(REVIEW) Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Gresik (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pondok pesantren di Gresik? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Gresik terdapat sekitar 94 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 23.551. Jumlah tersebut terbagi menjadi 12.837 santri mukim, dan 10.674 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Al Furqon Gresik

Kredit Foto: Misbachul Khoiruddin

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Furqon. Pesantren ini memiliki visi Menjadi lembaga pendidikan yang barokah, berasaskan al-Qur’an dan hadits dengan pemahaman salaf shalih dalam aqidah, ibadah, akhlaq dalam tatanan kehidupan bermasyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seperti pondok pesantren pada umumnya yang terdapat pendidikan di dalamnya. Pondok Pesantren al-Furqon al-Islami menyelenggarakan program pendidikan kesetaraan di bawah Kementerian Agama RI dari semua jenjang. Program pendidikan yang terselenggara di bawah Yayasan Al-Furqon dan terbagi menjadi tiga kategori yakni formal dan informal,

Untuk formal Al Furqon menyelenggarakan pendidikan Tingkat dasar MSU (Madrasah Salafiyah Ula), Tingkat menengah MSW (Madrasah Salafiyah Wustha), dan Tingkat Atas Marhalah Tsanawiyah. Keseluruhan program ini akan mendapatkan ijazah paket.

Adapun informal berupa Marhalah Takhasus Ilmi, program ini merupakan persiapan Bahasa dan dasar Agama untuk santri lulusan SMA dengan tujuan agar bisa melanjutkan ke jenjang Ma’had Ali Al-Furqon dan lainnya. Kemudian ada Ma’had Ali yang merupakan program untuk pembinaan kader Dai yang berilmu syar’i dan berakhlaq mulia dan siap terjun berdakwah ke masyarakat Indonesia.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk semua jenjang: sekitar Rp. 3.450.000 (sudah termasuk spp bulan pertama)
  • Biaya bulanan SMP-SMA: sekitar Rp. 450.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Desa Srowo, RT 2 / 1, Purwodadi, Kec. Sidayu, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61153

Website resmi: https://www.alfurqongresik.com/

Pondok Pesantren Darul Atsar

Ponpes Darul Atsar Gresik
Kredit Foto: Masden

Selanjutnya adalah Ponpes Darul Atsar. Pesantren ini berdiri sekitar tahun 2007. Pesantren ini adalah pesantren yang mendidik generasi Islam dengan pendidikan berdasarkan al-Qur’an dan as Sunnah yang shohihah dengan pemahaman salafus sholih yaitu pemahaman shahabat dan para pengikut mereka dalam kebaikan.

Secara umum pesantren ini masih melestarikan gaya pondok pesantren tradisional salafiyah. Sebagai pondok pesantren tradisional maka Darul Atsar memiliki sistem kajian secara sorogan, metode sorogan inilah yang kemudian menjadi ciri khas pendidikan yang ada di Pesantren ini.

Ada lima program belajar di Pondok Pesantren Darul Atsar, antara lain: Marhalah Ula (Setingkat  SD), Marhalah Wustha (Setingkat  SMP), Marhalah ‘Ulya (Setingkat  SMA), Marhalah Jam’iyyah (Setingkat  Perguruan Tinggi) dan Takhossus Tahfizhul Qur’an (TTQ). Program belajar ini juga dilengkapi dengan paket sekolah yang mana para santrinya juga akan mendapatkan ilmu-ilmu dasar lainnya dan tentunya juga akan mendapatkan ijazah.

Sebelum seorang santri dapat masuk dalam lima program belajar tersebut, maka santri tersebut akan melewati sebuah tes sesuai dengan kemampuannya.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Deandles, Banyu Tengah, Banyutengah, Kec. Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61156

Website resmi: https://www.darulatsar.ponpes.id/

Pondok Pesantren Al Bayyinah Gresik

Berikutnya adalah Ponpes Al Bayyinah. Pesantren ini merupakan pesantren pimpinan Al-Ustadz Abu Ilyas Agus Suaidi yang masyhur dengan sebutan Ustadz Agus. Beliau mendirikan pesantren ini tepatnya pada tahun 2005.

Sekolah formal tersedia di pesantren ini, artinya tidak memiliki ijazah yang diakui oleh pemerintah karena prinsipnya lebih diutamakan pendidikan dalam bidang keagamaan, serta kurikulumnya seutuhnya pesantren sendiri yang mengelola.

Namun tidak menjadi pelarangan bagi santri jika menginginkan untuk sekolah formal atau diikutinya ujian paket sekolah formal berada di luar pondok bertujuan memiliki ijazah agar bisa terakui pemerintah.

Pesantren yang kental dengan corak salafy ini memiliki beberapa program pendidikan yang menyesuaikan dengan umur santri. Antara lain Ma’had Tarbiyatus Syabab (MTS), Ma’had Tarbiyatun Nisa’ (MTN), Ma’had Tahfidzil Quran (MTQ), 4. Ma’had Tarbiyatul Fata (MTF), dan Ma’had Tarbiyatul Athfal (MTA).

Program MTS dan MTN merupakan program bagi santri dengan usia maksimal 16 tahun. Pada program ini terdapat dua jurusan, yaitu jurusan diniyah dan lughah. Adapun program MTQ, merupakan program menghafal Qur’an bagi anak usia 8-12 tahun. Adapun MTF adalah program (pemutqinan hafalan) dan ilmu agama, program tersebut akan santri tempuh selama 3 tahun.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. R.M. Said No.06, Sedagaran, Kec. Sidayu, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61153

Website resmi: –

Pondok Pesantren Ushulul Hikmah Al Ibrohimi

Ponpes Ushulul Hikmah Al Ibrohimi
Kredit Foto: Ponpes Ushulul Hikmah Al Ibrohimi

Selanjutnya adalah Ponpes Ushulul Hikmah. Pendiri pesantren ini adalah KH. Ahmad Chusnan Abdullah. Pada mulanya beliau mengawali pendirian pondok dengan mengadakan kegiatan mengaji yang dilakukan di rumahnya.

Sejak berdirinya sampai sekarang, pesantren ini masih tetap menggunakan sistem salafiyah yaitu hanya mengkaji kitab-kitab kuning saja. Namun sekarang ini proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Ushulul Hikmah Al Ibrohimi dilaksanakan secara klasikal dan non klasikal, juga didirikan keterampilan dan pendidikan berorganisasi. Kemudian pada tingkatan tertentu diberikan sedikit pengetahuan umum.

Seiring berkembangnya waktu, pesantren ini kini memiliki 4 unit pendidikan formal dan 3 unit pendidikan informal. Untuk pendidikan formalnya antara lain Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Ibrohimi, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Ibrohimi, Madrasah Aliyah (MA) Al Ibrohimi, dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT).

Adapun pendidikan informalnya berupa Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Al Ibrohimi, Madrasah Diniyah Al Ibrohimi, dan Tahfidhul Qur’an.

Selain itu terdapat juga program penunjang bagi para santri yang merupakan kegiatan rutin harian atau pekanan untuk penguatan mental spiritual santri. Antara lain: Istighotsah, Tahlil, Rotib Al Haddad, Kasidah Burdah, Munfarijah, Hizib Nahdlotul Wathon, dll.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Makam Dalem Manyar, Peganden, Manyarejo, Kec. Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61151

Website resmi: https://pondok-pesantren-ushulul-hikmah-al-ibrohimi.business.site/

Pondok Pesantren Daruttaqwa Gresik

Berikutnya adalah Ponpes Daruttaqwa. Pesantren ini secara resmi berdiri pada tahun 1987. Pendirinya adalah seorang Kyai yang bernama KH. Munawar Adnan Kholil. Secara umum, pesantren ini mengadopsi pola pendidikan kombinasi antara tradisional dengan pendidikan formal. Kemudian santrinya hanya para pria

Secara pendidikan formal pesantren ini memiliki jenjang pendidikan yang sangat lengkap, dari jenjang TK hingga MA, bahkan ada sekolah tinggi di pesantren ini. Untuk akreditasinya beberapa masih B, seperti SMP, MA, dan Tsanawiyah. Adapun pendidikan informalnya sama seperti pesantren pada umumnya yang menyelenggarakan program Madrasah Diniyah dan Tahfidz.

Untuk kegiatannya, setiap sore setiap santri akan belajar diniyah. Dari selepas subuh ada pembelajaran kitab kuning. Kemudian malamnya ada ngaji Al Quran, bahsul masail dan kegiatan pendalaman keislaman.

Ekstra kulikulernya juga cukup banyak, dari tata boga, jurnalistik, istighosah. Memang ini merupakan pesantren dengan model seperti pesantren NU lainnya. Jubah putih sesekali menjadi pakaian formalnya.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Kyai H. Syafiꞌi No.42, Suci, Kec. Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 6115

Website resmi: http://ppdt.or.id/

Pondok Pesantren Mambaus Sholihin

Kredit Foto: Hisyam Qusyairi

Selanjutnya adalah Ponpes Mambaus Sholihin. Pesantren ini dirintis oleh ayahanda KH. Masbuhin Faqih, yaitu Al Maghfurlah Al Mukarrom KH. Abdullah Faqih Suci pada sekitar tahun 1969. Mulanya pesantren ini berupa surau kecil untuk mengaji AI-Qur’an dan Kitab Kuning di lingkungan desa Suci dan sekitarnya.

Secara umum pesantren ini mengadopsi kurikulum perpaduan sistem Salaf-Modern. Yang mana kurikulumnya merupakan perpaduan antara tiga Pondok Pesantren yang menjadi kiblat aktivitas keseharian di Mamba’us Sholihin.

Ketiga Pesantren tersebut antara lain; Pondok Modern Gontor. Gontor merupakan kiblat Mamba’us Sholihin dalam hal Penguasaaan Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Mamba’us Sholihin juga mengadopsi sistem keorganisasian sosial kemasyarakatan sebagaimana yang diterapkan di Pondok Modern Gontor.

Kemudian Pondok Pesantren Langitan sebagai kiblat Mamba’us Sholihin dalam hal kurikulum Salafiyahnya. Dalam Hal Ubudiyahnya, Mamba’us Sholihin berkiblat ke Pondok Pesantren Roudhotul Muta’allimin Sawahpolo Surabaya.

Kini pesantren ini memiliki beberapa unit pendidikan formal. Antara lain Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Ibtidaiyyah, dan Roudlotul Athfal. Selain itu terdapat juga jenjang perguruang tinggi berupa Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA).

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk MI: sekitar Rp. 2.031.000
  • Biaya masuk MTS dan MA: sekitar Rp. 3.350.000
  • Biaya bulanan semua jenjang: sekitar Rp. 500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Kyai H. Syafiꞌi No.42, Suci, Kec. Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 6115

Website resmi: https://mambaussholihin.net/

Pondok Pesantren Maskumambang

Ponpes Maskumambang Gresik
Kredit Foto: Ropat Arofat

Berikutnya adalah Ponpes Maskumambang. Pesantren ini didirikan oleh KH. Abdul Djabbar (Ngabidin) pada tahun 1859 M. Pesantren ini merupakan pondok pesantren tertua di Gresik yang didirikan setelah Pondok Pesantren Qomarudin di Bungah yang berdiri pada tahun 1773.

Kurikulum yang digunakan di pesantren ini adalah kurikulum gabungan yaitu dengan menggabungkan antara kurikulum madrasah dengan kurikulum pesantren. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mempertahankan kurikulum pesantren dan mengadopsi kurikulum madrasah

Selain itu dalam menunjang system belajar dan mengajar agar efektif dan kondusif maka pesantren ini menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Antara lain Ruang kelas nyaman dilengkapi dengan LCD Proyektor, Sarana Prasarana Olahraga, Perpustakaan, Lingkungan asri, Laboratorium Komputer,  Ruang Bahasa, Ruang Micro Teaching, Jaringan Internet, Kantin Sehat, Workshop, Auditorium, dll.

Selain itu terdapat juga beberapa ekstrakulikuler seperti Archery Club, Beladiri, Futsal, Graphic Design, Pramuka, Karya Ilmiah Remaja (KIR), Menjahit, Kuliner, dll.

Saat ini Ponpes Maskumambang menyelenggarakan pendidikan formal dan informal. Pendidikan formalnya berupa Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menengah Kejuruan. Adapun pendidikan informalnya berupa Madrasah Diniyah.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Raya Sembungan Kidul, Kalirejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61155

Website resmi: https://maskumambang.ac.id/

Pondok Pesantren Qomaruddin

Pesantren Qomaruddin Gresik
Kredit Foto: Achmad Sulthon

Selanjutnya adalah Ponpes Qomaruddin. Pesantren ini berdiri pada tahun 1773, karenanya pesantren ini menjadi pesantren tertua yang ada di Gresik. Adapun pendirinya adalah Kyai Qomaruddin.

Pesantren ini memiliki visi “Pusat Pembentukan Generasi Ulul Albab yang Berwawasan Pesantren, Berakhlaqul Karimah dan Peduli Terhadap Pemberdayaan Masyarakat”. Adapun tujuan pendidikannya adalah Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, meningkatkan pengetahuan agama dan umum, serta membekali santri dengan pengetahuan yang dapat digunakansebagai bekal di kehidupan yang akan datang.

Kurikulum yang digunakan di pesantren ini adalah kurikulum gabungan yaitu dengan menggabungkan antara kurikulum madrasah dengan kurikulum pesantren. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mempertahankan kurikulum pesantren dan mengadopsi kurikulum madrasah

Akan tetapi pendidikan kitab kuning masih menjadi program wajib di pesantren ini. Di sini kitab-kitab kuning dipelajari dalam bentuk klasikal Madrasah Diniyah. Kegiatan belajar mengajar terlaksana setiap ba’ada Maghrib, kecuali pada hari Kamis dan Jum’at.

Proses belajar mengajar juga dikelompokkan menjadi beberapa kelas tergantung dari kemampuan menulis dan membaca bahasa Arab Santri.

Saat ini Ponpes Qomaruddin menyelenggarakan pendidikan pesantren dan formal. Pendidikan formalnya berupa PAUD, TK, Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Assa’adah, MTs Ma’arif NU Assa’adah I, MTs Ma’arif NU Assa’adah II, MA Ma’arif NU Assa’adah, SMA Ma’arif NU Assa’adah, SMK Ma’arif NU Assa’adah, Insitut Agama Islam Qomaruddin, Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin, serta Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Qomaruddin.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Dusun Sampurnan No, Gresik, RT.12/RW.04, Bungah, Kec. Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61152

Website resmi: https://www.qomaruddin.com/

Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Gresik

Ponpes Ihyaul Ulum Gresik

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Ihyaul Ulum. Pesantren ini Berdiri Sejak 1 Januari 1951. Pendirinya adalah seorang ulama yang cukup dikenal di daerah Kabupaten Gresik dan sekitarnya, beliau bernama KH. Ma’shum Sufyan. Awalnya pesantren ini murni hanya menjalankan kurikulum pesantren, namun seiring berjalannya waktu pesantren ini mulai mengadakan pendidikan formal.

Lembaga pendidikan formal di Ihyaul Ulum menerapkan kurikulum nasional, namun masih berbasis pondok pesantren yang salafiyah, dimana para santri bersekolah dengan dituntut untuk tetep mengaji setiap harinya.

Terdapat santri mukim dan ada yang tidak bermukim di pondok, akan tetapi santri yang tidak bermukim tetap mengikuti pengajian-pengajian yang diselenggarakan pondok. Di Ihyaul Ulum terdapat beberapa pendidikan formal, antara lain Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi terkait rincian biaya pendaftaran dan biaya bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Timur Pasar, 121, Dukunanyar, Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61155

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Gresik yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 7 Pesantren di Banyuwangi

Tinggalkan komentar