(REVIEW) Rekomendasi 5 Pesantren di Cimahi (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari referensi mengenai pesantren yang bagus di Cimahi untuk pendidikan islam buah hati Anda? Jika iya maka tepat sekali Anda datang ke artikel kami. Di artikel ini kami telah mengulas beberapa pesantren di Cimahi yang bisa dibilang sudah memiliki reputasi yang cukup bagus.

Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Al Musyahadah

Kredit Foto: Si Ginza

Pesantren di Cimahi pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Musyahadah. Pesantren yang berdiri di perbatasan kota Bandung dan Cimahi ini didirikan oleh KH Asep Saefudin yang dikenal dengan julukan Mama Ajengan Cilember pada tahun 1948.

Nama pesantren ini, Al Musyahadah memiliki arti sebuah kesaksian, ataupun bermakna menjadi salah satu maqam tertinggi dalam ilmu tasawuf. Tak mengherankan jika pesantren ini bercorak sufistik yang mengajarkan kesederhanaan kepada para santrinya tetapi kokoh dalam beribadah kepada Allah SWT.

Nantinya pendidikan yang dijalankan adalah memadukan kegiatan pesantren dan pendidikan umum. Tak berlebihan jika para santri diharapkan menjadi generasi yang berakhlakul karimah, memiliki wawasan ilmu yang tinggi dan konsisten di dalam menjalankan ibadah yang diperintahkan Allah.

Kegiatan santri setiap harinya dimulai pada pukul 03.30 WIB. Setiap waktu shalat tiba, para santri diwajibkan shalat berjamaah. Pagi hari sampai siang hari sekolah formal. Pengajian dilakukan pada pagi hari menjelang sekolah, bada ashar, bada maghrib dan bada Isya serta berakhir aktivitasnya pada pukul 22.00 WIB.

Saat ini Ponpes Al Musyahadah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan dan pendidikan formal jenjang MTs.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Raya Cilember No.27, Cigugur Tengah, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40522

Website resmi: –

Pondok Pesantren Cibereum Kidul

Kredit Foto: Husnul Haq

Selanjutnya adalah Ponpes Cibereum Kidul. Pesantren yang satu ini bisa dikatakan merupakan pesantren tertua yang ada di Jawa Barat atau bahkan salah satu yang tertua di Indonesia. Hal ini karena pesantren Cibereum telah didirikan sejak tahun 1620 oleh Embah Mukodar.

Embah Mukodar adalah seorang ulama yang berasal dari Surabaya, bermaksud menyebarluaskan agama Islam yang pada waktu itu sebagai agama yang di anggap “agama baru” oleh mayoritas masyarakat yang beragama Hindu, dengan mengembara keberbagai tempat sehingga akhirnya sampai dan membuka lahan rawa-rawa di lokasi Pondok Pesantren Cibeureum Kidul sekarang.

Sebagai pesantren yang masih bercorak salafiyah dan tidak mengelola pendidikan formal, pesantren ini akan mengajari para santrinya berbagai ilmu keislaman seperti nahwu, sharaf, hadits, tafsir, fiqih, dll yang kesemuanya diambil dari kitab-kitab salaf dengan metode pengajaran yang masih tradisional seperti sorogan dan bandongan.

Dalam perkembangannya, selain mengajarkan ilmu agama, pesantren ini juga mendidik para santri untuk bisa mandiri dalam segi ekonomi, sehingga selepas santri belajar ilmu agama, selain bisa mengajarkan kembali ilmunya kepada masyarakat, santri juga bisa belajar berwirausaha agar dapat mandiri di segi ekonomi dan mampu menghidupi diri sendiri.

Beberapa bidang usaha yag ditekuni untuk menopang kemandirian ekonomi santrinya adalah dengan membuka usaha mebel, usaha konveksi seperti kerudung dan sablon juga bidang kuliner.

Saat ini Ponpes Cibereum Kidul hanya menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan tanpa pendidikan formal.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Mukodar No.7, RT.01/RW.08, Cibeureum, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat 40535

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Misbahunnur

Kredit Foto: Zailudin Jai

Berikutnya adalah Ponpes Tahfidz Misbahunnur. PPTQ Misbahunnur adalah lembaga pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Misbahunnur sebagai respon aktual terhadap kian langkanya ulama yang menguasai disiplin ilmu pengetahuan modern. Dalam menjalankan pendidikannya, pesantren ini berpegang pada visinya yaitu: “Mewujudkan siswa berprestasi, kreatif dan berahlakul karimah”. Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menyelenggarakan pendidikan yang kreatif dan menantang sehingga merangsang santri dalam kegiatan proses belajar mengajar.
  • Penyelenggaraan pembelajaran yang bervariasi sehingga santri mampu berpikir dengan baik.
  • Pengembangan diri siswa dalam bidang non akademik dengan keterampilan yang berkarakter.
  • Menumbuh kembangkan perilaku yang agamis dan dapat mengamalkan serta menerapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Membiasakan perilaku uswatun hasanah dalam praktik nyata dengan teman dan masyarakat.

Adapun output yang akan didapatkan santri setelah lulus dari pesantren ini adalah:

  • Berahlakul karimah.
  • Kompetitif di era globalisasi.
  • Hafidz dan Hafidzah.
  • Fasih berbahasa arab dan inggris.
  • Melek teknologi informatika.

Sebagai pesantren yang fokus kepada hafalan Qur’an, tentu saja para pengurus senantiasa memotivasi setiap santrinya untuk semangat dalam menghafalkan Qur’an. Bahkan jika ada santri yang telah menyelesaikan hafalan 30 juz secara mutqin, maka dia akan mendapatkan hadiah umroh dari pihak pesantren. Luar biasa sekali bukan?

Saat ini Ponpes Tahfidz Qur’an Misbahunnur menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang MTs.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Kolonel Masturi No.272, Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat 40511

Website resmi: https://misbahunnur.com/

Pondok Pesantren Sabilul Wafa

Kredit Foto: Pondok Pesantren Sabilul Wafa

Selanjutnya adalah Ponpes Sabilul Wafa. Pesantren yang terletak di Cimahi bagian utara ini didirikan oleh KH Abdullah Almahdawi pada 23 April 2013. Nama pesantren ini bisa duartikan “Jalan yang dicukupi oleh Allah SWT”, hal ini sebagai harapan dari sang pendiri pesantren agar senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah ketika menjalani setiap langkah pendidikan.

Dalam melaksanakan pendidikannya, pesantren ini berpegang teguh pada visinya yaitu: “Mencetak generasi islam yang berahlak mulia. Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Mengoptimalkan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dan kitab kuning secara rutin.
  • Memperkenalkan ajaran islam sejak dini dengan metode fun learning.
  • Menerapkan kedisiplinan dalam belajar dan beribadah.

Nantinya kegiatan santri setiap harinya dimulai pada pukul 03.00 WIB. Setiap waktu shalat tiba, para santri diwajibkan shalat berjamaah. Pagi hari sampai siang hari sekolah formal untuk SMP, adapun santri SMA melaksanakan setoran hafalan Qur’an. Nah dari siang sampai sore, santri SMA melaksanakan KBM pendidikan formal dan yang SMP setoran hafalan.

Adapun pengajian kitab kuning dilakukan pada pagi hari menjelang sekolah, bada maghrib dan bada Isya serta berakhir aktivitasnya pada pukul 22.30 WIB.

Saat ini Ponpes Sabilul Wafa menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP dan SMA. Selain itu terdapat juga jenjang TK.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 3.700.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 820.000Biaya bulanan SMP
Sekitar Rp. 870.000Biaya bulanan SMA

Alamat lengkap pesantren: Jl. Permana E3 No.28, RT.05/RW.06, Citeureup, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat 40512

Website resmi: https://www.instagram.com/p/CMZ0UKTJlVV/

Pondok Pesantren Al Mas’udiyah

Kredit Foto: Pondok Pesantren Al Mas’udiyah

Pesantren di Cimahi terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Mas’udiyah. Pesantren yang bercorak semi-modern ini dalam menjalankan pendidikannya berpedoman pada visinya yaitu: “Mengembangkan potensi generasi islam untuk menjadi insan berpendidikan, berwawasan global, dan berkarakter akhlaqul karimah.” Dari visi ini lahirlah sejumlah misi pendidikan berupa:

  • Mencetak generasi islam yang bertafaqquh fiddin.
  • Mencetak generasi islam yang mampu memadukan filosofi islam dan ilmu pengetahuan modern dengan daya nalar berpikir kritis, kreatif, dan inovatif terhadap perkembangan zaman.
  • Mencetak generasi islam yang tangguh dan bermanfaat bagi agama, nusa, dan bangsa.
  • Mencetak generasi islam yang mampu membangun kemakmuran umat.

Mengenai kurikulumnya, pesantren ini memadukan kurikulum pendidikan nasional dan kurikulum pendidikan pesantren dengan titik tekan pada:

  • Pembinaan akhlaq dan budi pekerti.
  • Pemahaman al-Qur’an, hadits, dan kitab kuning.
  • Penguasaan teknologi, sains, dan bahasa.
  • Kemandirian.

Selain kegiatan pembelajan tiap hari, para santri juga akan mengikuti kegiatan mingguan seperti:

  • Setoran hafalan setiap malam rabu.
  • Muhadhoroh setiap malam kamis.
  • Istighosah setiap malam jum’at.
  • Ekstrakulikuler setiap hari sabtu. Adapun ekstrakulikuler tersebut antara lain hadroh, kaligrafi, pramuka, paskibra, tenis meja, futsal, bulu tangkis, paduan suara, dll.

Saat ini Ponpes Al Mas’udiyah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Kebon Kopi No.51, Cibeureum, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat 40535

Website resmi: https://www.instagram.com/pesantrenalmasudiyah/?hl=id

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Cimahi yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

(REVIEW) 9 Pondok Pesantren Terbaik di Bandung (2021)

Tinggalkan komentar