(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Demak (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Jika Anda sedang mencari pondok pesantren di Demak, maka tepat sekali jika mampir di artikel ini. Soalnya, kami akan berbagi wawasan mengenai ini.

Harus Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs resmi Kementerian Agama, di Kabupaten Demak terdapat sekitar 107 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 14.697. Jumlah tersebut terbagi menjadi 11.562 santri mukim, dan 3.135 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Bustanu Usysyaqil Qur’an Demak

Ponpes Bustanu Usysaqil Quran
Kredit Foto: Alief Elite

Pesantren terbaik di Demak pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Bustanu Usysyaqil Qur’an. Pesantren ini didirikan oleh seorang ulama’ yang memiliki sejarah dan nasab yang cemerlang. Beliau adalah KH. R. Muhammad, putra dari KH. Mahfudz At Tarmasi, seorang ulama’ jawa yang aktif dalam percaturan pemikiran ulama-ulama Timur Tengah pada abad ke-18 Masehi.

Salah satu keunggulan dari pesantren ini terletak pada bidang menghafal Al Qur’an. Terdapat program khusus menghafal 30 juz secara berjenjang. Setiap santri yang menghafal 5 juz, maka akan melakukan test semaan, begitu pula kelipatannya. FYI, Semaan adalah ujian menalar Al-Qur’an di depan banyak orang.

Kemudian, terdapat pula program qiraah sab’ah. Santri yang mengikuti program ini adalah santri yang memang dianggap mampu oleh pengasuh. Dengan demikian, tidak setiap santri yang telah khatam bil ghoib, melanjutkan ke program ini, metode pengajarannya adalah musyafahah /talaqqi dan santri menulis terlebih dahulu ayat-ayat Al Qur’an yang akan di baca di depan guru.

Selain itu, terdapat juga program madrasah diniyyah. Pada program ini santri akan ditekankan mengkaji kitab-kitab kuning. Madrasah Diniyyah ini terbagi menjadi beberapa kelas, yaitu kelas I, kelas II, kelas III, dan kelas Istimewa (untuk santri yang masih dalam persiapan untuk mengikuti program tahfizh atau sedang menjalaninya).

Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Sunan Kalijaga No.35, Tanubayan, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59517

Website resmi: –

Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen

Kredit Foto: Dhika Mayra

Selanjutnya adalah Ponpes Futuhiyyah. Pesantren yang satu ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Telah berdiri sejak tahun 1901, pesantren ini telah berhasil menghasilkan ribuan santri terbaiknya.

Saat ini kegiatan pendidikan yang dikelola Pesantren Futuhiyyah meliputi pendidikan keagamaan dan umum, pendidikan itu antara lain sebagai berikut: 1). Taman Pendidikan al-Quran (TPA); 2). Taman Kanak-Kanak (TK) masyitoh; 3). Madrasah Ibtidaiyah (MI); 4). Madrasah Tsanawiyah 1 (MTS 1) (putra) dan MTS 2 (putri); 5). Madrasah Aliyah 1 (MA 1) (putra) dan MA 2 (putri); 6). Sekolah Menengah Pertama (SMP); 7). Sekolah Menengah Atas (SMA); 8). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kurikulum yang digunakan di pendidikan formal tersebut mengacu kepada kurikulum Kementerian Agama RI untuk MI, MTS dan MA. Sedangkan untuk SMP menggunakan kurikulum Kemendikbud.

Kemudian, terdapat juga pendidikan non formal. Pendidikan tersebut berupa madrasah diniyyah dan takhassus pendalaman kitab kuning. Pengajian kitab-kitab kuning tersebut menggunakan metode sorogan atau bandongan.

Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Suburan Barat No.31, Mranggen, Brumbung, Kec. Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59567

Website resmi: https://www.futuhiyyah.id/profil/#

Pondok Pesantren Tahfidz Raudlatul Qur’an

Kredit Foto: Evy Mustaghfiroh

Berikutnya adalah Ponpes Tahfidz Raudlatul Qur’an. Pesantren yang satu ini sesuai namanya akan terfokus kepada Tahfidz Al Qur’an. Setiap santri yang lulus dari jenjang SD, maka harus menghafal minimal 5 juz. Adapun yang lulus dari jenjang SMP, maka mesti menghafal minimal 15 juz.

Mengenai kurikulum pendidikannya, pesantren ini mengkolaborasikan pendidikan tahfidz Al-Qur’an dan pendidikan formal sesuai kurikulum pendidikan nasional. Sehingga setelah lulus, anak menjadi manusia yang matang menguasai Ilmu Agama/ Al-Qur’an dan fasih dalam menguasai Ilmu Pengetahuan Teknologi.

Selain itu, ada 3 pondasi pendidikan yang akan dibangun oleh pendidik di pesantren ini. Pertama adalah membangun nilai-nilai keislaman yang moderat ala ahlus sunnah wal jamaah. Kedua adalah menumbuhkan kecintaan terhadap Al Qur’an dengan pembiasaan menghafal dan dijadikan dzikir sehari-hari. Ketiga adalah merangsang kecintaan anak kepada Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta melatih kemampuan berbahasa Asing (bahasa Arab dan Bahasa Inggris).

Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Lingkar Km. 06 No. 7, Mranak, Kec. Wonosalam, Kab. Demak Prov. Jawa Tengah  

Website resmi: https://roudlotulqurandemak.com/

Pondok Pesantren Al Hidayat

Ponpes Al Hidayat Demak
Kredit Foto: Ibtidaiyyah Al Hidayat

Selanjutnya adalah Ponpes Al Hidayat. Sistem Pendidikan di pesantren ini tetap melestarikan system tradisional. Di pesantren ini kegiatan terfokus pada ngaji bandongan, sorogan dan musyawarah serta ditunjang dengan kegiatan belajar mengajar di madrasah.

Adapun kurikulum pendidikan Madrasah AI Hidayat merupakan kombinasi dari mata pelajaran yang diajarkan di pesantren Ploso dan Sarang. Hal itu karena rata-rata guru didik yang ada di madrasah adalah alumni pesantren Ploso dan Sarang yang sebelumnya juga pernah nyantri di PP. Al Hidayat.

Bagi pesantren ini, nilai-nilai pendidikan tidak hanya berfokus pada peningkatan intelektual para santri dalam iImu syariat (ta‘li‘miyah), melainkan juga dalam aspek tarbiyah. Oleh karena itu, selain kegiatan yang berguna untuk mengembangkan intelektual, para santri AI Hidayat sangat dianjurkan untuk mengikuti riyadhah atau tirakat seperti puasa dalail, manaqib, ngrowot, dawuud.

Di Pesantren Al Hidayat juga ada kegiatan ekstrakurikuler berupa pencak silat (PSHT) yang terlaksana setiap hari Iibur yaitu malam Jumat sehingga tidak mengganggu kegiatan wajib. Dua kegiatan ini (tirakat dan pencak silat) dimaksudkan supaya santri siap melakukan amar ma’ruf nahi munkar berjuang menyebarkan agama dan tahan terhadap arus kehidupan yang akan dihadapi setelah boyong dari pesantren.

Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Temuroso, Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59565

Website resmi: –

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Demak

Kredit Foto: Ahmad Zubair

Berikutnya adalah Ponpes Miftahul Ulum. Pesantren yang satu ini bisa dibilang salah satu yang tertua di Demak. Tepatnya pesantren ini berdiri satu tahun setelah kemerdekaan Indonesia, yaitu pada tahun 1946. Selama 75 tahun perjalanannya, pesantren ini terlah berhasil menelurkan puluhan ribu santri terbaiknya.

Dalam pendidikannya, pesantren ini memiliki corak khas NU. Maka tak heran santri-santri Miftahul Ulum memiliki pemahaman aswaja yang sangat kuat. Pengajaran kitab-kitabnya pun sangatlah mendalam.

Selain itu, kini pesantren ini juga telah menyelenggarakan pendidikan formal. Tersedia jenjang pendidikan formal dari tingkat MTS-MA. Fasilitas yang terdapat di pesantren ini pun terbilang cukup lengkap. Selain itu, beberapa ekstrakulikuler pun tersedia bagi para santri yang mengaji di pesantren ini.

Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Diponegoro No.17, Rw. 4, Jogoloyo, Kec. Wonosalam, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59571

Pondok Pesantren Al Falah

Selanjutnya adalah Ponpes Al Falah. Pesantren ini didirikan oleh KH Abdur Rosyid bin Kasnawi pada tahun 1963. Dahulunya pesantren ini bernama Pondok Pesantren Tarbiyatul Athfal, kemudian atas anjuran dari guru sang pendiri yang merupakan Pendiri Pondok Pesantren Miftahul Falah Demak untuk mengubah nama pesantren beliau menjadi Al Falah.

Pesantren ini merupakan pesantren dengan tipe kombinasi, karenanya aktivitas di pesantren ini bermacam-macam. Mulai Salafiyah dengan pembelajaran kitab-kitab salaf, Qur’aniyah dengan mencetak para panghafal qur’an dan lain-lain. Selain itu itu juga aktivitas Madrasah Diniyah mulai tingkatan wustho hingga ulya.

Selain itu, kini pesantren ini juga telah menyelenggarakan pendidikan formal. Tersedia jenjang pendidikan formal dari tingkat MI-MA. Fasilitas yang terdapat di pesantren ini pun terbilang cukup lengkap. Selain itu, beberapa ekstrakulikuler pun tersedia bagi para santri yang mengaji di pesantren ini.

Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Diponegoro, Rw. 2, Jogoloyo, Kec. Wonosalam, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59571

Website resmi: –

Pondok Pesantren Fathul Huda Demak

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Fathul Huda. Pesantren ini berdiri pada tahun 1974, yang didirikan oleh KH. Ma’shum Mahfudzi. Setelah beliau berhasil mendirikan Pondok Pesantren pada tahun 1957, beliau mendirikan Madrasah Diniyah yang pada hakikatnya madrasah diniyyah inilah yang melatar belakangi berdirinya Pondok Pesantren. 

Kemudian beliau mendirikan MI dan akhirnya kira-kira tanggal 12 Januari 1984 beliau mendirikan MTs dengan nama MTs Fathul Huda. Dan hingga saat ini telah terdapat juga pendidikan jenjang MA.

Para pengurus senantiasa berupaya menjadikan santri pesantren ini mempunyai budi pekerti yang baik sesuai dengan ajaran Islam, tekun melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah, santun dalam bertutur dan berperilaku, dan unggul dalam prestasi akademik dan non akademik sebagai bekal melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan atau hidup mandiri.

Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai informasi biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Karanggawang, Sidorejo, Kec. Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59563 Website resmi: https://www.mtsfathulhuda.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Demak yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 9 Pesantren Terbaik di Kudus

Rekomendasi 7 Pesantren Terbaik di Grobogan

Tinggalkan komentar