(REVIEW) Rekomendasi 3 Pondok Pesantren di Asahan (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pesantren bagi buah hati Anda di Asahan? Kalau iya maka pencarian anda akan berakhir disini. Di artikel ini kami akan mengulas seputar pesantren di Asahan yang paling recommended.

Mau tau kan? Berikut Ulasan pesantren terbaik di Asahan!

Pondok Pesantren Modern Daar Al Uluum

Kredit Foto: Jasa Arifan Jasa

Pesantren di Asahan pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Modern Daar Al Ulum. Menurut sejarahnya pesantren di Kisaran ini mulai dirintis tahun 1975, namun peresmiannya baru dilakukan pada tahun 1977. Perintisnya adalah Ayah H. Abdul Manan Simatupang bersama dengan tokoh-tokoh lain yang ada di Kisaran.

Sebagai pesantren modern, PMDU menggunakan kurikulum yang merupakan kombinasi dari Kurikulum Pemerintah (madrasah) dan Kurikulum Pesantren. Kedua kurikulum tersebut diajarkan di dalam kelas secara regular. Untuk Kurikulum Pesantren, PMDU masih banyak mengadopsi kurikulum dan kitab-kitab yang digunakan di Ponpes Purba Baru yang ada di Mandailing Natal.

Mengenai program pendidikannya, PMDU memiliki dua program utama. Yaitu

  • MTs dan MA Reguler
  • MTs dan MA Pendidikan Kader Ulama (PKU)

Adapun perbedaan antara keduanya adalah:

  • Untuk santri MTs dan MA Reguler kurikulumnya dibuat seimbang, yaitu 50% Kurikulum Pemerintah dan 50% Kurikulum Pesantren dengan menggunakan kitab kuning/gundul (bahasa arab tanpa baris).
  • Untuk santri Pendidikan Kader Ulama (PKU) persentasenya 30% Kurikulum Pemerintah dan 70% Kurikulum Pesantren dengan menggunakan kitab kuning/gundul (bahasa arab tanpa baris).

Kemudian perbedaan dua program ini tidak hanya pada materi dan kurikulum pengajaran, tetapi juga terlihat dari busana yang dipakai sehari-hari di mana santri PKU kesehariannya menggunakan jubah atau pakai putih.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 6.660.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.150.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Jl. Mahoni, Mekar Baru, Kec. Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21271

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darul Falah

Kredit Foto: Ika Nurul Hazizah

Berikutnya adalah Ponpes Darul Falah. Pesantren yang bernaung di bawah Yayasan Al Falah Aek Sosongan ini berdiri pada tanggal 15 Juli 2011. Dalam menjalankan pendidikannya, pesantren yang bercorak semi modern ini berpegang pada viisinya yaitu: “Terwujudnya generasi islam yang berilmu,beriman dan bertaqwa untuk memperoleh ridho Allah Ta’ala.”

Mengenai kurikulumnya, Darul Falah mengacu kepada Kurikulum Kemenag dan Kurikulum Kemendikbud dengan basis Program Pendidikan Pesantren selama 6 tahun (3 tahun tingkat Tsanawiyah dan 3 tahun tingkat Aliyah) yang berijazah Negeri dan Pesantren.

Pelajaran dan kegiatan yang dilakukan di Darul Falah antara lain:

  • Pendidikan Agama Islam mencakup; Tafsir, Hadist, Tauhid, Fiqih, Bahasa Arab, Nahwu, Sharaf, Balaghoh, Mantiq dan lain lain.
  • Pendidikan umum mencakup; Matematika, IPA, IPS, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan lain lain.
  • Bimbingan bakat dan minat mencakup; Tilawah Qur’an, Marhaban, Kaligrafi, Nasyid, Pidato, Puisi, Karya Tulis, Menyulam, Menjahit, Berkebun dan Bela Diri.
  • Praktikum penerapan ilmu di bawah arahan dan bimbingan ustadz dan ustadzah yang berkompeten.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jln Teratai No 12, Dusun 1, Ds. Aek Songsongan, Kec. Aek Sosongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21274

Website resmi: https://yayasanalfalahpesantren.wordpress.com/tentang/

Pondok Pesantren Darul Hikmah

Kredit Foto: Egi Prakarsa

Terakhir adalah Ponpes Darul Hikmah. Pesantren yang bercorak modern ini adalah pesantren  yang mengutamakan santri untuk menjadi penghafal Al-qur’an dan mahir berbahasa arab. Hal ini sesuai dengan visinya yaitu: “Terbentuknya generasi Qur’ani yang terampil, mandiri, amanah, cerdas, serta berwasan ilmu dan teknologi.”

Dalam praktik pendidikannya, pembelajaran di Darul Hikmah mirip dengan Ponpes Gontor. Hal ini bisa dilihat dari digunakannya Kurikulum Mu’allimin Al Islamiyah (KMI) yang notabene Kurikulum Gontor sebagai kurikulum di Darul Hikmah.

Kemudian para santri pun diwajibkan untuk berkomunikasi di lingkungan pesantren dengan menggunakan Bahasa Arab dan Inggris. Untuk memperbanyak kosakata bahasa asing tersebut, nantinya setiap bakda shubuh para santri akan mendapatkan tambahan mufrodat baru sekaligus latihan muhadatsah.

Keunggulan lain dari Darul Hikmah adala tahfidznya. Setiap santri ditargetkan untuk hafal minimal 5 juz Qur’an dalam setahun. Artinya dalam waktu 6 tahun, jika santri masuk dari jenjang Tsanawiyah maka akan hafal 30 juz Al Qur’an.

Selain itu terdapat juga berbagai macam ekstrakulikuler yang dapat menunjang skill dan kemampuan para santri. Antara lain: drum band, pertanian, muhadharah, sepak bola, memanah, karate, badminton, bola voli, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Ds. Sei Alim Hasak, Kec. Sei Dadap, Kab. Asahan, Sumatera Utara 21272

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Asahan yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Medan Paling Bagus (2021)

Rekomendasi 5 Pondok Pesantren di Tapanuli Selatan Terbaik (2021)

Tinggalkan komentar