(REVIEW) Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Kebumen (2022)

Biasanya masyarakat mengenal Kebumen dengan tempat wisatanya. Namun ternyata di balik itu semua Kebumen memiliki banyak pesantren yang bagus. Bahkan pesantren tertua di Indonesia ada di Kebumen lho. Di artikel ini akan kami sajikan Pesantren di Kebumen paling recommended

Silahkan simak ulasan kami!

Pondok Pesantren Al Kahfi

Kredit Foto: Adi Regard

Pesantren pertama di Kebumen yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Kahfi. Al Kahfi adalah pesantren tertua yang ada di Indonesia. Mengenai pesantren tertua yang ada di Indonesia bisa lihat ulasan kami di artikel kami ini.

Al Kahfi berdiri pada abad 15 M, tepatnya pada tahun 1475 M. Adapun pendirinya adalah Syekh As Sayyid Abdul Kahfi Al Hasani. Beliau merupakan seorang ulama penyebar agama islam di tanah Jawa yang berasal dari Hadharamaut, Yaman. 

Sebagai pesantren tertua, pesantren ini masih eksis menyelenggarakan pendidikan. Kini pendidikan di Al Kahfi sudah menggabungkan Kurikulum Diknas dan Kurikulum Pesantren. Adapun pimpinan Al Kahfi saat ini adalah KH Afifuddin Chanif Al Hasani atau biasa dikenal dengan Gus Afif yang merupakan keturunan ke-16 dari sang pendiri.

Adapun program yang diadakan Al Kahfi adalah pendidikan kepesantrenan dan pendidikan formal berupa jenjang

  •  SMP Islam Al-Kahfi Somalangu
  •  SMA Islam Al-Kahfi Somalangu
  •  SMK Ma’arif 3 Somalangu

Kemudian untuk menambah skill para santri, diadakan juga berbagai ekstrakulikuler seperti seni baca Al Qur’an, kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, bahasa asing arab dan inggris, pramuka, PMR, Silat, tata boga, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Kemecing, Sumberadi, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54317

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Istiqomah

Kredit Foto: Ahmazi

Selanjutnya adalah Ponpes Al Istiqomah. Pesantren ini dirintis sejak tahun 1936 oleh KH Abdullah Mukti. Beliau merintis pesantren setelah lama bermukim dan belajar ilmu agama di Makkah tahun 1912-1936 M dan berguru pada Syekh Abdurrohman. Awal mulanya beliau hanya mendirikan majlis ta’lim dan tharekat Qodiriyah Naqsabandiyah. Namun seiring berjalannya waktu, pesantren terus berkembang dan mengalami berbagai kemajuan.

Secara umum kegiatan-kegiatan di pesantren ini terbagi menjadi dua yaitu Madrasah Diniyah (intrakulikuler) dan Kepesantrenan (ekstrakurikuler). Madrasah Diniyah ini melaksanakan kegiatan belajar-mengajar yang terbagi menjadi tiga tingkatan; Awwaliyah, Wustho, dan Ulya. Jam kegiatan dilaksanakan setiap sore jam 14.00-15.00 WIB (bada shalat ‘Ashar) dan malam jam 18.30-19.30 WIB (ba’da shalat Maghrib), Kecuali malam jum’at dan hari jum’at.

Sedangkan untuk kegiatan belajar kepesantrenan (ekstrakurikuler) menggunakan metode bandongan, dilaksanakan setiap ba’da subuh. Khusus untuk putra bertempat dimasjid, sedangkan untuk yang santri putri bertempat di ndalem (rumah) Kyai, kegiatan ini selesai jam 06.00 WIB pagi.

Kemudian terdapat juga berbagai program tambahan yang sifatnya pengembangan bakat dan minat santri, seperti Khitobah (latihan pidato), Hadrah, Barzanji, Kursus Bahasa Arab dan Inggris, Seni Kaligrasi, Seni Baca Al-Qur’an.

Selain program kepesantrenan, Al Istiqomah juga menyelenggarakan beberapa pendidikan formal. Antara lain:

  • Raudhatul Athfal
  • Madrasah Ibtidaiyah
  • Madrasah Tsanawiyah
  • Madrasah Aliyah

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Sokka Petanahan, Pejaten, Grogolpenatus, Kec. Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54382

Website resmi: https://www.ponpesalistiqomah.com/

Pondok Pesantren Al Huda

Kredit Foto: Afif Ma’ruf

Berikutnya adalah Ponpes Al Huda. Pesantren yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan Pondok Pesantren Jetis. Didirikan kurang lebih tahun 1880 Masehi oleh K.H. Abdurrahman. Sejak berdiri hingga saat ini Al Huda telah mampu mencetak puluhan ribu santri terbaiknya.

Saat ini Ponpes Al Huda dibawah asuhan KH. Wahib Mahcfudz. Visi pesantrennya adalah: “Unggul dalam Prestasi, Pelopor dalam Pengembangan Budaya dan Teknologi, Teladan dalam bersikap dan bertindak untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan global dan lingkungan, yang tertuang dalam “Abilty Loyality Humanity Utility and Development of All Skills”.”

Saat ini Al Huda memadukan antara tradisi salaf dan khalaf (modern). Dibangunlah beberapa sekolah formal, di antaranya:

  • SMP VIP Al-Huda

Sekolah SMP yang Berbasic Integrasi Kurikulum Pesantren dan didukung oleh tenaga pendidik yang profesional dibidangnya.

  • SMK VIP Al-Huda

Sekolah SMK yang memadukan pendidikan pesantren dan IPTEK dengan jurusan Kimia Industri, Teknik Otomotif, Keperawatan, dan Farmasi

  • SMA VIP Al-Huda

Sekolah SMA yang menitikberatkan pada kemampuan ilmu pengetahuan yang dilandaskan pada penguasaan ilmu agama dan pengetaahuan umum sehingga tercipta keseimbangan atara IPTEK & IMTAQ

Mengenai biaya pendidikannya

Maaf kami belum menemukannyaBiaya masuk SMP
Sekitar Rp. 5.950.000Biaya masuk SMA
Sekitar Rp. 5.450.000Biaya masuk SMK
Sekitar Rp. 575.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl Pemali No II Jetis, Kauman, Kutosari, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54317

Website resmi: https://alhudajetis.com/

Pondok Pesantren Nurul Hidayah

Kredit Foto: Kun Masruroh

Selanjutnya adalah Ponpes Nurul Hidayah. Pesantren ini didirikan atas usulan dari masyarakat Desa Bandung pada tahun 1991. Berdirinya Nurul Hidayah merupakan bentuk tanggungjawab sosial kemasyarakatan dan dukungan masyarakat setempat tentang pentingnya lembaga pendidikan agama yang sesuai dengan syariat islam Ahlussunah Wal Jamaah dengan sistem salafiyah.

Namun sejak tahun 2020 pesantren ini mulai menerapkan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) sebagai sistem pendidikan. PDF adalah pendidikan pesantren yang diselenggarakan pada jalur pendidikan formal sesuai dengan kekhasan pesantren yang berbasis kitab kuning secara berjenjang dan terstruktur.

Kurikulum pendidikan diniyah formal terdiri dari kurikulum pesantren yang berbasis kitab kuning disusun oleh masyaikh dan kurikulum pendidikan umum yang diatur dalam peraturan menteri. Nantinya Santri-santri yang telah lulus dari pondok pesantren yang telah menerapkan Pendidikan Diniyah Formal tidak memerlukan ujian Paket C untuk mendaftar ke perguruan tinggi.

Untuk kegiatan hariannya, setelah waktu subuh santri akan mengaji bandongan bersama masyayikh sampai pukul 08.00. Pukul 08.00 sampai pukul 11.30 berkegiatan bekerja, mengelola usaha milik masyayikh, dan belajar. Jadwal madrasah dimulai pukul 13.00 sampai 15.45 sesuai dengan jadwal setiap kelas masing-masing.

Setelah salat ashar dilanjutkan dengan jadwal Bandongan dengan masyayikh. Kemudian setelah maghrib dilanjutkan dengan jadwal setoran hapalan kepada santri senior sesuai yang telah dijadwalkan.  Dan terakhir ba’da isya merupakan kegiatan musyawarah

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Kebonsari, Bandung, Kebumen, Kebumen Regency, Central Java 54351

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darul Qur’an

Kredit Foto: M Wildan Ali

Berikutnya adalah Ponpes Darul Qur’an. Sesuai namanya, pesantren yang berdiri pada tahun 2002 ini memiliki spesialisasi dalam Ilmu Al Qur’an khususnya hafalan. Pendiri pesantrennya adalah Ustadz Ahmad Fauzan Al Hafidz, yang mana beliau adalah Alumni Pondok Pesantren An-Nur, Ngrukem, Yogyakarta.

Dalam pendidikannya, Darul Qur’an menerapkan tujuan pembelajaran bagi anak kurang mampu, anak yatim dan muallaf untuk belajar ilmu agama serta mendalami sunnah-sunnah Rasulullah SAW untuk bekal hidup layak di dunia, berakhlak dan beramal sholeh untuk tujuan di akhirat.

Pembinaan ini dilakukan melalui beberapa kategori diantaranya pengamalan akhlak, adab dan perilaku Rasulullah SAW, tahfiz qur’an, hadist, manaqib salafussholihin, pembacaan maulid, al barzanji dan seni musik islami hadroh yang diberi nama Group Hadroh Tolabussyafa’ah.

Kemudian dalam upaya menciptakan santri terbaik, Darul Qur’an memberikan materi kepada santri yang meliputi Takhasus Al Qur’an, Tahfidz Al Qur’an, Kajian Tafsir Al Qur’an, Kajian Hadist, Kajian Fikih dan Bahasa Arab.

Saat ini Ponpes Darul Qur’an menyelenggarakan pendidikan secara gratis dan tidak membuka  pendidikan formal.

Alamat lengkap pesantren: Karangsruni, Surotrunan, Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54352

Website resmi: http://ppdqalian.blogspot.com/

Pondok Pesantren Al Barokah

Kredit Foto: Fadlun

Selanjutnya adalah Ponpes Al Barokah. Pesantren yang satu ini didirikan oleh Syeikh KH Muhammad Afandi. Beliau adalah Ulama sepuh dan Mursyid Thoriqoh. Tujuan beliau dalam merintis Al Barokah adalah untuk memberikan pendidikan agama secara utuh kepada masyarakat luas.

Dalam system pendidikannya Al Barokah telah memadukan Kurikulum Kemenag dan Kurikulum Pesantren, sehingga bisa disebut pesantren ini memiliki corak semi modern. Para santri nantinya akan menempuh jenjang pendidikan selama 8 tahun. Yaitu 3 tahun MTS, 3 tahun MA dan di tambah 2 tahun Pendidikan Non Formal yaitu Pendidikan Pondok Pesantren.

Kemudian meskipun letaknya sangat jauh dari pusat kota, fasilitas yang tersedia di pesantren yang mendidik Muhaimin Iskandar terbilang cukup lengkap. Terdapat Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, dll.

Terdapat juga berbagai macam ekstrakulikuler untuk menghilangkan kejenuhan santri. Antara lain Kepramukaan, Pengembangan Olahraga, Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis, Pengembangan Seni Beladiri, Tahfidhul Qur’an, Pengembangan jurnalistik dan publisistik, Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Kemecing, Sumberadi, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54317

Website resmi: –

Pondok Pesantren Miftahul Ulum

Berikutnya adalah Ponpes Miftahul Ulum. Pesantren ini didirikan oleh seorang ulama besar bernama KH. Ibrahim. Beliau merupakan sosok pribadi yang alim dan tawadlu. Beliau adalah orang Yogyakarta yang hijrah ke Kebumen. Kehadiran beliau ke kebumen adalah untuk mengamalkan ilmunya setelah sebelumnya merantau di Mekkah untuk belajar mencari ilmu agama.

Pesantren yang satu ini memiliki spesialisasi dalam pendidikan tata Bahasa Arab, yakni Nahwu dan Sharaf. Nama Miftahul Ulum sendiri memiliki makna pembuka ilmu. Hal ini sesuai dengan profil pondok yang fokus kepada Nahwu & Sharaf, yang mana kedua ilmu tersebut adalah jalan untuk mengkaji luasnya ilmu keislaman.

Hampir dipastikan tidak ada materi lain selain masalah tata bahasa yang diajarakan, mulai dari Kitab JurumiyahMurodi, MurodanI’rab, Imrithi, Maqsud, Izzi, Alfiyah, dll. Dengan adanya penguasaan yang mantap terhadap ilmu alat ini, maka diharapkan para santrinya kelak dapat membuka pintu-pintu ilmu yang ada dalam berbagai cabang ilmu agama.

Selain itu santri diupayakan dapat mengembangkan secara lebih luas melalui pembacaan mereka atas berbagai referensi dan khazanah keilmuan Islam yang tersebar dalam berbagai macam kitab (baik kitab kuning maupun kitab putih-kontemporer).

Selain pendidikan kepesantrenan, Miftahul Ulum juga menyelenggarakan pendidikan formal berupa:

  • SMP Miftahul Ulum
  • SMK Bani Ibrahim

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Kemecing, Sumberadi, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54317

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Kamal

Kredit Foto: Rakhmat Hidayat

Selanjutnya adalah Ponpes Al Kamal. Pesantren yang satu ini merupakan pesantren yang berada di bawah Yayasan Nurul Ihsan yang berdiri pada tahun 1996. Selama kurun waktu hingga saat ini, Al Kamal telah terbukti menelurkan santri- santri terbaiknya.

Secara corak pendidikan, Al Kamal merupakan pesantren yang bercorak semi-modern. Adapaun program pendidikan yang tersedia antara lain:

  • Madrasah Diniyyah (Madin)

Sebagai lembaga pendidikan khusus keagamaan yang didasarkan atas kebutuhan spiritual masyarakat, guna memperoleh dasar pendidikan Islam  khususnya bagi santri yang tinggal di asrama, yang dikelola secara khusus.

  • Madrasah Tsanawiyah (MTs) PLUS

MTs Plus Nururrohmah PP.”Al-Kamal” merupakan lembaga pendidikan setingkat SMP, telah terakreditasi Baik (B) berdasarkan SK Kepala Kantor Kementrian Agama propinsi Jawa Tengah. Menggunakan kurikulum terpadu kepesantrenan.

  • Madrasah Aliyah (MA)

MA Plus Nururrohmah merupakan lembaga pendidikan setingkat SMA  dengan jurusan IPS dan IPA, memadukan kurikulum kementrian agama dan pesantren, dengan harapan tiap santri memperoleh muatan terpadu.

  • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

SMK Plus Nururrohmah PP.”Al-Kamal” merupakan lembaga pendidikan yang bernaung di diknas dengan kurikulum terpadu pesantren. Adapun Program Keahliannya yaitu TMO (Teknik Mekanik Otomotif) Kendaraan Ringan dan Bisnis dan Manajemen dengan jurusan Marketing/Pemasaran.

Selain di bidang pendidikan, Ponpes Al Kamal juga kerap kali mengadakan program social dan dakwah seperti Majelis Ta’lim, pemberian santunan pada fakir miskin, pelayanan kesehatan, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Kemecing, Sumberadi, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54317

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darussa’adah

Terakhir adalah Ponpes Darussadah. Pesantren ini didirikan pada tahun 1983 oleh KH Imam Muzani Bunyamin. Dalam setiap aktivitasnya Darussadah yang memiliki makna “Rumah Kebahagian” ini memiliki sebuah visi yaitu: “Membentuk siswa yang berkualitas dalam bidang IMTAQ dan IPTEK serta memenuhi standar pendidikan nasional”.

Untuk pendidikan sehari-hari santri nantinya akan menghafal kitab-kitab gramatika Bahasa Arab yakni kitab Nahwu dan Shorof, yang merupakan spesialisasi kurikulum di Darussa’adah. Untuk metode pengajarannya  masih mengugunakan metode tradisional seperti bandungan Kitab Kuning, Sorogan dan hafalan.

Kemudian Darussadah juga juga menerapkan metode pengajaran dimana santri yang lebih tinggi harus mengajar kelas yang lebih rendah. Penerapan sistem ini dimaksudkan agar santri yang telah senior, benar-benar telah siap terjun untuk berkiprah dalam masyarakat.

Saat ini Darussadah membuka beberapa program pendidikan, antara lain:

  • Pondok Pesantren
  • Raudhlatul Athfal
  • Madrasah Ibtidaiyah
  • Madrasah Tsanawiyah
  • Madrasah Aliyah

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 1.000.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 235.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Truka, Kritig, Kec. Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54382

Website resmi: https://www.ppdarussaadah.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Kebumen yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar