Rekomendasi 7 Pesantren di Banyumas (2022)

Anda sedang mencari pondok pesantren di Banyumas? Jika iya, artikel ini akan mengakhiri pencarian Anda.

Harus Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Banyumas terdapat sekitar 196 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 15.842. Jumlah tersebut terbagi menjadi 6.339 santri mukim, dan 9.503 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Modern Zamzam Muhammadiyah

Ponpes Modern Zamzam Muhamadiyyah
Kredit Foto: Farhan Nuryadin

Pesantren terbaik di Banyumasa pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Zamzam Muhammadiyah. Sesuai namanya, tentu saja pesantren ini memiliki corak Muhammadiyah yang sangat kental. Dan tentu pendidikan di sekolah Muhammadiyah sudah masyhur akan keunggulannya.

Pesantren ini bermula dari keperihatinan akan sedikitnya da’i dan imam masjid, serta dari sebuah cita-cita seorang pengusaha muslim (Bapak H. Casiwan HS, selaku donator utama, penggagas dan pendiri pondok pesantren ini) yang mempunyai keinginan tinggi dan mulia untuk mendirikan pondok pesantren yang melahirkan kader-kader da’i dan imam di lingkungan kecamatan Cilongok khususnya, dan bermanfaat bagi umat pada umumnya.

Seiring dunia pendidikan yang terus berkembang, maka pesantren ini lahir dengan memberikan solusi pendidikan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan masanya. Perpaduan antara ilmu umum sebagai dasar dari perkembangan teknologi dan informasi dengan ilmu-ilmu agama sebagai instrumen penting pembangunan akhlakul karimah, keislaman yang kuat serta karakter yang lurus.

Saat ini Pesantren Modern Zamzam Muhammadiyah menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat MTS dan MA. Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Pernasidi No.09, Dusun II, Pernasidi, Kec. Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53162

Website resmi:  https://ponpeszamzam.com/

Pondok Pesantren Miftahussalam

Ponpes Miftahussalam Banyumas
Kredit Foto: Reisya Alya

Berikutnya adalah Ponpes Miftahussalam. Pesantren ini adalah salah satu Pondok Pesantren Modern di Jawa Tengah bagian barat  yang memadukan kurikulum pesantren modern dan kurikulum Kementrian Agama/Kementrian Pendidikan Nasional sehingga menyelenggarkan pendidikan formal Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Sejak Tahun 1986, pesantren ini membuka hubungan dengan Pondok Pesantren Modern Gontor dalam upaya menggalakan Bahasa Arab dan Inggris sebagai identitas pondok modern. Sejak saat itu Pondok Modern Gontor mengirimkan alumninya untuk membina Bahasa Arab dan Inggris serta muatan kepondokan.

Adapun sarana dan prasarana yang tersedia untuk menunjang pendidikan di pesantren ini antara lain: sarana ruang kelas multimedia, ruang kantor, berbagai laboratorium, kantin, perpustakaan, lapangan olah raga, dan masjid. Selain itu terdapat juga ragam ekstrakulikuler seperti: pramuka, beladiri, tahfidz, kursus elektronik, olahraga, dll.

Saat ini, Pesantren Miftahussalam menyelenggarakan pendidikan tingkat MTS-MA. Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk jenjang MTS: sekitar 7.200.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya masuk jenjang MA: sekitar Rp. 7.300.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh jenjang: sekitar Rp. 600.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Kejawar No.72, Karangpucung, Kejawar, Kec. Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53111

Website resmi: https://www.miftahussalamibs.sch.id/

Pondok Pesantren Darussalam Banyumas

Ponpes Darussalam Dukuhwaluh
Kredit Foto: Khilqoh

Selanjutnya adalah Ponpes Darussalam. Pesantren ini memiliki visi “Terwujudnya kader muslim yang shalih, berakidah yang kuat, konsisten menjalankan syari’at Islam, berakhlak mulia, memiliki kedalaman ilmu dan berwawasan luas serta memiliki keterampilan yang memadai.” Untuk mewujudkan visinya tersebut, terdapat 3 program peminatan di pesantren ini.

Pertama, Program kitab. Program ini adalah kelas yang mengutamakan pembelajaran kitab klasik atau tradisional pondok pada umumnya yang disesuaikan dengan tingkatan para santri. Kedua, program Bahasa. Program ini membekali santri untuk bisa menguasai bahasa asing yaitu bahasa arab dan Inggris. Hal ini dilakukan dalam rangka mencetak santri yang mampu bersaing dalam lingkup nasional maupun internasional.

Ketiga, Program tahfidz. Program ini diadakan untuk memfasilitasi santri yang ingin menghafal Al-Quran. Sehingga tujuan dari program ini untuk menciptakan rasa cinta rasa dan senang terhadap Al-Qur’an sehingga menumbuhkan sifat akhlakul karimah.

Nantinya semua program akan tetap mendapatkan materi utama pondok pada umumnya, yaitu kitab kuning. Adapun Program peminatan (kitab, bahasa, tahfidz) bertujuan untuk mengembangkan kemampuan sesuai minat para santri.

Disamping itu, Pondok Pesantren Darussalam juga menyediakan banyak ekstrakurikuler yang mampu meningkatkan potensi dan prestasi para santri. Ada tiawah, hadroh, volly, futsal, bulutangkis, tenis meja, pencak silat pagar nusa dan lain lain.

Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di Pesantren Darussalam, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk program kitab: sekitar Rp. 3.870.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya masuk program Bahasa dan tahfidz: sekitar Rp. 4.920.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Sunan Bonang Dusun I No.37, RT.03/RW.06, Dusun I, Dukuhwaluh, Kec. Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53182

Website resmi: https://darussalampurwokerto.com/

Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci

Kredit Foto: Alfian Reza

Berikutnya adalah Ponpes Al Hidayah. Pesantren ini merupakan lembaga pendidikan pesantren yang terletak di antara beberapa universitas, atau lembaga pendidikan tinggi, sehingga selain pesantren reguler, juga menyelenggarakan pesantren mahasiswa.

Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci memiliki visi untuk mempertahankan ajaran Islam tuntunan ulama salaf yang berpaham Ahlu as Sunnah wa al Jama’ah. Dengan demikian diharapkan santri yang mayoritas adalah pelajar dan mahasiswa selain memiliki kemampuan intelektual akademis, dapat pula mengkaji tuntunan ulama salaf melalui Literatur Islam Klasik atau Kitab Kuning.

Kemudian, dengan kematangan aqidah Ahlu as Sunnah wa al Jama’ah tersebut, maka santri diharapkan akan memiliki kepribadian utuh dengan mengedepankan ahlakul karimah yang dilandasi akhlak tawasuth, tawazun, tasamuh dan i’tidal, dan tentu saja memiliki keunggulan dalam bidang keislaman. Dengan demikian santri dapat menjadi ulama pejuang pembela ajaran Islam paham Ahlu as Sunnah wa al Jama’ah.

Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di Pesantren Al Hidayah, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk: sekitar Rp. 2.785.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp.300.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Let. Jend. Pol. Soemarto Kelurahan Purwanegara, Kec. Purwokerto Utara, Kab. Banyumas

Website resmi: https://karangsuci.com/beranda

Pondok Pesantren At Thohiriyah

Selanjutnya adalah Ponpes At Thohiriyah. Secara umum, pesantren ini memiliki spesialisasi terhadap Al-Qur’an, khususnya pada bidang hafalan. Akan tetapi, terdapat juga program Madrasah Diniyah. Madrasah diniyah adalah sebuah program pendidikan yang fokus terhadap pendalaman kitab-kitab kuning.

Di pesantren ini Al Quran menjadi nyawa kegiatan. Dari selepas subuh, tartilan Al Quran dan sima’an Al Quran bagi yang sudah hafal Al Quran. Sore juga kembali mendekati Al Quran, yaitu mengaji. Selepas magrib kembali bersama Al Quran. Hingga malam juga demikian.

Bagi yang berminat mengikuti pendidikan di Pesantren Al Hidayah, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk: sekitar Rp. 1.620.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 220.000-270.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: JL. K.S. Tubun, RT 03 RW 05, Karangsalam Kidul, Kedung Banteng, Dusun II, Karangsalam Kidul, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152

Website resmi: https://www.thohiriyyah.com/

Pondok Pesantren Putri Al Jamil Banyumas

Ponpes Putri Al Jamil Banyumas Purwokerto
Kredit Foto: Subar Al Jazim

Berikutnya adalah Ponpes Putri Al Jamil. Sesuai namanya, tentu saja pesantren yang satu ini hanya khusus kaum hawa. Pendidikannya memiliki model tradisional dengan fokus pada pembelajaran kitab kuning. Pesantren beralamat di Mersi, Purwokerto Timur ini memiliki santri dari beragam daerah dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat. Pendidikan formalnya ada MTS dan Aliyah. Bagi perempuan yang ingin nyantri, pondok ini nyaman dan aman.

Aktivitas di Pondok Pesantren Al-Jamil tidak jauh berbeda dengan pondok pesantren lain pada umumnya. Hanya di bulan Ramadan, kegiatan pengajian kitab dan Al-Quran semakin dimaksimalkan. Terutama untuk pengajian Al-Quran.

Setiap harinya di sore hari menjelang berbuka puasa para santri bisa khatam. Di luar Ramadan, santri di Pondok Pesantren Al-Jamil juga digembleng untuk menjalankan puasa sunnah.

Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. KH. Abdul Jamil, Kepetek, Mersi, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53112

Website resmi:  https://ponpeszamzam.com/

Pondok Pesantren Darul Abror Banyumas

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Abror. Pesantren ini didirikan oleh Kiai Taufiqurrahman pada tahun 1997. Penamaan Darul Abror sendiri adalah hasil musyawarah pendiri dengan para tokoh masyarakat. Pada musyawarah tersebut terpilihlah nama Darul Abror yang memiliki arti “masyarakat yang selalu dalam kebaikan”.

Dalam pendidikannya, pesantren ini memiliki corak khas NU. Maka tak heran santri-santri Darul Abror memiliki pemahaman aswaja yang sangat kuat. Pengajaran kitab-kitabnya pun sangatlah mendalam. Semenjak berdiri hingga sekarang, pesantren ini tetap menjadikan medote salaf (tradisional) sebagai metode pembelajarannya.

Ada tiga tingkatan di pesantren ini, dari kelas ula, hingga ulya, kelas 1 hingga kelas tiga. Salah satu targetnya adalah mampu membaca kitab kosongan, atau kitab kuning gundul. Hal ini tentu menjadi salah satu identitas pesantren yang patut dipertimbangkan.

Pesantren ini juga merupakan tempat berkumpulnya masyarakat sekitar dengan berbagai macam kegiatan seperti: pengajian ibu-ibu, yasinan bapak-bapak, Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ), serta pendidikan kitab-kitab klasik.

Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Watumas, Purwanegara, Kec. Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53127

Website resmi:  

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Banyumas yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 9 Pesantren di Kebumen

Rekomendasi 7 Pesantren di Brebes

2 pemikiran pada “Rekomendasi 7 Pesantren di Banyumas (2022)”

Tinggalkan komentar