(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Tangerang 2022

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Mencetak anak yang Hafidz dan Hafidzah adalah cita-cita semua orang tua. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan menyekolahkan anak Anda ke Pesantren Tahfidz di Tangerang yang sudah terkenal reputasi dan kualitasnya.

Jika Anda belum memiliki referensinya, silahkan baca daftar rekomendasi kami berikut ini:

Pondok Pesantren Tahfidz Wadil Quro

Pesantren Tahfidz Wadil Quro di Tangerang
Kredit Foto: Google

Pesantren tahfidz di Tangerang pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Wadil Quro. Secara umum pesantren ini hanya fokus dalam penyelenggaraan Dauroh Tahfizh Qur`an.

Karenanya pesantren ini tidak memiliki jenjang pendidikan seperti SMP/SMA, dan artinya pesantren ini tersedia bagi semua kalangan yang ingin dan punya kemauan untuk menghafal Al Qur’an, baik itu balita hingga lansia semuanya akan diterima untuk mengikuti program hafalan di pesantren ini.

Terdapat 3 program utama di pesantren ini. Pertama Program Ziyadah, yakni program menghafal Qur’an selama minimal sebulan (boleh lebih), yang mana nantinya setiap hari para santri ditarget untuk menyetorkan 12 halaman hafalan baru.

Kedua Program Murajaah, yaitu program mengulang hafalan bagi yang sudah hafal 30 juz namun belum lancar selama minimal sebulan (boleh lebih). Ketiga Program Mutqin, yaitu program menambah dan muroja’ah hafalan 30 juz yang berlangsung minimal 1 tahun.

Uniknya di pesantren ini semua biaya pendidikan bersifat gratis, namun pihak pengurus pun akan tetap menerima bila ada santrinya yang ingin memberikan shodaqoh bagi pengurus. Selain itu, pesantren ini juga sudah memiliki 4 cabang yang terdapat di Tasikmalaya, Bogor, Sragen, dan Bojong Nangka (Banten).

Adapun alamat lengkap pesantren tahfidz ini adalah: Serpong, Muncul, Jl. Lingkar Selatan, Muncul, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten 15314

Website resmi: https://www.wadilquran.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Bait Qur’any

Selanjutnya adalah Ponpes Bait Qur’any. Pesantren ini merupakan pondok yang memiliki misi untuk mencetak kader ulama besar dan hafizh al Qur’an. Dalam program menghafalnya, pesantren ini memiliki metode tersendiri yang tidak dimiliki pesantren lainnya, yaitu Metode menghafal semudah menggerakkan jari tangan.

Secara umum pesantren ini merupakan pesantren tahfidz yang memiliki pendidikan formal yaitu Madrasah Ibtadiyah (non mukim), Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Keseluruhan jenjang formal tersebut merupakan program pendidikan yang mensinergikan pendidikan umum dan pendidikan pesantren dengan keunggulan ada pada Tahfidz Al Qur’an. Para santri nantinya memiliki target untuk hafal 15-30 juz.

Selain menghafal Al-Qur’an, para santri akan belajar nahwu shorof, ushul fiqh, fiqh, qiroatul qutb, hadist, tafsir al Qur’an, tafsir Hadist, balaqoh, faroid, dll. Begitu juga pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Fisika, Kimia, Biologi, dll juga wajib diikuti oleh seluruh santri.

Namun meskipun banyak pelajaran yang dikaji, Bait Qur’any telah membuktikan bahwa kegiatan menghafal al Qur’an tidak menjadi penghambat untuk mempelajari ilmu-ilmu lainnya, dan sebaliknya. Justru ilmu-ilmu umum menjadi ajang refershing saat para santri ketika selesai pelajaran Tahfidz. Para santri akan masuk kelas dan bersenang-senang dengan pelajaran matematika, IPA, dll.

Hal ini dibuktikan misalnya pada tahun ajaran 2019/2020 terdapat 7 santri kelas 9 yang mencapai hafalan 30 juz dari total 17 santri, dan sisanya rata-rata hafal 15 juz.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: JL. Legoso Raya, Gang Gandaria, No. 02 Rt. 01, Pisangan, Ciputat, Pisangan, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Website resmi: https://baitqurany.sch.id/

Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’aniyyah Tangerang

Pesantren Al Quraniyyah Tangerang
Kredit Foto: Al Quraniyyah

Berikutnya adalah Ponpes Al Qur’aniyyah. Pesantren ini memiliki sebuah misi mulia yaitu mencetak santri agar dapat membaca Al-Qur’an secara fasih dan benar sesuai dengan ilmu Tajwid, serta mampu melantunkannya sesuai dengan ilmu Nagham dan ilmu Qiro’at yang berlaku.

Secara umum, pesantren ini merupakan pesantren tahfidz yang memiliki pendidikan formal yaitu SMP-SMA. Yang mana santri nantinya akan menghafal Qur’an sekaligus belajar pelajaran umum layaknya sekolah pada umumnya.

Meskipun memang tentu saja Tahfidz dan pendalaman ilmu yang berkaitan dengan Al Qur’an menjadi prioritas utama. Pendalaman tersebut ditempuh baik melalui materi pelajaran ilmu alat ataupun ilmu Alquran itu sendiri. Ilmu alat yang diajarkan, misalnya nahwu dah sharaf.

Adapun ilmu Alquran yang diajarkan misalnya tajwid, tahsin, dan qiraat. Dari segi penguatan ilmu Islam lainnya, pesantren ini mengajarkan hadis, tasawuf, fikih, dan disiplin ilmu lainnya.

Keseriusan pengasuh dan pembina di pondok pesantren ini mengantarkan para santrinya untuk menjuari segudang ajang kompetisi. Para santrinya pernah menjuarai berbagai lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) berbagai cabang mulai dari tingkat kota hingga internasional.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk: sekitar Rp. 13.500.000 – 14.000.000(sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan SMP dan SMA: sekitar Rp. 1.200.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Panti Asuhan No.6, RT.003/RW.12, Jurang Manggu Tim., Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15222

Website resmi: https://alquraniyyah.com/

Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Insan Pratama Boarding School

Pesantren Tahfidz Insan Pratama
Kredit Foto: Ali Mukafi

Selanjutnya adalah Ponpes Insan Pratama. Insan Pratama merupakan pesantren Tahfidz yang menerapkan kurikulum berkualitas dengan mutu berimbang, yaitu kurikulum nasional (kurikulum pemerintah) dan kurikulum keagamaan (kurikulum pesantren). Sehiingga nantinya para santri tidak hanya memiliki hafalan Qur’an saja, akan tetapi juga memiliki pengetahuan agama yang luas dan pemahaman IPTEK yang mumpuni.

Selain adanya kegiatan rutin harian seperti KBM pada umumnya, pesantren ini juga memiliki beberapa kegiatan pendidikan yang bersifat mingguan dan bulanan. Untuk kegiatan mingguannya yaitu Kajian Al-Islam (Fiqih, Tafsir, Siroh, Tauhid & Akhlak), Riyadhoh & Mentoring, Khotmil Qur’an 30 Juz Jama’I, Tahfidz Jama’i dan Majlis Simaan, dan Tasyakuran untuk kenaikan hafalan juz.

Adapun kegiatan bulanannya seperti Muhadhoroh Akbar, Lomba Tahfiz dan Keagamaan. Halaqoh Tarbiyah & Bimbingan konseling, Mading Islam dan Ajang Kreativitas, dan Puasa sunnah ayyamul bidh 3 hari.

Saat ini Pesantren Tahfidz Insan Pratama menyelenggarakan pendidikan pesantren sekaligus pendidikan formal jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Parahu No.7, Parahu, Kec. Sukamulya, Tangerang, Banten 15610

Website resmi: https://insan-pratama.com/insan-pratama-islamic-school.html

Pondok Pesantren Tahfidz Darul Qur’an

Ponpes Tahfidz Darul Quran Tangerang
Kredit Foto: Rhafar Ramadhan

Pesantren Tahfidz terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Qur’an. Tentunya pesantren ini sudah sangat masyhur di tengah masyarakat, sebab pendirinya adalah salah satu Ulama Nasional yaitu KH. Yusuf Mansyur.

Sejatinya, pesantren yang sudah memiliki banyak cabang di Indonesia ini mempunyai banyak sekali program. Baik itu yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi masyarakat, Program Beasiswa bagi para mahasiswa penghafal Qur’an, Program Tahfidz Camp dan berbagai program lainnya. Namun yang akan kami bahas disini adalah program pendidikan regulernya.

Secara umum, pendidikannya merupakan pendidikan formal tingkat SMP-SMA yang berbasis Kurikulum Akademik Nasional (Diknas), Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Dirasah Islamiyah) dan Kurikulum Tahfizh Alquran, dengan pengaturan alokasi waktu yang sangat padat dan teratur. Nantinya setiap siswa SMP memiliki target hafalan 9 juz, dan siswa SMA 30 juz.

Adapun pembelajaran Tahfizh Al Qur’annya menggunakan metode dan panduan Tahfizh Qoidah Nuraniyah. Qoidah Nuraniyah merupakan sebuah sistem pembelajaran yang menggabungkan cara membaca, tahsin dan Tahfizh Al Qur’an secara berkesinambungan, harian, terukur dan tercatat dengan rapih.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

  • Biaya masuk: sekitar Rp. 66.000.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 3.500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Thamrin, RT.001/RW.005, Ketapang, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15147

Website resmi: https://new.daqu.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau menghafal Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz di Tangerang yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok Tahfidz bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar