(REVIEW) Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Jambi (2022)

Anda sedang mencari pesantren bagi buah hati Anda di Jambi? Kalau iya maka pencarian anda akan berakhir disini. Di artikel ini kami akan mengulas seputar pesantren di Jambi yang paling top dan recommended.

Mau tau kan? Berikut Ulasan pesantren terbaik di Jambi untuk Anda!

Pondok Pesantren Modern Al Hidayah

Kredit Foto: Map Google

Pesantren di Jambi pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Modern Al Hidayah. Pesantren ini didirikan oleh Gubernur Jambi kala itu Bpk Masjchun Sofwan, berdasarkan Surat Keputusan No. 226 Tahun 1983 Tanggal 14 Juli 1983 sebagai lembaga pendidikan Agama Islam guna mempersiapkan kader-kader pembangunan di daerah Jambi yang berilmu, beramal, bertaqwa dan terampil.

Dalam menjalankan aktivitas pendidikannya, Al Hidayah berpegang teguh kepada visinya yaitu: “Menjadi Lembaga Pendidikan insan qur’ani dan berdaya saing internasional.” Kemudian untuk mencapai visi tersebut dibuatlah beberapa misi pendidikan, antara lain:

  • Mengintergasikan Kurikulum Berbasis Al-Qur’an dengan realitas kehidupan.
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang islami, modern dan dinamis.
  • Mengoptimalkan pelayanan pendidikan dan pengasuhan yang tepat dan memuaskan.
  • Melahirkan lulusan yang kompetitif dan profesional.

Sebagai pesantren modern, aspek Bahasa sangat diutamakan di Al Hidayah. Para santri setiap harinya akan diberikan mufrodat Bahasa arab dan inggris. Kemudian santri pun akan dibiasakan untuk berbicara serta berpidato menggunakan bahasa arab dan inggris.

Terdapat juga berbagai ekstrakulikuler bagi para santri seperti Silat Tapak Suci, Hadrah, Rebana, Marawis, Musik (Band), Berzanji, Pramuka, Marching Band, Theater, dll.

Saat ini Ponpes Modern Al Hidayah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal MTs dan MA. Selain itu terdapat juga jenjang TK dan MI Full Day.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 7.175.000Biaya masuk putra
Sekitar Rp. 7.525.000Biaya masuk putri
Sekitar Rp. 825.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Jl. Marsda Surya Dharma, Kenali Asam Bawah, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi 36129

Website resmi: http://ppm-alhidayah.sch.id/

Pondok Pesantren Ubay bin Kaab

Kredit Foto: Muhammad Izzul Fiqih

Berikutnya adalah Ponpes Ubay bin Kaab. Pesantren yang menisbatkan kepada nama salah satu sahabat nabi yang ahli Qur’an ini merupakan salah satu pesantren “Sunnah” yang ada di Jambi. Didirikan pada tahun 2009, pesantren ini berada di bawah naungan Yayasan Imam Bukhari Al- Atsari.

Kini Ponpes Ubay bin Kaab memiliki dua program pendidikan yaitu:

  • Program Setara SMP-SMA

Merupakan program yang diperuntukkan bagi siswa lulusan SD. Nantinya para santri akan menjalani pendidikan selama 6 tahun. Para santi akan difokuskan untuk mempelajari ulumuddin seperti Akidah, Fiqih, Hadits, Bahasa Arab, Tafsir, dll. Selain itu santri juga akan ditargetkan untuk hafal minimal 12 juz sampai masa pendidikan berakhir.

  • Program Ma’had Tahfidzul Qur’an dan Studi Islam (Pasca SMA)

Program bagi santri dewasa selama 3 tahun pendidikan. Yang mana para santi akan dididik sebagai generasi rabbani yang hafal Al-Qur-an 30 Juz dengan pembekalan Bahasa Arab aktif dan memiliki wawasan ilmu syar’i berdasarkan Al-Qur-an dan As-Sunnah.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 2.650.000Biaya masuk SMP
GratisBiaya masuk dan bulanan Dewasa
Sekitar Rp. 800.000Biaya bulanan SMP

Alamat lengkap: Jl. Golf II No.49, RT.12, Pematang Sulur, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36124

Website resmi: –

Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Kredit Foto: Irfan Adjie. S

Selanjutnya adalah Ponpes Mambaul Ulum. Pesantren yang mengedepankan pembelajaran kitab kuning dan aktivitas zikir ini didirikan pada tanggal 9 Juli 2001 (bertepatan dengan tanggal 17 Rabiul Akhir 1422 H) oleh Kiai Slamet Baharuddin. 

Sebagai pesantren salafiyah, Mambaul Ulum mengajarkan nahwu, shorof, tauhid, akhlak, tafsir, hadits dan berbagai keilmuan islam lainya. Berbagai bidang keilmuan tersebut disampaikan kepada para santri dengan berdasar literatur kitab kuning yang diajarkan secara bandongan.

Kemudian setiap harinya para santri pun melakukan aktivitas-aktivitas seperti aktivitas sholat berjamaah, zikir bersama, sholat malam, gotong royong, istighosah, dan berbagai aktivitas khas pesantren.

Meskipun salafiyah, Ponpes Mambaul Ulum juga telah membuka pendidikan formal. Antara lain:

  • Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum (Full Day)
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mambaul Ulum
  • Madrasah Aliyah (MA) Mambaul Ulum
  • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mambaul Ulum (Jurusan Akuntansi, Pemasaran, dan Multimedia)
  • Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mambaul Ulum.

Selain program pembelajaran resmi di dalam kelas, pengurus juga menyelenggarakan berbagai ekstrakulikuler seperti Pencak Silat, Drum Band, PMR, Pramuka, Rebana, serta pelatihan pidato untuk mengembangkan bakat para santri.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jalan Purwosari RT.24 Kel. Talang Bakung, Paal Merah, Kec, Kota Jambi, Jambi 36138

Website resmi: –

Pondok Pesantren Modern Al Kinanah

Kredit Foto: Azima Munawwaroh

Berikutnya adalah Ponpes Modern Al Kinanah. Pesantren ini didirikan pada tahun 2017 oleh para alumni Universitas Al Azhar Mesir asal Jambi yang merasa terpanggil untuk berkhidmah di tengah keluarga dan daerah sendiri.

Dalam menjalankan pendidikannya, Al Kinanah berpegang teguh kepada visinya aitu: “Menjadi institusi pendidikan islam yang integrative, amanah, dan berdaya saing global. Sebagai pesantren modern, Al Kinanah mengintegrasikan beberapa kurikulum sebagai basis pembelajarannya. Antara lain:

  • Berbasis Ma’had Bu’uts Al-Islamiyah Al-Azhar Kairo Mesir
  • Kementerian Agama
  • Dinas Pendidikan
  • Berbasis Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, serta Kitab Kuning.

Kemdudian terdapat juga berbagai ekstrakulikuler bagi para santri seperti Silat Tapak Suci, Hadrah, Rebana, Marawis, Musik (Band), Berzanji, Pramuka, Marching Band, Theater, dll.

Saat ini Ponpes Modern Al Kinanah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang MTs dan MA.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 4.900.000Biaya masuk putra
Sekitar Rp. 5.250.000Biaya masuk putri
Sekitar Rp. 850.000Biaya bulanan
Sekitar Rp. 3.000.000Biaya tahunan

Alamat lengkap: Jl. Sumber Rejo Simp. BBI RT.28 Kel. Mayang Mangurai, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi 36129

Website resmi: –

Pondok Pesantren As’ad

Kredit Foto: Chef Azhari

Berikutnya adalah Ponpes As’ad. Pesantren ini bisa dikatakan sebagai salah satu pesantren tertua yang ada di Jambi, tepatnya berdiri pada tahun 1951. Pendirinya adalah KH. Abdul Qodir Ibrahim bersama beberapa ulama lainnya.

Adapun tujuan dari pendirian pesantren ini adalah: “Mencetak para ulama dan cendikiawan dan mengamalkan ilmu yang di perolehnya serta menjadikan insan-insan yang bertaqwa, sholeh, cerdas, yang senantiasa mendapatkan bimningan dari Allah SWT.”

Kemudian dalam menjalankan aktivitas pendidikannya, Ponpes As’ad berpegang pada visinya yaitu: “Berpartipasi dalam mencerdaskan anak bangsa berdasarkan Iman dan Taqwa serta Berbudaya Islami.” Yang mana visi tersebut menghasilkan beberapa misi yaitu:

  • Menumbuhkan penghayatan dan pengalaman ajaran agama Islam
  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang di milikinya.
  • Menumbuhkan semangat berprestasi dalam berkompetensi secara jujur dan intensif kepada seluruh madrasah.
  • Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali dirinya, baik di bidang akademik maupun non akademik. Sehingga dapat berkembang secara lebih optimal.

Mengenai kurikulumnya, Ponpes As’ad meneraplan kurikulum hasil perpaduan anatara Kurikulum Kementerian Agama, Kurikulum Pendidikan Nasional dengan Studi Agama yang di kemas dalam metode Pesantren Modern.

Saat ini Ponpes As’ad menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang MTs dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jalan. K.H.A. Qodir Ibrahim No.45, Olak Kemang, Danau Tlk., Kota Jambi, Jambi 36124

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darussalam Al Hafidz

Kredit Foto: Agus Heri

Selanjutnya adalah Ponpes Darussalam Al Hafidz. Pesantren yang berada di bawah naungan Yayasan Al Hafidz ini merupakan pesantren yang menitikberatkan kepada pengetahuan ilmu agama sekaligus pengaplikasiannya dalam kehidupan.

Dalam menjalankan pendidikannya, Darussalam berpegang teguh kepada visinya yaitu: “Melahirkan Generasi Yang Cerdas Berilmu Beriman, Berakhlak Mulya Serta Memiliki Aqidah Yang Lurus Dan Benar.”

Setiap harinya nanti para santri Darussalam menyibukkan diri dengan membaca dan menghafal Al-Qur’an. Kemudian mereka juga mengikuti pembelajaran formal, belajar diniyyah yaitu tentang kitab-kitab arab, pengamalan pembacaan ayat hirzi, melaksanakan ta’lim, mendengarkan masa’il pembacaan surah Al-kahfi, dan yang paling utama ialah diajarkan tentang adab atau akhlak terutama bagi santri yang perempuan, dan banyak lagi kegiatan yang lainnya.

Kemudian salah satu keunggulan di pesantren ini adalah terletak pada bidang dakwah. Para santri akan diajarkan bagaimana cara mempersiapkan diri untuk menghadap masyarakat, waktu dan cara berbicara yang tepat, memupuk pengalaman dan cara menjaga perkataan dari segala bentuk yang dapat menyinggungkan hati masyarakat serta sistem penyampaian yang benar.

Saat ini Ponpes Darussalam menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang MI, MTs, dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Kopral Umar Rt. 21 Kenali Asam Atas, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi 36128

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Ma’arif

Berikutnya adalah Ponpes Tarbiyatul Islam Al Maarif. Pesantren ini awal mulanya adalah tempat mengaji santri kalong, lambat laun para masyarakat dan jama’ah mengusulkan kepada Abah Kyai Samsul Ma’arif untuk membentu pondok pesantren, dan akhirnya Pada tahun 2012, mulai lah didirikan Ponpes Al Ma’arif.

Dalam menjalankan pendidikannya, Ponpes Al Maarif memegang teguh visi mereka yaitu: “Terwujudnya santri yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cerdas terampil mandiri dan berwawasan global.”

Secara umum pesantren ini memiliki kurikulum kolaborasi antara kurikulum negara dengan kurikulum pesantren. Namun kurikulum pesantren disini lebih mendominasi pelajaran harian para santri. Buktinya adalah kajian kepesantrenan terlaksana pada sesudah shalat Subuh, waktu sore dan sesudah shalat Magrib sampai pukul 12.30. Adapun pelajaran umum terlaksana pada jam 07.30-12.15.

Kemudian Al Maarif juga menekankan pada kegiatan-kegiatan bertaqarrub kepada Allah. Para santri akan mengikuti kegiatan tahlilan, dibaan, muzakarah, dzikir bersama, mujahadah, dan berbagai kegiatan lainnya.

Saat ini Ponpes Tarbiyatul Islam Al Maa’rif menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang MTs dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Talang Bakung, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36135

Website resmi: –

Pondok Pesantren Sa’adatuddaren

Kredit Foto: Adef Charlie

Selanjutnya adalah Ponpes Sa’adatuddaren. Pesantren ini bisa dikatakan merupakan pesantren tertua yang ada di Kota Jambi, tepatnya telah berdiri sejak tahun 1915. Pendirinya adalah KH Ahmad Syakur. Sa’adatuddaren memiliki makna kebahagiaan di Dua Negeri, yang maksudnya adalah dunia dan akhirat.

Mengenai pendidikannya, pesantren ini memadukan sistem klasik dengan sistem modern dengan tetap menstabilkan identitas klasik yaitu kurikulum yang ditetapkan sendiri oleh pesantren sejak awal berdiri, dengan memperdalam kajian kitab kuning.

Kitab-kitab yang akan santri kaji antara lain adalah: Qowaiddunnahwiyah, Matan Al-Jurumiyah, Mukhtasar Jiddan, Kawakibud Durriyah, Qotrunnada, Alfiyah Ibnu Malik Syarah Ibnu Aqil, Qawaidul Lughoh, Jawharul Maknun, Balaghotun Wadihah, dll.

Kemudian untuk penambahan wawasan dan ketrampilan para santri agar dapat mandiri, diadakan juga pelajaran ketrampilan yang akan menunjang skill santri apabila telah menyelesaikan pendidikannya. Keterampilan tersebut antara lain:

  • Seni Baca Al-Quran
  • Kursus Komputer
  • Kalighrafi
  • Seni Letter
  • Galeri Seni
  • Latihan Pidato
  • Senam Santri

Saat ini Ponpes Darussalam menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang MTs dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Talang Bakung, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36135

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darul Arifin

Terakhir adalah Ponpes Darul Arifin. Bisa dikatakan pesantren ini masih sangat muda, tepatnya baru mulai melakasanakan pendidikan pada tahun 2019. Namun meskipun begitu pesantren ini sudah menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Hal ini tak lepas dari pendirinya yaitu Dr. H. Zainul Arifin, M.Ed, MA, beliau adalah ulama muda yang mengenyam pendidikan di Sudan.

Dalam menjalankan pendidikannya, Darul Arifin memiliki visi yaitu: “Menjadi lembaga pendidikan Islam yang unggulan dan terdepan dalam mencetak kader-kader pemimpin umat, yang berilmu pengetahuan luas, dan berakhlak mulia.”

Dalam praktik pendidikannya, Darul Arifin menggunakan kurikulum metode klasikal dengan kajian kitab turots yang kontekstual dan modern, mengacu pada pendidikan di Sudan, Arab Saudi dan Mesir, sehingga santri kita siap terjun di masyarakat dan siap untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi baik di dalam maupun diluar negeri.

Nantinya santri dididik untuk terbiasa menjalankan ibadah harian baik wajib maupun sunnah, menambah hafalan Al-Qur’an, dilatih kemampuan berkomunikasi bahasa Arab dan Inggris dalam kesehariannya dan dibekali pemahaman agama yang bersumber dari Kitab Kuning serta secara rutin melaksanakan khataman kitab bersanad (bermata rantai) sampai pada pengarang dan sampai kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Saat ini Ponpes Darul Arifin menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal MTs dan MA. Selain itu terdapat juga jenjang TK dan MI Full Day.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Komplek Perumahan New Castle, Kelurahan Kanali Asam Bawah, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi, Jambi 36128

Website resmi: https://darularifinjambi.ponpes.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Jambi yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

2 pemikiran pada “(REVIEW) Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Jambi (2022)”

Tinggalkan komentar