(REVIEW) 6 Rekomendasi SMAIT di Makassar

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar tentu memiliki banyak sekolah yang bagus. Tak terkecuali pada jenjang pendidikan menengah atas berbasis islam. Di artikel ini kami telah menghimpun beberapa rekomendasi SMAIT di Makassar yang mungkin dapat membantu Anda dalam mencari referensi sekolah islam terbaik di Makassar.

SMA Islam Athirah

Kredit Foto: Sekolah Islam Athirah

SMAIT di Makassar pertama yang akan kami bahas adalah SMA Islam Athirah. Sekolah islam ini telah berdiri sejak tahun 1984. Menilik sejarahnya, sekolah ini bermula dari keinginan kuat dari sosok Bapak Hadji Kalla dan istrinya, Ibu Hadjah Athirah untuk berperan aktif dalam memajukan pendidikan.

Nama Athirah ini diambil dari nama sang istri dari Bapak Hadji Kalla. Athirah bermakna harum atau wangi. Penetapan nama ini tak hanya sekadar wujud kasih sayang beliau kepada istrinya, tetapi makna nama ini juga diharapkan mampu menjadi spirit bagi civitas akademika Sekolah Islam Athirah. Harum dan wangi dalam prestasi dan attitude.

Konsep dasar Sekolah Islam Athirah adalah berciri Islam, berjiwa nasional, dan berwawasan global. Pada proses pembelajaran, sekolah ini berupaya membentuk keseimbangan kecerdasan emosional, intelektual, dan spiritual. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum nasional, namun tetap pada ciri khas Athirah. Program-program yang dibuat memproses Sekolah Islam Athirah menjadi sekolah efektif dan sentral pembelajaran.

Prestasi-prestasi yang dibangun tidak hanya pada wilayah intrakurikuler, tetapi juga pada wilayah ekstrakurikuler. Baik pada tingkat regional, nasional, maupun internasional. Metode pembelajaran yang dikembangkan adaptif terhadap teknologi dan metode pembelajaran kekinian yang memerdekakan siswa dengan pendekatan active learning.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya untuk tahun ajaran ini.

Alamat lengkap: Jl. Kajaolalido No.22, Baru, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90174

Website resmi: https://www.sekolahathirah.sch.id/

SMAIT Wahdah Islamiyah

Kredit Foto: Nasrul Official

Berikutnya adalah SMAIT Wahdah Islamiyah. Sekolah islam yang berada dibawah naungan Ormas Wahdah Islamiyah ini telah berdiri sejak tahun ajaran 2005/2006. didirikan atas saran kaum muslimin, khususnya para anggota dan simpatisan Wahdah Islamiyah. Mereka menginginkan agar YPWI menjadi pelopor untuk mendirikan dan mengelola SMA Islam terpadu pertama di kotanya Sultan Hasanuddin ini.

Di sekolah ini para siswa tidak hanya dibekali pengetahuan umum saja akan tetapi yang lebih penting adalah mendapatkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan secara intensif, baik kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas maupun kegiatan ekstrakurikuler di luar kelas. Bahkan untuk menunjang proses belajar mengajar, para gurunya mengunakan metode Quantum Teaching, termasuk juga menggunakan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi agar para siswa cepat memahami pelajaran yang disampaikan.

Kemudian tak ketinggalan sekolah ini juga membekali skill para siswa dengan kegiatan ekstrakurikuler penunjang. Para Siswa dapat mengikuti program ekstra kurikuler Bahasa Arab, yang lebih populer dengan nama AQL (Arabic Qunatum Learning). Peserta AQL Insya Allah dijamin mampu berbahasa arab dalam waktu 3 bulan. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler lainnya bahasa inggris, olahraga, jurnalistik, tahfidzul qur’an (menghafal Alqur’an) dan Tarbiyah Islamiyah (Kajian Islam Intensif).

Mengenai biaya pendidikannya:

Komponen Biaya
Biaya MasukSekitar Rp 10.500.000
Biaya SPP Rp 750.000

Alamat lengkap: Kompleks Bambu Bambu, Jl. Manggala Raya Jl. AMD Lrg. VII, Manggala, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90562

Website resmi: https://www.smawahdah.sch.id

SMAIT Al Biruni

Kredit Foto: Muhammad Arafah Kube

Selanjutnya adalah SMAIT Al Biruni. Sekolah islam ini didirikan oleh Bapak Arafah Kube, ST dan Ibu Dr. Erna Tri Herdiani, M.Si. Beliau berdua mendirikan sekolah ini dengan moto: “Sukses dunia akhirat.” Maka dipilihlah nama seorang ilmuwan muslim Abu Rayhan al-Biruni (973-1048 M), elit ilmuwan terbesar sepanjang masa yang sejatinya polymath Persia Muslim. Al Biruni adalah ilmuwan ahli
dalam berbagai cabang keilmuan, termasuk sejarah, fisika, matematika, astronomi, linguistik, perbandingan agama, dan ilmu bumi.

Dengan visi “To be a leading leadership school in the east of Indonesia” atau “Menjadi sekolah berkarakter kepemimpinan terkemuka di wilayah Indonesia timur.”, maka sekolah mengupayakansebuah proses yang mendidik insan kreatif, inovatif, mandiri, sopan dalam bertindak, santun dalam bertutur, bertanggung-jawab dalam amanah serta berwawasan global yang berlandaskan Qur’an dan sunnah.

Karenanya sekolah menerapkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan bermakna, dalam bingkai Islam dan
menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif melalui penerapan nilai-nilai kepemimpinan Islami.

Saat ini SMAIT Al Biruni menyelenggarakan pendidikan Full Day dan Boarding. Untuk output lulusan Full Day adalah:

  • Tartil membaca Al Quran
  • Hafal Al Quran 15 Juz
  • Pembentukan dan Pengembangan Pribadi Muslim
  • Kemampuan Komunikasi Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Sehari-hari
  • Sukses Ujian Nasional, SN/SBNPTNT pada 10 PTN Ternama

Adapun output lulusan Boarding School sama dengan full day, hanya saja hafalan Qur’annya di target 30 Juz.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya untuk tahun ajaran ini.

Alamat lengkap: Jl. Jipang Raya No.11, Karunrung, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221

Website resmi: https://albirunimandiri.sch.id/

SMA Islam Plus Al Huda

Berikutnya adalah SMA Islam Plus Al Huda. SMA Islam Plus Al Huda adalah Sekolah Menengah Atas yang memadukan kurikulum nasional (Diknas) dengan kurikulum pesantren materi pelajaran keislaman), yang diselenggarakan berdasarkan konsep “one for all”. Artinya, dalam satu atap sekolah peserta didik akan mendapatkan pendidikan umum, pendidikan agama, dan pendidikan keterampilan.

Pendidikan umum mengacu kepada kurikulum nasional yang dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Pendidikan agama menekankan pendidikan Tauhid, Aqidah, Akhlak, Al Qur’an, dan Ibadah yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari, menumbuhkan perilaku mukmin mandiri di dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Adapun pendidikan keterampilan dikemas dalam kegiatan ekstrakurikuler yang menyediakan beragam pilihan kegiatan yang seluruhnya mengacu pada prinsip-prinsip keterampilan hidup (life skill).

Dalam menjalankan pendidikannya, sekolah islam ini berpegang kepada visinya yaitu: “Mewujudkan Generasi Mukmin Mandiri berdasarkan Al-Qur’an dan As Sunnah.” Untuk mencapai visi tersebut, maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Membentuk generasi islam yang memiliki manhaj yang benar sesuai dengan pemahaman Ahlus sunnah wal jama’ah.
  • Menyelenggarakan sistem pendidikan yang kondusif pembentukan terhadap pribadi yang beraqidah lurus dan berakhlaq mulia.
  • Mengembangkan sistem pendidikan Sekolah Islam Terpadu yang berorientasi pada tercapaiannya generasi yang memiliki pemahaman syar’i dan kompetensi di bidang sains, serta pengetahuan umum.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya untuk tahun ajaran ini.

Alamat lengkap: Tamalanrea, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245

Website resmi: https://alhudamakassar.sch.id/

SMA Muhammadiyah 1 Makassar

Kredit Foto: Fadel F

Selanjutnya adalah SMA Muhammadiyah 1 Makassar. Sekolah islam yang berada di bawah naungan salah satu ormas terbesar di Indonesia ini dalam melaksanakan aktivitas pendidikannya senantisa berupaya untuk mewujudkan visinya yaitu: “Sinergi, Unggul, Cerdas, dan Islami (SUCI).” Untuk mewujudkan visinya maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menyelenggarakan program pendidikan dan pembelajaran bermutu berdasarkan nilai-nilai islam.
  • Meningkatkan mutu sumber daya insani yang mempunyai keunggulan moral, intelektual, dan professional.
  • Menjadikan SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar sebagai Learning Community dan Development Center (LCDC)
  • Mengimplementasikan system penjaminan mutu berstandar nasional.
  • Mengembangkan pola kepemimpinan berparadigma “TORSIE” Trust (Kepercayaan), Opennes (Terbuka), Realization (Realisasi), Sinergy (Saling mengisi saling melengkapi, Independence (Mandiri), dan Empowering (Menguasakan).

Adapun tujuan pendidikan di sekolah islam ini adalah:

  • Mewujudkan warga sekolah yang mempunyai kekuatan aqidah Islamiyah, kebenaran dalam beribadah sesuai syariat islam, dan berakhlaq mulia.
  • Mewujudkan sumber daya insani yang mempunyai keunggulan moral, intelektual, dan professional.
  • Meningkatkan karakter dan kompetensi peserta didik dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai kesiapan hidup dan belajar di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya untuk tahun ajaran ini.

Alamat lengkap:  Jl. Andi Mappaodang No.13, Bongaya, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90133

Website resmi: https://smamuhammadiyah1unismuhmksr.sch.id/

SMA Al Akhyar

Kredit Foto: Al Akhyar Islamic School Makassar

Berikutnya adalah SMA Al Akhyar. Sekolah islam yang satu ini merupakan sekolah di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Al Akhyar. Yang mana yayasan ini juga menyelenggarakan pendidikan jenjang TK, SD, dan SMP. Dalam menjalankan pendidikannya, sekolah ini berpedoman kepada visinya yaitu: “Terwujudnya insan yang unggul dan berahlak mulia berlandaskan iman, ilmu dan ihsan.”

Nah untuk mewujudkan visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing dengan berbasis pada kecerdasan Iman, Ilmu dan Ihsan.
  • Melaksanakan Proses Pembelajaran dan Pembinaan secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM).
  • Mengembangkan pola kerja guru dan staff melalui penerapan manajemen profesional, partisipatif dan disiplin.
  • Menanamkan nilai-nilai ajaran Islam dan pengamalannya sehingga peserta didik memiliki akhlaqul karimah dan kearifan dalam bertindak.
  • Menggali dan membina potensi setiap peserta didik, sehingga tercipta kader ummat yang memiliki SDM yang menjadi rahmatan lil alamin.
  • Menciptakan suasana sehat, bersih dan asri dilingkungan Sekolah, agar dapat terwujud kenyamanan dalam aktifitas belajar mengajar.
  • Membina kerjasama antara warga sekolah didukung peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar.

Adapun yang menjadi keunggulan dari sekolah islam ini adalah:

  • Pendidikan berkualitas berbasis pada kecerdasan Iman, Ilmu, dan Ihsan.
  • Guru dan Staf menerapkan menajemen profesional, partisipatif, dan disiplin.
  • Proses pembelajaran dan pembinaan secara aktif, kreatif, efektif, dan ramah anak.
  • Penerapan nilai-nilai ajaran islam pembiasaan akhlaqul karimah dan kearifan dalam bertindak.
  • Penerapan sistem IT yang canggih untuk membantu proses pembelajaran.

Mengenai biaya pendidikannya:

Komponen Biaya
Biaya Masuk Rp 12.700.000
Biaya SPP Rp 850.000

Alamat lengkap: Jl. Arung Teko No.99, Sudiang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90242

Website resmi: https://alakhyar.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau bersekolah di SMAIT di Makassar yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada SMAIT bagus lain yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

(REVIEW) 10 Pesantren Terbaik di Makassar (2021)

Tinggalkan komentar