5 Pesantren Yatim di Indonesia di Berbagai Kota

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Jika masih ada kerabat atau keluarga yang sanggup menanggung hidupnya, tentu lebih afdhol anak yatim itu diurusi orang terdekatnya. Namun, jika tidak seperti itu keadaannya, memasukkan mereka ke pesantren Yatim di Indonesia bisa menjadi pilihan bagus.

Kami sudah menghimpun 5 pesantren yatim di berbagai kota yang bagus untuk dijadikan pilihan.

Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al Kasyaf Bandung

Pertama adalah Ponpes Yatim dan Dhuafa Al Kasyaf. Pesantren yatim di Bandung yang berdiri pada tahun 2013 ini memiliki sebuah visi yang mulia dan visioner, yaitu: “Menjadikan anak yatim dan dhuafa sebagai Mufassir Al-Quran, yaitu yang mempunyai kemampuan menafsirkan al-Quran dalam berbagai bidang sesuai dengan kompetensinya.”

Dalam mendidik para santri yatim, Al Kasyaf  Pesantren Yatim dan Dhu’afa Al-Kasyaf ini menggunakan kurikulum terpadu yang menggabungkan Ajaran Islam (Dien), dan pengetahuan umum dan pendidikan berasrama. para santri dilatih untuk mampu memiliki kompetensi tahfidz, sains, bahasa, dan ilmu islam.

Kemudian santri pun akan dilatih untuk bisa memiliki life skill dalam mengarungi kehidupan. Para santri nantinya akan belajar berceramah dan menulis buku. Kemudian para pengurus pun akan mengajari santri untuk bisa bercocok tanam, khususnya dengan metode hidropnik. Para santri akan diajari mulai dari cara menanam hingga merawat tanaman hidroponik tersebut.

Alamat lengkap pesantren: Kp. Sukamaju RT. 04/10 Desa, Cimekar, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40623

Bagi anda yang ingin berdonasi atau menitipkan anak yatim bisa menghubungi: 08121469136

Website resmi: http://www.pesantrenyatimalkasyaf.org/

Pondok Pesantren Yatim Mabda Islami Sukabumi

Kredit Foto: Pakuan Pos

Berikutnya adalah Ponpes Mabda Islami. Pesantren yatim yang didirikan oleh Kang Sandi Nopiandi bisa dikatakan salah satu pesantren yatim di Indonesia yang paling besar. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab lahan pesantrennya sangatlah luas.

Dalam menjalankan pendidikannya, Mabda Islami menyelenggarakan Pendidikan Islam dengan metode dan sarana yang sesuai dengan perkembangan zaman. Nantinya para santri akan mendapatkan pembinaan berupa kajian aqidah, akhlaq, bahasa Arab, siroh Nabawiyah, dan ilmu syari’ah lainnya dengan cara membangun pemahamannya tentang kehidupan, sehingga menjadi landasan sikap dan perilaku sehari-hari, bukan sekedar mentransfer ilmu.

Selain itu tentu saja para santri akan dilatih ilmu kemandirian, berupa keterampilan dan keahlian agar siap terjun dalam kancah kehidupan bermasyarakat secara mandiri. Tak ketinggalan, santri pun akan mendapatkan ilmu-ilmu sains yang diperlukan dalam kehidupan mereka.

Salah satu keunggulan pesantren yatim ini adalah memiliki lahan pertanian, peternakan, dan perikanan yang sangat luas. Yang mana hasil dari lahan-lahan tersebut akan dijual sebagian, dan sebagian lagi diperuntukkan untuk sumber makanan para santri.

Selain itu di pesantren ini juga menyediakan destinasi wisata berupa Agro Park. Agro Park adalah sebuah Taman berupa kumpulan Flora dan Fauna yang sangat unik, yang mana para pengunjung bisa melihat berbagai hewan, seperti rusa, monyet, ikan, burung, kambing, kelinci, landak, dll, juga bisa melihat berbagai jenis tumbuhan dan tanaman, pohon tin, pohon kurma, berbagai macam bunga, dan buah-buahan.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Pasir Gede, Kertaangsana, Nyalindung, Sukabumi, Jawa Barat 43196

Bagi anda yang ingin berdonasi atau menitipkan anak yatim bisa menghubungi: 081363662002

Website resmi: https://pesantrenyatim.com/

Pondok Pesantren Yatim Ibnu Taimiyah Bogor

Kredit Foto: Uus Rusnandar

Selanjutnya adalah Ponpes Ibnu Taimiyah. Pesantren yatim di Bogor ini mulai beroperasi sejak tahun 1997. Awalnya Ibnu Taimiyah hanya menyediakan pendidikan pesantren bagi anak yatim untuk jenjang MI saja. Namun seiring berjalannya waktu, pengelola pun menyediakan pendidikan pesantren untuk anak yatim usia MTS dan MA. Dan bahkan sejak 2008, pesantren ini membuka kesempatan bagi siswa non-yatim berbayar untuk mengikuti pembelajaran.

Kurikulum yang dikembangkan di pesantren ini adalah Kurikulum Kementerian Agama yang disesuaikan dengan visi-misi pesantren dengan menitik beratkan kemampuan menghafal Al-Qur’an, penguasaan Bahasa arab dan ilmu-ilmu syar’i.

Adapun program pendidikannya berlangsung selama 6 tahun. Yang mana 3 tahun jenjang MTS dan 3 taahun jenjang MA. Selain itu para santri juga nantinya diwajibkan khidmah (pengabdian) selama 1 tahun di lingkungan pondok, hal ini dilakukan sebagai latihan dakwah.

Nantinya lulus dari pesantren ini, para santri minimal diharapkan sudah memiliki hafalan 16 juz Al-Qur’an, menguasai Bahasa arab dan inggris, serta memiliki berbagai skill untuk menyongsong kehidupan.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Raya Pondok Bitung Jl Pasir Tengah No.Kp, RT.04/RW.03, Sukaharja, Kec. Cijeruk, Bogor, Jawa Barat 16740

Bagi anda yang ingin berdonasi atau menitipkan anak yatim bisa menghubungi: 0857 7001 3847

Website resmi: https://ibnutaimiyah.com/

Pondok Pesantren Al Hidayah Batu

Kredit Foto: Habib

Berikutnya adalah Ponpes Al Hidayah. Pesantren yatim di Malang yang berdiri sejak 1977 ini sejatinya merupakan pesantren yang terbuka untuk umum. Hanya saja pesantren ini tiap tahunnya secara konsisten menyediakan asrama dan pendidikan gratis 100% untuk 60-80 santri yatim, piatu, dan miskin/dhuafa.

Para santri tersebut akan mendapatkan pendidikan ke-Islaman ala Pesantren, sekaligus wajib mengikuti pendidikan dasar dan menengah formal dengan disekolahkan gratis ke SD/MI, SLTP/MTs, hingga SLTA/MA yang ada di Kota Batu. Kemudian nantinya seluruh santri juga dibekali dengan pendidikan keterampilan beternak, bertani, perikanan, atau menjahit.

Karena usianya yang sudah cukup tua, pesantren ini telah berhasil mengentaskan pendidikan secara gratis bagi lebih dari 1700 anak yatim, piatu, dan miskin/dhuafa selama pendiriannya. Santri-santri tersebut tidak hanya berasal dari daerah sekitar Batu, tapi juga dari kantong-kantong wilayah miskin yang ada di Indonesia seperti Madura, Ambon, Flores, Bali, Kalimantan Barat, dan Jawa Tengah.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Pattimura Gg. VI No.300, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315

Bagi anda yang ingin berdonasi atau menitipkan anak yatim bisa menghubungi: 081334495505

Website resmi: https://www.ppalhidayah.com/

Pondok Pesantren Yatim Baitul Qur’an Depok

Kredit Foto: Baitul Quran

Terakhir adalah Ponpes Baitul Qur’an. Pesantren yang berdiri sejak tahun 2006 ini bisa dikatakan memiliki jenjang pendidikan dan program yang cukup lengkap pagi para santri yatim. Selain itu sesuai namanya, pesantren ini juga akan memuliakan para penghafal Qur’an. Setidaknya ada 5 program khusus yatim dan penghafal Qur’an yang tersedia di pesantren ini. Yaitu:

  • Pesantren Gratis
  • Tahfidz Al Qur’an 30 juz

Program sekolah gratis (SMP dan SMA) mereka adalah anak anak yatim dan dhua’fa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Yang mana selain belajar formal, para santri akan ditargetkan untuk bisa hafal Qur’an.

  • Program da’I hafal Al Qur’an

Program bagi para pemuda lulusan SMA dan sederajat yang telah berkomitmen untuk menghafalkan Al Qur’an 30 juz selama 2 – 2, 5 tahun , merka di bekali dengan pedidikan agama seperti : tafsir, hadits, kajian keislaman, serta training-training, life skill sebagai bekal mereka dalam berdakwah nanti di masyarakat luas.

  • STIQ Baitul Qur’an (Sekolah Tinggi Ilmu Q ur’an)

Merupakan sekolah tinggi program S1, yang fokus di jurusan Ilmu Al-Qur’an

Alamat lengkap pesantren: Komplek Timah Blok CC 3, Jl. Santri No.19, RT.1/RW.11, Tugu, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16451

Bagi anda yang ingin berdonasi atau menitipkan anak yatim bisa menghubungi: 0857 7744 4144

Website resmi: https://baitulquran.or.id/

Nah, itulah 5 pesantren yatim di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan bagus. Silahkan hubungi segera!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar