian : 1 tahun

  • Mata Pelajaran Kurikulum Pesantren
    • Tauhid, tahfidz, tajwid, tarjamah, lafdiyyah, tafsir alquran, miah hadits lil hifdz, hadits arbaun nawawi, nahwu sharaf, durusul  luhgah, imla’ dan khat, shiroh nabawiyah, faroidh, umdatul ahkam, riyadhus shalihin, akhlaq lil banat, dan hisnul muslim.

  • Mata Pelajaran Kurikulum Kemenag
    • Akidah akhlak, fiqih, bahasa arab, SKI, matematika, IPA (fisika, biologi, kimia), PKN, IPS, bahasa indonesia, bahasa inggris, prakarya (tata boga dan menjahit), informatika, sastra indonesia, ekonomi, ilmu hadits, ilmu tafsir, dan ushul fiqh.

Kehidupan Santri

Pesantren Taruna Al Qur’an sebagaimana Pesantren lainnya sangat padat memberikan kegiatan kepada seluruh santri. Sejak bangun tidur para santri sudah didisiplinkan melakukan kegiatan-kegiatan positif. Nah secara umum kegiatan santri di Pesantren Taruna Quran dapat digambarkan dengan jadwal harian di bawah ini:

02.00 – 03.45 Bangun tidur, sholat tahajjud, apel pagi
03.45 – 06.30 Sholat Subuh, Tahfidz Pagi
06.30 – 07.15 MCK, Piket
07.15 – 07.45 Sarapan
07.45 – 11.00 Berbaris, KBM dan Tahfidz Dhuha
11.00 – 11.30 Makan Siang
11.30 – 13.30 Sholat Dhuhur, Tahfidz Mandiri
13.30 – 14.30 Qailullah/Istirahat
14.30 – 15.30 Piket sore, Sholat Ashar
15.30 – 16.30 Tahfidz Sore
16.30 – 18.00 MCK, Makan Malam
18.00 – 19.30 Sholat Maghrib, KBM, Sholat Isya
19.30 – 20.30 Tahfidz Malam
20.30 – 21.30 Mufrodat
21.30 – 02.00 Istirahat Malam

Cukup padat bukan kegiatannya?

Biaya Pendidikan

Menurut informasi terakhir yang kami dapatkan, bagi Anda yang ingin menyekolahkan putra/i di pesantren ini maka harus menyiapkan dana sebesar:

BiayaKampus 1Kampus 2
RegistrasiRp.10.560.000,-Rp.13.810.000,-
SPP BulananRp.600.000,-Rp.850.000,-

Catatan: 

  • Registrasi sudah mencakup dana pembangunan dan perlengkapan pribadi santri baru meliputi: kasur, almari, seragam, kitab-kitab dll.
  • Penempatan Kampus berdasarkan hasil tes seleksi.
  • Kampus 1 dan Kampus 2 memiliki program kegiatan yang sama (hanya beda lokasi)
  • Terdapat program full beasiswa sampai 6 tahun bagi yang memenuhi kriteria (kurang mampu, yatim dan prestasi)

Begitulah sekelumit profil tentang Pondok Pesantren Taruna Quran Yogyakarta. Semoga bermanfaat ya!

Alamat lengkap pesantren: Jl. Lempongsari Raya No.4a, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Website resmi: https://taruna-alquran.com/

Baca juga:

Daftar 500+ Pesantren Terbaik di Indonesia Lengkap

(REVIEW) 9 Pesantren di Yogyakarta Paling Bagus (2021)

(REVIEW) 9 Pesantren Terbaik di Bantul (2021)

Any Review Fields Not Found

Tinggalkan komentar