Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Ciamis (2022)

Ciamis merupakan salah satu kota kecil di Jawa Barat. Anda sedang mencari pondok pesantren di Ciamis? Beruntung Anda mampir ke artikel ini!

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Ciamis terdapat sekitar 439 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 23.673. Jumlah tersebut terbagi menjadi 12.451 santri mukim, dan 11.222 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Modern Darussalam Ciamis

Kredit Foto: M Khairussalihin

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Modern Darussalam. Pesantren ini berdiri tahun 1929. Pendirinya adalah KH Ahmad Fadlil. Pada awal berdirinya Darussalam hanya memiliki sebuah rumah tempat tinggal Kiai, sebuah masjid dan sebuah asrama (pondok) yang sederhana. Namun kini, telah memiliki fasilitas bangunan yang relatif lengkap dan bahkan cukup megah.

Untuk sistem pendidikannya menggunakan model formal di pagi hari dan diniyyah di sore hari. Terdapat jenjang tamhidy, ula, dan seterusnya. Namun yang kami perhatikan, pendidikan formal di pesantren ini menjadi daya tarik. Karena memiliki prestasi di kancah nasional. Seperti Medali Perunggu Kompetisi Matematika Nalaria Realistik se-Indonesia 2018.

Para pengurus akan senantiasa mendidik para santri agar menguasai dasar-dasar agama Islam beserta metodologi bidang keahliannya sehingga mampu memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di kawasan keahliannya, serta mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuan Islam sekaligus sebagai ulama waratsatul anbiya.

Kini pesantren ini menyelenggarakan pendidikan formal antara lain Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, MTs Darussalam, MAN 1 Darussalam, SMA Plus Darussalam dan Institut Agama Islam Darussalam (IAID).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. K.H. Ahmad Fadlil No.1, Dewasari, Kec. Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46271

Website resmi: https://www.darussalamciamis.or.id/

Pondok Pesantren Ar Risalah Ciamis

Kredit Foto: Wall Official

Berikutnya adalah Ponpes Ar Risalah. Pesantren ini berdiri pada tahun 1997 M. Pendirinya adalah KH. Drs. Asep Saefulmilah bersama istrinya Hj. Dra. Ai Siti Masitoh. Tujuan utama pendirian pesantren ini adalah memberikan suatu pelayanan pendidikan dalam sistem pendidikan pesantren tradisional yang terintegrasi dengan unsur terbaik dari sistem pendidikan modern.

Proses pendidikan di Pontren Ar-Risalah menerapkan pendidikan integratif yang terselenggara atas dasar prinsip keterpaduan yang meliputi: Keseimbangan tiga pilar kecerdasan; emosional, intelektual, dan spiritual; Keterpaduan sistematik keilmuan islam yang non-dikotomik antara agama dan ilmu, Keterpaduan pada kontinuitas pencapaian hal yang terbaik dengan akar tradisi yang baru, dan keterpaduan fungsional pendidikan yang berorientasi kepada pembukaan kecakapan (life skill).

Adapun sarana dan prasarana yang tersedia untuk menunjang pendidikan di pesantren ini antara lain: ruang kantor, berbagai laboratorium, lahan pertanian, aula, perpustakaan, sarana olahraga, lahan perikanan, masjid, dll. Selain itu terdapat juga ragam ekstrakulikuler seperti: paskibra, marchingband, seni hadroh, pramuka, pmr, dll.

Saat ini Ponpes Ar Risalah turut menyelenggarakan pendidikan dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Raya Banjar Km.3,5, RT.24/RW.08, Pamalayan, Kec. Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46271

Website resmi: –

Pondok Pesantren Nurussalam

Ponpes Nurussalam Ciamis
Kredit Foto: Muhammad Fatih

Selanjutnya adalah Ponpes Nurussalam. Pesantren yang berdiri pada tahun 1988 ini merupakan pondok yang mandiri, tidak berada di bawah (underbouw) organisasi, partai atau kelompok tertentu, tidak berafiliasi pada golongan atau jam’iyyah tertentu, dan tidak berdiri pada satu sekte tertentu.

Nurussalam berdiri di tengah-tengah serta bersikap mengambil jarak yang sama dengan berbagai golongan maupun organisasi yang ada dan berkembang di masyarakat.

Pesantren ini kini telah mengelola beberapa jenjang unit pendidikan. Antara lain yaitu unit Kuliyatul Mu’alimin (MTs, MA, Tks), Kuliyatul Mu’alimat (MTs, MA, Tks) dan Tahfidz (MA Putra).

Kurikulum pendidikan di pesantren ini merupakan gabungan kurikulum pendidikan Nasional dan pendidikan Pesantren.  Masa pendidikan ditempuh selama 6 tahun (kelas I sd. Kelas VI).  Pada tahun ke-3, semua santri mengikuti ujian Nasional tingkat SMP, demikian juga pada tahun ke-6 mengikuti Ujian Nasional tingkat SMA.  

Setelah usainya proses pendidikan di pesantren, santri berkewajiban melaksanakan tugas pengabdian (Wiyata Bakti) selama 1 tahun di lembaga-lembaga pendidikan dan masyarakat di berbagai daerah sesuai dengan penugasan resmi pesantren.

Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk seluruh jenjang: sekitar Rp. 5.050.000
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 950.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Dusun Citaharja, Kujang, Kec. Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 12970

Website resmi: http://nurussalam.id/

Pondok Pesantren Al Hasan Kertasari Ciamis

Berikutnya adalah Ponpes Al Hasan. Pesantren ini berdiri pada tahun 1985. Pendirinya adalah KH. Muhammad Syarif Hidayat, Kiyai muda alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya Jawa Barat serta salah seorang murid Kiyai besar yang kharismatik (Uwa Ajengan) KH. Choer Affandy (Alm.).

Tujuan berdirinya pesantren ini adalah untuk mencetak kader-kader muslim yang berakhlak mulia dan dapat menyebarkan syari’at Islam sehingga dapat diamalkan oleh semua lapisan masyarakat.

Kini, santri di pesantren ini terbagi menjadi 3 (tiga) tingkatan, yaitu santri tingkat Takhosus (khusus pesantren/bagi yang kuliah), santri tingkat Tsanawi (yang sekolah di luar lingkungan pesantren seperti SMA, SMK atau MA), dan santri tingkat Ibtida (yang sekolah di SMP Terpadu Al Hasan). 

Karakteristik Pondok Pesantren Al Hasan adalah memadukan suatu system pembinaan santri dari pendidikan formal tingkat SMP/MTs. maupun SMA/MA dan Perguruan Tinggi untuk mengkaji kitab-kitab di pesantren.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.120, Kertasari, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46213

Website resmi: https://alhasan.co.id/

Pondok Pesantren Sirnarasa Ciamis

Ponpes Sirnarasa Panjalu
Kredit Foto: Dona Obenx

Selanjutnya adalah Ponpes Sirnarasa. Pesantren ini berdiri pada tahun 1980. Pendirinya adalah KH. Ahmad Sohibul Wafa Ta’jul Arifin (Abah Anom). Pada awal pendiriannya, pesantren ini hanya menyelenggarakan Lembaga Pembinaan Mental Remaja (Inabah 2 Puteri) dan Pengajian salaf dengan konsentrasi pembelajaran ilmu-ilmu agama Islam yang bersumber dari kitab kuning.

Uniknya mereka yang tiba buat nyantri di Sirnarasa awal kali dianjurkan terlebih dulu untuk melakukan metode amaliyah dzikir jahar (nyata) serta khofi(buram) lewat cara talqin yang bagaikan bekal serta materi dalam beribadah pada Alloh SWT.

Hingga kini pesantren ini memiliki lembaga-lembaga formal dari Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKA)/ Raudatul Athfal (RA)/ Madrasah Diniyyah Awaliyyah (MDA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) yang telah mencetak ratusan generasi islami yang terhimpun dalam HISASIRRA (Himpunan Santri Alumni Pesantren Sirnarasa).

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Komp. Pesantren Sirnarasa RT 010/005, Dsn. Ciceuri, Ciomas, Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46264

Website resmi: https://www.sirnarasa.org/

Pondok Pesantren Sabilunnajat Ciamis

Kredit Foto: Sabilunnajat

Berikutnya adalah Ponpes Sabilunnajat. Pesantren bercorak salafiah ini berdiri pada tahun 1965. Pendirinya adalah KH Hasan Ma’ruf. Nama Sabilunnajat ini diciptakan oleh KH Hasan Ma’ruf sendiri yang berarti “Jalan keselamatan” dengan harapan supaya semuanya selalu ada dalam jalan yang baik sesuai dengan aturan agama Islam dan selamat di dunia dan akhirat demi mendapatkan ridha Allah SWT.

Seperti pesantren-pesantren tradisional pada umumnya, pesantren ini mengaplikasikan sistem dan metode pengajaran secara tradisional. Bentuk pengajarannya seperti sorogan, bandongan, wetonan dan ceramah.

Program pembelajaran yang ditetapkan oleh pondok pesantren Sabilunnajat pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan pondok pesantren pada umumnya, melihat kitab-kitab yang diajarkanya pun masih sama dengan pesantren pada umumnya.

Namun dalam pembelajarannya sedikit ada pembelajaran dan penghususan bagi santri yang sambil sekolah dan yang takhasus, yang sambil sekolah biasanya tidak mengikuti pembelajaran setelah shalat Dhuha dan shalat Dzuhur mengingat waktu sedang mengikuti pembelajaran di sekolah, tetapi untuk takhasus harus mengikuti pembelajaran di pesantren pada waktu setelah shalat Duha dan setelah shalat Dzuhur.

Selain menyelenggarakan pendidikan pesantren salafiyah, Sabilunnajat juga menyelenggarakan pendidikan tingkat SMK. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Cileungsir, Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46387

Website resmi: https://ypisabilunnajat.wordpress.com/

Pondok Pesantren Miftahul Huda Utsmaniyyah

Pesantren Miftahul Huda Utsmaniyah
Kredit Foto: Rifqi Khoirurrizal

Selanjutnya adalah Ponpes Miftahul Huda Utsmaniyyah. Pesantren ini didirikan oleh KH Ahmad Syadzili dengan pesantren yang berbasis salafiyah. Fokus pelajaran di pesantren ini adalah terletak pada pelajaran fiqih, sehingga sangat cocok untuk para santri yang ingin memperdalam fiqh.

Salah satu fakta menarik pesantren ini  adalah adanya agenda rutin pasaran atau kuliah kilat. Ini adalah salah satu program unggulan di pondok pesantren ini. Disebut dengan pasaran atau kuliah kilat adalah karena pengajian yang diadakan tersebut bisa diikuti oleh santri mukim atau dalam yang menetap di pesantren tersebut, maupun santri muffasir atau luar yang berasal dari pesantren lain.

Sementara itu, agenda ini disebut kilat karena memang dilakukan dalam waktu yang relatif cepat dibandingkan dengan pengajian biasa yang dilakukan di luar pasaran. Kegiatan dari pasaran itu sendiri adalah mengkaji suatu kitab dengan memanfaatkan waktu dan penjelasan yang singkat, padat, jelas, dan tidak bertele-tele. 

Selain itu suasana yang mendominasi pesantren ini adalah guyub rukun dan membumi, sembari melakukan kegiatan-kegiatan agama. Dengan lokasi bangunan yang berada di desa, para santri pun juga dapat dengan mudah berinteraksi dengan dengan warga sekitar dan menjalin hubungan yang akrab.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Kp.cikole kulon, Cijulang, Kec. Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46262

Website resmi: –

Pondok Pesantren Anak Nurul Amal Ciamis

Ponpes Nurul Amal Ciamis
Kredit Foto: Adin Saepudin

Berikutnya adalah Ponpes Nurul Amal. Pesantren ini resmi berdiri pada tahun 1997. Saat itu pendidikan kepesantrenan diperuntukan bagi masyarakat sekitar yang meliputi pendidikan TPA/TKA bagi anak usia dini, Pemberantasan Buta Huruf Qur’an (PBHQ) dan Majlis Ta’lim bagi masyarakat sekitar.

Pesantren ini fokus pada pendidikan anak-anak, khususnya pada bidang tahfidz Quran. Selain tahfidz Quran anak-anak dibekali dengan ilmu tajwid, hadist, doa-doa dan pembiasaan akhlaq karimah. Usia minimal masuk pesantren ini 6.5 tahun. Dan hanya tersedia untuk kelas satu hingga kelas enam SD putra dan putri. 

Lulusan Nurul Amal diharapkan mempu memiliki hafalan minimal 10 Juz Al Qur’an, mampu melaksanakan salat lima waktu secara berjamaah, dan memiliki ahlakul karimah.

Untuk pendidikan formal diselenggarakan oleh MI Nurul ‘Amal yang merupakan lembaga pendidikan dasar yang berada di bawah naungan yayasan Nurul Amal dan memakai kurikulum Depag yang dikolaborasikan dengan pengembangan diri yaitu hafalan Al-qur’an sebagai program unggulan madrasah.

Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk: sekitar Rp. 14.000.000
  • Biaya bulanan: sekitar Rp. 1.500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Bojong – Cimaragas, RT.004/RW.017, Cikawung, Bojongmengger, Cijeungjing, Karangkamulyan, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46271

Website resmi: –

Pesantren Miftahul Huda Bayasari

Ponpes Miftahul Huda Bayasari
Kredit Foto: Miftahul Huda Bayasari

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Miftahul Huda Bayasari. Ponpes ini berdiri sejak 1 November 1976. Pendirinya adalah KH. Umar Nawawi (Alm) dan Hj. Neneng Mudrikah (Almh) dengan sistem kurikulum yang terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran yang berorientasi pada pengamalan secara intensif.

Lokasi pesantren sangat strategis karena jauh dari hingar bingar keramaian kota sehingga memudahkan santri untuk konsentrasi menimba ilmu, ditambah dengan susana kampung yang masih sejuk dan belum terkontaminasi polusi udara.

Dengan didukung oleh lingkungan yang asri, para pengurus berupaya untuk mencetak manusia yang muttafaqoh fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berfikir dan berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

Saat ini Ponpes Miftahul Huda Bayasari turut menyelenggarakan pendidikan formal dari tingkat MI, SMP, dan SMK. Selain itu terdapat juga pendidikan non formal untuk fokus terhadap pendalaman dan kitab dan hafalan Al-Qur’an. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jln. Mulyasari no.147, Dusun Wetan, Bayasari, Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46273

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Ciamis yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 7 Pesantren di Garut Paling Bagus

Rekomnedasi 9 Pesantren di Tasikmalaya Paling Bagus

Tinggalkan komentar