(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Banyuwangi (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Banyuwangi ini terkenal dengan julukan “Kota Santet”, hal ini karena di tahun 1998 pernah ada kejadian 100 orang mati misterius. Namun meskipun begitu ternyata pesantren ini memiliki banyak pesantren bagus lho! Di artikel ini kami akan mengulas pesantren di Banyuwangi paling recommended.

Penasaran kan? Berikut ulasannya!

Pondok Pesantren Darussalam Blokagung

Kredit Foto: King Sanem

Pesantren di Banyuwangi pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darussalam. Pesantren yang berdiri pada tahun 1951 ini merupakan pesantren terbesar dan terlengkap di Banyuwangi. Dikatakan terbesar karena pesantren ini kini menampung lebih dari 6000 santri. Adapun dikatakan terlengkap karena pesantren ini memiliki jenjang pendidikan yang sangat lengkap. Bahkan satu jenjang pendidikan memiliki unit yang berbeda.

Secara umum dalam menjalankan pendidikannya, Darussalam Blokagung berpegang teguh pada visinya yaitu: “Menjadikan pusat pendidikan yang unggul dalam kompetensi akademik, berbudaya, islami dengan mengedepankan aqidah Ahli As-Sunnah Wa Al-Jama’ah dalam rangka mewujudkan islam sebagai rahmatal lil alamin.” Nah dari visi tersebut terbentuklah misi-misi pendidikan yang dilakukan, antara lain:

  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia seutuhnya.
  • Mencetak generasi muda yang berkualitas dalam agama dan pengetahuan umum.
  • Memberikan bekal agama yang kuat.
  • Memberi bekal dengan keterampilan, keagamaan, sosial, dan teknologi.

Mengenai kurikulumnya, pesantren ini menerapkan kurikulum sesuai dengan unit pendidikannya. Ada yang full menggunakan Kurikulum Pesantren, ada yang campuran dengan Kurikulum Diknas, dan ada juga yang campuran dengan Kurikulum Kemenag.

Adapun jenjang, program, dan unit pendidikan yang diselenggarakan adalah:

  • Pesantren Putra
  • Pesantren Putri
  • Pesantren Kanak-kanak
  • Tahfidz
  • KB dan TK Darussalam
  • SD Darussalam
  • Madrasah Diniyah (Ula, Wustha, dan Ulya)
  • SMP Plus Darussalam
  • MTs dan MA Al Amiriyyah
  • SMA dan SMK Darussalam
  • Muadalah Wustha dan Ulya
  • Ma’had Aly
  • Akademi Komunitas Darussalam (PT)
  • Institut Agama Islam Darussalam

Mengenai biaya pendidikannya bisa klik di link ini (pendaftaran) dan link ini (biaya bulanan)

Alamat lengkap: Jl. PP Darussalam Blokagung, Kaligesing, Karangdoro, Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68491

Website resmi: http://blokagung.net

Pondok Pesantren Modern Al-Azhar Muncar

Kredit Foto: Fina Kristina

Berikutnya adalah Ponpes Modern Al Azhar. Pesantren yang bercorak modern ini didirikan oleh K.H. Abdillah Asad, Lc. Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, Al Azhar berpegang pada visi: “Terwujudnya lembaga pendidikan dan sosial yang profesional, mandiri, dan islami.” Dari visi tersebut lahrilah beberapa misi pendidikan Al Azhar, antara lain:

  • Terwujudnya lembaga yang memiliki tata kelola terstandarisasi.
  • Terselenggaranya pendidikan ilmiah, amaliyah, dan diniyah yang terintegrasi.
  • Tersalurkannya beasiswa bagi yatim, dhuafa, dan siswa yang berprestasi.

Mengenai praktik pendidikannya, Al Azhar memiliki beberapa program unggulan. Antara lain:

  • Tahsin Qira’ati

Memperbagus bacaan Alqur’an sesuai dengan metode Qiroati

  • Hafal Qur’an Hanifida

Menghafal Alqur’an dengan cepat namun sulit lupa dengan metode hanifida

  • Terjemah Metode Safinda

Menerjemahkan Alqur’an dengan mudah lewat metode Safinda

  • Kaidah Amtsilati

Mudah berbahasa arab dengan metode amsilati

Mengenai kurikulumnya, PPM Al Azhar menggunakan Kurikulum Nasional berbasis “Mesin Kecerdasan”, life skill dan pesantren modern. Selain itu santri pun akan dididik untuk mampu membaca kitab kuning, mendalami dan mengamalkan ilmu akhlak, fiqih, tauhid dan tafsir. Kemudian santri pun dituntut untuk minimal hafal 3 juz selama 3 tahun.

Saat ini PPM Al Azhar menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan unit pendidikan formal jenjang SMP dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jalan PPM. Al Azhar No.03, Dusun Krajan, Tembokrejo, Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68472

Website resmi: https://alazharmuncar.org

Pondok Pesantren Tamrinatul Wildan

Kredit Foto: Firman Abadi

Selanjutnya adalah Ponpes Tamrinatul Wildan. Pesantren yang masih murni salafiyah ini didirikan pada tahun 1987 oleh KH Imam Syuhada Abdul Fattah. Kala itu sebelumnya beliau hanya membuka jam’iyyah pengajian yang diikuti oleh para anak-anak dan remaja dari desa sekitar untuk belajar islam, namun karena yang ngaji semakin banyak maka beliau memutuskan untuk mendirikan pesantren.

Mengenai kurikulumnya, sejak dari awal berdiri hingga sekarang masih mempertahankan kurikulum salafnya. Dalam pembelajarannya nanti para santri akan dibagi dua kelompok, yaitu santri mukim dan santri kalong. Nantinya santri kalong hanya ikuti pembelajaran di malam hari saja.

Untuk jenjang pendidikannya, Tamrinatul Wildan menggunakan tingkatan jenjang dalam pembelajaran kulikulernya, yaitu jenjang Isti’dad/TPQ, Ibtida’i, Tsanawiy, dan Ulya. Kurikulum yang diajarkan kepada santri berbeda-beda sesuai dengan tingkatan jenjangnya masing-masing. Yang mana nantinya kitab-kitab kuning menjadi santapan lezat para santri.

Khusus bagi yang telah tamat jenjang Ulya, maka ada ada Majelis Bahtsul kitab Fathul Qorib dan Fathul Muin. Kemudian seluruh santri juga wajib mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seperti latihan berorganisasi, baca tahlil, muhafadhah, dibaiyah, kaligrafi dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jln. Abu Bakar Ash Shiddiq No.4, Dusun Cangaan, Genteng Wetan, Genteng, Banyuwangi Regency, East Java 68465

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Anwari

Kredit Foto: Khairu Yahya

Berikutnya adalah Ponpes Al Anwari. Pesantren yang bermetode salaf ini didirikan oleh KH Abdul Wahid Akwan. Kala itu pada tahun 1983 mulanya beliau hanya membuka sebuah langgar yang dihuni 7 orang santri. Namun karena masyarakat mengetahui kualitas pendidikan di langgar tersebut sangat baik, maka beliau berani membuka sebuah pesantren secara resmi pada tahun 1985.

Sebagai pesantren murni salaf, pesantren ini tidak membuka pendidikan formal dalam hal ini SD-SMA. Namun pendidikan di Al Anwari berbentuk Madrasah Diniyah yang memiliki beberapa jenjang pendidikan. Yaitu:

  • Isti’dad Diniyah Al Anwari
  • Ula

Pendidikan setara usia SMA. Pada jenjang ini santri akan belajar ilmu keislaman dasar dengan waktu selama 4 tahun.

  • Wustha

Pendidikan pasca Ula yang berlangsung selama 2 tahun. Pada jenjang ini, santri mempelajari ilmu-ilmu yang belum pernah di ajarkan pada tingkatan sebelumnya, seperti Alfiyyah, Qowaidul Fiqh, Qowaidul I’rob, dll.

  • Ulya

Pendidikan pasca Wustha. Pada jenjang ini, santri dituntut lebih dalam mempelajari ilmu-ilmu yang belum pernah diajarkan sebelumnya.

Selain pembelajaran resmi, santri juga akan mengikuti berbagai kegiatan seperti:

  • Wirid Hizb Nabawi setiap bakda shubuh.
  • Pembacaan surat As Sajdah setiap bakda zuhur.
  • Wirid Rottibul Hadad setiap bakda maghrib.

Saat ini selain menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan berupa Madrasah Diniyah, Al Anwari juga membuka unit pendidikan formal jenjang SMP.

Mengenai biaya pendidikannya bisa klik link ini

Alamat lengkap: Jl. KH Abdul Wahid No.25 Kel, Kertosari, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68415

Website resmi: https://alanwari.net

Pondok Pesantren Modern Darul Muttaqin Gontor 5

Selanjutnya adalah Ponpes Modern Darul Muttaqin Gontor 5. Sesuai namanya pesantren ini merupakan cabang dari salah satu pesantren paling terkenal di Indonesia yaitu Pesantren Darussalam Gontor. Pesantren ini secara resmi bergabung menjadi cabang Gontor setelah diwakafkan oleh pemiliknya pada 17 Juni 1990. Kala itu serah terimanya langsung dihadiri K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. selaku pimpinan Gontor.

Sebagai cabang Darussalam Gontor, Darul Muttaqin selalu berusaha menyelenggarakan semua sistem pendidikan dan disiplin yang ada di Gontor pusat, sehingga seluruh aktivitas pendidikan dan pengajarannya dimaksimalkan agar sesuai dengan standar pendidikan dan pengajaran yang ada di Gontor pusat.

Mengenai jenjang pendidikannya, Darul Muttaqin menyelenggarakan pendidikan menengah, dengan durasi belajar 6 tahun bagi yang berijazah SD/MI dan 4 tahun bagi yang berijazah SMP dan atau SMA. Demikian halnya dengan kurikulum, Darul Muttaqin juga menggunakan Kurikulum Mu’allimin Islamiyah (KMI) yang distandarkan dengan apa yang ada di Gontor pusat.

Selain itu santri juga akan dibimbing secara intensif dalam beberapa ekstrakulikuler yang ada seperti kegiatan berorganisasi, kepramukaan, olahraga, ketrampilan, kesenian, latihan dan lomba pidato, pembinaan bahasa Arab dan Inggris, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jln. Abu Bakar Ash Shiddiq No.4, Dusun Cangaan, Genteng Wetan, Genteng, Banyuwangi Regency, East Java 68465

Website resmi: —

Pondok Pesantren Miftahul Ulum

Kredit Foto: Mahrus Ali

Selanjutnya adalah Ponpes Miftahul Ulum. Pesantren yang cukup besar ini dirintis sejak tahun 1964 oleh KHR. As’ad Syamsul Arifin. Beliau merupakan salah satu ulama besar NU dan Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah (P2S2) Sukorejo Asembagus Situbondo. Kemudian setelah itu beliau memberikan pesantren rintisan tersebut kepada KH. Ach. Djazari Marzuqi.

Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, Ponpes Miftahul Ulum berpegang pada visinya yaitu: Mencetak generasi Islam masa depan yang berilmu amaliah, beramal ilmiyah, dan berakhlaqul karimah.” Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

Mengenai kurikulumnya, Ponpes Miftahul Ulum menggunakan Kurikulum Kemenag, Kurikulum Diknas, dan Kurikulum Pesantren tergantung dari unit pendidikannya. kemudian terdapat juga berbagai ekstrakulikuler seperti Drumband, Bola Voli, Sepak Bola, Komputer, Tata Boga, Membatik, dll.

Saat ini Ponpes Miftahul Ulum menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus unit pendidikan formal dan informal berupa:

Raudlatu Khadijah 46, Miftahul Ulum, dan Al Batul

  • MI, MTs, dan MA Miftahul Ulum
  • SMK Ibrahimy
  • Madrasah Diniyah Miftahul Ulum
  • TPQ Miftahul Ulum.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Situbondo – Banyuwangi No.165, Ds. Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68453

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tahfidz Darul Qur’an Banyuwangi

Kredit Foto: Fauji Alfan Kubaili

Terakhir adalah Ponpes Tahfidz Darul Qur’an. Dari namanya pesantren ini sudah jelas bahwa pesantren ini merupakan cabang dari salah satu Pesantren Qur’an terbesar yang ada di Indonesia yakni Darul Qur’an. Pesantren yang dirintis oleh KH Yusuf Mansyur ini tentu sudah tidak bisa diragukan lagi keunggulannya. Hal ini karena Darul Qur’an telah terbukti menghasilkan alumni yang hebat, dan cabangnya sudah tersebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia

Mengenai program pendidikan yang ada di Darul Qur’an Banyuwangi, saat ini baru tersedia program pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP. Yang mana kurikulumnya merupakan kombinasi dari Kurikulum Diknas, Kurikulum Tahfidz, dan Kurikulum Pesantren.

Setiap harinya para santri akan digembleng untuk menjadi para penghafal Qur’an yang mutqin sekaligus mampu mengamalkan isi kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian para santri pun akan dididik untuk menjadi insan yang paham IPTEK dan IMTAQ agar mampu bersaing dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin runyam.

Selain kegiatan harian di dalam kelas, para santri pun akan mengikuti berbagai kegiatan tambahan seperti muhadharah, barzanjian, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Dsn. Gombol Ds. Benoleh Kidul, Kec.  Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68464

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Banyuwangi yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar