(REVIEW) 5 Pesantren Tahfidz di Bekasi 2022

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Mencetak anak yang Hafidz dan Hafidzah adalah cita-cita semua orang tua. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan menyekolahkan anak Anda ke Pesantren Tahfidz di Bekasi yang sudah terkenal reputasi dan kualitasnya.

Jika Anda belum memiliki referensinya, silahkan baca daftar rekomendasi kami berikut ini:

Pondok Pesantren Tahfidz Al Hunafa Bekasi

Ponpes Tahfidz Al Hunafa
Kredit Foto: Pesantren Tahfidz Al Hunafa

Pesantren Tahfidz pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Hunafa. Al Hunafa memiliki sebuah visi yaitu yaitu “Mencetak kader penghafal Al Qur’an yang beraqidah ahlusunnah wal jama’ah dan berakhlak karimah.”

Setidaknya ada dua program tahfidz di pesantren yaitu Program Tahfidz MTS (Madrasah Tsanawiyah dan Tahfidz MA (Madrasah Aliyah). Keduanya adalah Program Tahfidz 30 juz bersanad sekaligus melaksnakan pendidikan formal.

Adapun Kurikulumnya adalah Kurikulum yang memadukan antara Kurikulum yang diberikan oleh Kementerian Agama dan Kurikulum Pesantren dengan prioritas lebih kepada Tahfizhul Qur’an. Selain Tahfizhul Qur’an ada juga materi yang diberikan berupa Bahasa Arab (Lisan dan Tulis), Pemahaman Ilmu Syar’i, dan juga Ilmu Umum yang di Ujian Nasionalkan.

Sehingga dengan kurikulum tersebut para santri pesantren Tahfizh Al Hunafa bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi dan dapat bekal yang baik saat terjun berdakwah di masyarakat. 

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk seluruh jenjang sekitar Rp. 15.000.000
  • Biaya bulanan seluruh jenjang: sekitar Rp. 1.800.000

Adapun alamat lengkap pesantren tahfidz ini adalah: Jl. Gempol, RT.003/RW.006, Taman Rahayu, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17153

Website resmi: http://alhunafa.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Yasfi Bekasi

Pesantren Tahfidz Yasfi Bekasi

Selanjutnya adalah Ponpes Yasfi. Pesantren Tahfidz di Bekasi yang satu ini memiliki misi yang mulia yaitu “Menyiapkan generasi qur’ani semenjak dini yang memiliki pengetahuan luas, terampil dan berakhlakul karimah untuk meraih kebahagian dunia dan akhirat.”

Pesantren ini secara jenjang pendidikan cukup unik. Karena terdapat program nyantri dari mulai usia TK hingga SMA. Dalam tataran praktek menghafalnya, pesantren ini memiliki 3 kelas menghafal.

Pertama Kelas I’dadi. Ini adalah kelas persiapan bagi para santri yang belum memiliki dasar sama sekali tentang Al-Qur’an. Selain itu santri pun akan diajarkan mengenai calistung, doa sehari-hari, dll. Sejatinya ini adalah kelas yang diperuntukkan untuk santri usia TK.

Kedua Kelas Binnazor. Ini adalah kelas untuk mengkahatamkan 30 juz (dengan melihat mushaf) dengan tajwid dan tahsin yang sesuai kaidah. Selain itu santri juga akan diajari ilmu tauhid dan fiqih dasar.

Ketiga Kelas Tahfidz. Nah inilah kelas terakhir di pesantren Yasfi. Pada kelas ini nanti akan terbagi menjadi dua, yaitu Tahfidz Reguler dan Tahfidz Takhosus. Untuk yang reguler akan ditarget hafal 5 juz dalam setahun. Adapun yang takhasus, maka akan di target hafal 10 juz selama setahun.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk seluruh jenjang sekitar Rp. 9.500.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh jenjang: sekitar Rp. 1.200.000

Adapun alamat lengkap pesantren tahfidz ini adalah: Jl. Raya kalen Kendal, RT 001/08, Desa Sukamaju, Kecamatan Tambelang, Kota Bekasi, Jawa Barat

Website resmi: https://yasfi.sch.id/

Pondok Pesantren Tahfidz Darul Munir

Pesantren Tahfidz dan Tahsin di Bekasi

Berikutnya adalah Ponpes Darul Munir. Pesantren ini adalah salah satu pesantren di Bekasi yang sudah mencetak generasi penghafal Al-Qur’an dengan kwalitas tahsin yang sangat teruji dengan baik.

Secara umum pesantren ini memiliki program Tahfidz jenjang SMP dan SMA. Untuk jenjang SMP para santri nantinya akan diberi target menghafal sebanyak 15 juz. Selain itu santri juga akan mendapatkan pelajaran formal setiap harinya agar selain hafal Qur’an mereka juga pintar dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Adapun jenjang SMA, para santri akan diberi target hafalan sebanyak 30 juz. Sama seperti jenjang SMP, di jenjang ini pun akan mempelajari pelajaran formal.

Untuk menunjang kegiatan pendidikan Darul Munir memiliki fasilitas yang cukup lengkap, antara lain Gedung sekolah SMP & SMA, Masjid, asrama, ruang AC, Lab computer, Lab bahasa, dan lapangan badminton.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk seluruh jenjang: sekitar Rp. 22.500.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh jenjang: sekitar Rp. 2.000.000

Adapun alamat lengkap pesantren tahfidz ini adalah: Perumahan Pondok Mitra Lestari Blok D 13 No. 1, RT.011/RW.013, Jatirasa, Kec. Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17424

Website resmi: https://psbdarulmunir.id/

Pondok Pesantren Tahfidz Baitul Hikmah

Ponpes Tahfidz Baitul Hikmah
Kredit Foto: Al Mahfudz

Selanjutnya adalah Ponpes Baitul Hikmah. Pesantren ini adalah asuhan Dr. KH. Akhsin Sakha Muhammad., MA Al Hafizh, beliau adalah Ulama Qiroat yang paling masyhur dan disegani di Indoneia.

Secara umum dalam menjalankan pendidikannya Baitul Hikmah memiliki dua program, yaitu Reguler dan Karantina Tahfidz Bekasi. Pertama Program reguler adalah program pendidikan untuk jenjang SMP-SMA. Pada program ini santri akan ditarget hafal 30 juz dalam tahun pertama pendidikannya.

Keunggulan lainnya adalah para santri diwajibkan untuk berkomunikasi dengan Bahasa arab setiap harinya. Selain itu santri juga akan mempelajari pelajaran formal dan ilmu-ilmu keislaman.

Kedua Program Karantina. Program karantina ini adalah program yang sifatnya hanya sebentar. Para santri nantinya akan ditarget untuk hafal sekian juz dalam waktu telah ditentukan. Sampai saat ini setidaknya terdapat program 1 pekan 5 juz, 2 pekan 10 juz, 3 pekan 15 juz, dan 1 bulan 30 juz. Dari semua program ini, yang paling favorit adalah program 1 pekan 5 juz dan 1 bulan 30 juz.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk Program Reguler: sekitar Rp. 15.000.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan Program Reguler: sekitar Rp. 1.500.000
  • Biaya Program Karantina 1 pekan: sekitar Rp. 1.750.000
  • Biaya Program Karantina 1 bulan: sekitar Rp. 5.000.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Kp. Sawah No.Desa, Cikarageman, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Website resmi: https://pesantrenbaitalhikmah.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Mutiara Ummat

Ponpes Tahfidz Mutiara Ummat Bekasi
Kredit Foto: Ponpes Mutiara Ummat

Pesantren Tahfidz terbaik yang akan kami bahas adalah Ponpes Mutiara Umat. Mutiara Umat memiliki sebuah visi yang mulia yaitu “Membentuk generasi qur’ani yang cerdas, berakhlak mulia, berjiwa pemimpin dan trampil berwirausaha.”

Sebagai pesantren tahfidz tentu saja kegiatan menghafal menjadi prioritas utama. Seluruh santri akan diberi target menghafal 30 juz dalam waktu 3 tahun. Selain itu santri juga akan mempelajari ilmu-ilmu keislaman seperti fiqih, Bahasa arab, hadits, dsb. Hanya saja tentu porsinya tidaklah banyak.

Nah, pesantren ini merupakan pesantren tahfidz yang non formal. Karenanya tidak ada ijazah SMP dan SMA Namun meskipun begitu pesantren ini juga akan mengajarkan para santrinya pelajaran formal dan mengarahkan santrinya untuk mengikuti ujian kesetaraan Paket B dan C. Adapun santri yang boleh mondok di Mutiara Umat adalah santri yang berusia 12-20 tahun.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk seluruh jenjang: sekitar Rp. 9.000.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh jenjang: sekitar Rp. 1.700.000

Adapun alamat lengkap pesantren tahfidz ini adalah: Jl. Kav. Rw. Mulya, RT.013/RW.003, Mustika Jaya, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat 17158

Website resmi: https://www.mutiaraummat.ponpes.id/#

Kira-kira, sudah ada gambaran mau menghafal Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik di Bekasi yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok Tahfidz bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

9 Pesantren di Bekasi Paling Bagus (2021)

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar