Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Bali Terbaik (2022)

Biasanya setiap orang mengenal Bali hanya sebagai destinasi favorit wisata di Indonesia yang mana mayoritas penduduknya beragama Hindua. Namun tahukah anda, ternyata di Bali juga tersebar cukup banyak pesantren. Nah di artikel ini kami akan mengulas Pesantren di Bali paling Recommended.

Berikut ulasannya yang mungkin membuat Anda mempertimbangkannya!

Pondok Pesantren Nurul Jadid

Kredit Foto: 5 Minutes Craft Media

Pesantren di Bali pertama yang akan kami ulas adalah Ponpes Nurul Jadid. Pesantren yang satu ini bermula pada tahun 1979, saat itu KH. Moh. Mahfudz Amiruddin ditugaskan oleh KH.Hasyim Zaini PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo untuk berdakwah ke Bali. Singkat cerita, di tahun yang sama Kiai Mahfudz mendirikan pesantren sebagai wasilah beliau dalam berdakwah.

Secara umum, saat ini Nurul Jadid memiliki berbagai variasi program. Baik itu program kepesantrenan maupun pendidikan formal. Program-program tersebut terbagi menjadi yang formal dan informal, yaitu:

Program Formal

  • Raudlhatul Athfal
  • Madrasah Tsanawiyah
  • Madrasah Aliyah

Program Informal

  • Taman Pendidikan Qur’an
  • Lembaga Pengembangan Bahasa Asing dan Arab
  • Madrasah Diniyah
  • Rumah Tahfidz

Mengenai kurikulum pendidikannya, secara umum Nurul Jadid menerapkan kurikulum perpaduan antara Kurikulum Kemenag dan Kurikulum Pesantren. Kegiatan pendidikanya tersebut ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti perpustakaan, lapangan olahraga, berbagai laboratorium, dsb. Hal ini dilakukan agar proses pembelajaran semakin baik.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Seririt –  Gilimanuk, Pemuteran, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali 81155

Website resmi: https://www.nuruljadidbali.com/

Pondok Pesantren Raudlotul Huffadz

Kredit Foto: Dianita

Selanjutnya adalah Ponpes Raudlatul Huffadz. Pesantren yang satu ini ini didirikan oleh KH. Noor Hadi yang merupakan seorang Ulama Qur’an asal Demak. Kala itu pada tahun 1979 beliau nekat berdakwah ke Pulau Dewata hanya bermodal sanad Al Qur’an. Singkat cerita beliau pun akhirnya mampu mendirikan pesantren yang satu ini.

Mengenai pendidikannya, Pesantren yang berdiri di tengah-tengah penduduk yang notabene mayoritas non-muslim ini memfokuskan pada penghafalan al-Qur’an disamping ilmu-ilmu agama lainnya. Adapun kurikulumnya merupakan gabungan dari Kurikulum Diknas dan Kurikulum Kepesantrenan.

Adapun program pendidikan yang dibuka berupa pendidikan formal dan informal antara lain:

  • Madrasah Tsanawiyah
  • Madrash Alliyah
  • TPA
  • Madrasah Diniyah

Kemudian untuk mencegah santri dari kebosanan, maka para pengurus mengadakan berbagai ekstrakulikuler seperti Seni baca Al-Qur’an, marawis, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola,dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jln. A. Yani, Gang. Kamboja I No 4, Ds. Abiantuwung. Kec. Kediri, Tabanan – Bali 82121

Website resmi: http://raudlotulhuffadz.com/

Pondok Pesantren La Royba Bali Insani

Ponpes La Royba Bali Insani
Kredit Foto: Yulis Saiful

Berikutnya adalah Ponpes La Royba Bali Insani. Pesantren ini berdiri tanggal 27 Oktober 1991 di bawah Yayasan La Royba dan diresmikan oleh Ketua MUI Bali. Berdirinya pesantren ini sebagai respon positif terhadap kebutuhan umat dalam bidang pendidikan dan pengasuhan.

Mengenai system pendidikannya, pesantren ini mengadopsi sistem yang ada di Pesantren Gontor dan Darunnajah Jakarta yaitu mencoba menerapkan komunikasi sehari-hari dengan menggunakan bahasa arab dan inggris.

Sistem ini diterapkan agar para santri dapat mengkaji literatur klasik (kitab kuning) serta mempersiapkan para santri agar mampu memasuki pangsa kerja sebagai guide di bidang kepariwisataan, mengingat Bali merupakan primadona wisatawan manca negara.

Untuk kegiatan hariannya, Para santri melakukan kegiatan seperti layaknya pondok-pondok pesantren di tempat lain yaitu: mulai dari jam 04.00 pagi sampai dengan jam 10.00 malam. Dalam rentang waktu tersebut mereka mengikuti kegiatan formal dan non formal. Kegiatan formal yaitu: menuntut ilmu di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah yang berada di kampus Pondok.

Sedangkan yang non formal mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat kepondokan yaitu: muhadoroh, muhadatsah, kepanduan (Pramuka), kajian-kajian kitab kuning serta kursus-kursus. 

Saat ini Ponpes La Royba menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligu pendidikan formal jenjang MTS dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Timpag, Meliling, Kec. Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali 82161

Website resmi: http://raudlotulhuffadz.com/

Pondok Pesantren Darunnajah Al Mas’udiyah

Selanjutnya adalah Ponpes Darunnajah Al Mas’udiyah. Pesantren salafiyah ini didirikan oleh KH. Umar Fauzan pada tahun 1991 M. Pada mulanya santri mengaji atau belajar baca Al Qur’an di rumah beliau, karena semakin banyaknya santri maka pada tahun 1997 M atas dukungan para wali santri dan masyarakat umum, beliau membentuk Yayasan yang akhirnya pada tahun 2000 terbentuklah sebuah pesantren.

Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, Darunnajah memilki sebuah visi mulia yaitu: “Memantapkan Iman dan Taqwa serta mengembangkan Ilmu Pengetahuan Ke-Islam-an untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah.

Secara umum pesantren ini masih menggunakan system pendidikan salaf. Karenanya Darunnajah tidak membuka program pendidikan formal. Seluruh program yang ada merupakan pendidikan informal. Antara lain:

  • Taman Pendidikan Qur’an
  • Madrasah Diniyah Wustha
  • Madrasah Diniyah Ulya

Sebagai pesantren salaf, tentu pendidikan yang diajarkan hanya seputar keislaman. Pelajaran seperti Ahlak, Fiqih, Bahasa Arab, Hadits, dll akan santri pelajari setiap hari. Adapun kitab-kitab seperti Jurumiyah, Ta’lim Muta’alim, Safinatunnajah, dll akan menjadi kudapan lezat bagi para santri.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Timpag, Meliling, Kec. Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali 82161

Website resmi: http://raudlotulhuffadz.com/

Pondok Pesantren Mambaus Shalihin 6

Ponpes Mambaus Sholihin 6 Bali
Kredit Foto: Rudy Anwar

Berikutnya adalah Ponpes Mambaus Shalihin 6. Pesantren yang satu ini merupakan cabang dari Mambaus Shalihin pusat yang ada di Gresik. Pendirinya adalah Ust A Sariaman, beliau membuka cabang di Bali pada tahun 2002 setelah diberi amanah oleh Pimpinan Mambaus Shalihin pusat yaitu Romo KH Masbuhin Faqih.

Secara umum, corak pendidikan disini masih berpegang kepada corak salafiyah dan khalafiyah. Sehingga bisa dikatakan pesantren ini menggunakan system semi modern.

System salafiyahnya tercermin dalam:

  • Pengajaran

Metode klasikal menjadi metode utama dalam pengajaran kitab bagi para santri

  • Praktek Sorogan

Praktek membaca kitab sistim ini juga dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan kitab –kitab klasik, dengan cara seorang pembimbing ( ustadz ) menyuruh salah satu santri untuk membaca kitab yang kosong sekaligus memberinya keterangan isi kandungannya.

  • Pengabdian

Bagi para santri kibar yang muqim akan diminta untuk mengabdikan diri. Bagi para santri putra ikut mengabdi sebagai Ahli Bangunan Pesantren dan tenaga Pendidik dipesantren, sedangkan Santri Putri besar yang muqim dididik sebagai tenaga pendidik di sekolah formal RA & MI MBS Bali.

Adapun system modern tercermin dalam:

  • Pembiasaan komunikasi Bahasa Arab dan Inggris dalam keseharian. Nantinya sebelum tidur setiap santri akan menambah 2 kosakata terlebih dahulu.

Saat ini Mambaus Shalihin 6 menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang RA, dan MI.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Pengambengan, Kec. Negara, Kabupaten Jembrana, Bali 82122

Website resmi: –

Pondok Pesantren Firdaus Bali

Ponpes Firdaus Bali
Kredit Foto: Win Ardi

Selanjutnya adalah Ponpes Firdaus. Pesantren yang memiliki corak modern dalam pendidikannya ini didirikan pada tahun 2007. Tujuan pendiriannya pesantren ini adalah menyelamatkan generasi muda islam dari dampak kemajuan tekhnologi informasi dan komunikasi yang mengakibatkan banyak dekadensi moral di generasi muda saat ini.

Secara umum pesantren ini adalah lembaga pendidikan yang mengembangkan model pendidikan terintegrasi. Pondasi pendidikannya adalah aqidah, ibadah, dan ahlak. Kemudian menerapkan proses pendidikan yang kreatif, inovatif, dan inspiratif dengan mengintegrasikan keunggulan system pendidikan Diknas dan Pesantren.

Mengenai program pendidikannya, Ponpes Firdaus membuat program berkesinambungan selama 6 tahun (SMP & SMA). Tiga tahun pertama adalah proses pengenalan dan pembentukan karakter. Sedangkan 3 tahun selanjutnya adalah penguatan dan pengokohan nilai-nilai keislaman serta jiwa kepondok pesantrenan.

Kemudian untuk menghindarkan santri dari kejenuhan, terdapatlah berbagai ekstrakulikuler seperti pramuka, study club, hadrah, cinematografi, tari, music, Karya Ilmiah Remaja, Kaligrafi, catur, memanah, bulu tangkis, sepak bola, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Banyu Biru, Kec. Negara, Kabupaten Jembrana, Bali 82218

Website resmi: https://firdaus.sch.id/

Pondok Pesantren Diponegoro

Selanjutnya adalah Ponpes Diponegoro. Pesantren yang menisbatkan namanya kepada Pahlawan terkenal Indonesia ini didirikan pada tahun 1995. Secara umum pendidikan yang dilaksankan pesantren ini sejak berdiri hingga sekarang adalah pendidikan kepesantrenan dan pendidikan formal jenjang SMA.

Namun nantinya sebelum masuk ke jenjang SMA, semua santri harus mengikuti program persiapan Bahasa terlebih dahulu selama 1 tahun. Adapun kurikulum yang dipakai adalah Kurikulum Departeman Agama yang ditambah kajian kitab-kitab kuning seperti, kitab tauhid, Riyadhusholihin, subulussalam, kutubussittah, kutubut tafasir dan lain-lain.

Kemudian keunikan pesantren ini terletak dalam metode pendidikannya. Yang mana nantinya semua materi pelajaran yang ada diberikan dengan sistem CBSA yang mengandalkan kemandirian siswa untuk meneliti dan aktif melakukan pengkajian sendiri dengan bimbingan para ustadz maupun siswa senior.

Sehingga nantinya diharapkan para lulusannya dapat melanjutkan pendidikannya, baik di perguruan tinggi dala negeri maupun luar negeri, atau mengembangkan dasar-dasar ilmunya secara mandiri atau otodidak.

FYI, CBSA adalah pendekatan pengajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat secar fisik, mental, intelektual, dan emosional dengan harapan siswa memperoleh pengalaman belajar secara maksimal, baik dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 6.275.000Biaya masuk putra
Sekitar Rp. 6.445.000Biaya masuk putri
Sekitar Rp. 850.000Biaya bulanan

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Gajah Mada No.60 A, Semarapura Kelod Kangin, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

Website resmi: https://mydiponegoro.blogspot.com/

Pondok Pesantren Nurul Ikhlas

Berikutnya adalah Ponpes Nurul Ikhlas. Pesantren yang masih bercorak salafiyah ini didirikan oleh KH. Drs. Fathur Rahim, Ah, M.Pd.I pada tahun 2000. Kala itu peletakan batu pertama proses pembangunnya dilakukan oleh seorang tokoh nasional yaitu Khafifah Indar Parawansa yang kini menjadi Gubernur Jawa Timur.

Sebagai pesantren yang bercorak salafiyah, maka pendidikannya terfokus kepada pengajaran kitab-kitab kuning. Metode pengajarannya pun masih menggunakan metode tradisional seperti sorogan dan bandongan.

Adapun penekanan yang difokuskan oleh pengurus kepada para santri adalah perkara keimanan dan tauhid. Para santri nantinya akan dibiasakan untuk senantiasa berdzikir, shalat dhuha, shaum Sunnah dan berbagai para yang mampu mendekatkan diri Kepada Allah.

Kemudian selain belajar, para santri pun akan dilatih berbagai macam keterampilan. Untuk santri putri biasanya akan belajar tata boga, khususnya mengenai cara membuat dan menghias nasi tumpeng. Keterampilan ini dilakukan karena mayoritas penduduk bali yang beragama Hindu kerap kali membutuhkan banyak nasi tumpeng, sehingga mereka membutuhkan banyak pembuat nasi tumpeng.

Adapun santri putra mereka akan dilatih untuk bercocok tanam dengan menggunakan media poli bag dan hidroponik. Nantinya setelah panen, tanaman yang dihasilkan tersebut akan menjadi santapan harian para santri. Tak hanya itu para santri putra pun nantinya akan mendapatkan pelatihan bela diri dan seni hadroh.

Saat ini Ponpes Nurul Ikhlas selain menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan juga membuka pendidikan formal jenjang RA, MI, dan MTS.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Banyubiru, No. 245, Banyu Biru, Kec. Negara, Kabupaten Jembrana, Bali 82218

Website resmi: –

Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Terakhir adalah Ponpes Mambaul Ulum. Pesantren yang satu ini merupakan pesantren tertua yang ada di Tanah Dewata, tepatnya pesantren ini berdiri 15 tahun sebelum Indonesia merdeka yakni pada 11 Agustus 1930.

Pendiri pesantren ini adalah KHR. Ahmad al-Hadi, seorang Ulama asal Semarang. Sebagai pesantren tertua di Bali, tentu saja Mambaul Ulum telah mencetak ribuan santri terbaiknya yang tersebar di seantero Bali.

Adapun tujuan pendirian Mambaul Ulum adalah: “Mempersiapkan dan membina murid untuk menjadi manusia muslim yang paripurna (insan kamil yang berjiwa ikhlas, sabar, tangguh, tanggap dan istiqamah dalam menjalankan syari’at Islam secara utuh dan dinamis.”

Secara umum pendidikan yang dilaksanakan di pesantren ini masih menerapkan pendidikan salafiyah. Adapun metode pengajarannya menggunakan system bandongan. Yang mana nantinya santri memberi makna kitab dengan bahasa Melayu pegon.

Kini Ponpes Mambaul Ulum selain menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan juga membuka pendidikan formal berupa MTS dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Gn. Agung Gg. XVI No.11, Loloan Timur, Kec. Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali 82218

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Bali yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar