(REVIEW) Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Cilacap (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Ketika mendengar nama Cilacap, biasanya kita langsung terbayang Pulau Nusakambang yang menjadi penjara bagi para narapidana kelas kakap. Namun tahukah anda, dibalik itu semua ternyata Cilacap juga menyimpan banyak pesantren bagus di dalamnya.

Di artikel ini kami akan membahas pesantren di Cilacap paling recommended. Berikut ulasannya!

Pondok Pesantren Ihya Ulumuddin

Kredit Foto: Nyoto Film

Pesantren di Cilacap pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Ihya Ulumuddin. Merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di Cilacap, tepatnya didirikan pada tahun 1925 oleh KH. Badawi Hanafi. Pendirian pesantren ini dilandasi dengan semangat keagamaan untuk berdakwah yang bertujuan ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa yang ditindas oleh penjajah Belanda pada masa itu.

Secara umum, pesantren ini masih bercorak salafiyah. Yang mana program kajian-kajiannya adalah sebagai berikut:

Pengajian Al-Qur’an

  • Pengajian Juz ‘Amma Bil Ghoib
  • Pengajian Al-Qur’an Bil Nadzor
  • Pengajian Al-Qur’an Bil Ghoib

Pengajian Bandungan

  • Bandungan klasikal ( pengajian bandungan oleh seluruh santri berdasarkan kelas )
  • Bandungan fakultatif ( pengajian bandungan oleh seluruh santri dengan model santri sendirilah yang memilih pengajian bandungan kitab tertentu sesuai kemauannya)

Pengajian Sorogan

Kitab yang dipelajari melalui pengajian sorogan antara lain: Safinatunnaja, Qatrul Ghayts, Al Duraral Bahiyah, Tijaan Al durari, Sulamulmunajat, Bajuri Sanusiah, Al Riyadhul Badi’ah, dll.

Namun demikian pesantren ini juga menyelenggarakan pendidikaan formal baik yang mengacu pada kurikulum Departemen Agama maupun Departemen Pendidikan Nasional. Pendidikan formal tersebut antara lain:

  • TK dan MI.
  • SMP Ya BAKII 1 Kesugihan
  • MTS MINAT
  • SMA Ya BAKII Kesugihan
  • MA MINAT
  • Institut Agama Islam Imam Ghazali (IAII)

Kemudian terdapat juga beberapa pelatihan keterampilan bagi para santri. Antara lain:

  • Pelatihan Pertukangan dan Bangunan
  • Pelatihan Menjahit dan Bordir
  • Pelatihan Perbengkelan

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Kemerdekaan Timur No.16, Platar, Kesugihan Kidul, Kec. Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53274

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al-Barokah Kawunganten

Kredit Foto: Arif Unik

Berikutnya adalah Ponpes Al Barokah. Pesantren ini adalah pondok salafiyyah yang didirikan oleh Syaikh Mas’ud pada tahun 1963. Beliau adalah seorang ulama yang sangat menguasai ilmu fiqih. Tujuan pendirian pesantren ini adalah untuk memajukan agama islam lewat pendidikan agama khususnya Fiqh di daerah Cilacap, terutama Kawunganten.

Dalam pendidikannya, pesantren ini memiliki corak khas NU. Maka tak heran santri-santri Al Barokah memiliki pemahaman aswaja yang sangat kuat. Pengajaran kitab-kitabnya pun sangatlah mendalam. Semenjak berdiri hingga sekarang, pesantren ini tetap menjadikan medote salaf (tradisional) sebagai metode pembelajarannya.

Selain itu, kini pesantren ini juga telah menyelenggarakan pendidikan formal. Tersedia jenjang pendidikan formal dari tingkat MTS-MA. Fasilitas yang terdapat di pesantren ini pun terbilang cukup lengkap. Selain itu, beberapa ekstrakulikuler pun tersedia bagi para santri yang mengaji di pesantren ini.

Kemudian untuk membina masyarakat dalam bidang keagaamaan, terdapat jamaah pengajian rutin setiap hari Minggu. Melalui majlis ini, pesantren membina masyarakat dengan aqidah, hukum (fiqh), dan akhlak. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat memiliki keimanan yang kuat, faham akan aturan-aturan Islam dan memiliki  budi  pekerti luhur.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Panjatan, Kawunganten Lor, Kec. Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53253

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darul Qurro

Kredit Foto: Muhammad Thaifur A. M

Selanjutnya adalah Ponpes Darul Qurro. Pesantren ini merupakan Pesantren Alumni Gontor yang berdiri pada tahun 1992 ini adalah pondok modern yang mengutamakan pola pendidikan berimbang antara ilmu-ilmu Agama dengan ilmu-ilmu Umum. Selain itu juga memberikan perhatian khusus pada penguasaan Bahasa Arab & Bahasa Inggris secara aktif baik secara lisan maupun tulisan.

Sebagai pesantren modern, dalam pendidikannya Darul Qurro mengajarkan ilmu-ilmu umum atau hal-hal lain yang baik sesuai dengan tuntutan hidup di zaman modern. Selain itu juga menydeiakan pendidikan nonformal bagi para santri yang berupa Madrasah Diniyah setiap sore dan malam yang khusus mengajarkan ilmu-ilmu agama islam dengan pengkajian pada kitab-kitab kuning.

Dengan pembelajaran tersebut, santri-santri Darul Qurro dapat mempelajari ilmu-ilmu agama secara utuh dalam arti mempelajari ilmu-ilmu agama seperti Syari’at, Tauhid dan Tasawwuf, dalam rangka Tafaqquh fi ddin.

Adapun mempelajari ilmu-ilmu umum seperti Fisika, Kimia, Biologi dan lain-lain dalam rangka “Tafakkur fi kholqillah”. Sehingga dengan akhirnya akan membentuk santri yang mempunyai jiwa keagamaan yang teguh serta dapat hidup secara fleksibel dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di zaman yang serba modern ini.

Kemudian terdapat banyak sekali ekstrakulikuler untuk menunjang kegiatan santri seperti pramuka, kaligrafi, thibbun nabawi, jurnalistik, drumband, olahraga, pidato 3 bahasa, rebana, dll.

Saat ini pendidikan yang diselenggarakan di Ponpes Darul Qurro antara lain:

  • Madrasa Tsanawiyah
  • Madrasah Aliyah
  • Kuliayatul Mu’allimin Al Islamiyah (Gontor)

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Raya Tegalsari, Panggangsurup, Kawunganten Lor, Kec. Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53253

Website resmi: https://www.darulqurro.com/

Pondok Pesantren Al Fatah

Kredit Foto: Tejo Graphy

Selanjutnya adalah Ponpes Al Fatah. Pesantren yang menggunakan sistem pengajaran tradisional dan sistem modern ini didirikan pada tahun 1978 oleh Kyai Adib Elyasi.

Dalam melaksanakan setiap praktik pendidikannya, Al Fatah berpegang kepada visi: “Mewujudkan Generasi yang berkualitas dalam Akidah , Akhlak, Ilmu, dan Kemandirian.” Dari visi tersebut maka dirumuskanlah berbagai misi-misi pesantren, antara lain:

  • Mempelajari, memahami dan mengamalkan nilai- nilai ajaran Islam berdasarkan Al- Qur’an dan As Sunnah
  • Mewujudkan pembentukan karakter Islami yang mampu mengaktualisaikan diri dalam masyarakat
  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademikdan non akademik.
  • Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme tenaga pendidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan.
  • Menyelenggarakan tata kelola madrasah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.
  • Menerapkan tiga bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia) sebagai bahasa pengantar dalam proses pembelajaran.

Kemudian salah satu keunggulan di pesantren ini adalah adanya kelas tahfidz. Kelas tahfidz ini diperuntukkan bagi santri yang memiliki kemauan dan tekad yang kuat dalam menghafal Qur’an. Yang mana nantinya santri akan ditarget untuk hafal 10 juz dalam setahuh. Sehingga diharapkan setelah 3 tahun pembelajaran, santri sudah menghafal keseluruhan Qur’an.

Untuk jenjang pendidikannya, Al Fatah memiliki jenjang MTs dan MA.   

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 2.405.000Biaya masuk MTs
Sekitar Rp. 2.455.000Biaya masuk MA
Sekitar Rp. 700.000 – 915.000Biaya bulanan

Alamat Pondok Putra: Jl. Raya Maoslor, Maos, Cilacap, Jawa Tengah 53272

Alamat Pondok Putri: Jl. Dukuh No.15, Lancar, Maos Lor, Kec. Maos, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53272

Website resmi: https://alfatahmaos.sch.id/

Pondok Pesantren Metal Tobat Sunan Kalijogo

Berikutnya adalah Ponpes Metal Tobat Sunan Kalijogo. Pesantren yang masih bercorak salafiyah ini didirikan oleh Abah Soleh Ali Mahbub, seorang ulama yang masih keturunan Sunan Kalijaga pada tahun 1999.

Jika dilihat dari namanya, pesantren ini memiliki nama yang unik yaitu “Metal Tobat”. Dinamakan tobat karena mayoritas santrinya itu adalah para pecandu narkoba, preman dan brandalan yang sering mabuk-mabukan. Adapun kata “metal” memiliki arti dibawah baja dan diatas besi yang tajam, dengan harapan para santri bisa menjadi seorang pemimpin yang jujur dan bijaksana.

Sebagaimana pesantren lainnya, Ponpes Metal Tobat juga memiliki kurikulum. Awal masuk, santri diwajibkan mempelajari ilmu alat, yakni pelajaran nahwu shorof untuk mempelajari tata bahasa Arab.

Di waktu yang sama, santri juga sudah mulai masuk ke konsentrasi pembelajaran. Ada kelas Al Qur’an, dan juga Ilmu Fiqih. Pelajaran Al Quran terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari Tafsir Al Qur’an hingga Tahfidz Al Qur’an. Sementara, dalam pelajaran fiqih, ratusan kitab klasik ulama kenamaan dipelajari, lewat ngaji sorogan (perorangan) maupun bandungan (general stadium).

Satu hal yang unik dari pesantren ini adalah adanya kelompok music bernama solmet. Solmet adalah kependekan dari Solawat Metal. Yang mana aliran musiknya  seperti, rock and rollreggae dipadu dengan marawis. Cukup menarik bukan?

Meskipun kebanyakan santrinya adalah orang dewasa mantan preman, pecandu, anak jalanan, dsb. Pesantren ini juga membuka pendidikan formal jenjang MTs.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jln Tobat KM 1 Rt. 06 Rw. 06 Desa Bulusari, Gandrungmangu, Cilacap, Jawa Tengah

Website resmi: –

Pondok Pesantren El-Bayan

Kredit Foto: Khoerodin

Selanjutnya adalah Ponpes El-Bayan. Pesantren ini berdiri pada tahun 1930. Pendirinya adalah K.H. Moh Syuhud. Visi dari pesantren ini adalah: “Ilmu amaliah dan amal lmiah”. Yang mana misinya adalah: “Mendidik santri agar menjadi ulama pewaris Nabi yang berakhlak mulia (akhlaq al karimah) dan tidak mendikotomikan ilmu.”

Mengenai system pendidikannya, El-Bayan melaksanakan pendidikan sistem salaf dan khalaf. System salafnya yakni mempelajari keilmuan Islam yang bersumber dari kitab kuning, meliputi bidang: tauhid, tafsir, hadis, bahasa Arab, fikih dan akhlak. Yang mana dalam praktiknya menggunakan sistem berjenjang, yakni dari tingkat awal, tingkat menengah dan tingkat lanjut yang bersifat non formal.

Adapun sistem khalaf yang dipakai pesantren El-Bayan adalah sistem madrasah, dari tingkat ibtidayiah sampai tingkat aliah yang bersifat formal, yang sepenuhnya menerapkan kurikulum khas pesantren.

Kemudian hal unik dari pesantren ini adalah program kewajiban puasa senin-kamis. Kewajiban ini harus dijalankan oleh setiap santri yang belajar di El Tibyan tersebut baik santri putra maupun santri putri. Nantinya kewajiban ini baru berlaku ketika santri sudah bermukim di pondok selama tiga bulan.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl Kyai Suhud, Bendasari, Padangsari, Kec. Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53257

Website resmi: https://web.facebook.com/pondokpesantrenelbayan/?ref=page_internal

Pondok Pesantren Miftahul Huda Majenang

Kredit Foto: Eyazz

Berikutnya adalah Ponpes Miftahul Huda. Pesantren yang lebih dikenal dengan pesantren Cigaru ini merupakan salah satu pesantren tertua di Cilacap. Dirintis sejak tahun 1920, namun baru secara resmi berkembang dan maju pada tahun 1935.

Dalam menjalankan setiap pendidikannya, Ponpes Miftahul Huda berpegang pada visinya yaitu: “Menjadi Pondok Pesantren terdepan dalam membentuk insan yang berakhlaqul karimah dan berwawasan global.” Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi untuk mencapai visi tersebut. Antara lain:

  • Mengembangkan pemahaman Al Quran dengan baik.
  • Mengembangkan pemahaman pengajian kitab kuning dengan baik dan aktual.
  • Memberdayakan dan mengembangkan sumberdaya manusia (SDM) yang profesional sesusai dengan tuntutan zaman.
  • Mengembangkan bahasa Lokal, B. Arab dan B. Inggris.
  • Mengembangkan Kurikulum Agama yang sesuai dengan masa kini dan yang akan datang.
  • Membiasakan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini Ponpes Miftahul Huda menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan bagi santri usia sekolah maupun santri dewasa. Kemudian terdapat juga pendidikan formal berupa:

  • Madrasah Ibtidaiyah
  • Madrasah Tsanawiyah
  • Madrasah Aliyah
  • Sekolah Tinggi Agama Islam Sufyan Tsauri

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. K. H. Sufyan Tsauri No. 18, Cigaru, Cibeunying, Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah  53257

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Cilacap yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar