(REVIEW) 7 Pesantren di Cirebon Paling Bagus (2022)

Cirebon atau yang masyhur dengan julukan Kota Udang adalah pusat dakwah pertama islam di Jawa Barat. Kala itu Sunan Gunung Jati menjadi pelopor dakwah islam di tatar Pasundan. Karenanya tak heran jika di Cirebon terdapat banyak pesantren. Nah di tulisan kali ini, kami akan membahas Pesantren di Cirebon yang recommended.

Berikut ulasannya!

Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin

Kredit Foto: Arifin Billah

Pesantren terbaik di Cirebon pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Babakan Ciwaringin. Sejatinya Babakan Ciwaringin bukanlah nama pesantren, melainkan sebuah kampung yang terletak di Kecamatan Ciwaringin, yang mana memiliki banyak pesantren di dalamnya. Tercatat ada lebih dari 40 pesantren yang tersebar di kawasan ini.

Secara umum, tujuan pendidikan di seluruh Pondok Pesantren yang ada di Babakan diarahkan pada upaya membentuk para santri dan pelajar yang memiliki kecerdasan dan menguasai ilmu agama dan umum serta ketrampilan tertentu. Nantinya setiap pesantren tersebut memiliki beberapa bidang spesialiasi. Misalnya ada pondok yang fokus pada Al-Qur’an, Hadits, Fiqih, dll.

Kemudian mengenai pendidikan yang terlaksana, kebanyakan masih menggunakan metode tradisional. Yang mana system pengajarannya menggunakan dua metode, bandongan dan sorogan. Selain itu terdapat juga jenjang pendidikan formal seperti MI, MTS, MA, dan Ma’had Aly yang terletak di kawasan Babakan Ciwaringin.

Adapun pesantren yang paling besar di kawasan ini adalah Pondok Pesantren As-Salafie, Pondok Pesantren Kebon Jambu, dan Pondok Pesantren As-Sanusi.

Alamat lengkap kawasan pesantren: Ds. Babakan, Kec Ciwaringin, Kab Cirebon, Jawa Barat

Website resmi: –

Pondok Pesantren Khas Kempek

Kredit Foto: Pesantren Kempek

Berikutnya adalah Ponpes Kempek. Pesantren ini didirikan pada tahun 1908 oleh Mbah Kyai Harun. Di awal berdiri, pesantren ini hanya mengajarkan kitab kuning dan ilmu shorof. Seiring berkembangnya zaman, pesantren mulai memasukkan pendidikan formal ke dalam kurikulum pembelajaran.

Hingga pada akhirnya kini, Pesantren Kempek melakukan integrasi antara pendidikan umum yang berbasis pada penguasaan teknologi, bahasa, dan humaniora, dengan pendidikan agama, termasuk pendalaman tentang kepercayaan, fiqih atau muamalah, dan tasawuf. Yang mana setiap santri nantinya wajib mondok sekaligus mengikuti pendidikan formal yang tersedia di pesantren. 

Adapun metode pembelajarannya mengambil bentuk perpaduan antara metode tradisional dan modern, yaitu menggunakan sistem pengajian sorogan dan wetonan, untuk metode tradisional serta sistem klasikal terpadu untuk metode pengajaran modern.

Namun, meskipun menerapkan basis pendidikan tradisional, Pesantren Kempek sudah menerapkan manajemen-manajemen modern, termasuk dalam menyediakan wadah bagi para santrinya untuk menuangkan karyanya. Hal ini dapat dilihat dari website resminya yang menyediakan kolom khusus untuk kreasi santri berupa opini, cerpen, puisi, esai, bahkan humor.

Adapun jenjang pendidikan formal yang tersedia:

  • SMP
  • MTS
  • MA
  • SMK
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kempek
  • Sekolah Tinggi Agama Islam Al Jaelani

Adapun biaya lengkapnya bisa cek di link ini

Alamat lengkap pesantren: Jl. Tunggal Pegagan, Desa Pegagan Blok Kempek, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat

Website resmi: https://khaskempek.com/

Pondok Pesantren Al Bahjah

Kredit Foto: Kajian islami

Selanjutnya adalah Ponpes Al Bahjah. Pesantren ini didirikan pada tahun 2010 oleh seorang Dai Nasional yaitu Buya Yahya. Al Bahjah memiliki misi untuk: “Membentuk santri yang memiliki kepribadian yang islami. Baik pola fikir (Aqliyah Islamiyah) maupun pola perilaku (Nafsiyah Aqliyah) sehingga santri memahami dan mampu melaksanakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar.”

Terdapat beberapa program yang diselenggarakan oleh Al Bahjah. Pertama Al Bahjah menghadirkan program pendidikan formal yang mengedepankan hafalan Al-Qur’an di usia 7-15 tahun dengan program SD dan SMP Tahfidzul Qur’an dengan menjadikan hafalan Al-Qur’an sebagai pelajaran terpenting di usia tersebut tanpa harus tertinggal dengan ilmu-ilmu umum.

Kedua, Al Bahjah menyelenggarakan pendidikan SMA untuk anak usia 16-18 tahun. Yang mana tujuannya adalah mengarahkan siswa/santri kepada kecenderungan dan keinginan orang tua, yaitu penekanan pada materi yang menghantarkan mereka untuk menjadi profesional yang dekat dengan Al-Qur’an.

Selain aspek Tahfidz, Al Bahjah juga menekankan aspek kebahasaan. Para santri akan dilatih untuk bisa menguasai Bahasa Arab dan Inggris baik secara pasif maupun aktif.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren:  Jl. Pangeran Cakrabuana No. 179  Kelurahan Sendang, Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon

Website resmi: https://www.albahjah.or.id/

Pondok Pesantren Modern Madinatunnajah

Kredit Foto: Abdul Majid

Berikutnya adalah Ponpes Madinatunnajah. Pesantren ini didirikan pada 14 Pebruari 1989. Pendirinya adalah KH Mahrus Amin. Beliau adalah seorang pejuang agama yang telah berhasil mendirikan Pondok – pondok Pesantren di seluruh Indonesia tidak kurang dari 42 buah.

Sistem pendidikan yang terlaksana di pesantren ini adalah memadukan antara pendidikan umum dan pendidikan agama dengan membekali para santri untuk menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai unggulan. 

Disamping itu para santri juga dibekali dengan berbagai keterampilan, keorganisasian dan kemasyarakatan sesuai dengan visi Ponpes Madinatunnajah yaitu: “Mencetak kader ulama, zu’ama dan aghniya. 

Dengan visi tersebut Madinatunnajah berusaha menerapkan sistem pendidikan terpadu secara klasikal dengan guru-guru yang kompeten dan berbasis pesantren. Sehingga para santri minimal mampu mengajar di lingkungan tempat mereka tinggal.

Untuk mencetak calon pemimpin (zu’ama), para santri dilatih berorganisasi baik di asrama, kelas maupun organisasi santri. Kemudian dalam usaha mencetak calon wiraswastawan – wiraswastawan di masa yang akan datang (aghniya), para santri dibekali dengan berbagai keterampilan seperti agribisnis , komputer dan wawasan kewirausahaan.

Saat ini Ponpes Modern Madinatunnaja menyelenggarakan pendidikan pesantren sekaligus pendidikan formal jenjang MI, MTS, dan MA

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 4.525.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 425.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Cirebon Permai 3 No.370, Kecapi, Kec. Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat 45142

Website resmi: https://www.madinatunnajah.sch.id/

Pondok Pesantren As Sunnah

Selanjutnya adalah Ponpes As Sunnah. Pesantren ini berada di bawah yayasan As Sunnah yang sudah berdiri sejak 1993. Awalnya yayasan ini hanya mengadakan halaqah-halaqah ta’lim dan pengajian rutin. Namun seiring berjalannya waktu, Yayasan ini berkembang dan menyelenggarakan berbagai macam program pendidikan.

Program pendidikan yang tersedia di Pesantren As Sunnah antara lain:

  • Madrasah Tsanawiyah

Di jenjang ini santri ditarget untuk hafal 5 juz Al-Qur’an. Adapun kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan penekanan khusus pada mata pelajaran dan kurikulum diniyah khas Pesantren As Sunnah.

  •  I’dad Lughawy

Program I’dad Lughowi adalah program persiapan Bahasa Arab selama setahun bagi siswa dari sekolah lain yang belum memiliki dasar Bahasa Arab yang cukup baik dan ingin melanjutkan ke MA Assunnah.

  • Madrasah Aliyah

Di jenjang ini santri ditarget untuk hafal 12 juz Al-Qur’an. Adapun kurikulumnya lebih condong terhadap pembelajaran agama seperti ulumul Qur’an, tafsir, hadits, ushul hadits, akhlak, tauhid, ushul fiqh, fiqh, faro’idh, dll. Adapun pelajaran umumnya hanya mempelajari Bahasa Inggris, Matematika, dan PKN

Selain tiga program tersebut, terdapat juga pendidikan formal jenjang TK dan SD.

Sekitar Rp. 16.510.000Biaya masuk MTS
Sekitar Rp. 17.525.000Biaya masuk I’dad Lughowy
Sekitar Rp. 18.005.000Biaya masuk MA
Sekitar Rp. 1.300.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Kalitanjung No.52B, Karyamulya, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45135

Website resmi: https://assunnahcirebon.com/

Pondok Pesantren Buntet Cirebon

Berikutnya adalah Ponpes Buntet. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di Indonesia. Mengenai pesantren tertua yang ada di Indonesia bisa lihat ulasan kami di artikel kami ini. Adapun pendirinya adalah KH Muqoyyim, beliau adalah salah seorang keturunan bangsawan Cirebon. Bahkan di masa itu, beliau adalah Mufti (Hakim) Kesultanan Cirebon.

Sama seperti Pesantren Babakan Ciwaringin, Buntet juga merupakan sebuah kawasan desa yang kini diisi oleh sekitar 50 pesantren. Awalnya pesantren-pesantren tersebut adalah asrama-asrama, namun karena santrinya terus bertambah, maka asrama-asrama tersebut berubah menjadi banyak pesantren. Yang mana seluruh pengurus pesantren tersebut masih keturunan KH Muqoyim.

Jenjang pendidikan yang tersedia di kawasan pesantren ini sangatlah lengkap. Mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan tinggi tersedia di kawasan Buntet. Adapun Kurikulum pendidikannya merupakan hasil perpaduan antara sistem pendidikan nonformal khas pesantren salaf dengan pendidikan formal, baik dari Kemendikbud maupun Kemenag. Selain itu, sistem pendidikannya selalu mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Disini, setiap santri harus mengikuti jenjang pendidikan formal seperti SD, SMP, SMA, hingga universitas jika mampu. Selain itu, mereka pun diwajibkan mengikuti pendidikan nonformal atau materi-materi keislaman yang digelar di masing-masing pesantren.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren:  Buntet Pesantren Desa, Mertapada Kulon, Kec. Astanajapura, Cirebon, Jawa Barat 45181

Website resmi: https://buntetpesantren.id/#

Pondok Pesantren Tahfidz Sabilul Qur’an

Terakhir adalah Ponpes Tahfidz Sabilul Qur’an. Pesantren yang satu ini bisa dibilang masih sangat muda, yakni baru berdiri pada tahun 2016. Namun meskipun pesantren ini terus berkembang dan sudah menunjukkan hasil yang baik dari setiap proses pendidikannya.

Sesuai namanya pesantren ini fokus  mentarbiyah generasi muda agar bersemangat menjadi penghafal Al-Qur’an, sebagaimana Visi nya “Menjadi lembaga pendidikan Islam yang mencerdaskan kehidupan bangsa guna membentuk generasi shohibul qur’an, yang berilmu dan beramal dengan pemahaman salafus shaleh, serta kompeten, terampil, dan berjiwa pemimpin.”

Pesantren ini kini menyelenggarakan rogram pendidikan khusus putra. Jenjangnya adalah enam tahun selepas SD dengan ditambah satu tahun pengabdian. Jika lulusan SMP atau MTs, maka durasi pembelajarannya tiga tahun dengan satu tahun pengabdian.

Kelebihan utama dari pesantren Sabilul Quran Cirebon adalah kompetensi tahfidz Qurannya yang berjumlah 30 juz. Kemudian adalah kemampuan komunikasi bahasa yang aktif menggunakan arab dan inggris. Dan terakhir adalah adanya pendidikan wirausaha. Di pesantren hal ini memang cukup memungkinkan. Apalagi Pesantren Sabilul Quran memiliki banyak unit usaha seperti kantin, aqiqah dan lain sebagainya.

Selain menyelenggarakan pendidikan pesantren, Sabilul Qur’an juga membuka program Taman Qur’an dan SDIT.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 9.900.000Biaya masuk SMP dan SMA
Sekitar Rp. 900.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Sekar Kemuning No. 5, RT/RW 01/13, Kel, Karyamulya, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45135

Website resmi: https://www.sabilulquran.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Cirebon yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 7 Pesantren di Majalengka

7 Pesantren Terbaik di Indramayu

Tinggalkan komentar