(REVIEW) Rekomendasi 9 SDIT di Bandung Terbaik

Jika saat ini Anda sedang mencari referensi SDIT di Bandung yang bagus, Anda datang ke tempat yang tepat. Kami sudah menghimpun informasi yang Anda inginkan dalam artikel ini. Berikut deretan SD Islam terbaik yang ada di kota kembang ini.

SD Plus Al Aitaam Bojongsoang

Kredit Foto: SD Plus Al Aitaam

SDIT di Bandung pertama yang akan kami bahas adalah SD Plus Al Aitaam. Sekolah islam yang terletak di wilayah Kabupaten Bandung ini dalam melaksanakan aktivitas pendidikannya senantiasa berpedoman kepada visinya yaitu: “Membentuk pemimpin yang berkarakter sholeh, cerdas, dan cinta lingkungan.” Nah untuk mencapai visi tersebut, maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Melaksanakan pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).
  • Melaksanakan pembelajaran muatan cirri khas : PAI, Tematik, Tahsin, Tahfizh, Bahasa Arab.
  • Melaksanakan KBM berbasis multiple intelegent.
  • Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler di bidang keagamaan, seni, sains dan olah raga yang disesuaikan dengan minat dan bakat siswa.
  • Mengadakan kegiatan pendidikan dan latihan kepemimpinan yang melibatkan siswa melalui LDKS (Latitah Dasar Kepemimpinan Siswa).
  • Melaksanakan pembelajaran pembiasaan melalui penyambutan siswa, sholat dhuha, sholat zhuhur, hafalan hadits, dan hafalan surat al-qur’an juz 30.

Adapun program unggulan yang terdapat di sekolah islam ini adalah:

  • Memadukan kurikulum diknas dan kurikulum kepesantrenan.
  • Kelas 1 s.d 3 (Mata pelajaran tematik dan PAI) menggunakan buku hasil karya guru/KKG
    ​SD Plus Al-Aitaam.
  • Pembelajaran indoor dan out door , 1 kelas 25 orang.
  • Pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah dan sholat dhuha bersama setiap hari.
  • Tahfidzul Qur’an.
  • Melaksanakan siding tahfidz tiap semester.
  • Pengembangan diri
    • Wajib (Pramuka)
    • Berbagai olahraga dan kesenian

Mengenai biaya pendidikannya:

Komponen Biaya
Biaya MasukRp 9.750.000
Biaya SPPRp 500.000

Alamat lengkap: Jl. Ciganitri Trsn, Buahbatu, Kec. Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat 40287

Website resmi: https://sdpalaitaam.weebly.com/

SD As Salam

Kredit Foto: Eryl Mohammed

Berikutnya adalah SD As Salam. Sekolah ini merupakan Sekolah Islam Terpadu pertama di Kota Bandung. Tepatnya sekolah ini telah berdiri sejak tahun 1958. Yang mana pendirinya adalah seorang Habib yaitu Habib Utsman Alaydrus. Dalam melaksanakan pendidikannya, sekolah ini selalu berpedoman pada visinya yaitu: “Membina akhlak meraih prestasi berwawasan global, berdasarkan imtaq dan iptek, dengan menghargai kearifan karakter budaya serta peduli lingkungan.”

Untuk kurikulumnya, SD As Salam disusun berdasarkan standar Nasional dan norma keagamaan. Yang mana beberapa output pendidikannya yaitu:

  • Menguasai Baca Tulis Qur’an (BTQ) dan Hafal Juz 30.
  • Beriman dengan mengenal, menghafal, memahami, dan menghayati rukun iman, sifat wajib, dan asmaul husna.
  • Terbiasa berperilaku dengan sifat-sifat terpuji, menghindari sifat-sifat tercela dan berahlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengenal dan memahami rukun islam serta mampu beribadah dan bermuamalah dengan baik dan bnear.
  • Memahaki, menghayati dan mampu mengambil manfaat sejarah islam.
  • Hafal dan terbiasa membaca doa-doa harian.

Adapun beberapa keunggulan yang ada di sekolah islam ini adalah:

  • Peserta didik belajar menyenangkan dengan menggunakan berbagai media yang merangsang peserta didik untuk mandiri, kreatif, inovatif, dan kritis.
  • Bimbingan intensif BTQ
  • Penanaman niali positif dalam bersikap dan berperilaku.
  • Tenaga pendidik yang ahli dan professional.
  • Mewadahi beragam bakat dan minat peserta didik.
  • Dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang representative.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya untuk tahun ajaran ini.

Alamat lengkap: Jl. Sasak Gantung No.1-4, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40251

Website resmi: https://www.sdassalaam.sch.id/

SD Islam Cendekia Muda Arcamanik

Kredit Foto: Anggera Hermawan

Berikutnya adalah SD Islam Cendekia Muda. Sekolah islam yang satu ini berada di bawah Yayasan Laju Pendidikan. Yayasan ini merupakan merupakan sebuah yayasan pendidikan yang islami, didirikan tahun 2001. Mimpi yayasan ini adalah membawa perubahan positif dalam pendidikan, dan menghasilkan perubahan untuk negara dan dunia. Kini YLP telah memiliki jenjang pendidikan dari jenjang TK-SMA.

Beberapa program unggulan yang ada di sekolah islam ini adalah:

  • Program pembiasaan ibadah Fardhu, sunnah (dhuha, rawatib, shaum sunah, membaca Qur’an, infak), serta karakter, melalui pemantauan berkala.
  • Pertunjukkan per kelas/level yang disaksikan orang tua dan teman dengan mengangkat tema yang sedang dipelajari. Dilakukan 1 kali tiap semester.
  • Kegiatan evaluasi dan review materi di tengah semester dalam bentuk project. Melibatkan orang tua dalam satu pembelajaran interaktif sesuai tema yang sedang dipelajari.
  • Kegiatan belajar di luar kelas untuk memperkaya pengetahuan siswa sehingga siswa mendapat informasi & pemahaman yang lebih utuh terhadap suatu materi.
  • Program pembiasaan menghafal Qur’an dengan metode UMMI, target hafalan 5 juz.

Adapun tujuan pendidikan di sekolah ini adalah memiliki karakter mandiri, kasih sayang, empati, tidak sombong, bertanggung jawab, gigih dan ulet. Dengan kemampuan akademik yang baik dan mampu bersaing. Siswa lulusan Cendekia Muda sudah dapat berwudhu dengan tertib, dapat melakukan shalat dengan gerakan dan bacaan yang benar, dapat membaca Al-Qur’an dengan baik, serta diharapkan memiliki hafalan Quran 5 juz dengan kualitas yang baik.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya untuk tahun ajaran ini.

Alamat lengkap: Jl. Arcamanik Endah No.35, Sukamiskin, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293

Website resmi: https://cendekiamuda.sch.id/

SD Ibnu Sina Padasuka

Kredit Foto: Kang Anditea

Selanjutnya adalah SD Ibnu Sina. Sekolah islam ini berada dibawah naungan Yayasan Rahmatan Lil ‘Alamin. Yayasan ini telah berdiri sejak tahun 1995 dan kini menyelenggarakan pendidikan dari jenjang PG-SMP. Bisa dikatakan Ibnu Sina adalah institusi unggulan, terpadu dan terkemuka yang mendapat pengakuan dan dukungan masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berwawasan lingkungan dengan semangat rahmatan lil ’alamin.

Kemudian SD Islam Ibnu Sina menggunakan 2 kurikulum, yaitu:

  1. Kurikulum 2013
  2. Kurikulum Yayasan (Hafalan surat-surat di juz 30, juz ‘Amma, membaca Al Qur’an tartil dengan menggunakan Metode Ummi) dengan muatan lokal B. Inggris sejak dari kelas 1, B. Sunda. Komputer sudah terintegrasi di dalam kegiatan pembelajaran (tidak ada khusus pelajaran komputer)

Adapun beberapa keunggulan yang terdapat di sekolah islam ini adalah:

  • Menguasai Baca Tulis Qur’an (BTQ) dan hafal juz 30.
  • Program inklusi, dimana anak-anak reguler akan belajar berempati dari ABK, dan ABK dapat belajar tentang bagaimana hidup di dunia nyata.
  • Active Learning, Di Ibnu Sina anak akan belajar dengan banyak melakukan percobaan. Dalam 1 semester akan melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan (Pengling) ke tempat-tempat yang disesuaikan dengan materi yang sedang dipelajari.
  • Pembiasaan, Selain pelajaran agama, dilengkapi dengan pembiasaan, seperti sholat dzuhur dan ashar berjamaah, dan sholat duha.
  • Reading Habit, Minimal seminggu sekali membaca buku cerita, dan meminjam buku di perpustakaan.
  • Membangun kepemimpinan dan keterampilan hidup melalui kegiatan Pramuka, MABIT, Leadership Kids Camp (LKC), dll.

Sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya untuk tahun ajaran ini. Namun diperkirakan biaya masuknya di kisaran 15-17 juta.

Alamat lengkap: Komplek Bumi Asri, Jl. Lembah Asri No. 2 Padasuka, Cicaheum, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40192

Website resmi: https://ibnusinabandung.com/

SD Salman Al Farisi

Kredit Foto: Abdul Rohman

Berikutnya adalah SD Salman Al Farisi. Sekolah islam yang menisbatkan namanya kepada salah satu pahlawan islam ini dalam menjalankan aktivitas pendidikannya senantiasa berpedoman kepada visinya yaitu: “Menjadi lembaga pendidikan yang mampu mengembangkan dan menghasilkan generasi muslim yang siap menjadi khalifatullah fil ardli yang rahmatan lil ‘alamin. Untuk mencapai visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Membangun dan menyelenggarakan sistem pendidikan komprehensif yang menyiapkan lulusannya untuk menjadi gnerasi muslim yang berkemampuan sebagai khaliafatullah fil ardli yang rahmatan lil ‘alamin
  • Menyelenggarakan pendidikan yang dapat mengembangkan landasan kehidupan islami para siswa sesuai dengan visi lembaga.

SD Salman Al Farisi mengembangkan kurikulum, fasilitas, dan model pembelajaran yang tepat menggunakan kurikulum dengan pola pembelajaran terpadu antara kurikulum Depdiknas yang diperkaya dengan kurikulum unggulan yayasan Salman Al Farisi untuk membentuk anak-anak muslim yang sholeh, cerdas, dan kreatif yang terfokus pada 3 aspek perkembangan yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.

Kemudian metode pembelajaran yang digunakan adalah learning by doing dengan pendekatan joyfull learning yaitu belajar dengan melakukan. Hal ini menuntut kreatifitas, improvisasi dan inovasi guru dalam proses belajar mengajar sehingga peserta didik dapat mengembangkan karakter kecintaan belajar. Belajar tidak hanya fokus di dalam kelas tetapi juga di luar kelas dalam areal komplek pendidikan yang luas, aman dan nyaman.

Mengenai biaya pendidikannya:

Komponen Biaya
Biaya MasukRp 29.860.000
Biaya SPPRp 1.650.000

Alamat lengkap: Jl. Tubagus Ismail VIII Atas, Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40134

Website resmi: https://salman-alfarisi.sch.id/

SD Islam As Shaff

Kredit Foto: SD Islam As Shaff

Selanjutnya adalah SD Islam As Shaff. Sekolah islam yang terletak di kecamatan Jatihandap ini dalam melaksanakan setiap aktivitas pendidikannya senantisa berpedoman kepada visinya yaitu: ” Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, taat ibadah dan mencintai ilmu.“ Untuk mencapai visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Menguatkan Akidah
  • Meluruskan Ibadah
  • Menampilkan Akhlakul Karimah
  • Mengembangkan Kemandirian dan Tanggung Jawab Dalam Belajar

Setiap harinya para siswa akan melakukan:

  • Pembelajaran Al-Quran
    • Tahsin (Metode “Tilawati”)
    • Tahfizh (Hafalan Minimal 2 Juz)
  • Pembelajaran Tematik
  • Ice Breaking
  • Budaya Literasi (Membaca Menulis dan Berkisah)
  • Membersihkan Dan Merapikan Tempat Belajar
  • Melaksanakan Solat Dzuhur Berjama’ah Di Sekolah

Adapun program unggulan di sekolah ini adalah:

  • Penanaman Ruhiyah – Diniyah
    • Akidah dan Adab
    • Ibadah Sesuai Sunnah Nabi SAW
    • Pembelajaran Al Quran metode “TILAWATI” (Tahsin & Tahfidzh)
  • Penguatan Akademik
    • Sains
    • Bahasa
    • Matematika
  • Budaya Literasi
    • Membaca
    • Menulis
    • Berkisah
  • Penguatan Karakter
  • Pembiasaan Kedisiplinan

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya untuk tahun ajaran ini.

Alamat lengkap: Jl. Jatihandap No.52, RT.004/RW.015, Jatihandap, Kec. Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat 40195

Website resmi: https://sdislam-ashshaff.com/

SD Darul Hikam Dago

Kredit Foto: Arief Budiman

Berikutnya adalah SD Darul Hikam. Sekolah islam yang satu ini dalam melaksanakan aktivitas pendidikannya senantiasa berpedoman kepada visinya yaitu: “Menjadi Sekolah Dasar Islam terbaik di Jawa Barat melalui budaya (jati diri, ciri khas dan keunggulan) berakhlak berprestasi dan berbudaya lingkungan.” Untuk mewujudkan visi yang besar tersebut, maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Melaksanakan pendidikan sekolah Islam dan umum secara terpadu dan berkualitas tinggi melalui penanaman nilai-nilai taqwa untuk menghasilkan kader muslim yang berakhlak dan berprestasi
  • Membentuk sistem manajemen pendidikan yang profesional untuk menguatkan eksistensi mutu dan citra sekolah Islam dalam sistem pendidikan nasional
  • Memiliki SDM yang dapat memberikan layanan profesional dan berkomitmen tinggi terhadap penguatan misi pendidikan Islam
  • Menjalin kemitraan untuk pengembangan kelembagaan sebagai pelaksanaan da’wah Islamiyah
  • Menyelenggarakan sistem pendidikan berbudaya lingkungan.

Adapun struktur kurikulumnya adalah:

  • Kurikulum Inti
    Dinul Islam sebagai fondasi basis pendidikan jati diri dan basis pengembangan ilmu-ilmu umum/duniawi (Kurikulum Darul Hikam).
  • Kurikulum Utama
    IPTEK yang berbasis Islam sebagai kekuatan penumbuh karya dan amal (Kurikulum Nasional).

Mengenai biaya pendidikannya:

Komponen Biaya
Biaya MasukRp 24.280.000
Biaya SPPRp 1.400.000

Alamat lengkap: Jl. Ir. H. Juanda 285 BandungJawa Barat, Indonesia 40135

Website resmi: https://sddh.sch.id/

SD Islam Al Azhar 30

Kredit Foto: Yudi Yanuar

Selanjutnya adalah SD Islam Al Azhar 30. SD Islam Al-Azhar 30 Bandung merupakan sebuah lembaga pendidikan swasta yang menjadi solusi di bidang pendidikan sekolah dimana tujuanya yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa terutama generasi muda yang berlandaskan IPTEK dan IMTAQ didaerah Bandung bagian utara.

Kemudian untuk mewujudkan tujuan tersebut maka terdapa dua misi pendidikan yang dilakukan sekolah ini, yaitu:

  • Menumbuhkembangkan kecerdasan intelektual, social-emosial, dan spiritual secara terpadu melalui kegiatan kurikuler, ekstrakulikuler atau kegiatan penunjang lainnya.
  • Mewujudkan cendekiawan muslim yang CERDAS (Cekatan, Empatik, Reflek, Disiplin, Aplikatif, dan Sholeh) dan berwawasan luas serta peduli terhadap lingkungan sekitar.

Beberapa program unggulan yang ada di sekolah ini adalah:

  • Tahfidz Juz 30 & 29
  • Tahsin & Tartil membaca Al Qur’an
  • Terjemah Al Quran (Tamyiz)
  • Tertib dalam ibadah wajib dan sunnah
  • Intensif Pendalaman Materi Siap Ujian
  • Muatan Global (MIE&SIE)
  • Matematika Nalaria Realistik
  • Pesantren Akhlakul Karimah
  • Field Trip Tematik
  • TIK (Teknologi Informasi & Komputer)
  • Wisuda Khatam dan Tahfidz Al Quran

Sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya untuk tahun ajaran ini. Namun diperkirakan biaya masuknya di kisaran 30 juta.

Alamat lengkap: Jl. Tirta Sari III No.1, Sarijadi, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40151

Website resmi: https://www.alazhar30bandung.sch.id/

SD Ar Rafi’ Drajat Baleendah

Kredit Foto: Tarsidin Channel

Berikutnya adalah SD Ar Rafi’ Drajat Baleendah. Sekolah islam yang satu ini secara kelembagaan berada di bawah Yayasan Atikan Islam Drajat. Sekolah ini memiliki visi bahwa lulusan Ar Rafi’ Drajat adalah Abdullah dengan tugas sebagai Khalifah. Oleh karena itu, misi Ar Rafi’ adalah:

  • Menumbuhkembangkan nilai-nilai aqidah sesuai al-qur’an dan sunnah.
  • Mengembangkan manajemen pembelajaran berbasis teknologi dan wawasan internasional yang berkompetensi luas berlandaskan paradigma aqidah.

Adapun tujuan pendidikan di sekolah ini adalah: “Menyiapkan lulusan dengan kecakapan belajar, kecakapan personal dan kecakapan sosial yang berintikan nilai Islam agar dapat menguasai kecakapan akademik dan atau vokasional dalam spektrum luas sesuai dengan tuntutan masalah global dalam era teknologi informasi dan komunikasi.”

Adapun beberapa keunggulan sekolah islam ini adalah:

  • Strategi pembelajaran dengan konsep bilingual dan mastery learning
  • Pembelajaran kontekstual dan menyenangkan
  • Menuju sekolah bertaraf internasional (SBI) melalui pembelajaran ICT (Information and Communication Technology) yang mencerdaskan, berkarakter dan berakhlakul karimah

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya untuk tahun ajaran ini.

Alamat lengkap: Jl. Raya Banjaran No.KM. 173 A, Andir, Kec. Baleendah, Bandung, Jawa Barat 40375

Website resmi: http://www.sdarrafi2.sch.id/#

Kira-kira, sudah ada gambaran mau bersekolah di SDIT di Bandung yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada SMAIT bagus lain yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

(REVIEW) 7 Rekomendasi SMAIT di Bandung

Tinggalkan komentar