10 Pondok Tahfidz Qur’an Terbaik di Indonesia

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Menghafalkan Qur’an adalah salah satu ibadah yang memiliki banyak keutamaan. Maka tak heran banyak kaum muslim yang berlomba-lomba untuk menjadi seorang penghafal Qur’an. Salah satu caranya adalah dengan menghafal di pondok tahfidz Qur’an.

Di Indonesia saat ini sudah banyak lembaga pendidikan, khususnya pondok pesantren yang memiliki program khusus untuk mempelajari dan menghafal (tahfidz) Al Qur’an. Berikut ini beberapa pondok pesantren tahfidz Al Qur’an terbaik dan terpopuler yang ada di beberapa wilayah di Indonesia.

Pondok Pesantren Yanbaul Qur’an Kudus

Kredit Foto: Abdul Basith Nahrawi

Pondok Tahfidz Qur’an di Indonesia pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Yanbaul Qur’an Kudus. Pesantren tahfidz yang satu ini didirikan pada tahun 1970 oleh K.H. Arwani Amin Said, seorang ulama besar yang sangat dikenal keilmuannya, terutama dalam bidang al-Qur’an dan Thariqah. Kealiman beliau dalam ilmu al-Qur’an dapat dilihat dari kitab karya beliau berjudul Faidl al-Barakat fi Sabil al-Qira’at, sebuah kitab yang akhirnya menjadi pegangan pokok bagi mereka yang mempelajari Qira’ah Sab’ah di Indonesia.

Kini Yanbaul Qur’an berada di bawah Yayasan Arwaniyah, yang mana Arwaniyah ini memiliki memiliki beberapa cabang, di antaranya adalah Mahad Ulumus Syariyyah Yanbuul Quran (MUSYQ), Pondok Tahfidz Yanbuul Quran (PTYQ) Remaja/Bejen, PTYQ Anak-anak/Krandon, PTYQ Menawan, hingga adanya cabang di luar kota dan di luar pulau Jawa.

Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, pondok ini berpegang teguh pada visinya yaitu: “Terwujudnya insan yang Qur’ani, amali, dan saintis. Nah dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menyiapkan peserta didik yang berakhlakul karimah dan hafiz Al-Qur’an.
  • Menyiapkan peserta didik yang terampil berbahasa Arab dan Inggris serta mampu membaca kitab kuning.
  • Membentuk peserta didik yang berjiwa Iman dan Taqwa, berjiwa Patriot, menguasai Ilmu Pengetahuan
    dan Teknologi, memiliki daya saing, dan mampu mengembangkan diri.
  • Menyelenggarakan pembinaan dalam bidang riset, sains, dan teknologi.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 16.295.000Biaya masuk MTs dan MA
Sekitar Rp. 1.140.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Jl. Rahtawu Raya, Menawan, Kec. Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59333

Website resmi: https://yanbumenawan.sch.id/

Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak

Kredit Foto: Yusuf Haryono

Berikutnya adalah Pondok Pesantren Al Munawwir. pondok tahfidz yang satu ini didirikan oleh KH Muhammad Munawwir pada 15 November 1911, tepatnya sesaat setelah beliau kembali ke Tanah Air setelah menimba ilmu di Makkah dan Madinah selama 21 tahun lamanya. 

Al Munawwir dalam pendidikannya menerapkan sistem salaf dan hingga saat ini mampu bertahan dan terus berkembang dalam kiprahnya. Secara umum pesantren ini terfokus pada pengajaran Al Qur’an. Namun tak hanya mengkhususkan pendidikannya dalam bidang Al-Qur’an saja, pesantren ini juga mempelajari bidang lain seperti kitab-kitab kuning (kutubussalaf assholih). Perkembangan tersebut kemudian disusul dengan penerapan sistem madrasah (klasikal).

Keistimewaan Pesantren Krapyak adalah bagaimana Al-Qur’an selalu dirayakan dengan semarak, seperti melalui pengajian talaqqi secara tahqiq setiap pagi bersama Mbah Najib, sorogan bacaan Al-Qur’an (binnazhar) di komplek masing-masing, dan juga setoran hafalan (bilhifzhi) di komplek-komplek tahfizh

Saat ini Pesantren Al Munawwir sudah sangat berkembang dan difasilitasi dengan berbagai jenjang lembaga pendidikan formal dan informal mulai dari TK, Madrasah Diniyah Tsanawiyah, Madrasah Madrasah Diniyah Aliyah, Madrasatul Banat, SMK Al Munawwir, Madrasatul Huffadz, hingga Ma’had Aly yang merupakan perguruan tinggi ilmu salaf.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap: Jl. KH. Ali Maksum, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55002

Website resmi: https://www.almunawwir.com/

Pondok Pesantren Darul Qur’an Tangerang

Kredit Foto: Ekky Brady

Selanjutnya adalah Ponpes Darul Qur’an. Pondok tahfidz yang satu ini tentunya sudah sangat masyhur di tengah masyarakat, sebab pendirinya adalah salah satu Ulama Nasional yaitu KH. Yusuf Mansyur.

Sejatinya, pesantren yang sudah memiliki banyak cabang di Indonesia ini mempunyai banyak sekali program. Baik itu yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi masyarakat, Program Beasiswa bagi para mahasiswa penghafal Qur’an, Program Tahfidz Camp dan berbagai program lainnya. Namun yang akan kami bahas disini adalah program pendidikan regulernya.

Secara umum, pendidikannya merupakan pendidikan formal tingkat SMP-SMA yang berbasis Kurikulum Akademik Nasional (Diknas), Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Dirasah Islamiyah) dan Kurikulum Tahfizh Alquran, dengan pengaturan alokasi waktu yang sangat padat dan teratur. Nantinya setiap siswa SMP memiliki target hafalan 9 juz, dan siswa SMA 30 juz.

Adapun pembelajaran Tahfizh Al Qur’annya menggunakan metode dan panduan Tahfizh Qoidah Nuraniyah. Qoidah Nuraniyah merupakan sebuah sistem pembelajaran yang menggabungkan cara membaca, tahsin dan Tahfizh Al Qur’an secara berkesinambungan, harian, terukur dan tercatat dengan rapih.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

Sekitar Rp. 66.000.000Biaya masuk MTs dan MA
Sekitar Rp. 3.500.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Jl. Thamrin, RT.001/RW.005, Ketapang, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15147

Website resmi: https://new.daqu.sch.id/

Pondok Pesantren Darul Huffadz Bone

Kredit Foto: Abduh Salam

Berikutnya adalah Ponpes Darul Huffadz. Pondok tahfidz ini didirikan pada tahun 1975 oleh salah seorang tokoh kharismatik asal Sulawesi yaitu oleh H. Lanre Said. Pada awal perintisan dan perkembangannya, sang pendiri bekerjasama dengan banyak alumni Gontor. Maka tak heran beberapa hal di pesantren ini banyak yang mirip dengan apa yang ada di Gontor.

Secara umum, pondok ini menjalankan pendidikan kepesantrenan dan pendidikan formal. Untuk jenjang pendidikan formalnya ialah Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Kurikulumnya lebih mengarah kepada kombinasi antara KMI Gontor dan Madrasah Negeri. Sehingga pendidikan agama dan diniyyah sudah menyatu dalam kelas. Yang mana tentunya model demikian memiliki kelebihan efektifitas pembelajaran.

Mengenai tahfidznya, pondok yang memiliiki arti “rumah para hafidz” ini terbilang sangat baik. Setiap santri nantinya wajib menghafalkan Al Quran. Terdapat kewajiban setor jika ujian naik kelas. Jika hafalannya kurang dari target yang ditentukan, maka santri tersebuut akan mendapatkan konsekuensinya.

Kemudian target yang ditetapkan bukan hanya untuk kenaikan kelas, tapi juga ada yang untuk individu. Yang mana ini disesuaikan dengan kemampuan para santri. Artinya nanti santri mempunyai dua target. Kalau kenaikan kelas target hafalannya sebanyak dua juz. Sehingga minimal hafal 10 juz. Namun kalau sudah target individu, maka santri harus khatam Al Quran dalam waktu tiga tahun.

Yang luar biasanya, seluruh biaya pendidikan di pesantren ini ialah gratis. Luar biasa sekali bukan?

Alamat lengkap: Tuju tuju, Tarasu, Kajuara, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan 92776

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darul Qur’an Mulia Bogor

Kredit Foto: Yus Priyadi Usman

Selanjutnya adalah Ponpes Darul Qur’an Mulia. Pondok yang satu ini bisa dikatakan masih memiliki usia yang sangat muda, tepatnya baru berdiri pada tahun 2009. Namun meskipun begitu, pondok tahfidz ini sudah menjadi salah satu pondok tahfidz terbaik di Indonesia, buktinya adalah dengan adanya beberapa santri yang menjadi juara perlombaan MHQ Internasional.

Dalam menjalankan aktivitas pendidikannya, pondok ini memiliki value yaitu: “Menannamkan nilai-nilai islami dengan pembiasaan berinteraksi dengan Al Qur’an sehingga menjadi pribadi shalih yang berkembang seluruh potensinya.”

Saat ini pondok Darul Mulia menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal berupa jenjang SMP dan SMA. Yang mana nantinya para santri dibekali dengan kurikulum terpadu yang mengacu pada kurikulum DIKNAS, Pembelajaran ulum syar’i atau Kekhasan pesantren, dan Program unggulan hafalan Al Qur’an 30 Juz.

Kemudian terdapat juga beberapa program ekstrakulikuler untuk meningkatkan skill dan bakat para santri seperti: Nasyid, Sains Club, Taekwondo, Kaligrafi, Arabic Club, Robotic, Marawis, Programmer, Olahraga (Futsal, Basket, Badminton, Panahan), Pramuka, Teater , Fotografi, Videografi, Desain, Paskibra, PMR, dan sebagainya.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

Sekitar Rp. 23.475.000 – 26.475.000Biaya masuk SMP
Sekitar Rp. 24.625.000 – 27.625.000Biaya masuk SMA
Sekitar Rp. 1.850.000Biaya bulanan SMP dan SMA

Alamat lengkap: Jl. Raya Puspiptek Jl. Pembangunan Raya, Pabuaran, Kec. Gn. Sindur, Bogor, Jawa Barat 16340

Website resmi: https://www.darulquran.sch.id/

Pondok Pesantren Muqoddasah Ponorogo

Kredit Foto: Rizky Pradithya

Berikutnya adalah Ponpes Muqoddasah. Pondok yang letaknya berdekatan dengan Ponpes Darussalam Gontor ini didirikan pada tahun 1992 oleh ulama kharismatik, pimpinan Gontor saat ini yaitu KH Hasan Abdullah Sahal. Bahkan bisa dikatakan bahwa pesantren ini adalah bagian dari Gontor yang berfokus kepada Tahfidz Qur’an.

Secara umum, pesantren ini menerima santri tahfidz dari berbagai kalangan usia. Paling tidak seminimalnya usia santri adalah 6 tahun. Namun meskipun begitu, tetap saja kebanyakan santri disini adalah yang berusia SMP-SMA.

Sebagai pondok tahfidz Quran, maka kegiatan dominan adalah tahfidz Quran. Dari selepas subuh hingga jam tujuh. Kemudian selepas ashar hingga jam lima. Dilanjutkan lagi pukul enam hingga jam delapan malam. Tapi pesantren ini juga tidak melupakan pendidikan formal. Rata-rata jenjangnya adalah SD, SMP, dan SMA. Semua diterima putra dan putri. Pagi hingga dhuhur. Selepas dhuhur semua makan dan istirahat siang. 

Sedangkan untuk berapa lama menghafal, setiap santri kemampuannya berbeda. Tapi standard dari pesantren minimal satu hari satu halaman.

Kemudian kedisiplinan di pondok ini juga cukup ketat. Santri tidak bisa terlambat, ada yang menjaga waktu di pesantren ini. Semuanya dikelola dengan cukup rapi. Efeknya karakter santri juga terbentuk dengan baik. 

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

Sekitar Rp. 6.920.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 720.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Nglumpang, Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63472

Website resmi: https://www.facebook.com/MUQODDASAH1992/

Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Metro Lampung

Kredit Foto: Uswah Muhaka

Selanjutnya adalah Ponpes Raudlatul Qur’an. Pondok yang terletak di Pulau Sumatera ini didirikan pada tahun 2001 oleh seorang ulama Qur’an bernama Drs. KH. Ali Qomaruddin, SQ Al-Hafidz. Dalam menjalankan pendidikannya, pondok ini memiliki visi yaitu: “Menjaga Al-Qur’an sebagi kalam Illahi yang sarat dengan disiplin ilmu dan menjadikan sebagai pedoman serta pandangan hidup.”

Untuk mencapai visi tersebut, maka terciptalah dua misi utama yaitu:

  • Membina Qori’ dan Qori’ah serta hafidz dan hafidzah yang berkualitas dan berwawasan Qur’ani.
  • Mencetak kader-kader / generasi muda penerus bangsa yang hafal Al-Qur’an yang berkualitas.

Karena bertekad mencetak banyak Hafidz Qur’an, maka tentu program utama di pesantren ini adalah Program Takhasus Tahfidzul Qur’an. Program ini merupakan program menghafal Qur’an yang terbuka bagi semua kalangan, yang mana tidak ada batasan usianya.

Kemudian Raudlatul Qur’an juga memiliki unit pendidikan formal jenjang SMP dan SMA. Yang mana keduanya merupakan sekolah berbasis pesantren yang memadukan dua sistem yaitu pendidikan umum dan pendidikan Diniyah yang mengedepankan kemampuan anak untuk menggunakan dua bahasa (Arab dan Inggris). Sekaligus program tahfidzul Qur’an bagi anak-anak yang memiliki kemampuan dan kemauan.

Saat ini Ponpes Raudlatul Qur’an tidak hanya terletak di Kota Metro saja. Melainkan sudah memiliki 3 cabang di wilayah Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Selatan.

Adapun dari informasi terakhir yang kami dapatkan, biaya pendidikan yang harus disediakan adalah:

Sekitar Rp. 1.000.000Biaya masuk program tahfidz
Sekitar Rp. 7.000.000Biaya masuk SMP dan SMA
Sekitar Rp. 400.000Biaya bulanan program tahfidz
Sekitar Rp. 625.000Biaya bulanan SMP
Sekitar Rp. 650.000Biaya bulanan SMA

Alamat lengkap: Jl. Pratama Praja No.16C, Mulyojati, Kec. Metro Bar., Kota Metro, Lampung 34125

Website resmi: https://pprqmetro.net/

Pondok Pesantren Isy Karima Solo

Kredit Foto: Zidni Kamala Fahmaddien

Berikutnya adalah Ponpes Isy Karima. Pondok tahfidz yang satu ini sudah mulai dirintis sejak tahun 1994 oleh Ustadz Ya’qub Basya dan Ustadz Suwardi Efendi, Lc. Dalam menjalankan pendidikannya, Isy Karima berpegang pada visinya yaitu: “Terwujudnya generasi hafizh yang berjiwa Da’i dan Mujahid, berprestasi dan berakhlak mulia, menguasai dasar-dasar pengetahuan dan teknologi.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Mendirikan dan mengembangkan pola pendidikan tahfizhul qur’an terpadu yang berbasis pesantren.
  • Mensyi’arkan dan menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat.
  • Mengembangkan pusat kajian dan keilmuan Al-Qur’an.

Adapun yang menjadi program unggulan Ponpes Isy Karima adalah:

  • Tahfidzul Qur’an 10 – 30 Juz
  • Kurikulum Terpadu (tahfidz Qur’an, kepondokan, dan kemenag)
  • Kelas ideal
  • Lab. IPA dan Komputer
  • Ragam Ekstrakulikuler

Saat ini Ponpes Isy Karima menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan beserta beberapa program formal dan informal yang sangat lengkap berupa:

  • Raudlatul Athfal (RA)
  • Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  • IMTAQ SHIGHOR (setara SMP)
  • MATIQ Program 3 dan 4 Tahun (setara SMA)
  • I’dadul Mu’allimin
  • I’dadud Du’at
  • Markaz Qur’an
  • Sekolah Tinggi Ilmu Qur’an Isy Karima (setara S-1)

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 24.100.000Biaya masuk  IMTAQ SHIGHOR
Sekitar Rp. 1.750.000Biaya bulanan  
Sekitar Rp. 48.350.000Biaya masuk  MATIQ 3 tahun
Sekitar Rp. 2.500.000Biaya bulanan
Sekitar Rp. 29.300.000Biaya masuk  MATIQ 4 tahun
Sekitar Rp. 2.000.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Jl. Solo-Tawangmangu Km 34 Pakel, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah 57791

Website resmi: https://isykarima.com/

Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jombang

Kredit Foto: Muria Oza

Selanjutnya adalah Ponpes Hamalatul Qur’an. Pondok yang masih bercorak salafiyah ini berdiri untuk memberi solusi bagi generasi yang berpotensi untuk menghafal Al-Qur’an. Dalam menghafal Qur’annya menggunakan metode tahfidh cepat ala JOGOROTO, para santri didesain untuk bisa menghafal Al-Qur’an dalam waktu kurang dari satu tahun.

Metode tahfidz cepat ala JOGOROTO itu pada prinsipnya menggunakan strategi habituasi (pembiasaan), artinya para santri dibiasakan untuk berinteraksi dengan al-Qur’an dengan segala bentuknya, mulai dari Muroqobah, Sholat Jama’ah, dan lain-lain untuk menuju Penjagaan al-Qur’an (NJOGO) secara keseluruhan atau merata (ROTO), tidak tebang pilih pada juz-juz atau surat-surat tertentu saja, melainkan merata 30 juz, sehingga dinamakan konsep “JOGOROTO”.

Selain itu pondok ini menjalankan prinsip dasar pengembangan tahfidhul Qur’an yang ideal, antara lain adalah pembinaan fashohah secara intensif sehingga para huffadh tidak hanya mampu menghafal Al-Qur’an 30 juz dengan lancar, tetapi juga dengan bacaan yang haqqut tilawah sesuai dengan standar qiro’ah muwahhadah versi Madrasatul Qur’an Tebuireng.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap: Jl. Jogoroto, Sumberbendo, Jogoroto, Kec. Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61485

Website resmi: https://jogoroto.com/

Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyah Sumedang

Kredit Foto: Abdul Majid Hayyudin

Pondok tahfidz Qur’an terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Hikamussalafiyah. Pondok yang terletak di Sumedang ini didirikan oleh KH Muhammad Aliyuddin pada tahun 1984. Dalam menjalankan pendidikannya, PPHS senantiasa berpedoman pada visinya yaitu: “Terbentuknya generasi yang berilmu amaliah, beramal ilmiah, berakhlak karimah, berjiwa qur’ani, bertaqwa dan berwawasan global.”

Dari visi inilah dicetuskan beberapa misi pendidikan berupa:

  • Mendidik santri untuk memiliki kecakapan dalam ilmu sosial, ilmu pasti dan ilmu agama Islam.
  • Menanamkan nilai-nilai agama Islam secara baik dan benar. Sehingga, tertanam secara mendalam dalam pribadi dan tercermin dalam sikap akhlaqul karimah.
  • Menanamkan dan melestarikan Al-Qur’an. Baik hafalan, pemahaman maupun pengamalan sehingga selalu dapat mengikuti dan menyikapi perkembangan zaman.

Berkat baiknya program pendidikan yang dilakukan, maka para santri PPHS telah berhasil mendulang beberapa prestasi yang membanggakan, khususnya dalam perlombaan MTQ. Para santri PPHS setiap tahunnya menjadi langganan peserta MTQ dari tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi, nasional dan internasional. Bahkan pengasuh PPHS saat ini yaitu KH Sa’dullah merupakan mantan Juara MHQ tingkat internasional.

Saat ini PPHS mengelola lembaga-lembaga pendidikan berupa: Raudlatul Athfal Al-Hikam, MTs Plus Al-Hikam, MA Plus Al-Hikam, SMK Al-Hikam, Madrasah Diniyah Ula, Wustha dan Ulya, Madrasah Tahfidz Al-Qur’an, serta TKA/TPA Al-Hikam. Sedangkan kegiatan-kegiatan pesantren bersama masyarakat adalah Majelis Taklim, Majelis Dzikir & Manaqib, dan Majelis bahsul Masail.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap: Jalan Sukamantri No. 85 RT/RW 03/04 Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang 45354 Jawa Barat

Website resmi: http://alhikamussalafiyyah.ponpes.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Tahfidz Qur’an yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok tahfidz Qur’an bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500+ Pesantren Terbaik di Indonesia Lengkap

100+ Pesantren Terbaik di Jawa Timur

100+ Pesantren Terbaik di Jawa Tengah

100+ Pesantren Terbaik di Jawa Barat

Tinggalkan komentar