(REVIEW) Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Blitar (2022)

Blitar biasanya identik dengan Bapak Proklamasi Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Namun tahukah anda bahwa Blitar ternyata memiliki banyak pesantren hebat? Di artikel ini kami akan bahas mengenai Pesantren di Blitar yang paling recommended

Berikut beberapa pesantren terbaik di Blitar yang kami rekomendasikan!

Pondok Pesantren Nurul Ulum

Kredit Foto: Rey

Pesantren di Blitar pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Nurul Ulum. Pesantren yang satu ini didirikan sejak 1994 dibawah pengelolaan Lembaga Pendidikan Maarif NU Cabang Kota Blitar. Pendirian Pondok Pesantren ini sebagai respon atas tuntutan masyarakat yang menghendaki penyelenggaraan pendidikan yang memadukan pendidikan pesantren dan pendidikan formal.

Sesuai tujuannya, saat ini Nurul Ulum menyediakan dua pendidikan, yaitu formal dan diniyah. Untuk pendidikan formal terdapat MTs dan MA. Yang mana pendidikan keduanya menggabungkan Kurikulum Nasional dan Kurikulum Kepesantrenan.

Adapun pendidikan diniyah fokus kepada Nahwu, Shorf, Fiqh, Tauhid dan Al Quran, yang merupakan khas pesantren-pesantren dengan pendidikan diniyah. Mengenai waktu pembelajarannya, pendidikan formal mendapatkan porsi dari pagi hingga dhuhur. Sedangkan diniyah dari 14:00-15:30 dan bahkan dilanjutkan juga pada malam hari 19:30-21:00.

Mengenai keunggulannya, pesantren ini menekankan kepada aspek ubudiyah. Karenanya dilaksanakan shalat jama’ah lima waktu, sunnah rawatib, shalat dhuha, sunnah tahajud, witir, puasa Senin dan Kamis. Kemudian santri juga dianjurkan untuk menjaga wudlu, serta dzikir-dzikir rutin seperti ratibul hadad, istighosah, dan lainnya. 

Berikutnya para santri Nurul Ulum juga telah terbukti mendapatkan berbagai prestasi. Di antaranya adalah juara 1 IPA dan juara 3 IPS tingkat kabupaten tahun 2016, Juara satu tahfidz putri se-Kabupaten Blitar 2016, juara satu lomba baca kitab untuk putri se-Eks Karisidenan 2017, dll

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Ciliwung No.56, Bendo, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66116

Website resmi: http://nurululumblitarkota.ponpes.id/

Pondok Pesantren Mambaus Sholihin 2

Kredit Foto: Sinnau

Selanjutnya adalah Ponpes Mambaus Sholihin 2. Pesantren yang satu ini merupakan cabang dari Mambaus Shalihin 1 yang berada di Gresik. Sebelum menjadi Cabang Mambaus Shalihin, dahulunya pesantren ini merupakan sebuah Madrasah Diniyah biasa yang didirikan oleh Kyai Sarengat pada sekitar 1990-an.

Secara umum pesantren ini mengadopsi kurikulum perpaduan sistem Salaf-Modern. Yang mana kurikulumnya merupakan perpaduan antara tiga Pondok Pesantren yang menjadi kiblat aktivitas keseharian di Mamba’us Sholihin.

Ketiga Pesantren tersebut antara lain; Pondok Modern Gontor. Gontor merupakan kiblat Mamba’us Sholihin dalam hal Penguasaaan Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Mamba’us Sholihin juga mengadopsi sistem keorganisasian sosial kemasyarakatan sebagaimana yang diterapkan di Pondok Modern Gontor.

Kemudian Pondok Pesantren Langitan sebagai kiblat Mamba’us Sholihin dalam hal kurikulum Salafiyahnya. Dalam Hal Ubudiyahnya, Mamba’us Sholihin berkiblat ke Pondok Pesantren Roudhotul Muta’allimin Sawahpolo Surabaya.

Untuk menunjang skill para santri, maka terdapat juga berbagai ekstrakulikuler seperti Tahfidz Al-Qur’an, Robotic, Pramuka, Drumband, Seni Baca Al Quran, Seni bela diri pagar nusa, Seni lukis/kaligrafi, Seni Sholawat Al Banjari, Tata Boga, Tata busana, dll

Saat ini Mambaus Shalihin membuka pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang SMP dan SMA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl.KH. Misbahudin Ahmad, Sumber Suko, Sumber, Kec. Sanankulon, Blitar, Jawa Timur 66151

Website resmi: http://mambaussholihin2blitar.sch.id/

Pondok Pesantren Al Kamal Blitar

Kredir Foto: Farhan Nawawi

Berikutnya adalah Ponpes Al Kamal. Pesantren yang satu ini didirikan oleh KH Mansyur pada tahun 1940. Awalnya nama pesantrennya bukanlah Al Kamal, melainkan Pesantren Kunir. Namun semenjak beliau wafat dan pergantian kepengurusan, maka nama Kunir tersebut berubah menjadi Al Kamal.

Secara umum sistem pendidikan yang ada di Al Kamal merupakan perpaduan antara sistem salafi (tradisional) dan system khalafi (modern). Kemudian Al Kamal memiliki jenjang pendidikan formal yang sangat lengkap. Namun meskipun begitu Al-Kamal tetap mempertahankan sistem pendidikan diniyah yang kurikulumnya 90 persen lebih pelajaran agama dalam berbagai cabang disiplin ilmunya.

Adapun Keistimewaan yang dimiliki Pesantren Al Kamal diantaranya:

  • Santri menggunakan Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari di pesantren.
  • Santri dibimbing membaca kitab kuning secara langsung oleh Pengasuh Pesantren.
  • Santri mendapatkan bimbingan materi Ujian Akhir Nasional (UAN) khusus kelas III oleh para pengajar professional.
  • Seluruh santri dikarantina dalam menyongsong Ujian Akhir Semester (UAS) dan Ujian Madrasah Diniah,
  • Santri dilatih berorganisasi.

Mengenai program pendidikannya, Al Kamal membaginya menjadi dua bagian, yaitu:

Pendidikan Formal

  • PAUD
  • TK
  • MI 
  • SMP
  • SMK 
  • Ma’had Aly

Pendidikan Informal

  • Madrasah Diniyah, 
  • Takhasussus Al-Lughoh
  • Majelis Murottil Quran, 

Mengenai biaya pendidikannya bisa klik link ini

Alamat lengkap pesantren: Jl. KH Mansyur, Cemandi, Kunir, Wonodadi, Blitar, Jawa Timur 66155

Website resmi: https://alkamalblitar.com/

Pondok Pesantren APIS Sanan Gondang

Selanjutnya adalah Ponpes APIS Sanan Gondang. Pesantren ini adalah lembaga pendidikan Islam berbasis salaf yang didirikan oleh Maha Guru Muhammad Djamhuri, yang terkenal dengan nama KH. Shodiq Damanhuri atau juga Kyai Sanan. Kala itu beliau mendirikannya pada sekitaran tahun 1939.

Berselang beberapa tahun setelah berdirinya, perkembangan pesantren APIS Sanan Gondang menjadi sangat pesat. Para santri dari berbagai penjuru daerah mulai berdatangan untuk menimba ilmu.

Sistem pengajaran yang sebelumnya hanya berbentuk bandongan atau weton dengan sejumlah kitab kuning, untuk tahap selanjutnya telah mulai menerapkan sistem madrasah.

Adapun keunggulan yang dimiliki pesantren salaf ini adalah:

  • Mendalami kitab-kitab karya ulama’salaf
  • Sorogan kitab kuning dengan tanpa harokat dan makna
  • Diskusi Fiqih Ilmiah (Bahtsul Masa’il)
  • Pembelajaran baca al Qur’an dengan kaidah yang benar
  • Pembacaan kitab Ihya’ Ulumiddin, Shahih Bukhori, Shohih Muslim, al Hikam,Sirojut Tholibin dan kitab berat lainnya bagi para santri senior.

Kemudian selain pendidikan pesantren, APIS Sanan Gondang juga menyelenggarakan pendidikan formal jenjang SD, SMP, dan SMK.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Desa Gondang No.28, Gondang, Gandusari, Blitar, Jawa Timur 66187

Website resmi: http://sanangondang.blogspot.com/

Pondok Pesantren Mambaul Hikam Blitar

Kredit Foto: Fuad Ngainul Yakin

Berikutnya adalah Ponpes Mambaul Hikam. Pesantren yang didirikan pada tahun 1930 oleh KH Abdul Ghofur ini bisa disebut memiliki kharisma dan reputasi seperti pesantren besar lain di tanah air seperti Sarang, Lirboyo Kediri, Sidogiri Pasuruan dan semacamnya.

Mengenai system pembelajarannya, sejak berdiri hingga saat ini Mambaul Hikam tetap berpegang teguh dengan system salaf. Hanya saja, proses belajar mengajar dilakukan secara klasikal dengan membedakan santri sesuai kemampuan yang dimiliki. Pihak pesantren sendiri telah membagi tingkatan materi yang akan dibebankan kepada peserta didik dari MI (6 tahun), MTs, MA (3 tahun), Pasca Aliyah Putri (2 tahun) serta Madrasah Intidhor. 

Kemudian untuk bisa memacu kemampuan menyerap materi yang disampaikan, pihak pesantren dalam metode pengajarannya menggunakan metode bahtsul masail, pengkajian kitab salaf, sorogan kitab kuning, sorogan bin nadhar dan bil ghaib, dan istima’ul Qur’an. Bahkan untuk mereka yang mengharapkan ijazah, pihak pesantren juga menyelenggarakan Kejar Paket B yang setara dengan SLTP dan C (SLTA).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Raya Mantenan, Wonorejo, Slemanan, Udanawu, Blitar, Jawa Timur 66154

Website resmi: –

Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin

Kredit Foto: Saiful

Selanjutnya adalah Ponpes Bustanul Muta’allimin. Pesantren yang satu ini bisa dikatakan sebagai pesantren tertua yang ada di Blitar, tepatnya Bustanul Muta’allimin didirikan pada tahun 1873. Adapun pendirinya adalah oleh KH. Abu Suja.

Mengenai praktek pendidikannya PPBM mempunyai 3 progam peminatan yakni: Tahfidz Al-Qur’an, Pendalaman Kitab Kuning dan Pengembangan Bahasa. Ketika masuk PPBM para santri diarahkan untuk mengambil salah satu dari 3 progam tersebut.

Adapun sistem pembelajarannya tetap menggunakan metode salaf dan kitab kuning sebagai acuan utamanya. Selain ciri khas salafi nya, PPBM juga tidak ketinggalan mengambil langkah mendirikan sekolah formal untuk menunjang keilmuan para santri, sehingga selain mengaji santri-santri juga diwajibakan mengikuti kegiatan pendidikan formal yang sudah terintegritas dengan pesantren,baik ditingkat SMP dan Tingkat MA.

Dalam kegiatan sehari-hari santri akan menimba ilmu selama 24 jam, baik dari pengetahuan, ibadah, amaliyah dan rutinitas sehari-hari yang didasarkan pada kitab yang dipelajari.

Kemudian terdapat kegiatan Extra kurikuler yang dapat diikuti para santri diantaranya : Seni Baca Al-Qur’an, Seni Kaligrafi Arab, Pidato, Pencak Silat, Sepak Bola, Bola Volly, Pramuka, Broadcasting Radio, dan Sholawat .

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Sungai Hilir, Kauman, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66117

Website resmi: https://www.bustanulmutaallimin.com/

Pondok Pesantren Modern Al Aqsha

Kredit Foto: Hadie

Terakhir adalah Ponpes Modern Al Aqsha. Sesuai namanya, pesantren yang berdiri pada tahun 1984 ini adalah pesantren yang bercorak modern. Alasan dari corak modern pesantren ini adalah karena pendirinya yaitu Ust Hadi Muchlison adalah alumni Gontor. Maka tak heran hampir semua mekanisme pendidikan yang ada di Al Aqsha berkiblat kepada Gontor.

Dalam proses pendidikannya, Al Aqsha mempratekkan system bahasa arab yang aktif, dan modern serta menekankan pengajaran dasar-dasar ilmu Islam yang bersumber dari asli kitab dan As-sunah, beraqidah ahli Sunnah wal jama’ah, dan berorientasi pada da’wah kemasyarakatan.

Adapun program pendidikannya sama seperti di Gontor yaitu Kuliyatul Mu’allimin Al Islamiyah (KMI). KMI sendiri merupakan sebuah sistem pendidikan dengan Kyai sebagai sentral figurnya, dan masjid sebagai titik pusat yang menjiwainya. Yang mana dilaksanakan di dalamnya totalitas kehidupan kampus yang dinamis dengan disiplin dalam semua aspeknya.

Selain program inti tersebut, terdapat beberapa program penunjang bagi para santri. Antara lain:

  • Fathul Kutub
  • Latihan manasik haji
  • Perkemahan dan longmarch, haiking, cross country
  • Pelatihan kepemimpinan, ekobis, kepanduan, dll
  • Lomba tulis karya penelitian ilmiah
  • Pelatihan event organizer

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 5.250.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 650.000Biaya bulanan


Alamat lengkap pesantren: Jl. Mawar, Dusun Jatiluhur, Jatitengah, Kec. Selopuro, Blitar, Jawa Timur 66184

Website resmi: https://www.ppm-alaqsho.com/#

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Blitar yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga: Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar