(REVIEW) Rekomendasi 9 Pesantren di Bekasi 2022

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Sebagai salah satu daerah penyangga Ibukota Negara, Bekasi tentu menjadi sebuah daerah yang cukup maju dan berkembang. Salah satu yang cukup berkembang di Bekasi adalah pendidikannya. Tak terkecuali pendidikan di pesantren. Nah di artikel ini kami telah mengumpulkan beberapa referensi pesantren di Bekasi yang paling bagus.

Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Modern Al Hassan

Kredit Foto: Vyla TV

Pesantren di Bekasi pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Hassan. Sesuai namanya pesantren yang didirikan pada tahun 2004 ini merupakan pesantren yang memiliki corak pendidikan modern. Pesantren ini berdiri di bawah Yayasan Pendidikan Islam Al-Hassan yang diketuai oleh Ust.Mahfudz Abdurrahman, SE.

Dalam menjalankan pendidikannya, Al Hassan memiliki visi besar yaitu: “Menjadi lembaga yang berkualitas sebagai kontributor terdepan dalam mencetak kader da’i.” Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Mentransformasi ilmu pengetahuan dan bahasa.
  • Menanamkan nilai-nilai Islam dan akhlaqul karimah.
  • Mengarahkan masyarakat kepada kehidupan yang islami.

Selain itu terdapat juga Panca Jiwa yang menjadi pedoman setiap santri yaitu: 1. Keikhlasan 2. Kesederhanaan 3. Kemandirian 4. Ukhuwah Islamiyah 5. Tholabul Ilmi”

Mengenai kurikulumnya Al Hassan menerapkan kurikulum terpadu untuk melatih kepemimpinan para santri mulai dari system organisasi di setiap kamar, kelas, pramuka, dan lain-lain. Kemudian mulai semester 2 dan seterusnya, semua mata pelajaran agama disampaikan dengan bahasa arab. Oleh karena itu tentunya setiap santri akan menjadi pribadi yang mahir berbahasa arab.

Tak ketinggalan Al Hassan juga peduli dengan lingkungan hidup, karenanya pihak penguus melaksanakan banyak program peduli lingkungan seperti membuat ratusan biopori, sumur resapan, hingga daur ulang sampah.

Saat ini Ponpes Modern Al Hassan menyelenggarakan pendidikan pesantren yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP-IT dan MA. Yang mana semua jenjang pendidikan formal tersebut telah mendapatkan akreditasi A.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 23.000.000Biaya masuk SMP dan MA
Sekitar Rp. 2.200.000Biaya bulanan SMP dan MA

Alamat lengkap pesantren: Jl. Jambu Ujung, RT.003/RW.011, Jatimakmur, Kec. Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17413

Website resmi: https://psb.alhassan.sch.id/

Pondok Pesantren Al Muchtar

Kredit Foto: Pondok Pesantren Al Muchtar

Berikutnya adalah Ponpes Al Muchtar. Pesantren yang memiliki corak pendidikan modern dengan pimpinan KH Ishomuddin Muchtar Lc ini bisa dibilang memiliki usia yang sangat muda, namun meskipun begitu Al Muchtar telah menjelma menjadi salah satu pesantren yang menjadi favorit di wilayah Bekasi.

Dalam menjalankan pendidikannya, Al Muchtar berpedoman pada visinya yaitu: “Menjadi pusat pendidikan Islam terbaik dalam kualitas.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Mewujudkan peserta didik yang berakidah, sholihah, berakhlaq mulia dan cerdas
  • Menerapkan proses belajar yang menyenangkan dengan metode yang mudah diserap santri
  • Mengintegrasikan IMTAK dan IPTEK dalam pembelajaran
  • Terus menerus melakukan perbaikan dan peningkatan dalam proses pembelajaran, kegiatan, sumber daya pendidik serta fasilitas

Salah satu keunggulan dari Al Muchtar adalah konsep pendidikannya yang sejalan dengan pembentukan manusia unggul dan berdaya saing yaitu pribadi yang agamis, berwawasan luas, berilmu pengetahuan dan memiliki keterampilan hidup bermasyarakat.

Selain itu, para pelajar diberikan ruang yang sangat luas untuk mempraktekan pembiasaan bahasa arab dan inggris yang bertjuan memberikan jalan kemudahan bagi para pelajar Al Muchtar untuk memasuki wawasan internasional.

Adapun program unggulan dari Al Muchtar adalah:

  • Character Building
  • Arabic and English conversation
  • Public Speaking
  • Tahsin dan Tahfiz
  • Amaliyah Tadris
  • Field Trip
  • English Camp in Pare

Saat ini Ponpes Modern Al Muchtar menyelenggarakan pendidikan pesantren yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP-IT dan SMA-IT . Yang mana semua jenjang pendidikan formal tersebut telah mendapatkan akreditasi A. Selain itu terdapat juga pendidikan jejnag TK dan SD

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 13.890.000Biaya masuk SMP
Sekitar Rp. 12.890.000Biaya masuk SMA
Sekitar Rp. 1.300.000Biaya bulanan SMP dan SMA

Alamat lengkap pesantren: Jl. Kh. Muhtar Tabrani No.32, RT.004/RW.004, Perwira, Kec. Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17122

Website resmi: https://www.almuchtar.info/home

Pondok Pesantren At Taqwa

Kredit Foto: Edy Subagiyo

Berikutnya adalah Ponpes At Taqwa. Pesantren ini didirikan pada tahun 1940 oleh Almarhum Almaghfurlah K.H. Noer ‘Ali, Sang Singa Kerawang Bekasi. Saat itu, Lembaga pendidikan tersebut belum memiliki nama khusus, melainkan hanya sebuah pesantren biasa tanpa ada lembaga di daerah Ujungharapan. Dan pada tahun 1956 barulah Lembaga Pendidikan ini diresmikan.

Dalam menjalankan pendidikannya, At Taqwa memiliki visi pendidikan yaitu: “Menjadi Pesantren yang unggul, mampu membentuk muslim yang benar, pintar dan terampil.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Mengembangkan proses penyelenggaraan pendidikan sesuai standar isi dan standar proses dengan mengombinasikan antara kurikulum nasional dan kurikulum pesantren.
  • Membina, mengembangkan dan memelihara masyarakat belajar yang ikhlas, berdzikir, berfikir dan beramal shaleh melalui pendidikan, dakwah, ekonomi dan sosial dalam menuju baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.
  • Menumbuhkembangkan lingkungan dan perilaku religius sehingga santri dapat mengamalkan dan menghayati agamanya dengan baik dan benar, menjunjung tinggi akhlakul karimah, selalu berdzikir dan ikhlas dalam beramal.
  • Membina pribadi yang terampil, memiliki kecakapan hidup (life skill), mampu membaktikan ilmunya dan sanggup berusaha di tengah-tengah masyarakat yang heterogen dan persaingan yang semakin global melalui kegiatan pengembangan diri, pembinaan di bidang keterampilan, seni, olahraga dan kemasyarakatan.

Saat ini Ponpes At Taqwa menyelenggarakan pendidikan pesantren yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP dan SMA . Yang mana semua jenjang pendidikan formal tersebut telah mendapatkan akreditasi A.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap putra: Jl. Ujung Harapan No.89, Bahagia, Kec. Babelan, Bekasi, Jawa Barat 17610

Alamat lengkap putri: Jl. KH. Noer Alie, RT. 006 RW. 002 No. 66-69 Kel. Bahagia, Kec. babelan, Kab. Bekasi 17610

Website resmi: https://attaqwaputra.sch.id/ dan https://attaqwaputri.sch.id/

Pondok Pesantren Islam Hidayatunnajah

Kredit Foto: Pesantren Islam Hidayatunnajah

Selanjutnya adalah Ponpes Islam Hidayatunnajah. Pesantren ini didirikan pada tahun 1989 dengan nama An Najah oleh Ust. Mahrus Amin, diatas tanah 8,4 hektar wakaf dari H.M. Yasin. Barulah pada tahun 2008 secara resmi berubah nama menjadi Pesantren Islam Hidayatunnajah diiring adaptasi di berbagai sisi kurikulum, tata tertib, manhaj dan tenaga sdm pendukung.

Dalam menjalankan pendidikannya, Hidayatunnajah memiliki visi besar yaitu: “Menuju keshalihan ummat menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai pemahaman salafusshalih”. Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan seperti:

  • Menegakkan Aqidah, Ibadah dan Akhlaq Ahlussunnah Wal Jama’ah
  • Meneguhkan Iman, Ilmu, Amal dan Dakwah
  • Mengamalkan Islam Sesuai Pemahaman Salafusshalih
  • Mencetak dan Membina Generasi Ummat yang Mandiri dan Mampu Berkarya Dalam Bingkai Islam, Iman dan Ihsan.

Adapun kurikulum yang digunakan adalah kurikulum pesantren yang dipadukab dengan krikulum dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP), yang mana kurikulum tersebut mengacu pada kitab-kitab manhaj salaful ummah. Kemudian nantinya para santri juga akan dibekali dengan tahfidz Al Qur’an, berbagai ilmu keislaman, dan Bahasa Arab yang mumpuni.

Saat ini Pesantren Islam Hidayatunnajah menyelenggarakan jenjang pendidikan yang sangat lengkap berupa:

  • PAUD
  • TK Islam
  • SD
  • MTs dan MA (MTs-MA terintegrasi dengan TMI – Tarbiyatul Mu’allimin wal Mu’allimat Al-Islamiyah),
  • I’dad Muhafizhat dan I’dad Mu’alilmil Lughah Al-Arabiyyah (Diploma dua / D2)
  • Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah (setara S1)

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 14.950.000Biaya masuk MTs dan MA
Sekitar Rp. 1.500.000Biaya bulanan MTs dan MA

Alamat lengkap pesantren: Jl. Raya Pebayuran No.KM 08, Kertasari, Pebayuran, Bekasi, Jawa Barat 17710

Website resmi: https://www.hidayatunnajah.or.id/

Perguruan Islam Darul Hikmah

Kredit Foto: Ram Story

Berikutnya adalah Perguruan Islam Darul Hikmah. Perguruan islam yang satu ini didirikan pada tahun 1983. Pada tahap awal yayasan ini mengelola pendidikan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Namun seiring berkembangnya zaman Darul Hikmah kini mengelola pendidikan dari tingkat TK – Perguruan Tinggi.

Dalam menjalankan semua aktivitas pendidikannya, Darul Hikmah memilki visi yaitu: Mencetak generasi faqih dan Qurani. Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Melahirkan generasi yang memiliki aqidah yang kuat, pemahaman Islam yang benar dan berakhlaq Mulia.
  • Membangun generasi Qur’ani yang tartil dalam membacanya, benar dalam mentadaburinya, baik dalam menjaga hafalan dan semangat dalam mengamalkannya.
  • Mewujudkan generasi yang cerdas da kreatif, tangguh dan mandiri, peduli dan bertanggung jawab melalui proses pendidikan yang terpadu, seimbang dan berkelanjuatan.

Mengenai kurikulumnya Darul Hikmah memadukan kurikulum Syar’i (Agama) dan Kurikulum Pendidikan Nasional. Keterpaduan tersebut tampak pada adanya pembelajaran formal seperti IPS, Sains, Matematika, dll, serta adanya pelajaran seperti Tafsir Alquran, Hadits, Fiqh, Bahasa Arab, Siroh, Nahwu-Sharaf, Balaghah, dll.

Selain itu semua siswa Darul Hikmah dari tingkat TK sampai SMA diharuskan menghafal Alquran. Khusus untuk tingkat SMP dan SMA mereka diharuskan menghafal 1,5 juz setiap tahun, dengan target ketika lulus minimal 4,5 juz. Target tersebut ternyata banyak dilampaui para siswa/santri. Hal ini terbukti dengan lahirnya hafidz/hafidzah yang telah menghafal 30 juz.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 15.000.000Biaya masuk SMP dan SMA
Sekitar Rp. 1.750.000Biaya bulanan SMP dan SMA

Alamat lengkap pesantren: Jl. Wibawa Mukti II KM. 3, Gg. H. Awi, Kel. Jatiluhur, Kec. Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17425

Website resmi: https://www.hidayatunnajah.or.id/

Pondok Pesantren Al Baqiyyatus Sholihat

Kredit Foto: Google Maps

Selanjutnya adalah Ponpes Al Baqiyyatus Sholihat. Pesantren yang satu ini bisa dikatakan merupakan pesantren besar tertua yang ada di Bekasi. Betapa tidak pesantren ini didirikan pada tahun 1938 oleh K.H. Raden Ma’mun Nawawi yang merupakan salah satu santri dari pendiri Nahdlatul Ulama KH. Hasyim Asy’ari.

Meskipun kini Bekasi telah menjadi kota besar yang dekat dengan pusat pemerintahan dan semakin cepatnya perkembangan zaman, pesantren yang satu ini masih eksis dan setia dengan mengajarkan kitab kuning kepada para santrinya, baik ilmu alat (nahwu, sharaf, balaghah), ilmu faraidh (waris), ilmu fikih, falak (hisab), ilmu tauhid dan sebagainya.

Hal ini karena para pengurusnya menganut kaidah fikiyah, Al-Muhafadzah ‘ala Qadiimi al-Shalih wa al-Akhdu bi al-Jadiid al-Ashlah (memelihara konsep lama yang baik sambil menggali konsep baru yang lebih baik tanpa menghilangkan konsep lama). Karenanya meskipun masih kekeh dengan metode pendidikannya, kini Al Baqiyyatus Sholihat juga sudah membuka pendidikan formal jenjang SMP.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Cikarang – Cibarusah Kp. Cibogo Ds. Sindangmulya Kec. Cibarusah Kab. Bekasi 17340

Website resmi: https://www.albaq.or.id/

Pondok Pesantren Al Ma’had

Kredit Foto: Sekar Raihanna

Berikutnya adalah Ponpes Al Ma’had. Pesantren yang satu ini didirikan oleh Buya Syaikh Mudrika Lc. Beliau adalah seorang ulama lulusan Universitas Islam Madinah yang juga merupakan keturunan Ponpes Buntet Cirebon.

Dalam menjalankan pendidikannya Al Ma’had berpegang pada visinya yaitu: “Terwujudnya Al Ma’had sebagai ruh bagi setiap Madinatus-Sunnah dalam skala nasional maupun internasional. Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Membangun model pendidikan berkelanjutan yang dijalankan dengan Total Quality Management Berbasis pesantren di atas manhaj assalafush- shalih .
  • Membentuk generasi pemimpin ummat yang memiliki keshahihan ilmu dan keshalihan amal yang terangkum dalam 10 standar karakter lulusan alma`had.
  • Membangun pola kekerabatan, keterpaduan dan koordinasi antar para ahli ilmu, praktisi (Rijalul a`mal) dan pemegang power di berbagai bidang.
  • Memfasilitasi para alumni untuk mendapatkan pendidikan setinggi- tingginya baik di dalam maupun luar negeri untuk kemudian mengembangkan sistem AlMa`had di berbagai zona madiinatussunnah.
  • Menciptakan inovasi- inovasi sejalan dengan dinamika teknology di bidang kurikulum, sarana pendidikan dan da`wah.

Saat ini Al Ma’had menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintgerasi dengan pendidikan formal jenjang SD – SMA. Untuk jenjang SD nantinya bisa memilih untuk program full day atau boarding. Adapun jenjang SMP – SMA diwajibkan untuk mondok di asrama.

Mengenai biaya pendidikannya

Biaya masukMaaf belum kami dapatkan
Biaya bulanan SD- SMASekitar Rp. 2.500.000

Alamat lengkap pesantren: Jl. Nanggerang, Taman Sari, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Website resmi: https://mahaduna.sch.id/

Al Bina Islamic Boarding School

Kredit Foto: Agus Mulyadi

Selanjutnya adalah Al Bina Islamic Boarding School. Dari namanya sekolah ini memang tidak menyebutkan nama pesantren, tapi karena boarding school adalah sekolah berasrama dan memiliki kurikulum yang islami maka kami masukkan ke dalam daftar ini.

Al Bina adalah Lembaga Pendidikan Islam yang didirikan oleh Yayasan Binaa’ul Ukhuwwah (YBU). Berdiri diatas tanah wakaf dari Bapak H.Muhammad Yasin rahimahullah dan diresmikan pendiriannya oleh Wakil presiden Bapak DR. H. Hamzah Haz pada tanggal 23 Juni 2004.

Mengenai kurikulumnya, Al Bina menerapkan perpaduan Kurikulum DIKNAS dan INTI Pesantren yang kedua-duanya diberikan kepada para peserta didik 100 %. Adapun yang menjadi muatan kurikulum INTI PESANTREN adalah sebagai berkut:

  • Tahfidz Al-Qur’an: Hafalan Al Qur’an dalam 2 semester sebanyak satu setengah sampai dua Juz
  • Tahfidz Al Hadits: Kitab Hadits Al Lu’lu’ wal Marjan yang memuat dua ribu hadits lebih
  • Muatan ulum syar’iyyah sesuai dengan tingkatan kelas masig-masing
  • Qiroat wa bahtsul Kutub
  • Hifdhul Mutun dan Khitobah
  • Potensi individu terdiri dari (bimbel, private, try out, study club, peer tutor)
  • Program Bahasa Arab dan Inggris
  • Jam’iyyah/study club (Hadits, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)

Saat ini Al Bina Islamic Boarding School menyelenggarakan pendidikan berasrama dari tingkat SD – SMA. Hanya saja untuk jenjang SD hanya dikhususkan bagi anak yatim. Selain itu untuk jenjang SMA hanya bisa diikuti oleh siswa alumni SMP Al Bina.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 39.500.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 2.500.000Biaya bulanan SD – SMA

Alamat lengkap pesantren: Jln. Raya Pebayuran, Desa Kertasari, Kecamatan Pebayuran, Bekasi Jawa Barat 17710

Website resmi: https://albinaa.sch.id/

Alexandria Islamic School

Kredit Foto: Husna Islami

Terakhir adalah Alexandria Islamic School. Alexandria Islamic School adalah sekolah yang menerapkan konsep pendidikan Boarding dan Fullday School. Dengan konsep ini Alexandria Islamic School memiliki tujuan untuk menciptakan manusia-manusia yang memiliki pengetahuan global dan memiliki pemahaman yang mendalam mengenai iman dan taqwa.

Dalam menjalankan aktivitas pendidikannya, sekolah ini berpegang pada visinya yaitu: ” Menjadi lembaga pendidikan yang mampu mewujudkan generasi yang berwawasan dan berkapasitas global, berkarakter, dan berintegritas serta dapat membangun peradaban yang berlandaskan nilai-nilai Islam yang universal.”

Kemudian terdapat 5 program utama yang menjadi keunggulan di sekolah ini, yaitu:

  • Islamic Studies

Program Islamic Studies diarahkan untuk mengembangkan wawasan keagamaan yang luas, terbuka dan dapat mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari serta memberi warna dalam semua aspek kehidupan sehingga terlahir pribadi yang saleh pada tingkat spiritual.

  • National

Kurikulum diarahkan untuk mengembangkan intelektual siswa sehingga terlahir pribadi yang rasional, objektif, dan kritis sehingga dapat bersaing secara global

  • International (English, Arabic, German and France)

Kurikulum Internasional digunakan untuk pengajaran bahasa Inggris, Arab dan Jepang.

  • Overseas

Program Overseas diarahkan untuk pengembangan wawasan Internasional dari peserta didik.

  • Extracurriculer

Extracurricular adalah program pengembangan kemampuan personal baik softskill maupun hardskill untuk kemandirian siswa, pembangunan karakter sesuai dengan tuntutan hidup global.

Saat ini Alexandria Islamic School menyelenggarakan pendidikan SMP – SMA.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 40.000.000Biaya masuk SMP & SMA
Sekitar Rp. 4.000.000Biaya bulanan boarding

Alamat lengkap pesantren: Jl. Pengasinan No.50, RT.001/RW.002, Pengasinan, Kec. Rawalumbu, Bekasi Timur, Jawa Barat 17115

Website resmi: https://alexandriaschool.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Bekasi yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Depok (2021)

(REVIEW) 7 Pesantren Terbaik di Jakarta Timur (2021)

Tinggalkan komentar