Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Depok (2022)

Kota kecil di dekat ibukota Jakarta memiliki cukup banyak pesantren. Anda sedang mencari pondok pesantren di Depok? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Depok terdapat sekitar 49 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 9.793. Jumlah tersebut terbagi menjadi 8.753 santri mukim, dan 1.040 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Al Hamidiyah

Ponpes Al Hamidiyah Depok
Kredit Foto: Hayatul Islam

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Hamidiyah. Pesantren ini didirikan pada 17 juli 1988 oleh KH. Achmad Sjaichu. Ciri khas Al-Hamidiyah adalah pesantren nahdhatul ulama atau biasa disebut nahdiyin. Karena sang pendiri, sudah terkenal dengan sepak terjangnya di ormas Islam terbesar indonesia tersebut.

Tetapi, ada yang istimewa dari Al-Hamidiyah ini, selain kental dengan budaya nahdiyin, para santri Al Hamidiyah juga dibekali dengan penguatan pendidikan karakter yang menjadi fokus utama, khas pesantren modern.

Identitas Al Hamidiyah adalah kolaborasi dari 3 poin utama pondok pesantren. Yakni bahasa arab, Al-Qur’an, dan kitab kuning klasik. Pembelajaran bahasa arab yang ada di Al-Hamidiyah ini meliputi durusul lughoh, mothola’ah, hadist, imla, nahwu shorof dan imriti. 

Porsinya juga tidak sebanyak pelajaran kitab kuning klasik, hanya beberapa yang utama, seperti matan taqrib, khulasoh nurul yaqin, bulughul marom, jawahirul kalamiyah, dan masih banyak lagi. Sedangkan, untuk penyempurnaan kurikulum, para santri mempelajari tahqiq/tahfidz qur’an, tajwid, dan bin nadzhor ataupun tilawah.

Bahkan, meskipun para santri sudah mahir berbahasa arab dan inggris, para pengurus masih terus melakukan pengembangan dan perbaikan kualitas pondok pesantren, yaitu melakukan kerjasama dengan Cambridge University Press. 

Saat ini pesantren Al Hamidiyah menyelenggarakan pendidikan dari tingkat TK-Perguruan tinggi. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Raya Sawangan Depok Jl. Raya Sawangan No.KM.2 No.12, Rangkapan Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16435

Website resmi: https://www.al-hamidiyah.sch.id/

Pondok Pesantren Qatrun Nada

Ponpes Qotrun Nada
Kredit Foto: Marfudin

Selanjutnya adalah Ponpes Qatrun Nada. Pesantren ini merupakan salah satu pondok pesantren terbaik yang identik dengan warna hijaunya, mulai dari gedung, seragam batik, hingga kaos olahraganya. Pesantren ini sudah berdiri sejak tahun 1996.

Identitas Pesantren ini adalah salafiyah, mengaji kitab. Namun seiring perkembangan zaman dan juga menjawab kemajuan teknologi yang ada, maka Pondok Pesantren Qotrun Nada Depok memodernisasikan kurikulum pendidikannya.

Modern berarti adanya pembentukan karakter santri yang lebih kuat, penggunaan bahasa bilingual aktif (bahasa arab dan inggris) dan juga dikombinasikan dengan kurikulum kementrian agama. Namun, Pesantren ini tetap tidak meninggalkan ciri khas pesantren nahdhatul ulama, seperti wirid, dan bacaan-bacaan rattibul haddad lainnya.

Pesantren ini selain menyediakan pendidikan formal, pondok juga mengadakan 2 program pendidikan khusus. Yaitu kelas tahfidz Al-Qur’an dan kelas tafaqquh fid din. Kelas tahfidz Qur’an adalah khusus bagi para santri yang ingin mengahafal Al-Qur’an. Dan hasilnya pun sangat bagus. Sudah ada beberapa santri yang mampu menyelesaikan hafalannya hingga 30 juz.

Yang kedua adalah kelas tafaqquh fid din atau kelas memperdalam ilmu agama. Bagi para santri yang ingin memperdalam ilmu agamanya, maka bisa masuk kelas ini. Di program ini para santri belajar kitab kuning klasik, yang disesuaikan dengan jenjang pendidikannya. Dari awal kemudian lanjutan hingga ke kitab tertinggi.

Saat ini Ponpes Qotrun Nada turut menyelenggarakan pendidikan tingkat MTS dan MA. Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 6.000.000
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 600.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Qotrun Nada No.01, Cipayung Jaya, Kec. Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat 16437

Website resmi: https://qotrunnada-depok.ponpes.id/

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Depok

Ponpes Madinatul Quran Depok
Kredit Foto: Naufal Alifianto

Berikutnya adalah Ponpes Madinatul Qur’an. Pesantren ini berawal dari kegiatan rutin kajian keislaman (Halaqah), maka lahir sebuah gagasan untuk mendirikan yayasan keagamaan dan sosial yang bergerak dalam bidang pendidikan keislaman dan pelayanan keumatan.

Kini, pesantren ini menyelenggarakan pendidikan yang diperuntukan bagi para mahasantri (khusus laki-laki) dengan program intensif tahfizh Al-Quran dan Dirosah islamiyah. Program berlangsung selama dua tahun (pendidikan) dan satu tahun (pengabdian).

Selain itu pesantren juga menyelenggarakan Pendidikan formal dari mulai tingkat dasar dan menengah dengan menekankan keseimbangan kurikulum tahfizh, ilmu keislaman dan akademik dinas pendidikan.

Pesantren ini memiliki akumulasi dari empat kurikulum. Yaitu kurikulum pesantren seperti belajar ilmu Aqidah, ulumul Quran, Tafsir, Fiqh, dan lain sebagainya. Sehingga pengetahuan tentang Islam dimiliki dengan baik.

Kedua adalah kurikulum diknas. Yang dipelajari adalah pendidikan pokok. Kemudian kurikulum tahfidz Quran. Di pesantren ini sudah disetting selama enam tahun hafal 30 juz. Setiap tahun sekian juz sebagai syarat sekolah. Keempat adalah ektrakulikuler yang cukup variatif.

Saat ini Ponpes Madinatul Quran turut menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP dan SMA. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Al Hidayah No.20, RT.05/RW.02, Jatimulya, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat 16413

Website resmi: https://www.madinatulqurandepok.com/

Pondok Pesantren Al Karimiyah Depok

Ponpes Al Karimiyah Sawangan
Kredit Foto: Misbah Abdillah

Selanjutnya adalah Ponpes Al Karimiyah. Pesantren ini didirikan pada tahun 1990 dibawah pengasuh KH. Dr.KH.Ahmad Damanhuri. Selama perjalanannya, pesantren ini telah melahirkan ribuan alumni yang berkiprah di berbagai bidang di tengah-tengah masyarakat, serta kekuatan efektif yang dimilikinya untuk menggerakkan pondok pesantren yang dipimpinnya.

Pesantren Al-Karimiyah memadukan kurikulum pesantren dan Kementerian Agama yang memiliki pendidikan formal dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi yaitu MI Al-Karimiyah, MTs Al-Karimiyah, MA Al-Karimiyah, dan STAI Al-Karimiyah.

Dalam pembelajarannya menggunakan kurikulum Kementerian Agama yang diperkaya dengan kurikulum khusus diantaranya Pesantren, bahasa arab, Tahfidz Al-Qur’an, dan Ekstrakurikuler.

Adapun sarana dan prasarana yang tersedia untuk menunjang pendidikan di pesantren ini antara lain: ruang kantor, berbagai laboratorium, unit kesehatan sekolah, aula, perpustakaan, sarana olahraga, kantin sekolah, masjid, dll. Selain itu terdapat juga ragam ekstrakulikuler seperti: pmr, marawis, kaligrafi, pramuka, muhadharah, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. H. Maksum No.23, Sawangan Baru, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16511

Website resmi: –

Pondok Pesantren Almanar Azhari Islamic Boarding School

Kredit Foto: Almanar Azhari

Berikutnya adalah Ponpes Almanar. Pesantren ini didirikan oleh KH Manarul Hidayat di daerah Limo Depok pada tahun 2005. Ponpes ini menawarkan alternatif sistem sekolah berasrama tetapi dengan nilai tambah kurikulum keislaman dengan standar internasional.

Dalam pendidikannya, pesantren ini mengaplikasikan kurikulum terpadu, yaitu kurikulum Pendidikan Nasional (lokal) yang diselaraskan dengan Kurikulum Cambridge (Internasional) dan kurikulum dari Al-Azhar Cairo pada muatan Islamic Studiesnya.

Tujuan akhir dari proses pembelajaran adalah menjadikan santri sebagai pusat pengembangan potensi untuk dapat mempersiapkan diri bagi masa depannya, dengan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan values santri, yang terinci dalam 4 orientasi.

Orientasi tersebut antara lain cultural orientation, academic & career orientation, personal orientation dan social orientation dengan spiritual orientation sebagai fondasi utama dan terintegrasi ke dalam kurikulum dan program-program lainnya.

Adapun sarana dan prasarana yang tersedia untuk menunjang pendidikan di pesantren ini antara lain: ruang kelas dan asrama ber AC, ruang kantor, berbagai laboratorium, studio musik, aula, perpustakaan, sarana olahraga, kolam renang, masjid, dll. Selain itu terdapat juga ragam ekstrakulikuler seperti: English club, Arabic club, kaligrafi, fotgrafi, berbagai olahraga, dll.

Saat ini Ponpes Almanar turut menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP dan SMA. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Limo Raya Jl. Pelita No.10, Limo, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat 16515

Website resmi: http://almanar-azhari.org/

Pondok Pesantren Darus Shalihin Depok

Pesantren Modern di Depok (Darus Sholihin)

Selanjutnya adalah Ponpes Darus Shalihin. Pesantren yang didirikan oleh Dr KH Dimyati Badruzzaman ini identik dengan aspek al Quran. Yaitu memiliki pendidikan dari mulai tilawah, yaitu membaca, tadarus. Kemudian tahfidz Quran, yaitu menghafal. Kemudian yang ketiga adalah belajar tafsir Al Quran.

Di pesantren ini pendidikan formal yang tersedia adalah SMP yang merujuk kepada diknas, serta Madrasah Aliyah yang merujuk kepada kementrian agama. Dua pendidikan ini tersedia untuk putra dan putri.

Sedangkan untuk pendidikan di pesantren memiliki kajian pada beberapa bidang pokok, tarikh, akhlaq, fiqh, tauhid, hadist, dan ubudiyah. Dari hal ini terlihat jika dasar-dasar agama Islam dipelajari. Sedangkan untuk bahasa arab menggunakan Jurumiyah.

Nah di aspek Al Quran cukup banyak, yaitu tajwid, ada ilmu al Quran, ilmu Qiroat di mana santri belajar tujuh jenis cara membaca Al Quran, ilmu tafsir.

Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk seluruh jenjang: sekitar Rp. 15.000.000
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 1.250.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. H. Sulaiman No. 3, Bedahan, Sawangan, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16519

Website resmi: http://darussholihin.sch.id/

Pondok Pesantren Modern Nurussalam

Ponpes Modern Nurussalam
Kredit Foto: Pondok Pesantren Nurussalam

Berikutnya adalah Ponpes Modern Nurussalam. Pesantren ini baru berdiri pada tanggal 27 Rabiul Awwal 1436 H yang bertepatan pada tanggal 18 Januari 2015. Adapun pendirinya adalah Buya H. Effendi Muhajir, seorang pengusaha properti dan pertahanan.

Pembelejaran di pesantren ini menggunakan Kurikulum Kulliyatul Madrasah Islamiyah (KMI) Nurussalam. Kurikulum ini merupakan modifikasi dan sintesa dari beberapa kurikulum; yaitu kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kurikulum 2013), dan kurikulum internal pesantren. Untuk pelajaran  umum : seperti matematika, fisika, kimia, biologi, sejarah, ekonomi dan sebagainya menggunakan kurikulum 2013.

Untuk pelajaran agama menggunakan kurikulum Pondok Modern Gontor, dan kurikulum pesantren salaf (tradisional) yang memiliki ciri khas dengan pengajian kitab-kitab Islam klasik (kitab kuning). Selain itu, terdapat juga berbagai kegiatan ekstra kurikuler dalam beberapa bidang, antara lain: IT (informasi dan teknologi), keterampilan, life skill, kesenian, organisasi, olahraga dan lain-lain.

Saat ini Ponpes Modern Nurussalam turut menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP dan SMA. Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk jenjang SMP: sekitar Rp. 14.000.000
  • Biaya masuk jenjang SMA: sekitar Rp. 16.000.000
  • Biaya bulanan jenjang SMP: sekitar Rp. 1.500.000
  • Biaya bulanan jenjang SMA: sekitar Rp. 1.700.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl Madrasah No. 86 RT 1 RW 5 Kp. Panggulan Kel. Pengasinan, Kec. Sawangan Kota Depok Jawa Barat 16518

Website resmi: https://nurussalam.or.id/

Pondok Pesantren Hidayatullah Depok

Kredit Foto: Pesantren Hidayatullah Depok

Selanjutnya adalah Ponpes Hidayatullah. Pesantren ini  dirintis sejak tahun 1989. Kegiatan pertama dimasa perintisan berupa penggarapan lahan dan shilaturrahim kepada masyarakat sekitar Tahun 1990, yang dimulai pendirian masjid dan dinamakan masjid Ummul Quro, dengan harapan masjid tersebut menjadi pusat kegiatan bagi santri dan masyarakat sekitar Pondok. 

Pesantren ini hadir lewat program pendidikannya mendesain sekolah integral berbasis tauhid dengan model full day dan boarding school. Model seperti ini diharapkan akan lebih maksimal dalam beribadah dan belajar, karena lingkungan yang ada adalah lingkungan yang Islamiah Alamiah dan Ilmiah.

Selain itu para pengurus senantiasa membimbing santri tidak hanya memahami ilmu, tetapi juga mengikat makna, sehingga karakter santri terbentuk untuk senang beribadah, beramal shaleh dan berperilaku baik.

Saat ini kegiatan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok berfokus pada kegiatan pendidikan yang telah menyelenggarakan pendidikan Beby Hause, Play Grup, TK, SD, SMP, MA DAN STIE (Fullday dan Boarding)

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Kalimulya, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat 16413

Website resmi: https://hidayatullahdepok.org/

Pondok Pesanten Mahasiswa Al Hikam

Pesantren Mahasiswa Al Hikam Depok
Kredit Foto: Zeamisquen

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Mahasiswa Al Hikam Depok. Pesantren ini berdiri pada 4 Shafar 1432 Hijriyah bertepatan dengan 9 Januari 2011. Awal berdirinya Pesantren Mahasiswa Al-Hikam digagas oleh KH. A. Hasyim Muzadi, terinspirasi dari Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang yang telah beliau dirikan pada tahun 1992. 

Karena khusus mahasiswa, pelajaran pesantren disesuaikan dengan kegiatan mahasiswa. Pelajaran pesantren hanya selepas shalat Subuh dan shalat Maghrib, sehingga tidak meng ganggu aktivitas kampus.

Selain kegiatan harian pesantren berupa dirasah bakda Subuh dan dirasah bakda Maghrib ini, ada juga pengajian mingguan setiap malam Ahad. Selain itu, ada juga pengajian malam Jumat dan istighosah.

Setiap bulan, ada khatmil Alquran dan pengajian akhir bulan. KH Hasyim juga hadir setiap bulannya untuk memberikan tanbih ‘am (nasihat secara umum). Sekali setahun, santri juga diberikan harlah, rihlah, dan orientasi santri.

Lulusan pesantren diharapkan mampu memahami dan mengamalkan syariat Islam dengan baik dan benar, taat beribadah, berdoa dan berusaha, memiliki etos kerja keras, cerdas, serta bekerja dengan ikhlas. Selain itu santri diharapkan mampu memperlihatkan prestasi yang tinggi dalam bidang ilmu yang mereka tekuni.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. H. Amat No.21, Kukusan, Rusunawa, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Depok yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

7 Pesantren Terbaik di Jakarta Timur

Tinggalkan komentar