(REVIEW) Rekomendasi 7 SMAIT di Malang Paling Bagus

Siapapun hampir mengetahui, bahwa Malang merupakan kota yang terkenal akan keindahan dan kesejukannya. Namun tak hanya itu, ternyata Malang juga memiliki banyak lembaga pendidikan yang bagus lho. Tak terkecuali pada jenjang SMA. Nah di artikel ini kami telah menghimpun beberapa SMAIT di Malang yang dapat menjadi rekomendasi untuk melanjutkan pendidikan buah hati Anda.

Semoga bermanfaat ya!

SMA Islam Malang

Kredit Foto: Google Maps

SMAIT di Malang pertama yang akan kami bahas adalah SMA Islam Malang. Sekolah islam berakreditasi A yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu yang tertua di Malang, tepatnya telah berdiri sejak tahun 1953. Dalam melakoni aktivitas pendidikannya, sekolah ini selalu berupaya untuk mewujudkan visinya yaitu: “Membina generasi bangsa Indonesia agar menjadi insan yang beriman, berilmu pengetahuan, memiliki keterampilan,. berdisiplin, dan berakhlaq mulia sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah.”

Untuk mencapai visi tersebut, maka dibuatlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang efektif, efesien, dan kondusif dalam lingkungan sekolah berdasar kurikulum yang berlaku.
  • Meningkatkan Iman_Takwa (Imtak), nilai-nilaibudi pekerti (Akhlaq), dan nilai -nilailuhur bangsa kepada seluruh warga sekolah.
  • Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, tertib, disiplin, bersih, dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.
  • Mewujudkan warga sekolah yang sejahtera lahir dan bathin.
  • Meningkatkan kompetensi  tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan standar yang ditentukan.
  • Mewujudkan hubungan yang harmonis dan demokratis antara warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  • Melaksanakan manajemen sekolah yang tertib, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan.
  • Mewujudkan lulusan yang beriman, berakhlak mulia, berkualitas dan mandiri.
  • Mewujudnya kerjasama yang baik dan saling menguntungkan dengan lembaga/instansi lain.
  • Melaksanakan segala ketentuan yang berhubungan dengan  Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Mengenai biaya pendidikannya:

Komponen Biaya
Biaya MasukRp 3.400.000
Biaya SPPRp 300.000

Alamat lengkap: Jl. Kartini No.2, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111

Website resmi: https://smaislammalang.sch.id/

SMA Islam Baiturrohmah

Kredit Foto: SMA Islam Baiturrohmah

Selanjutnya SMA Islam Baiturrohmah. Sekolah ini merupakan sekolah yang memuat kurikulum pendidikan pada umumnya namun dalam kegiatan belajar mengajar diberikan juga kurikulum dengan menaburkan nilai nilai keagamaan baik berupa materi maupun kegiatan lain.

Tujuan tersebut untuk menjadikan siswa terbiasa dengan berbagai kegiatan yang memacu kemampuan dalam beragama sehingga menciptakan suatu pondasi dalam diri agar tidak mudah terjerumus kepada budaya asing yang negatif dan menjadi punya suatu kontrol terhadap dirinya agar selalu berada didalam jalan yang benar, serta dapat terlatih untuk berpikir jernih dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan.

Meskipun bernama SMA, sekolah ini bisa dikatakan juga merupakan Sekolah Semi Keahlian (Design Grafis, Kecantikan, dan TKJ). Siswa diberikan suatu bentuk dalam pengembangan bakat, pendidikan dasar keterampilan dan kebiasaan-kebiasaan yang mengarah pada dunia kerja yang dipandang sebagai latihan keterampilan. Siswa akan disiapkan untuk memasuki persaingan di dunia kerja. Kegiatan pembelajaran pun tidak hanya terjadi di sekolah, namun kegiatan di dunia kerja nyata ditekankan untuk mendapatkan pengetahuan.

Yang menarik dari sekolah ini adalah biaya pendidikannya gratis bagi seluruh siswa. Siswa tidak akan dipungut biaya apapun, baik biaya masuk maupun biaya SPP.

Alamat lengkap: Jl. Ciliwung No.61, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65122

Website resmi: https://www.instagram.com/smaibtr/?hl=id

SMA Islam Nusantara

Kredit Foto: Teguh Permadi

Berikutnya adalah SMA Islam Nusantara. Sekolah islam yang dulunya bernama SMA Wahid Hasyim ini merupakan sekolah yang memiliku unsur Nahdlatul Ulama. Dalam aktivitas pendidikannya, sekolah ini selalu bersungguh-sunngguh untuk mencapai visinya yaitu: “Menjadi sekolah yang mengembangkan karakter Islami berdasarakan Islam Ahlussunah Waljamaah, yang membangun dan mengembangkan IPTEK, IMTAQ, serta motivasi dan jiwa entrepreneur peserta didik.”

Untuk mencapai visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi sejalan dengan perkembangan sehingga peserta didik mampu menggunakannya sesuai kaidah keilmuan melalui pengolahan, penalaran, dan penyajian yang baik.
  • Mengembangkan pendidikan yang berorientasi pada keterampilan hidup berbasis kewirausahaan dengan manajemen yang partisipatif dan transparan.
  • Merancang dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien berdasarkan kurikulum berbasis entrepreneur muslim.
  • Mengembangkan pembelajaran dan pembinaan secara intensif Amaliah Islam Ahlussunah Waljamaah dan akhlakul karimah serta pengkaderan generasi muda Nahdlatul Ulama.
  • Mengembangkan kecakapan hidup peserta didik terutama keterampilan mengembangkan produk usaha, berbahasa asing, dan IT, sebagai salah satu modal bersaing pada era informasi dan globalisasi.
  • Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik secara optimal untuk mengembangkan karakter islami dan jiwa entrepreneur.
  • Membangun potensi warga sekolah dan menumbuhkembangkan semangat berprestasi, kedisiplinan, kebersamaan, etos kerja, semangat belajar, dan rasa percaya diri.
  • Menciptakan suasana sekolah yang kondusif sehingga program sekolah terlaksana dengan baik dan warga sekolah merasa senang dan nyaman berada di sekolah.

Mengenai biaya pendidikannya:

Komponen Biaya
Biaya MasukRp 635.000 – 685.000
Biaya SPPRp 50.000 – 100.000

Alamat lengkap: Jl. Mayjen Haryono XXI/30, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144

Website resmi: https://smainus.sch.id/

SMA Islam Al Maarif

Kredit Foto: Google Maps

Selanjutnya adalah SMA Islam Al Maarif. Sekolah islam yang telah terakreditasi A ini merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan Pendidikan Al Maarif. Lokasi sekolah ini sangat strategis karena berada di lingkungan yang dikelilingi banyak pondok pesantren sehingga dapat menambah IMTAQ dan IPTEK bagi para siswa siswinya. Dalam aktivitas pendidikannya, sekolah ini selalu berpedoman pada visinya yaitu: “Terwujudnya insan berkualitas yang bertaqwa dan beraqidah Ahlussunnah wal jamaah Annahdliyah.”

Kemudian untuk mewujudkan visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Mewujudkan lulusan yang mempunyai kecerdasan intelektual dan berprestasi baik di bidang akademis maupun non akademis;
  • Mewujudkan lulusan yang cerdas, jujur, inovatif dan kompetitif;
  • Mengembangkan potensi peserta didik sehingga mampu berprestasi dan berkreasi;
  • Membiasakan peserta didik dalam melaksanakan kecakapan ubudiyah;
  • Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran yang berbasis imtaq dan iptek guna membentuk peserta didik yang unggul dan  berkarakter.

Ada dua program unggulan di sekolah ini, yaitu:

  • Prodistik

Prodistik adalah program terapan bidang TIK kerjasama antara ITS Surabaya dengan SMA Islam Almaarif Singosari, program ini disiapkan untuk membantu pengembangan kemampuan lulusan SMA Islam Almaarif Singosari dalam meningkatkan SDM terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

  • Tahfidz

Program ini adalah program wajib yang harus dijalani setiap siswa dan menjadi sangat istimewa karena seluruh tenaga pendidiknya diambil langsung dari pusat pembelajaran metode baca Al-Qur’an Bil Qolam dibawah asuhan Almaghfurlah KH. Bashori Alwi (PIQ).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya di tahun ajaran ini.

Alamat lengkap: Jl. Masjid No.28, Pangetan, Pagentan, Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur 65153

Website resmi: https://www.smais.sch.id/

SMA Thursina International Islamic Boarding School

Kredit Foto: Thursina International Islamic Boarding School

Berikutnya adalah SMA Thursina. Sekolah islam yang berlabel internasional ini bisa dikatakan merupakan salah satu SMA termewah yang ada di Malang. Dalam pelaksanaan pendidikannya, sekolah ini berpegang pada visinya yaitu: “Menjadi lembaga pendidikan berbasis pesantren yang unggul dan berstandar internasional (Being a leading and world-class Islamic boarding school).”

Untuk mewujudkan visi tersebut maka dibuatlah misi pendidikan berupa: “Menyediakan lingkungan belajar yang religious, challenging dan rewarding yang berfokus pada pendidikan yang menyeluruh (holistic) dan berimbang (balanced) sehingga melahirkan cendekiawan muslim dan muslimah yang berkepribadian Islami (morally excellent), berjiwa pemimpin (being an inspiring leader) dan berwawasan global (internationally minded).”

Mengenai kurikulumnya, selain menggunakan kurikulum nasional, SMA Thursina juga mengadopsi kurikulum internasional dengan tujuan utama siswa memiliki standar kualifikasi internasional melalui ujian Check Point, Penguasaan bahasa Inggris yang baik dan kepercayaan diri yang tinggi sehingga memiliki kesempatan yang lebih luas untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjutan baik di dalam maupun luar negeri.

Sebaga sekolah islam berlabel internasional, SMA Thursian telah bekerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan luar negeri seperti:

  • Madaris al-Nashr al-Ahliyah Jeddah,
  • Tokyo International University Jepang,
  • Madrasah Alive Singapore,
  • Madrasah Al-Irsyad Al-Islamy Singapore,
  • ADNI International Islamic School Malaysia, S. R. Agama Ustman bin Affan Malaysia,
  • Phatnawitya Demonstration School Thailand,
  • Santi Witya School Thailand, Pathanasard School (Darul Hijrah) Thailand,
  • Santisartwittaya Shool (Alawiyah Foundation) Thailand,
  • Dsb

Sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya di tahun ajaran ini. Namun perkiraan, biaya masuknya kini mencapai di angka 40 juta.

Alamat lengkap: Dusun Klandungan, Landungsari, Kec. Dau, Malang, Jawa Timur 65151

Website resmi: https://thursinaiibs.sch.id/

SMA Islam Sabilillah Boarding School

Kredit Foto: Prasetio Utomo

Selanjutnya adalah SMA Islam Sabilillah. Sekolah islam ini hadir di tengah derasnya arus globalisasi dan perubahan zaman sebagai sekolah islam berbasis karakter dan pesantren. Dalam aktivitasnya, sekolah ini selalu berupaya untuk mewujudkan visi pendidikannya yaitu: “Terwujudnya SMA Islam Boarding School Berbasis Pesantren unggul dan rujukan dalam pembentukan pemimpin masa depan yang memiliki karakter keislaman, kebangsaan, dan kecendekiaan bertaraf internasional.”

Dari visi tersebut maka disusunlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menyelenggarakan pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler bidang keislaman peserta didik.
  • Menyelenggarakan pembelajaran internalisasi nilai-nilai cinta Allah & Rasul dan cinta orang tua dan guru;
  • Menyelenggarakan pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler bidang kebangsaan peserta didik;
  • Menyelenggarakan pembelajaran internalisasi nilai-nilai cinta diri sendiri, cinta sesama, cinta alam sekitar, dan cinta bangsa & negara;
  • Menyelenggarakan pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler bidang kecendekiaan bertaraf internasional;
  • Menyelenggarakan pembelajaran internalisasi nilai-nilai cinta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan cinta keunggulan;
  • Menyelenggarakan pembelajaran internalisasi nilai-nilai kepemimpinan Islam kelas dunia.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya di tahun ajaran ini.

Alamat lengkap: Jl. Terusan Piranha Atas No.135, Tunjungsekar, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142

Website resmi: https://sekolahsabilillah.sch.id/welcome

SMA Al Maahira International Islamic Boarding School

Kredit Foto: Kafi Abd

Berikutnya adalah SMA Al Maahira. Al-Maahira International Islamic Boarding School adalah lembaga pendidikan Islam yang menerapkan konsep boarding school dan pendekaran pembelajaran ramah siswa (Friendly Learning Approach). Friendly Learning Approach akan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan (Joyful Learning) sehingga siswa merasa nyaman dan betah dalam aktifitas di sekolah dan asrama.

Sistem boarding yang berbasis friendly learning approach akan mewujudkan siswa yang berakidah salimah, berakhlak mulia, bertanggung jawab, disiplin dan mandiri untuk mencetak generasi muslim ahlul Qur’an dan Sunnah.Friendly learning approach juga mewujudkan sikap guru/murrobiyah yang ramah serta mampu menjadi teladan bagi siswa sehingga akan tercipta lingkungan sekolah dan asrama yang kondusif dan menyenangkan.

Dalam menjalankan pendidikannya, sekolah ini selalu berupaya untuk selalu mewujudkan visinya yaitu: “Terwujudnya prestasi yang unggul, budaya yang ramah lingkungan dan fokus pada Islamic Value, Excellent Academic and Friendly Based Education berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah.

Adapun program unggulan yang ada di sekolah islam ini adalah:

  • K-13 Creative & Innovative
  • Pembelajaran sistematis-prediktif
  • EnglishProgram
  • Pembinaan OSN* & FLSN**
  • TOEFL : Minimal 450
  • Prestasi Lomba
  • Sukses USP-BKS***
  • Sukses PTN : SNMPTN, SBMPTN, Tahfidz, Mandiri
  • Sukses PTN LN : TimurTengah dll
  • Field Trip
  • Outbound
  • Umroh & Overseas Program

Mengenai biaya pendidikannya:

Komponen Biaya
Biaya MasukRp 39.600.000
Biaya SPPRp 2.800.000

Alamat lengkap: Jl. Raya Karanglo, Karangploso Wetan, Kepuharjo, Kec. Karang Ploso, Malang, Jawa Timur 65153

Website resmi: https://al-maahiraiibs.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau bersekolah di SMAIT di Malang yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada SMAIT bagus lain yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Malang Terbaik (2021)

(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Kota Batu (2021)

Tinggalkan komentar