(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Jakarta (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Mencetak anak yang Hafidz dan Hafidzah adalah cita-cita semua orang tua. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan menyekolahkan anak Anda ke Pesantren Tahfidz di Jakarta yang sudah terkenal reputasi dan kualitasnya.

Jika Anda belum memiliki referensinya, silahkan baca daftar rekomendasi kami berikut ini:

Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al Utsmani

Ponpes Tahfidz Quran Al Utsmani
Kredit Foto: Utsmani

Pesantren Tahfidz di Jakarta pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Tahfidz Al Utsmani. Pesantren Tahfidz di Jakarta Timur ini merupakan salah satu pionir pencetak hafiz di Indonesia. Pesantren yang dibangun pada 1995 ini mendedikasikan diri dalam pembelajaran tajwid dan tahfiz.

Ada dua program utama yang disiapkan oleh pesantren bagi peserta yang ingin mengikuti kegiatan. Yaitu, bimbingan di dalam lembaga dan di luar lembaga.

Bimbingan di dalam lembaga dibagi menjadi dua, ada program pesantren dan pulang-pergi. Bimbingannya juga dibagi beberapa jenjang, ada untuk TK atau PAUD, SD, SMP, dan SMA. Tapi, untuk pilihan asrama wajib lulusan SMA/ MA sederajat.

Bagi peserta yang memilih program asrama, mereka akan penuh mendapat pendidikan dan pembelajaran tentang Alquran setiap hari. Bagi yang memilih pulang-pergi, pertemuan seminggu tiga kali, dua kali, hingga seminggu sekali untuk kategori dewasa. Sementara, untuk usia SD hingga SMA minimal sepekan tiga kali. Peserta usia TK atau PAUD pertemuan dilakukan lima kali dalam sepekan.

Metode menghafal yang diterapakan di pesantren ini adalah metode utsmani. Metode Utsmani adalah suatu metode yang memiliki tujuan untuk mengajarkan murid agar dapat membaca al-Qur’an dengan benar terlebih dahulu, tanpa memberikan beban menghafal teori. Setelah menguasai bacaan, kemudian mempelajari teori dan berlanjut kepada menghafal.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Munggang No.6, RT.8/RW.1, Balekambang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13530

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Nurani

Ponpes Quran Nurani
Kredit Foto: Reza

Selanjutnya adalah Ponpes Tahfidz Nurani. Pesantren Tahfidz di Jakarta Selatan ini memiliki sebuah misi yang agung yaitu “Mencetak generasi Qur’ani penghafal Al Qur’an yang berkepribadian utuh dan unggul dalam ilmu dan amal, dan mendidik generasi yang memiliki komitmen keIslaman yang tinggi dengan ciri: berakidah lurus, beribadah benar, dan berakhlak mulia.

Secara umum, pesantren ini merupakan pesantren tahfidz yang cukup lengkap. Ponpes Nurani menyelenggarakan program tahfidz sekaligus pendidikan formal dari mulai jenjang TK hingga SMA.

Untuk sistem pendidikannya dilaksanakan secara terpadu dalam bentuk core and integreted curriculum (kurikulum terpadu) selama 24 jam non stop, dengan penekanan khusus pada upaya tafaqquh fiddin dengan berafiliasi pada berbagai macam ilmu, teori dan praktik yang meliputi semua life skill

Untuk program Tahfidznya dibagi menjadi dua, yaitu Kelas A dan Kelas B. Kelas A adalah bagi santri yang memiliki kemampuan menghafal yang cukup cepat dengan target 1 tahun 5 juz. Adapun kelas B adalah bagi santri yang kemampuan menghafalanya standar dengan target 1 tahun 3 juz.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk seluruh jenjang sekitar Rp. 13.500.000
  • Biaya bulanan TK dan SD: sekitar Rp. 1.500.000
  • Biaya bulanan SMP dan SMA: sekitar Rp. 1.500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Timbul No.71, RT.7/RW.4, Cipedak, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630

Website resmi: https://www.nuranitahfidh.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Kafila Kampung Qur’an

Pesantren Kafila Jakarta Timur
Kredit Foto: Lukmanul

Berikutnya adalah Ponpes Kafila Kampung Qur’an. Pesantren ini adalah pesantren tanpa pendidikan formal yang mengkonsentrasikan kepada hafalan alquran program menghafal 30 juz, dengan sistem cepat dan mudah dalam jangka waktu yang menyesuaikan kemampuan dasar peserta didik.

Adapun dalam praktek menghafalnya, pesantren ini membagi santri kedalam tiga kelas. Pertama Kelas Level 1, yaitu kelas yang disiapkan bagi santri yang memiliki kemampuan menghafal 15 baris per hari atau 1 halaman per hari. Dimana dengan kemampuan tersebut santri dapat mencapai target hafalan 1 juz per bulan dan bisa menyelesaikan hafalan 30 juz AlQur’an dalam jangka waktu 2 tahun 6 bulan.

Kedua Kelas Level 2, yakni kelas Kelas yang disiapkan bagi santri yang memiliki kemampuan menghafal 2 halaman per hari. Dimana dengan kemampuan tersebut santri dapat mencapai target hafalan 2 juz per bulan dan bisa menyelesaikan hafalan 30 juz AlQur’an dalam jangka waktu 1 tahun 6 bulan.

Ketiga Kelas Level 3, Kelas yang disiapkan bagi santri yang memiliki kemampuan menghafal 3 halaman per hari. Dimana dengan kemampuan tersebut santri dapat mencapai target hafalan 3 juz per bulan dan bisa menyelesaikan hafalan 30 juz AlQur’an dalam jangka waktu 10 bulan insya Allah.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. H. Muhayang Jl. Gudang Air No.38, RT.2/RW.2, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13830

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tahfidz Yatim Dhuafa Ashabul Azhar

Kredit Foto: Alazka Channel

Selanjutnya adalah Ponpes Ashabul Azhar. Sesuai namanya, pesantren di Jakarta Selatan ini hanya diperuntukkan bagi kalangan Yatim dan Dhuafa. Karenanya tentu saja semua kegiatan pendidikan yang berlangsung di pesantren ini adalah tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Namun selain Yatim dan Dhuafa, syarat untuk bisa masuk ke pesantren ini adalah laki-laki, dan berusia minimal 12 tahun, dan memiliki kemauan yang kuat untuk menghafal Al-Qur’an.

Adapun dalam tataran praktek pendidikannya, Ashabul Azhar akan mendidik santrinya fokus pada tahun ke-1 dan ke-2 pada pengembangan Tahfizh Qur’an sebanyak 20 Juz dan juga pengembangan dari segi bahasa Arab & English.

Kemudian pada tahun ke-3 dan ke-4 akan berfokus pada pengembangan Tahfizh Qur’an sebanyak 10 Juz dan juga pengembangan dari segi keuangan, enterpreuner.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Pulo Mawar No. 110 (Lantai atas, RT.1/RW.4, North Grogol, Kebayoran Lama, South Jakarta City, Jakarta 12210

Website resmi: https://ashabulazhar.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Al Ishlah

Kredit Foto: Willy

Pesantren Tahfidz terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Ishlah. Al Ishlah memiliki motto yang luar biasa yaitu “Qur’an dulu, Qur’an lagi, Qur’an saja dan Qur’an selalu.” Karenanya kegiatan di dalam pesantren sangat didominasi membaca, menelaah dan menghafal Al-Qur’an.

Dalam pelaksanaan pendidikannya Al Ishlah membagi santri menjadi 3 kelas, yaitu: Kelas awaliyah (kelas dasar), kelas wustha (kelas menengah) dan kelas ‘ulya (kelas atas).

Di sini santri ditargetkan untuk bisa menghafal Al-Qur’an, 20 Maqra (surat dan ayat pilihan) dan terjemahannya, 20 hadits pilihan, 10 macam dzikir, dll. Tak lupa juga pengetahuan kepesantrenan, aqidah, ibadah, akhlaq dan tarikh juga tetap diajarkan kepada mereka. Setiap kelas akan berbeda paket dan target hafalannya.

Kemudian pesantren ini tidak menyelenggarakan pendidikan formal, namun Al Ishlah membuka PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang dapat membantu para santri untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Usia minimal santri yang ingin masuk ke pesantren ini adalah 8 tahun. Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di Ponpes Al Ishlah, dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk: sekitar Rp. 2.500.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 1.000.000

Catatan: Khusus untuk yatim piatu dan dhu’afa digratiskan selama formasi/ kuota masih tersedia dengan beberapa syarat dan ketentuan yang ada.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Gg. Hj Masmala No.69, RT.13/RW.7, Penggilingan, Cakung, East Jakarta City, Jakarta 1394

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau menghafal Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik di Jakarta yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok Tahfidz bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar