5 Tempat Dauroh Quran Terbaik (Gratis & Berbayar)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Kegiatan menghafal Quran kini menjadi sebuah trend yang berkembang di tengah masyarakat. Tua-muda, pria wanita, kaya-miskin, semuanya berbondong-bondong untuk menghafalkan Quran. Mereka berbondong-bondong karena seorang penghafal Quran akan mendapatkan kedudukan yang mulia di sisi Allah. Nah salah satu cara untuk menghafal Quran secara sempurna adalah dengan mengikuti program dauroh quran.

Nah di artikel ini kami telah mengumpulkan beberapa referensi tempat dauroh Qur’an. Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Tahfidz MataQu Bogor

Kredit Foto: Ma’had MataQu

Dauroh Quran pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Tahfidz MataQu adalah lembaga pendidikan Islam yang beroperasi sejak tahun 2015 dan baru diresmikan pada awal tahun 2016. Sesuai namanya, pesantren ini berkonsentrasi di bidang hafalan Al Quran, dengan program utama, yaitu: Dauroh Al Quran dan Santri Al Quran serta Program Kaderisasi.

Untuk program tahfidznya, pesantren MataQu memiliki 3 program utama. Program tersebut antara lain:

  • Dauroh Al Quran

Dauroh Al Quran merupakan program bagi seluruh jenjang usia dengan target menghasilkan penghafal Al Quran perdana selama periode dauroh yang berlangsung selama 40 hari/angkatannya.

Bisakah hafal Qur’an secara keseluruhan hanya dalam jangka waktu 40 hari? Tentu saja bisa. Program ini menggunakan Metode Quantum MataQu, yaitu modifikasi dari metode Sulaimaniyyah yang telah terbukti menghasilkan begitu banyak penghafal Al Quran di Timur Tengah.

Metode yang disingkat, LUPAKAN, ini memungkinkan para peserta untuk fokus menghafal Al Quran selama periode dauroh. Selain dengan karantina selama proses dauroh, peserta juga akan dibatasi dari mengakses sarana komunikasi lainnya. Untuk menyegarkan suasana, para santri juga akan melaksanakan rihlah/tamasya diantara jadwal dauroh maupun setelahnya.

  • Program Takhasus Santri Al Qur’an

Program Takhosus Santri Al Quran adalah program yang diperuntukkan bagi putra/putri lulusan SMA yang ingin menghafal 30 juz Al Quran dengan hafalan yang kokoh (mutqin) dalam tempo minimal setahun. Selain itu, santri yang berminat juga bisa mendapat pendampingan SBMPTN hingga persiapan mengambil beasiswa keluar negeri di lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program Al Quran.

  • Program Reguler

Program Reguler Santri Al Quran adalah program yang diperuntukkan bagi putra/putri usia SMP/SMA yang ingin menghafal 30 juz Al Quran dengan hafalan yang kokoh (mutqin) dalam tempo tiga sampai enam tahun.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Kampung Cipendawa, Desa Sirnagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16671

Website resmi: https://www.pesantrentahfidzmataqu.com/

Yayasan Karantina Tahfidz Al Qur’an Nasional

Kredit Foto: Yayasan Karantina Tahfidz Al Qur’an Nasional

Berikutnya adalah Yayasan Karantina Tahfidz Al Qur’an Nasional (YKTN). YKTN adalah sebuah lembaga karantina tahfidz yang didirikan dan dirintis oleh stadz Ma’mun Al-Qurthuby, S.Pd.I Al-Hafizh dan Ustadz Yadi Iryadi, S.Pd pada 25 Juli 2014 yang bertepatan pada malam tanggal 27 Ramadhan 1434 Hijriyah.

YKTN bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan umat Islam terhadap Al-Qur’an, membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, menghafal Al-Qur’an 30 juz dengan sistem karantina percepatan, mengaplikasikan serta mentransformasi Al-Qur’an dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya kepada masyarakat.

Adapun metode yang digunakan di YKTN adalah Yadain Litahfizhil Qur’an, yaitu sistem tahfizh disertai tadabur terjemah yang membagi pemahaman Al-Qur’an pada dua hal, yaitu ‘tangan kiri’ visualisasi ‘keburukan’ dan ‘tangan kanan’ sebagai visualisasi ‘kebaikan’.

Selain itu YKTN terorganisir melakukan berbagai inovasi dan metodologi menghafal Al-Qur’an yang aplikatif dan sistematis sehingga melahirkan program-program yang dapat diikuti oleh seluruh peserta berbagai latar belakang dan gaya belajar namun dengan cara yang sama, yaitu hafalan disertai tadabur terjemah Al-Qur’an.

Saat ini YKTN menyelenggarakan berbagai macam program karantina yang diperuntukan bagi seluruh jenjang usia. Berikut nama program sekaligus rincian biayanya:

  • Karantina Tahfizh Al-Quran Program Hafal Quran Sebulan (35 hari) Rp. 5.900.000,-
  • Karantina Tahfizh Al-Quran Program 4 Pekan Rp. 5.500.000,-
  • Karantina Tahfizh Al-Quran Program 3 Pekan Rp. 4.500.000,-
  • Karantina Tahfizh Al-Quran Program 2 Pekan Rp. 3.500.000,-
  • Karantina Tahfizh Al-Quran Program 1 Pekan Rp. 2.500.000,-
  • Karantina Tahfizh Al-Quran Program 2 Hari Rp. 750.000,-
  • Karantina Tahfizh Al-Quran Program Mutqin (3 Bulan) Rp. 15.000.000,-

Alamat lengkap: Jl. Baru Obyek Wisata Cibulan Rt. 17 Rw. 04 Maniskidul, Jalaksana, Kuningan Jawa barat 45554

Website resmi: https://www.hafalquransebulan.com/

Indonesia Al Qur’an Center

Kredit Foto: Fenti Ry

Selanjutnya adalah Indonesia Al Qur’an Center (IAC). IAC merupakan sebuah Organisasi yang bergerak dalam bidang ilmu Al-Qur’an sejak tahun 2014 yang mencetak kader-kader hafidz yang mutqin (kuat) hafalannya dan mampu membaca dalam bentuk bacaan yang paling sempurna sebagaimana Al-Qur’an diturunkan.

Sejatinya IAC memiliki banyak sekali program yang tentu semuanya berkaitan dengan Al Qur’an. Namun disini kami akan membahas mengenai program tahfidznya saja. Bagi Anda yang ingin lebih tau lebih jaub program IAC bisa langsung melihat di laman resminya ya…

Secara umum program tahfidz di IAC memiliki nama Karantina Tahfizh Al-Mahir Bil Quran (KTQ). KTQ adalah program menghafal Al-Quran intensif yang dirancang khusus dengan kurikulum khas Yayasan Indonesian Al-Quran Center (IAC) yang bertujuan bukan hanya menjadikan seseorang hafal Al-Quran, melainkan tersambung keaslian bacaannya hingga ke Baginda Rasulullah SAW. Nah program ini terbagi menjadi beberapa sub program. Antara lain:

  • Program Mandiri 40 Hari, 6 bulan, dan 1 tahun

Program khusus menghafal al-quran selama jangka waktu yang telah ditentukan dan tidak di target hafalan quran nya. Namun meskipun begitu para santri akan tetap dikontrol secara ketat oleh para muhaffidz/ah yang berpengalaman

  • Beasiswa 1 tahun dan 2 tahun

Program menghafal al-quran selama 6 bulan dan 6 bulan melakukan pengabdian untuk yang mengikuti beasiswa 1 tahun. Adapun untuk beasiswa 2 tahun, maka para peserta menghafal al Qur’an selama 1 tahun dan melakukan pengabdian selama 1 tahun. Nah nantinya untuk hafalan setiap peserta ditarget untuk hafal 30 juz selama masa belajar berlangsung.

Untuk syarat pendaftaran program mandiri tidak dibatas usia, hanya saja minimal usianya adalah 13 tahun. Adapun bagi yang ingin mengikuti program beasiswa, maka syaratnya adalah berusia 17 – 25 tahun dan belum menikah.

Mengenai biaya pendidikannya bisa lihat di link ini

Alamat lengkap: Jl. Somawinata No.57F RT 02 RW 07, Tanimulya, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Website resmi: https://indonesian-alquran-center.or.id/

Pondok Tahfidz Wadil Qur’an (Gratis)

Kredit Foto:

Selanjutnya adalah Pondok Tahfidz Wadil Qur’an (PTWQ). PTWQ adalah Pondok dengan sistem dauroh untuk menghafal Qur’an. Dalam melaksanakan pendidikannya, pondok ini berkomitmen untuk menggratiskan para penghafal Quran demi terbentuknya generasi Qurani yang kelak akan memimpin negeri ini dengan visi rahmatan lil ‘alamin.

Secara umum, PTWQ memiliki 3 program menghafal Qur’an. Program tersebut antara lain:

  • Ziyadah (fokus menambah hafalan)
  • Muroja’ah (fokus mengulang hafalan)
  • Mutqin (Menambah dan Muroja’ah Hafalan Minimal 1 tahun)

Nah untuk program ziyadah dan murajaah, setiap peserta tidak dibatasi waktu untuk mengikuti programnya. Boleh 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dst. Hanya saja setiap peserta minimal mengikuti program tersebut selama 1 bulan.

Meskipun gratis, fasilitas yang akan diberikan setiap peserta pun tidak apa adanya lho… Bahkan bisa dibilang fasilitasnya cukup lengkap. Fasilitas tersebut antara lain:

  • Masjid
  • Asrama
  • Makan 3x sehari
  • Buku Mutaba’ah
  • Bimbingan & Motivasi, Sertifikat (bagi yang khatam 30 Juz)

Kemudian hebatnya lagi PTWQ tidak memberi batas usia, dari mulai Program Balita s/d Program Lanzia, mereka semua bisa mengikuti Dauroh menghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfidz Wadil Qur’an.

Saat ini PTWQ telah memiliki 5 cabang yang tersebar di daerah Sragen, Tasikmalaya, Bogor, Bekasi, dan Tangerang.

Alamat lengkap pusat: Jl. Lingkar Selatan, Muncul, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten 15314

Website resmi: https://www.wadilquran.com/

Al Azhar Tahfidz Center Pare

Kredit Foto: Al Azhar Academy Pare

Terakhir adalah Al Azhar Tahfidz Center. Al Azhar Tahfidz Center berada di bawah naungan lembaga Al Azhar Academy Pare. Lembaga Al-Azhar sendiri dikenal sebagai lembaga kursus Bahasa Arab dan Bahasa Inggris di Pare yang profesional, handal dan terdepan dalam pengajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Sebagai lembaga Tahfidz, Al Azhar menawarkan metode hafalan yang sangat mudah dan efektif yang dibimbing langsung oleh para tenaga ahli dan profesional yang sudah menjadi hafidz dan hafidzoh berkualitas.

Mempelajari Tahfidz Al-Quran di Al Azhar akan memberikan pengalaman lebih bagi peserta didik terutama dengan program tambahan mahir bahasa. Peserta didik bisa memilih untuk mengambil tambahan kelas Bahasa Inggris atau Bahasa Arab sesuai dengan minat masing-masing sebagai materi pendamping saat proses menghafal.

Adapun program yang tersedia antara lain:

  • Tahfidz Juz Amma
  • Tahfidz Juz Amma + surat pilihan
  • Tahfidz 3 Juz
  • Tahfidz 5 Juz
  • Tahfidz 30 Juz

Mengenai metode menghafalnya, Al Azhar menggunakan metode yang lebih efektif dan efisien untuk mendapatkan hasil terbaik. Metode yang super hasil riset dari berbagai metode hafalan di berbagai pesantren di Indonesia.

Adapun durasi programnya tidak terbatas, alias Anda bisa mengikutinya selama 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, dst. Hanya saja minimal waktu pembelajaran yang harus ditempuh adalah 1 bulan.

Mengenai biaya pendidikannya adalah Rp. 950.000,- untuk setiap bulan mengikuti daurah di Al Azhar.

Alamat lengkap: Jln. Asparaga No. 64 Tegalsari, Tulungrejo, Pare, Kediri Jawa Timur

Website resmi: https://www.tahfidzpare.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau ikut program dauroh Quran yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Bandung (2021)

(REVIEW) 5 Pondok Pesantren Tahfidz di Jakarta (2021)

2 pemikiran pada “5 Tempat Dauroh Quran Terbaik (Gratis & Berbayar)”

  1. ada juga ponpes Mazkanul huffaz asuhan ustazah oki setianadewi, yang sudah tersebar cabangnya di berbagai kota/daerah di indonesia

    Balas

Tinggalkan komentar