(REVIEW) 5 Pesantren Tahfidz di Bogor (Terbaik 2022)

Mencetak anak yang Hafidz dan Hafidzah adalah cita-cita semua orang tua. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan menyekolahkan anak Anda ke Pesantren Tahfidz di Bogor yang sudah terkenal reputasi dan kualitasnya.

Jika Anda belum memiliki referensinya, silahkan baca daftar rekomendasi kami berikut ini:

Pondok Pesantren Tahfidz Madinatul Qur’an

Ponpes Tahfidz Madinatul Quran Bogor
Kredit Foto: Zamzami Internasional

Pesantren tahfidz di Bogor yang bagus pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Madinatul Qur’an. Madinatul Qur’an memiliki tujuan yang sangat visioner yaitu membangun generasi Qur’ani yang cinta Al Qur’an hingga mengamalkannya, membentuk generasi yang berkarakter & visioner berdasarkan tuntunan agama Islam yang lurus dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai pesantren khusus tahfidz tentu saja Madinatul Qur’an memiliki beberapa program. Setidaknya ada 5 program yang tersedia. Pertama SD Tahfidz (non mukim), yakni pendidikan formal dan fokus Tahfidz dengan target hafalan 5 juz. Kedua SMP Tahfidz, yakni pendidikan formal dan pesantren yang berfokus pada tahfidz dengan target hafalan 15 juz.

Ketiga Pesantren Tahfidz SMA di Bogor, yakni pendidikan formal dan pesantren yang berfokus pada tahfidz dengan target hafalan 30 juz. Keempat Ma’had Aly, yakni pendidikan setingkat kuliah S1 dengan target hafalan 30 juz. Kelima Program Tahfidz dan Bahasa Arab, yakni program pasca SMA selama setahun  untuk menyiapkan para muhaffidz/ah (guru Tahfidz) berkarakter dan memiliki wawasan keislaman.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk SMP dan SMA: sekitar Rp. 27.000.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan SMP dan SMA: sekitar Rp. 1.900.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. TMMD Melati-Sodong, Singasari, Kec. Jonggol, Bogor, Jawa Barat 16830

Website resmi: https://madinatulquran.or.id/

Pondok Pesantren Tahfidz MataQu

Ponpes Tahfidz Mataqu Bogor
Kredit Foto: Mahad Mataqu

Pondok Pesantren Tahfidz di Bogor selanjutnya adalah Ponpes MataQu. Pesantren yang berdiri pada tahun 2015 ini memiliki sebuah visi besar yaitu “Mencetak para pemuda pejuang islam yang hafidz Quran, kuat agama, terampil bahasa dan unggul dalam kompetensi di bidangnya.”

Ada 3 program tahfidz yang menjadi unggulan pesantren ini, yaitu: Pertama Program Reguler Santri Al Qur’an, yakni program bagi santri usia SMP/SMA yang ingin menghafal 30 juz Al Quran dengan hafalan yang kokoh (mutqin) dalam tempo tiga sampai enam tahun. Selain itu santri juga akan diberi bimbingan untuk mendapatkan ijazah resmi SMP atau SMA—dari sekolah mitra pesantren—.

Kedua Program Takhosus Santri, yakni program diperuntukkan bagi putra/putri lulusan SMA yang ingin menghafal 30 juz Al Quran dengan hafalan yang kokoh (mutqin) dalam tempo minimal setahun. Selain itu, santri yang berminat juga bisa mendapat pendampingan SBMPTN hingga persiapan mengambil beasiswa keluar negeri.

Ketiga Program Dauroh Al Qur’an, yakni program Tahfidz selama 40 hari bagi siapapun yang ingin menghafal Al Qur’an dengan syarat minimal berusia lulusan SD dan sudah fasih dalam membaca Al Qur’an.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya Program Dauroh 40 hari: sekitar Rp. 5.000.000
  • Biaya masuk Program Takhasus: sekitar Rp. 23.000.000
  • Biaya masuk Program Reguler: sekitar Rp. 24.000.000
  • Biaya bulanan Program Takhasus dan Reguler: sekitar Rp. 1.500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Cipendawa No.Desa, Cipayung Girang, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770

Website resmi: https://www.pesantrentahfidzmataqu.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Putri Alannabi

Pesantren Tahfidz Putri di Bogor
Kredit Foto: Pesantren Tahfidz Alannabi

Berikutnya adalah Ponpes Alannabi. Sesuai namanya, ini adalah pesantren tahfidz putri di Bogor. Alannabi mempunyai konsep pendidikan berupa bermanhaj salaf yang berlandaskan Al-Quran dan As-Sunnah dalam proses pendidikan untuk menyiapkan para hafidzoh sholihah, dengan kompetensi hafalan Al-Quran 30 juz (Tajwid dan Tahsin), Bahasa Arab dan Inggris, dan Ilmu-ilmu Syar’i Dasar.

Setidaknya ada dua program tahfidz yang menjadi unggulan pesantren putri yaitu Program Wustha dan Ulya. Program Wustha adalah program khusus santri lulusan SD/MI dengan masa pendidikan selama 3 tahun yang memadukan kegiatan tahfidz 30 juz, dirosah Islamiyyah, dan pembinaan karakter kemandirian. Selain itu santri pun akan mendapatkan ijazah Paket B agar bisa melanjutkan pendidikan formalnya.

Adapun Program Ula, yakni Program tahfidz khusus santri Usia SMA yang diselenggarakan selama 3 tahun khusus hafalan dan fokus pada tahfidz 30 juz. Selain itu santri pun akan diarahkan untuk mengikuti ujian persamaan Paket C agar bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk seluruh program sekitar Rp. 18.000.000
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 1.700.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Kapten Yusuf Gang Purnama, Jl. Raya Cimanglid No.Rt.01/02, Sukamantri, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610

Website resmi: https://pesantrenquransunnah.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Akbar

Pesantren Tahfidz di Sentul Bogor
Kredit Foto: Ponpes Tahfidz Akbar

Selanjutnya adalah Ponpes Akbar. Pesantren yang satu ini secara umum tidak memiliki variasi program sebagaimana pesantren yang sudah kami bahas di atas, namun meskipun begitu pesantren ini terbukti menjadi salah satu pesantren tahfidz terfavorit di Bogor. Adapun syarat untuk bisa masuk ke pesantren ini adalah minimal lulusan SD/MI.

Di Pesantren ini, para santri akan di didik selama 3-6 tahun menjadi Hafidz Al-Qur’an, dengan target capaian hafalan 1 juz per bulan. Selain itu santri juga akan mendapatkan pelajaran seputar keislaman seperti Syariah, Akhlaq, Fiqih, Bahasa Arab, dll.

Kemudian para santri juga dididik untuk menjadi entrepreneur atau wirausahawan. Mereka akan mendapatkan pelajaran dari para pengusaha yang tergabung dalam jejaring Sentulfresh Indonesia. Diharapkan dengan pelajaran ini para santri memiliki bekal dunia dan akhirat, sehingga selepas lulus hafal 30 Juz juga memiliki kemampuan berwirausaha.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan pesantren tahfidz di Sentul Bogor ini adalah:

  • Biaya masuk sekitar Rp. 12.500.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 1.600.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Kampung Cijulang No 75 RT 3 RW 3, Cadas Ngampar, Sukaraja, Bogor, West Java 16710

Website resmi: https://pesantrenakbar.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Tanbihul Ghofilin

Ponpes Tanbihul Ghofilin Bogor
Kredit Foto: Muhammad Fitrah

Pesantren tahfidz terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Tanbihul Ghofilin. Tanbihul Ghofilin ini memiliki sebuah visi yang luar biasa yaitu “Mengembalikan Golden Age, era kejayaan umat, melalui pencetakan hafidz/hafidhoh pada usia dini”. FYI Golden Age adalah masa keemasan islam, dimana saat itu islam menjadi mercusuar dunia di bawah naungan Khilah Abbasiyah.

Secara umum pesantren ini memiliki program Tahfidz jenjang SMP dan SMA, dimana kedua program tersebut adalah program Tahfidz 30 juz selama 3 tahun yang dipadukan dengan pendidikan formal, sehingga nantinya para santri bisa melanjutkan pendidikan formal ke jenjang yang lebih tinggi.

Adapun mekanisme pendidikannya, pada 2 tahun pertama para santri akan dituntut untuk fokus menghafal Al-Qur’an dengan harapan bisa selesai menghafal 30 Juz. Kemudian untuk tahun ketiga para santri secara intensif akan dididik dengan kurikulum Diknas sehingga dapat lulus ujian persamaan dengan nilai yang diharapkan

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk sekitar Rp. 10.000.000 (termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 900.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Bojong Depok Baru II, Sukahati, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16913

Website resmi: https://pesantrentanbihulghofilin.wordpress.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau menghafal Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz di Bogor yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok Tahfidz bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Tinggalkan komentar