(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Bandung (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Menghafal Qur’an membutuhkan ketenangan dan suasana yang nyaman. Nah Bandung sudah masyhur dengan keindahan alam dan kesejukannya. Karenanya tak heran banyak Pesantren Tahfidz di Bandung.

Jika Anda belum memiliki referensi Pesantren Tahfidz di Bandung, silahkan baca daftar rekomendasi kami berikut ini:

Pondok Pesantren Tahfidz Al Ashr Al Madani

Kredit Foto: Aceng Gungun

Pesantren Tahfidz di Bandung pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Ashr Al Madani. Ponpes yang satu ini memiliki sebuah visi yang sangat erat kaitannya dengan Al Qur’an, yaitu “Mencetak kader Qori-qori`ah, Hafizh-hafizhoh, Mufassir-mufassiroh yang memiliki keterampilan berbahasa Arab, Inggris dan Perancis yang berakhlak mulia.”

Untuk pendidikannya, Al Madani menggunakan boarding school system berbasis pembinaan aqidah, akhlak karimah, dan ibadah praktis serta kurikulum yang berbasis pada kompetensi dalam nuansa Pesantren Tahfidzul Qur’an yang khas.

Selain tahfidz, keunggulan lain dari pesantren ini adalah lingkungannya yang indah dan estetik. Rata-rata bangunan pesantren terdiri dari kayu jati yang ditanami ribuan pohon dengan berbagai jenis tanaman kayu dan buah-buahan, sehingga tetap terjaga kelestarian alam disekitarnya.

Terdapat juga fasilitas kolam ikan dan itik, sapi dan domba sekaligus sebagai ajang praktek ketrampilan santri dalam bidang perkebunan,pertanian, pertenakan dan perikanan. Dengan nuansa yang seperti ini tentu saja menghafal Qur’an akan lebih fokus dan mudah.

Saat ini Al Madani hanya menyelenggarakan pendidikan pesantren sekaligus pendidikan formal jenjang SMP. Adapun biaya pendidikannya

Rp. 13.550.000Biaya masuk putra
Rp. 13.650.000Biaya masuk putri
Rp. 1.200.000Biaya bulanan

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Arcamanik Raya Bihbul No. 48, Desa Sindanglaya, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, 40195. 

Website resmi: https://pesantrentahfidzashrmadani.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Preneuer Kampoeng Qur’an Cendekia

Ponpes Kampung Quran Cendikia Tahfidz Bandung
Kredit Foto: Quran Cendikia

Selanjutnya adalah Ponpes Tahfidz Preneur Cendekia. Pesantren yang berdiri pada tahun 2014 ini memiliki slogan “Berkarya Nyata Dengan Al-Quran”. Adapun tujuan umum pendidikannya adalah membina dan menciptakan santri-santri yang dapat bermanfaat bagi agama dan negara pada umumnya serta untuk dirinya sendiri dan lingkungannya pada khususnya.

Secara umum pesantren ini memiliki beberapa program, baik formal maupun informal. Untuk pendidikan formalnya adalah

  • SMP Kampung Qur’an Cendekia

SMP ini menerapkan Integrasi Kurikulum Diknas & Kurikulum Khas Pesantren Tahfiz Quran, Tadabbur Tematik (TDT), dan pembinaan karakter qurani. Kegiatannya selain belajar di kelas adalah pembiasaan ibadah, halaqoh Tahfidz, tasmi’ Qur’an, mabit, muhadharah, dan berbagai ekstrakulikuler.

Adapun program non formal

  • Program Tahfidz

Program ini menitikberatkan pada pencapaian hafalan 30 juz dengan program unggulan Bahasa Arab dan materi pendukung kajian kitab klasik & kontemporer. Selain itu Santri dapat memilih kegiatan wirausaha yang tersedia sesuai dengan minat dan bakatnya. Kegiatan tersebut adalah budidaya ikan, design grafis, pemrograman web, dan bercocok tanam

  • Tahfidz Camp
  • Kaderisasi Guru Tahfidz

Adapun biaya pendidikannya

Rp. 9.900.000Biaya masuk SMP
Rp. 13.650.000Biaya masuk Program Tahfidz
Rp. 1.825.000Biaya bulanan SMP
Rp. 1.190.000Biaya bulanan Program Tahfidz

NB: untuk Program Tahfidz khusus santri berusia 12-19 tahun. Adapun lama pendidikannya minimal 1 tahun.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Cihanjuang Kp. Cibaligo RT 01 RW 02 Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Website resmi: https://kampoengquran.or.id/

Pondok Pesantren Madinatul Ulum

Pesantren Tahfidz Madinatul Ulum Bandung
Kredit Foto: Deni Zaelani

Berikutnya adalah Ponpes Madinatul Ulum. Madinatul Ulum salah satu Pesantren Ahlussunnah wal jamaah As-Syafi’iah di Bandung yang memiliki program pendidikan Tahfidz Al Qur’an 30 Juz (TQ), Tarbiyah Islamiyah (TI), dan Ma’had A’ly (MA).

Adapun rincian program-programnya:

  • Program Tahfidz Qur’an

Menghafal Al-Qur’an 30 juz diselesaikan dalam waktu 2.5 – 3 tahun dengan asumsi 10 juz pertahun (tergantung kepada kemampuan santri) dimana sambil menghapal Qur’an dengan tajwid dan tartil, Qiro’ah Sab’ah, setiap santri juga mempelajari ilmu aqidah dasar, fiqh harian, sirah (sejarah), adab sunnah, hadits, nahwu, shorof, tafsir dan terjemah Qur’an. Bahasa Arab dipelajari setiap hari.

  • Program Tarbiyah Islamiyah

Program ini ditempuh selama 3 tahun (setingkat Aliyah) yang mempelajari dan mendalami Qur’an dan hadits dan ilmu-ilmu yang berkaitan dengannya seperti aqidah, adab, fiqh, ushul fiqh, dll. Selain itu santri akan ditarget untuk hafal 2,5 juz Al Qur’an.

  • Program Ma’had Aly

Program ini ditempuh selama 4 tahun (setingkat Sarjana) yang merupakan kelanjutan dari program Tarbiyah Islamiyah(TI) mempelajari dan mendalami Al-Qur’an, hadits dengan manhaj salaf dan fiqh empat mazhab.

Adapun biaya pendidikannya

Rp. 11.750.000Biaya masuk putra
Rp. 8.500.000Biaya masuk putri
Rp. 1.350.000Biaya bulanan putra
Rp. 970.000Biaya bulanan putri

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Dago Asri V No.7, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135

Website resmi: https://pesantrenmadinatululumbandungmss.wordpress.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Generasi Rabbani Qur’ani (GRQ)

Ponpes Tahfidz Generasi Rabbani Qurani
Kredit Foto: Ponpes GRQ

Selanjutnya adalah Ponpes Tahfidz GRQ. Pesantren ini berada dibawah yayasan generasi rabbani qurani yang fokus memberikan pendidikan kepada generasi muda islam agar menjadi hafizh al quran yang memiliki aqidah yang lurus, ibadah yang benar, akhlak yang baik, wawasan keislaman yang luas serta mahir dalam berbahasa arab.  

GRQ hanya menyelenggarakan Program Tahfizh Al Qur’an selama dua tahun dan satu tahun pengabdian. Program ini dilaksanakan dengan berbagai kegiatan ke-Qur’an-an seperti tilawah (membaca al quran), ziyadah (menambah hafalan), muroja’ah (mengulang hafalan), tasmi’ (memperdengarkan hafalan al-quran), sima’ (mendengarkan bacaan al-quran).

Selain itu terdapat juga rihlah quraniyah (rekreasi bernuansa al quran), mukhoyyam al quran (jambore al quran), dirosah islamiyah (kajian keislaman) dan training life skill (pelatihan keterampilan) serta kegiatan bermanfaat lainnya yang merupakan sarana untuk membumikan al quran sebagai sumber kekuatan (source of power) individu dan sosial.

Pesantren ini tidak menyelenggarakan pendidikan formal dan hanya menerima santri yang minimal lulusan SMP dengan usia 16-22 tahun.

Namun sayangnya kami belum berhasil mengetahui informasi biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Komplek, Jl. Villa Bandung Indah Bl. B No.5 No.17, Cileunyi Kulon, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40622

Website resmi: http://www.grqtahfizh.com/

Pondok Pesantren Tahfizh 30 Juz Maktab Hamasah

Ponpes Tahfidz 30 Juz Hamasah
Kredit Foto: Maktab Hamasah

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Maktabah Hamasah. Maktabah Hamasah adalah bagian dari perjuangan dakwah dalam bidang pendidikan khususnya di bidang Tahfizhul Quran yang spesifik mengedepankan pembelajaran akhlak Quran dan hafalan Quran. 

Mengenai Sistem pendidikannya, pesantren ini tidak menginduk pada kurikulum Mendikbud. Namun, pembelajaran didalamnya mengacu pada target-target pencapaian penunjang Quran diantaranya Aqidah Akhlaq, Bahasa Arab, Ilmu Hadits, Shirah Nabawi, dan tambahan Fiqih Ibadah yang mana kitab-kitab yang menjadi rujukan adalah kitab-kitab ahlussunah yang disepakati keabsahannya oleh para alim ulama sunni saat ini.

Kemudian pada proses pembelajarannya para santri tetap tidak dibatasi untuk mempelajari pendidikan umum diantaranya Ilmu Matematika, Komputer, Sains & Bahasa Inggris.

Dalam praktik pembelajarannya pesantren ini membagi santrinya menjadi beberapa kelas, yaitu:

  • Kelas Tamhidi (Kelas Persiapan)
  • Mustawa Awal (Tingkat 1)
  • Mustawa Tsani (Tingkat 2)
  • Mustawa Tsalis (Tingkat 3)
  • Mustawa Robi (Tingkat 4)
  • Mustawa Khamsyi (Tingkat 5)

Pada setiap mustawa santri harus hafal 6 juz. Adapun mekanisme naik ke mustawa lebih tinggi adalah membacakan tasmi hafalan Quran sebanyak 6 juz sekali duduk

Pesantren ini tidak menyelenggarakan pendidikan formal dan hanya menerima santri yang berusia 9-17 tahun.

Namun sayangnya kami belum berhasil mengetahui informasi biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Maribaya, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Website resmi: https://pesantrenquran.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau menghafal Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz di Bandung yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok Tahfidz bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

(REVIEW) 9 Pondok Pesantren Terbaik di Bandung (2021)

7 pemikiran pada “(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Bandung (2022)”

  1. Pondok pesantren penghafal Qur’an 30 juz Ash Sholeh kp lalareun Ibun KB Bandung menurut saya menurut saya pesantren ini bagus juga

    Balas

Tinggalkan komentar