(REVIEW) 9 Pondok Pesantren di Bojonegoro Terbaik (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Biasanya ketika mendengar nama Bojonegoro kita langsung ingat dengan sebuah blok tambang minyak yang sangat besar, yaitu Blok Cepu. Namun tahukah Anda? Ternyata Bojonegoro juga memiliki banyak pesantren bagus. Nah di artikel ini kami akan mengulas pesantren di Bojonegoro paling bagus.

Penasaran kan? Berikut ulasannya!

Pondok Pesantren Ar Rasyid

Kredit Foto: Google Maps

Pesantren di Bojonegoro pertama yang akan kami ulas adalah Ponpes Ar Rasyid. Pondok ini didirikan pada tahun 1959 oleh KH. Masyhur sebegai realisasi beliau untuk menghidupkan kembali aktivitas Ponpes Kendal yang dirintis oleh KH. Muhammad Rosyid sejak tahun 1902, yang mana setelah wafatnya beliau pada tahun 1909 terjadi kevakuman yang cukup panjang.

Mengenai sistem pembelajarannya, Ar Rasyid sudah menggunakan system semi-modern. Pendidikan agama dan umum sudah mulai digabungkan dalam pelajaran madrasah. Akan tetapi pelajaran agama masih dominan karena dasar dari sebuah pesantren adalah pelajaran agama.

Pelajaran tauhid, aqidah, fiqih dan akhlak menjadi pelajaran unggulan Ar Rasyid. Selain itu para santri juga ditekankan santri untuk menguasai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, bahkan bahasa tersebut digunakan sebagai bahasa sehari-hari.

Kemudian terdapat juga berbagai kegiatan ekstrakulikuler untuk menigkatkan skill dan keterampilan para santri, antara lain: Muhadharah, Kursus Bahasa, Kursus Komputer, Drumband, Kaligrafi, PMR, Hadroh, Diskusi Ilmiah, Kaligrafi, Seni Baca Qur’an, dll.

Mengenai jenjang pendidikannya, Ponpes Ar Rosyid memiliki pendidikan formal dan nonformal. Pendidikan tersebut antara lain:

Pendidikan Formal

  • PAUD (KB&RA)
  • MI
  • MTs
  • MA
  • Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBIA)

Pendidikan Non Formal

  • Madrasah Diniyah (Ula&Wustha)
  • Tahfidz Qur’an

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. KH. R. Moh. Rosyid No.86, Dalem Lor, Ngumpak Dalem, Kec. Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62171

Website resmi: –

Pondok Pesantren Modern Ar Rahmat

Berikutnya adalah Ponpes Modern Ar Rahmat. Pesantren yang bercorak modern ini didirikan pada tahun 2003 oleh H. Rahmat yang dikenal dengan nama mbah kung dan seorang Kyai H. Alamul serta Putra Putri mbah kung.

Dalam menjalankan pendidikannya, Ponpes Ar Rahmat berpegang kepada visinya yaitu: “Mencetak generasi bangsa yang berbudi pekerti luhur, unggul dalam prestasi, berpengetahuan luas, berfikir bebas, dan menguasai IPTEK berlandaskan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT.” Dari visi tersebut maka lahirlah misi-misi pendidikan, antara lain:

  • Melaksanakan bimbingan yang Islami selama 24 jam sehingga nilai Islam menjadi jalan hidup (way of life) bagi setiap santri.
  • Memberikan pendidikan ketrampilan sebagai bekal hidup bagi santri (life skill education).
  • Melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan didukung tenaga yang profesional serta sarana dan prasarana yang memadai sehingga santri mampu mengembangkan potensi dirinya secara optimal.
  • Santri mampu berfikir secara bebas dengan dilandasi ahlaqul karimah.

Sebagai pesantren modern, maka kurikulum yang diterapkan di pesantren ini adalah Kurikulum DIKNAS yang digabungkan dengan Kurikulum Khas Pesantren. Nantinya setiap hari para santri akan dididik untuk menjadi insan yang menguasi IPTEK dan IMTAQ sehingga siap untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin rumit setiap harinya.

Saat ini Ponpes Ar Arrasyid hanya menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan unit pendidikan formal KMI (SMP-SMA).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Untung Suropati No.48, Ds. Sumbang, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62115

Website resmi: https://www.arrahmat-bjn.sch.id/

Pondok Pesantren At Tanwir

Kredit Foto: Atin Rahmak

Selanjutnya adalah Ponpes At Tanwir. Pesantren ini bisa dikatakan merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di Bojonegoro, tepatnya didirikan pada tahun 1933 oleh KH. M Sholeh. Selain itu At Tanwir juga bisa dikatakan sebagai pesantren terbesar di Bojonegoro, hal ini karena At Tanwir menaungi beberapa lembaga pendidikan mulai PAUD sampai dengan Perguruan Tinggi.

Mengenai kurikulumnya, At Tanwir menggunakan kurikulum kolaboratif antara Kurikulum Pesantren dan Nasional dengan menggunkan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai komunikasi sehari-hari. Selain itu para santri pun akan dibiasakan wiridan, yasinan, dan tahllilan.

Kemudian terdapat banyak sekali ekstrakulikuler untuk mengasah minat dan bakat para santri. Antara lain: Pramuka, Diskusi dan Penelitian Ilmiah, Jurnalistis, Wirausaha, Drumband, Qashidah, Hadrah, Muhadharah, Berbagai Olahraga, Beladiri, dll.

Sebagaimana disebutkan di awal, At Tanwir memiliki jenjang pendidikan yang sangat lengkap, yaitu:

  • PAUD dan RA
  • Madrasah Ibtidaiyah
  • Madrasah Tsanawiyah (Reguler dan Tahfidz)
  • Madrasah Aliyah
  • SMK (Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif & Teknik Komputer Jaringan) 
  • Sekolah Tinggi Agama Islam Attanwir

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Raya Talun No. 220, Kec. Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62191

Website resmi: http://www.mts.attanwir.or.id

Pondok Pesantren Sabilunnajah

Kredit Foto: Ponpes Sabilunnajah

Berikutnya adalah Ponpes Sabilunnajah. Pesantren yang satu ini didirikan pada sekitar tahun 2011 oleh salah satu Kyai NU yang dakwahnya santai dan lucu serta terkenal di jagad media social yaitu KH Anwar Zahid.

Mengenai pendidikannya, pesantren ini menerapkan Kurikulum Kemenag dan Kurikulum Khas Pesantren. Aspek Qur’an dan bahasa menjadi prioritas utama dalam pembelajarannya. Para santri juga akan dididik untuk bisa mandiri dan siap menghadapi tantangan zaman. Tak ketinggalan, kegiatan khas nahdliyin seperti yasinan, tahlilan, barzanjian, dsb pun akan santri ikuti.

Kemudian banyak sekali ekstrakulikuler yang bisa santri ikuti, seperti Pramuka, Muhadharah, PMR, Bimbingan Tilawah, Qashidah, Hadroh, Drum Band, Tahfidzul Qur’an, dll.

Salah satu keunggulan dari pesantren ini adalah biayanya yang gratis. Karena itulah Kebanyakan santri yang merupakan anak-anak transmigrasi yang masih minim dalam pengetahuan tentang agama Islam. Selain itu, mayoritas santrinya juga merupakan anak yatim dan anak-anak yang kurang mampu. Mereka berasal dari daerah Sumatera, Jambi, Palu, Riau, Papua serta beberapa daerah lain di luar pulau Jawa.

Saat ini Ponpes Sabilunnajah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang MTs dan MA.

Alamat lengkap pesantren: Jalan Masjid Baitul Abidin – Simo RT. 03 RW. 04, Ds. Simorejo, Kec. Kanor, Bojonegoro, Jawa Timur

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Falah

Kredit Foto: Google Maps

Selanjutnya adalah Ponpes Al Falah. Pesantren yang bercorak salafiyah ini didirikan pada tahun 1978 oleh K. H. Masyhudi. Tujuan beliau dalam mendirikan Al Falah adalah untuk menyampaikan pesan-pesan sebagai pembentukan karakter manusia yang berilmu dan berakhlaqul karimah yang dilandasi nilai-nilai Al-Qur’an dan As-Sunah, dan berasaskan Ahli Sunnah Wal Jama’ah.

Dalam menjalankan pendidikannya Ponpes Al Falah berpegang teguh pada visi: “Menyebarkan dakwah Islam keseluruh lapisan masyarakat guna menghadapi era globalisasi yang penuh dengan persaingan ketat di berbagai aspek dengan tanpa mengesampingkan fitrah manusia.”

Mengenai metode pendidikannya, Ponpes Al Falah masih menerapkan metode salafiyah. Pelajaran kitab kuning menjadi program utama disini. Berbagai kitab dari berbagai fan ilmu akan menjadi santapan renyah bagi para santri setiap harinya.

Salah satu keunikan dari Ponpes Al Falah adanya English Area. English area ini merupakan sebuah area yang mana di area tersebut para santri harus berbicara dengan bahasa inggris. Selain itu Al Falah juga terkenal dengan seni kaligrafinya.

Saat ini Ponpes Al Falah hanya menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan dan unit pendidikan formal jenjang SMP. Namun meskipun begitu bagi santri selain usia SMP pun diperbolehkan ikut mondok dan bisa bersekolah formal di sekolah sekitar pesantren.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Serma Abdullah No.130, Ds. Pacul, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62114

Website resmi: –

Pondok Pesantren Ihyaus Sunnah

Kredit Foto: Google Maps

Berikutnya adalah Ponpes Ihyaus Sunnah. Pesantren ini merupakan pesantren murni salafiyah yang diasuh oleh KH Abu Chasan S.Ag. Tujuan pendiriannya adalah agar para pelajar dan mahasiswa di Bojonegoro bisa merasakan menjadi santri. Dengan demikian, para pelajar dan mahasiswa akan memiliki wawasan keagamaan yang luas, sehingga disampig unggul dalam IPTEK juga unggul dalam bidang IMTAQ.

Dalam menjalankan setiap aktivitanya, Ponpes Ihyaus Sunnah berpedoman pada visinya yaitu: “Mempersiapkan generasi Islam yang tangguh dan berkualitas dalam ilmu pengetahuan agama serta senantiasa memperhatikan norma-norma Adabiyyah dalam mengaplikasikannya.”

Mengenai praktik pendidikannya, Ihyaus Sunnah hanya menyelenggarakan kajian pada shubuh dan malam hari. Hal ini tak lepas dari mayoritas santrinya yang merupakan siswa dan mahasiswa di tempat lain.

Untuk kitab yang akan dipelajari antara lain: Mawahiibussaniyah, Fawaidul Janiyyah, Asybah Wannadhoir, Syarah Jauharul Maknun, Syarah Uqudul Juman, Fathul Qorib, Fathul Mu’in, Fathul Wahab, Ajrumiyah, Imrithi, Alfiyah, Shorof Wadih, Qowaidusshorfi, Amsyisatuttasrif, Matnul Bina’, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Serma Abdullah, Pacul, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62114

Website resmi: –

Pondok Pesantren Ar Ridwan

Kredit Foto: Athiyatul Wafiyah

Selanjutnya adalah Ponpes Ar Ridwan. Pesantren yang berfokus pada tahfidz Qur’an ini ini didirikan oleh H. Muhammad Khusairi Ridwan pada tahun 2013. Dalam menjalankan praktik pendidikannya, Ar Ridwan berpegang pada visinya yaitu: “Sebagai wadah mewujudkan cendekiawan dan muslim yang santun, kokoh spiritual, dan mantap intelektual.” Dari visi tersebut lahirlah 3 misi pendidikan, yaitu:

  • Mewujudkan cendekiawan muslim/muslimah yang berahlakul karimah
  • Menyelenggarakan pendidikan berintegrasi antara pendidikan agama dan umu]um untuk melahirkan santri yang unggul IPTEK dan IMTAQ
  • Mengoptimalkan setiap potensi dan kecerdasan santri untuk meraih keberhasilan.

Dalam proses pembelajarannya, Ar Ridwan menerapkan Kurikulum DIKNAS dan Kurikulum Khas Pesantren. Kurikulum Pesantren meliputi tahfidzul Qur’an, pembekalan akidah, syariah dan ahlak ahlussunnah wal jamaah. Jadi nantinya setiap hari para santri akan belajar ilmu umum seperti MTK, IPA, IPS, PKN, dll sekaligus wawasan keagamaan islam.

Saat ini Ponpes Ar Ridwan menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi engan unit pendidikan formal jenjang MTs dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Singoranu, Sukorejo Lor, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62115

Website resmi: https://arridwan-almaliky.id

Pondok Pesantren Muhammadiyah Al Amin

Kredit Foto: Firdaus Hidayah

Berikutnya adalah Ponpes Muhammadiyah Al Amin. Sesuai namanya, pesantren ini merupakan milik salah satu ormas terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah. Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, Al Amin berpegang pada visinya: “Terbentuknya lembaga pendidikan yang berkualitas demi melahirkan kader Muhammadiyah yang berazazkan al Qur’an dan as Sunnah.”

Dari visi tersebut lahirlah 4 misi utama, yaitu:

  • Menciptakan lingkungan pondok pesantren yang nyaman, representatif dan islami.
  • Mewujudkan pondok pesantren yang progresif dan kompetitif dengan sistem pendidikan yang integratif dan holistik.
  • Mencetak generasi dzurriyatan thayyibah yang faqih dan hafidz.
  • Mengelola pondok pesantren secara profesional, transparan dan akuntabel.

Mengenai kurikulumnya, Al Amin menerapkan Kurikulum perpaduan antara Diknas yang mengacu KTSP/K – 13 dan kurikulum pesantren yang mengacu pada pendidikan pesantren modern dengan menekankan keseimbangan antara Diknas dan Pesantren.

Kemudian terdapat 2 program yang menjadi unggulan di Al Amin, yaitu:

  • Tahfidz Al-Qur’an (5 juz tiap tahun)
  • Program Bahasa (Arab dan Inggris)

Saat ini Ponpes Muhammadiyah Al Amin hanya menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan unit pendidikan formal jenjang SMP.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap Putra: Jl. Basuki Rahmad No. 40, Ds. Sukorejo Kec. Bojonegoro Kab. Bojonegoro, Jawa Timur

Alamat lengkap Putri: Jl. Raya Dander, Ds. Damsono, Kec. Mojoranu, Kab. Bojonegoro, Jawa Tengah

Website resmi: https://arridwan-almaliky.id

Pondok Pesantren Modern Putri Al Fatimah

Kredit Foto: Hanif Afitani

Terakhir adalah Ponpes Modern Putri Al Fatimah. Pesantren khusus putri yang satu ini didirikan pada tahun 2005 oleh Drs. H. Tamam Syaifuddin, M. Si. Dalam menjalankan aktivitas pendidikannya, Al Fatimah berpegang pada visinya: “Unggul dalam prestasi berpijak pada iptek dan imtaq serta berakhlaqul karimah.” Dari visi tersebut lahirlah 3 misi utama, antara lain:

  • Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta pengetahuan IPTEK dan IMTAQ.
  • Menyiapkan siswa yang memiliki keunggulan.
  • Menerapkan disiplin yang tinggi baik dalam belajar maupun dalam beribadah kepada Allah SWT.

Dalam proses pembelajarannya, Al Fatimah memadukan antara kurikulum pondok pesantren, nasional, internasional dan pendidikan karakter serta berbagai ilmu ketrampilan baik hard skill maupun soft skill ditambah dengan penanaman ilmu dan jiwa entrepeneur. Adapun strategi pembelajarannya adalah: “Learn is fun, learn how to learn, teaching is learning dan best friend parenting.”

Kemudian untuk meningkatkan skill para santri, terdapat juga berbagai ekstrakulikuler seperti Pramuka, Palang merah remaja (PMR), Karya ilmiah remaja (KIR), Olahraga, Seni baca Al-Qur’an, Seni hadrah, Majalah sekolah, dll.

Saat ini Ponpes Modern Al Fatimah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan unit pendidikan formal jenjang MTs dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Pondok Bambu No. 1, Ds. Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62115

Website resmi: https://alfatimah.sch.id

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Bojonegoro yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar