(REVIEW) Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Indramayu (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari referensi untuk menyekolahkan anak Anda ke Pondok Pesantren di Indramayu? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Indramayu terdapat sekitar 66 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 20.359. Jumlah tersebut terbagi menjadi 14.916 santri mukim, dan 5.443 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Darul Maarif

Ponpes Darul Maarif Kaplongan Indramayu
Kredit Foto: Darul Maarif

Pesantren terbaik di Indramayu pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Maarif. Secara umum pesantren ini merupakan pesantren bernafaskan Nahdhatul Ulama. Kemudian Nuansanya adalah salafi modern.

Di mana secara pendidikan tidak lagi full salaf seperti pesantren kitab kuning, namun sudah mengkombinasikan dengan pendidikan formal berbasis kurikulum nasional dan pembelajaran bahasa Arab dan Inggris. 

Ada beberapa keunggulan di pesantren ini, antara lain:

  • Penguasaan kitab kuning. Rasanya bukan pesantren NU kalau tidak bisa membaca dan memahami kitab kuning dengan lancar, karenanya nahwu sharf adalah ilmu alat yang wajib dikuasai.
  • Menguasai kemampuan berbahasa Arab dan Inggris. Ini tentu menjadi ciri khas pesantren modern.
  • Identitas Al-Qur’an. Setiap santri di pesantren ini diwajibkan memiliki bacaan Al Quran yang fasih. 
  • Memiliki ibadah khas ala ahlus sunnah wal jama’ah, yaitu ala Nahdhatul Ulama. Di antara yang menjadi rutin adalah ratibul haddad, yaitu dzikir dan doa yang disusun oleh Habib Muhammad Al Haddad. 

Saat ini Ponpes Darul Maarif memiliki pendidikan jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Adapun rincian biayanya:

Biaya masuk SD Sekitar Rp11.700.000
Biaya masuk SMPSekitar Rp12.200.000
Biaya masuk SMKSekitar Rp15.000.000
Biaya masuk SMASekitar Rp12.500.000
Biaya bulanan SD-SMASekitar Rp. 1.100.000
Biaya bulanan SMKSekitar Rp. 1.285.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Kaplongan, Kaplongan Lor, Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45283

Website resmi: https://darulmaarif.net/

Pondok Pesantren Cadangpinggan

Kredit Foto: Mawahib

Selanjutnya adalah Ponpes Cadangpinggan. Pesantren ini memiliki sebuah visi besar yaitu ” Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketaqwaan, dengan berbekal ilmu agama penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki keterampilan tertentu”.

Ada dua program unggulan pondok pesantren Cadangpinggan Indramayu. Antara lain

  • Pendidikan Al Quran. Di pesantren ini studi Al Quran merupakan salah satu pendidikan utama untuk para santri.
  • Penguasaan kitab kuning. Yaitu kajian kitab kuning disertai kemampuan membaca kitab. Sehingga santri bisa menguasai ilmu nahwu shorf sebagai alat untuk membaca kitab gundul.

Kemudian di pesantren ini kegiatannya tertata rapi. Selepas subuh dilaksanakan yang namanyA kajian Al Quran dan kitab kuning. Nantinya pagi hingga dhuhur ada sekolah formal. Pukul 14:30 hingga 16:00 ada yang namanya madrasah arobiyah.

Sore hari selepas ashar santri akan ngaji sorogan. Yaitu ngaji kitab. Adapun malam hari akan dilaksanakan dirasah Qur’an, plus bimbingan belajar.

Saat ini Ponpes Cadangpinggan menyelenggarakan beberapa pendidikan formal, antara lain:

  • Madrasah Tsanawiyah
  • Madrasah Aliyah
  • SMK Jurusan Teknik Otomotif

Untuk biaya pendidikannya:

Biaya masukSekitar Rp. 3.500.000
Biaya bulananSekitar Rp. 600.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. By Pass Kertasemaya No.Km 37, Gedangan, Sukagumiwang, Indramayu Regency, West Java 45274

Website resmi: https://pesantrencadangpinggan.ponpes.id/#

Pondok Pesantren Darussalam Al-Qurani

Berikutnya adalah Ponpes Darussalam Al Qurani. Pesantren yang didirikan oleh KH Masyhuri Baedlowi ini memiliki sebuah visi mulia yaitu ” Mencetak santri yang beriman, Berakhlaqul karimah, Tafaqquh fiddin serta Birrul walidain dan Cinta tanah air”.

Secara umum pesantren ini menyelenggarakan pendidikan formal tingkat SMP-SMA dan menerapkan sistem pendidikan yang memadukan kurikulum antara Kurikulum Nasional dan Kurikulum Pondok Pesantren, pendidikan berasrama, pengajaran berbagai macam kitab kuning, pembelajaran bahasa Arab dan Inggris secara intensif serta berbagai pelatihan soft skill dan hard skill dalam bidang Informasi dan Teknologi (IT) bagi para santri.

Selain pendidikan formal, terdapat juga program khusus tahfidz. Di program ini santri akan fokus menghafal Al-Qur’an dengan dibimbing guru yang sanadnya muttashil sampai Rasulullah SAW.

Tak hanya itu, para santri program ini juga dibekali Ilmu Fiqih, Ilmu Aqidah, Ilmu Tauhid dan dengan berbagai macam kitab kitab kuning. Sehingga santri penghafal Al-Qur’an juga mahir di dalam memahami ilmu-ilmu agama.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jalan Raya Pantura Kertawinangun, Blok Kebon, Kelurahan Kertawinangun, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat

Website resmi: https://www.dsq.ponpes.id/

Pondok Pesantren Modern As-Sakienah

Selanjutnya adalah Ponpes As Sakienah. Ponpes yang merupakan pesantren alumni Gontor ini memiliki visi “Mencetak santri beriman, berilmu, beramal, sholeh dan sholehah, sehat jasmani dan rohani, transfer keilmuan, keterampilan dan wawasan menuju santri yang tidak gaptek. Mencetak kader pemimpin yang siap berjuang berdedikasi tinggi untuk kemajuan umat”.

Dalam pendidikannya pesantren ini memadukan Kurukulum Diknas dan Kurikulum Pesantren secara total. Kemudian pola asuhnya berbasis pesantren yang menghasilkan pembentukan karakter pesantren sehingga tercipta karakter akhlaqul karimah, disiplin tawadhu, dan sikap jujur.

Untuk struktur kurikulumnya mencakup pengajaran dalam kelas, luar kelas dan seluruh aspek kehidupan sehari-hari. Dengan sistem itu, maka pendidikan dan pengajaran ditekankan pada upaya pemberdayaan santri guna mewujudkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual, dalam kehidupan sehari-hari yang Islami, tarbawi dan ma’hadi.

Dalam kesehariannya para santri mulai beraktivitas pukul 04.00 WIB dan baru berakhir pukul 22.00 WIB. Selain belajar di kelas, para santri juga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, membaca Al Qur’an, sorogan Al quran, latihan pidato bahasa Inggris, bahasa Arab dan bahasa Indonesia, serta marhabanan/barzanji.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Tugu, Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45281

Website resmi: https://www.assakienah.com/

Pondok Pesantren Bayt Tamyiz

Berikutnya adalah Ponpes Bayt Tamyiz. Pesantren ini merupakan kelanjutan dari kegiatan mengaji Qur’an dan Kitab Kuning di Musholla yang diasuh oleh KH Tamyiz sejak 1905, bagi masyarakat sekitar dan daerah lain.

Keunggulan dari pesantren ini adalah adanya Metode Tamyiz dalam pembelajaran Bahasa Arab. Metode Tamyiz adalah sebuah metode  mudah mentarjamahkan Qur’an dan pintar membaca Kitab Kuning yang di formulasikan untuk anak-anak.

Metode Tamyiz dapat dipelajari dengan sistem belajar selama  100 jam atau setara dengan waktu belajar 4 pekan dengan hasil sama dengan belajar 4 tahun di Pesantren pada umumnya. Dan hebatnya, metode Tamyiz telah terbukti keunggulannya dan telah dipelajari oleh ratusan ribu Umat Islam yang tersebar di seluruh Indonesia.

Program yang disediakan Bayt Tamyiz terdiri dari program pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Untuk formal yaitu

  • PAUD Bayt Tamyiz
  • SD Bayt Tamyiz
  • SMP Bayt Tamyiz

Adapun pendidikan nonformalnya:

  • Pesantren Liburan, Pintar tarjamah Qur’an dan Kitab Kuning.
  • Pesantren Sebulan Sejuta Bintang (Pesantren Training Of Trainer (TOT)).
  • Pesantren SENTOT Kitab Kuning, Muhadastah Bil’ Arobiyah dan Conversation in English.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Sukaperna Timur, Desa Sukaperna, Tukdana, Sukaperna, Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45272

Website resmi: https://tamyiz.com/

Pondok Pesantren Darul Ishlah

Ponpes Darul Ishlah Indramayu
Kredit Foto: April Ramdani

Selanjutnya adalah Ponpes Darul Ishlah. Pesantren ini di dirikan oleh KH. Imam Mawardi Hakiem pada tahun 2001. Darul Ishlah memiliki sebuah visi yaitu “Menjadi salah satu pusat pendidikan Islam, yang mencetak sumber daya manusia unggul, dan mempunyai landasan iman & takwa yang kuat”.

Saat ini Darul Ishlah menyelenngarakan pesantren sekaligus pendidikan formal jenjang SMP dan SMA. Adapun kurikulum yang berlaku adalah perpaduan antara kurikulum nasional dan kurikulum pesantren salafi dan modern yang dikemas dalam bentuk kurikulum Pesantren Al-Ishlah Tajug.

Setiap santri nantinya akan dibiasakan untuk sholat 5 waktu berjamaah, dekat dengan Al-Qur’an, terbiasa berpuasa Senin-Kamis, dan terbiasa qiyamul Lail serta shalat dhuha.

Selain dua lembaga formal yang terintegrasi dalam lembaga pesantren di atas, di Pesantren Al-Ishlah Tajug juga terdapat lembaga pendidikan berupa Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) yang terselenggara secara parsial dan tidak berasrama.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Sudimampir, Tugu, Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45285

Website resmi: https://psb.al-ishlahtajug.ponpes.id/

Pondok Pesantren Al Zaytun

Ponpes Al Zaytun Indramayu
Kredit Foto: Anto

Pesantren terakhir yang akan kami ulas adalah Ponpes Al Zaytun. Al Zaytun merupakan salah satu pesantren terbesar yang ada di Jawa Barat. Dalam menjalankan setiap programnya dijiwai oleh spirit pesantren, yaitu kebersamaan, keterbukaan, kebebasan, tolong menolong, (ta’awuniyah), saling hormat menghormati, selalu haus akan ilmu pengetahuan, dan berjiwa mandiri.

Kemudian proses pendidikan yang dilaksanakan di Al-Zaytun didasarkan pada sebuah sistem yang terpadu yang mampu mengarahkan peserta didik mengikuti suatu skema pendidikan yang disebut dengan one pipe education system.

Skema tersebut maksudnya adalah mulai dari level paling asas (elementary) sampai dengan level tertinggi dalam dunia akademik (doctoral) dalam sebuah sistem yang terpadu yang mengkombinasikan kereligiusan, science technology, agriculture, sports, arts, culture dan information technology.

Salah satu keunggulan pesantren ini adalah luasnya lahan dan fasilitas lengkap yang tersedia. Area lebih dari 1200 hektar disediakan untuk melaksanakan sistem pendidikan di Al-Zaytun. Areal 200 ha disediakan bagi sarana kompleks pendidikan seperti gedung pembelajaran, gedung asrama siswa putra maupun putri, masjid, sarana olahraga yang lengkap dan sarana lainnya yang mendukung kegiatan pendidikan yang dihajatkan.

Saat ini Al Zaytun menyelenggarakan pendidikan dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi. Untuk biaya pendidikannya bisa klik link ini , hal ini karena skema pembayarannya agak berbeda dengan skema pembayaran pesantren pada umumnya.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya masuk dan bulannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Blok Sandrem, Desa Mekarjaya Kec. Gantar, Kab. Indramayu, Jawa Barat 45264

Website resmi: https://www.al-zaytun.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Indramayu yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

7 Pondok Pesantren di Majalengka Paling Bagus

Tinggalkan komentar