(REVIEW) Rekomendasi 9 Pesantren di Bogor (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Sebagai daerah yang terkenal dengan keasrian dan kesejukan udaranya, tentu saja Bogor sangat cocok untuk menjadi tempat melakukan aktivitas pendidikan. Karenanya tak heran Bogor memiliki banyak sekolah dan pesantren yang bagus. Nah di artikel ini kami telah mengumpulkan beberapa pesantren di Bogor paling recommended.

Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Darussalam Bogor

Kredit Foto: Pondok Pesantren Darussalam Bogor

Pesantren di Bogor pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darussalam. Darussalam Bogor ini merupakan bagian dari pesantren alumni gontor. Hal ini adalah karena pada santri yang merupakan lulusan Gontor. Mereka mendirikan Darussalam Bogor pada tahun 1992 sebagai wujud cinta dan ittiba kepada para pimpinan Gontor.

Dalam menjalankan pendidikannya Darussalam berpegang teguh pada visinya yiatu: “Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Mendidik dan membina generasi muslim yang bertakwa, berahlak mulia, dan berkpribadian islam.
  • Mendidik dan mempersiapkan kader-kader muslim yang memiliki kualitas iman, ilmu, dana mal.
  • Mengembangkan dan meningkatkan bakat, potensi, dan kompetensi para santri melalui pembinaan yang edukatif, aktif, efektif, dan partisifatif dalam suasana yang kondusif.

Sebagai pesantren alumni Gontor, kurikulum yang diterapkan di pesantren ini pun hampir semuanya mengadopsi kurikulum yang ada di Gontor pusat. Tepatnya Darussalam menggunakan kurikulum Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI), di mana santri akan terbagi menjadi dua program. Yaitu program reguler selama enam tahun untuk lulusan sekolah dasar. Dan 4 tahun bagi lulusan SMP/sederajat.

Kemudian di luar kelas santri akan mendapat bimbingan, pengajaran, dan pengembangan secara intensif oleh Pengasuhan santri yang bertanggungjawab menangani berbagai aktivitas ekstrakurikuler yang meliputi keorganisasian, kepramukaan, bahasa, disiplin, olahraga, ketrampilan, kesenian, akhlak, ibadah, dll.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Raya Taman Pagelaran, RT.001/RW.02, Ds. Bubulak, Kec. Ciomas, Bogor, Jawa Barat 16610

Website resmi: https://www.instagram.com/pesantrendarussalambogor/?hl=id

Pondok Pesantren Modern Daarul `Uluum Lido (Dulido)

Kredit Foto: Pondok Pesantren Modern Daarul `Uluum Lido

Berikutnya adalah Ponpes Daarul `Uluum Lido. Pesantren yang terletak di kawasan perbukitan yang cukup asri ini didirikan oleh KH. Ahmad Dimyati pada tahun 1996. Beliau merupakan santri kesayangan Drs. KH. Ahmad Rifa`i (Mudir Pondok Pesantren Daarut El Qalam) dan juga menantu dari KH. Elon Syuja`i (Pendiri Pesantren Asy-Syuja’iyah, Bogor). 

Sebagai pesantren yang bercorak modern, Sistem pendidikan di Ponpes Daarul ‘Uluum Lido dikelola dengan menggabungkan antara pendidikan kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional, kurikulum Kementerian Agama, dan pesantren berbasis modern melalui penyelenggaraan pola pendidikan Mu’allimin atau TMI (Tarbiyah al Mua’llimiin al-Islamiyyah).

Jenjang pendidikannya pun mengikuti kebanyakan pesantren modern lainnya yaitu 6 tahun untuk lulusan sekolah dasar dan 4 tahun untuk lulusan SMP/sederajat.

Di pesantren ini, fasilitas yang tersedia terbilang sangat lengkap. Terdapat masjid jami’ pesantren, asrama putra dan putri yang terpisah, dapur santri, kantin, lapangan olahraga, aula, perpustakaan, laboratorium, unit kesehatan santri, agrowisata, tempat menjahit, dan bahkan tersedia juga laundry. 

Hingga saat ini, PP Daarul ‘Uluum memiliki lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA), dengan jumlah santri lebih dari 2000 orang.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Mayjen H.R. Edi Sukma No.KM, RW.22, Kel. Ciburuy, Kec. Cigombong, Kota Bogor, Jawa Barat 16110

Website resmi: https://daarululuumlido.com/

Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho

Kredit Foto: Syaiful Yus

Selanjutnya adalah Ponpes Modern Ar-Ridho. Pesantren yang bercorak modern ini merupakan salah satu pesantren yang berkiblat kepada pesantren Gontor. Perintisnya adalah KH. Asmuni bin H.Rohili. Hanya saja sang perintis pesantren ini berpulang ke rahmatullah sebelum pesantrennya diresmikan. Akhirnya pendirian pesantren ini pun dilanjutkan oleh putranya yaitu KH. Ir. Hudori MSc hingga akhirnya secara resmi diresmikan pada 2 Juli 2012.

Dalam mengarungi setiap aktivitas pendidikannya, Ar-Ridho berpegang pada visinya yaitu: ” Sebagai lembaga pendidikan Islam yang meencetak kader-kader pemimpin umat, menjadi tempat ibadah, dan sumber ilmu pengetahuan agama dan umum dengan tetap berjiwa pesantren.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Mempersiapkan generasi yang unggul dan berkualitas menuju terbentuknya Khairu Ummah.
  • Mendidik dan mengembangkan generasi mukmin muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berpikiran bebas, serta berkhidmat kepada masyarakat.
  • Mengajarkan ilmu pengetahuan agama dan umum secara seimbang.
  • Mempersiapkan warga negara yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Sebagai pesantren yang berkiblat kepada Ponpes Modern Gontor, Ar-Ridho menggunakan kurikulum Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI), di mana santri akan terbagi menjadi dua program. Yaitu program reguler selama enam tahun untuk lulusan sekolah dasar. Dan 4 tahun bagi lulusan SMP/sederajat.

Adapun yang menjadi program unggulan di Ar-Ridho adalah:

  • Leadership/Kepemimpinan
  • Bahasa Arab dan Inggris
  • Tahfidzul Qur’an

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Parung Aleng, RT.003/RW.003, Ds. Cikeas, Kec. Sukaraja, Kab. Bogor, Jawa Barat 16710

Website resmi: https://pesantren.arridhosentul.com/

Pondok Pesantren Modern Sahid

Kredit Foto: Tatang Sutiaman

Berikutnya adalah Ponpes Modern Sahid. Pesantren yang satu ini didirikan pada tanggal 27 Mei 2000 oleh seorang pejuang kemerdekaan yang kemudian menjadi pengusaha nasional sekaligus politisi dan praktisi pendidikan yaitu Prof. DR.H. Sukamdani Sahid Gitosardjono.

Dalam menjalankan aktivitas pendidikannya, Ponpes Sahid berpedoman pada visinya yaitu: “Menjadi Pusat Pendidikan Islam Internasional yang unggul, berbudaya, islami, berbudi luhur, bermoral tinggi, berwatak mulia dalam rangka mewujudkan ajaran Islam yang rahmatan lil’alamin.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Menyelenggarakan pendidikan RA & MI berbentuk full day school dan MTs, MA, dan SMK berbasis Pesantren.
  • Mengembangkan Kurikulum Pendidikan berdasarkan prinsip integrasi ilmu, iman, amal dengan cara memadukan perkembangan IPTEK dengan nilai-nilai IMTAQ.
  • Meningkatkan SDM menjadi tenaga pendidik/kependidikan yang mukhlis dan profesional

Pesantren ini menerapkan sistem pendidikan terpadu yaitu mengintegrasikan tiga pusat pendidikan (Keluarga, Sekolah, dan Lingkungan). Dengan demikian, santri mendapatkan pendidikan selama 24 jam setiap hari dalam suasana yang Islami.

Nantinya para santri akan mendapatkan pendidikan yang mengintegrasikan IMTAQ dan IPTEK. Yang artinya pendidikan di bidang keilmuan, ketrampilan dan kebudayaan yang bersifat Islami atau sesuai dengan ajaran Islam yang tercermin pada akhlakul karimah atau watak dan perilaku sehari-hari yaitu berbudi pekerti luhur, berwatak mulia dan hidup amanah.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. KH Abdul Hamid KM.6, Ds. Gunung Menyan, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810

Website resmi: https://pondokpesantrensahid.sch.id/

Pondok Pesantren Minhaj Shahabah

Kredit Foto: Erwin Xjo

Selanjutnya adalah Ponpes Minhaj Shahabah. Pesantren yang satu ini berada di lereng gunung salak Kabupaten Bogor yang nyaman untuk belajar, mengutamakan pendidikan syar’i dengan target hafal Al Qur’an 15 Juz pada tingkat SMP dan 15 Juz pada tingkat SMA dan tak lupa memberikan porsi bagi pendidikan umum yang memadai yang dibuktikan dengan legalitas sekolah dibawah kementerian pendidikan.

Dalam menjalankan pendidikannya, Minhaj Shahabah ini berpedoman pada visinya yaitu: “Menjadi lembaga yang professional dalam kaderisasi umat yang robbani, intelek dan mandiri dalam bingkai manhaj khairu ummah.” Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi pendidikan yaitu:

  • Menyelenggarakan pendidikan berbasis ulumuddin, tahfidzul qur’an dan bahasa arab
  • Menyelenggarakan pendidikan sesuai kurikulum nasional berbasis IPTEK
  • Membentuk Karakter muslim yang shalih dan mushlih.
  • Membentuk kader ummat yang istiqomah dengan manhaj khairu ummah
  • Mendidik generasi muda yang mandiri, tangguh dan siap menghadapi tantangan global

Adapun untuk prosentase porsi pembelajarannya adalah: 45% pelajaran agama, 30% pembelajaran umum, 25% praktek dan pembentukan karakter Islami.

Kemudian selain menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP – SMA, pesantren ini juga mengelola SD.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 25.500.000Biaya masuk SMP
Sekitar Rp. 23.500.000Biaya masuk SMA
Sekitar Rp. 2.000.000Biaya bulanan SMP dan SMA

Alamat lengkap pesantren: Jl. Pam Ciburial, RT.01/RW.11, Sukamantri, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610

Website resmi: https://minhajshahabah.com/

Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami

Kredit Foto: Portable Jpunk

Berikutnya adalah Ponpes Ummul Quro. Pesantren yang mengambil nama dari julukan kota Makkah ini mulai beroperasi pada tanggal 10 Juli 1994, dengan pimpinan pesantrennya adalah KH. Helmy Abdul Mubin, Lc. (penggagas sekaligus pendiri). Beliau adalah seorang ulama Alumni Pesantren Gontor Ponorogo dan beliau meraih gelar sarjananya dari Universitas Madinah.

Sebagai pesantren modern, Ummul Quro memberlakukan kurikulum integral antara agama dan umum, materi pelajaran yang diterima santri di UQI melebihi materi yang diterima anak sekolah sederajat.

Santri kelas satu tsanawiyah memiliki 44 jam pelajaran seminggu mencakup 18 mata pelajaran. Banyaknya mata pelajaran karena pesantren memiliki banyak muatan lokal yang harus dipelajari oleh santri. Muatan lokal di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami bukan sekedar ciri khas tapi juga merupakan kekuatan. Pelajaran Tafsir dan Hadits tidak menggunakan buku paket dari depag, tapi disusun sendiri oleh pesantren.

Demikian juga pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang ditulis dalam bahasa Inggris. Dengan menggunakan metode talking dalam pelajaran Tafsir, Hadits dan History of Islam, santri diharapkan bisa berceramah dengan bahasa Inggris. Ini merupakan poin utama di PM. UQI sebagaimana cita-cita pendirian pesantren.

Saat ini Ponpes Ummul Quro menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang MTs dan MA.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Moh Noh Noer Rt.004/004 Kp. Banyusuci, Desa, Leuwimekar, Kec. Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat 16640

Website resmi: https://pp-ummulquro.com/

Pondok Pesantren Terpadu Al Kahfi

Kredit Foto: Novi Salim

Selanjutnya adalah Ponpes Terpadu Al Kahfi. Pesantren yang memiliki suanasa asri ini adalah lembaga pendidikan swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Pedesaan Nusantara (YPN). Pada awalnya Al Kahfi hanyalah sebuah TK dan TPA, namun seiring dengan berjalannya waktu terus berkembang dan kini telah mengelola pendidikan formal SMP, SMA, dan MA. Bahkan ada juga program khusus untuk menghafal Qur’an.

Dalam menjalankan pendidikannya, Al Kahfi berpedoman pada visinya yaitu: ” Menjadi lembaga pendidikan kebanggaan ummat yang melahirkan generasi berkualitas.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi Al Kahfi berupa:

  • Menyelenggarakan pendidikan berorientasi mutu, baik secara spiritual, intelektual maupun moral dalam bingkai nilai-nilai Islam.
  • Mengembangkan pengelolaan pesantren yang professional guna mewujudkan suasana tertib, nyaman dan edukatif
  • Membangun pola hubungan yang harmonis dengan masyarakat sekitar dan dengan lembaga – lembaga lain

Mengenai kurikulumnya, Al Kahfi memadukan kurikulum DIKNAS dan kurikulum pesantren. Sehingga dengan hal ini diharapkan para santri tidak hanya menguasai ilmu keislaman saja, tapi memahami serta menguasai juga ilmu keduniaan.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 18.985.000Biaya masuk SMP
Sekitar Rp. 24.400.000Biaya masuk SMA dan MA
Sekitar Rp. 1.650.000Biaya bulanan semua jenjang

Alamat lengkap pesantren: Jalan Desa Srogol, Ds. Srogol, Kec. Cigombong, Bogor, West Java 16110

Website resmi: https://pesantrenalkahfi.com/

Pondok Pesantren Ibnu Taimiyah

Kredit Foto: Umar Azwir

Berikutnya adalah Ponpes Ibnu Taimiyah. Pesantren yang menisbatkan namanya kepada salah satu syaikhul islam ini merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai dengan Manhaj Salafus Shalih.

Dalam menjalankan pendidikannya, PIT berprinsip pada visinya yaitu: “Terwujudnya institusi pesantren yang dinamis dan progresif dalam membangun insan berperadaban. Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menguatkan manhaj dan akidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah di atas pemahaman Salaful Ummah
  • Meningkatkan kualitas pendidikan ahlak
  • Meningkatkan kompetensi ilmiyah syar’iyyah
  • Meningkatkan literasi budaya dan digital
  • Meningkatkan kompetesi life skill (soft and hard skill)

Untuk kurikulumnya, PIT mengembangkan kurikulum Kementerian Agama yang disesuaikan dengan visi-misi pesantren dengan menitikberatkan kepada kemampuan menghafal Al Qur’an, penguasaan bahasa arab dan ilmu-ilmu syari.

Mengenai kompetensi lulusan PIT adalah:

  • Hafal minimal 16 juz
  • Berakidah dan bermanhaj Ahlus Sunnah wal Jama’ah di atas pemahaman Salaful Ummah
  • Memahami dasar-dasar ilmu syari sesuai dengan kaidah yang benar
  • Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa arab dan inggris
  • Memiliki bekal pengembangan diri

Adapun program pendidikan di PIT ditempuh selama 7 tahun: 3 tahun jenjang MTS dan 3 tahun jenjang MA. Kemudian ditambah dengan program wajib khidmah selama 1 tahun sebagai latihan dakwah dan pengabdian kepada ummat.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 20.400.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.500.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Kp. Pasir Tengah Rt 004/003 , Ds. Sukaharja, Kec Cijeruk, Bogor Jawa Barat 16740

Website resmi: https://ibnutaimiyah.com/index.php

Pondok Pesantren Adz Zikra

Kredit Foto: Budi Syamtoro

Terakhir adalah Ponpes Adz Zikra. Pesantren yang terletak di daerah Sentul ini didirikan pada tahun 2015 oleh ulama kondang Indonesia yaitu KH Muhammad Arifin Ilham. Dalam menjalankan pendidikannya, Adz Zikra memiliki visi yaitu: “Mencetak Generasi Robbani Ahli Qur’ani, Dzikir dan Fikir yang menebarkan manfaat untuk seluruh Umat.”

Saat ini Ponpes Adz Zikra menyelenggarakan program pendidikan pesantren setingkat:

  • Program Muadalah (tingkat SMP-SMA)

Program pendidikan pesantren selama 6 tahun Putra & Putri (Boarding) yang berlokasi di Pesantren Az-Zikra Gunung Sindur. Program utama adalah Tahfidz (Hafalan Quran), Ilmu diniyah dan bahasa Arab – Bahasa Inggris

  • Madrasah Aliyah

Sekolah tingkat (setara SMA) jurusan IPS yang terintegrasi dengan program pendidikan pesantren selama 3 tahun Putra & Putri (Boarding) yang berlokasi di Pesantren Az-Zikra Sentul untuk santri putra dan Gunung SIndur untuk santri Putri. Program utamanya adalah Tahfidz (Hafalan Quran), Ilmu Diniyah dan Bahasa Arab – Bahasa Inggris

Selain dua program diatas, terdapat juga jenjang Madrasah Ibtidaiyah yang menitikberatkan kepada penguatan tahfidzul Qur’an, penguasaan pengetahuan umum, ahlak dan akidah.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 26.495.000Biaya masuk Muadalah Putra
Sekitar Rp. 28.745.000Biaya masuk Muadalah Putri
Sekitar Rp. 27.435.000Biaya masuk MA Putra
Sekitar Rp. 29.035.000Biaya masuk MA Putri
Sekitar Rp. 2.460.000Biaya bulanan Muadalah
Sekitar Rp. 2.630.000Biaya bulanan MA

Alamat lengkap pesantren: erumahan Muslim Bukit Azzikra Sentul, Cimpambuan, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810

Website resmi: https://ponpes-azzikra.org/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Bogor yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Depok (2021)

(REVIEW) 7 Rekomendasi Pesantren di Sukabumi (2021)

2 pemikiran pada “(REVIEW) Rekomendasi 9 Pesantren di Bogor (2022)”

Tinggalkan komentar