(REVIEW) Rekomendasi 9 Pesantren di Kepulauan Riau (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Dibalik sebagai salah satu kepulauan terluar yang ada di Indonesia, Kepulauan Riau ternyata memiliki banyak pesantren yang bagus lho. Di artikel ini kami akan membahas pesantren di Kepulauan Riau yang paling bagus.

Berikut kami sajikan ulasan pesantren terbaik di Kepulauan Riau untuk Anda!

Pondok Pesantren Imam Syafii Batam

Kredit Foto: Nanda

Pesantren di Kepulaun Riau pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Imam Syafii. Pesantren ini merupakan salah satu Pesantren “Sunnah” yang ada di Kepri. Dalam mendidik para santri, pesantren ini memiliki sebuah visi yaitu: “Terwujudnya pesantren bermutu yang menyiapkan pribadi beriman, bertauhid, huffaz Qur’an, berahlak, cerdas, dan terampil yang siap berkompetisi di dunia global.

Ponpes Imam Syafii saat ini setidaknya menyelenggarakan 4 program pendidikan. Antara lain

  • SMPS IT Imam Syafii
  • SWTQ Imam Syafii
  • SMAS IT Imam Syafii
  • SUTQ Imam Syafii

Untuk SMPS dan SMAS, pendidikannya menggunakan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Diniyah khas pesantren. Untuk setiap santri nantinya akan ditarget untuk hafal minimal 4 juz. Selain itu keunggulannya terletak pada aspek pengusaan Bahasa arab dan Inggris.

Mengenai SWTQ (Salafiyah Wustho Tahfidz Qur’an) adalah program khusus tahfidz jenjang SMP. Para santri nantinya akan difokuskan untuk menghafal 30 juz selama 3 tahun. Namun meskipun begitu, para santri pun nantinya akan tetap bisa mengikuti Ujian Nasional.

Adapun SUTQ (Salafiyah Ulya Tahfidz Qur’an) adalah program khusus santri jenjang SMA yang sudah hafal minimal 5 juz. Para santri akan ditarget 30 juz, dan nantinya akan belajar berbagai kitab kuning dengan Bahasa pengantar full Bahasa arab.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 10.985.000Biaya masuk SMPS
Sekitar Rp. 6.950.000Biaya masuk SWTQ
Sekitar Rp. 11.175.000Biaya masuk SMAS
Sekitar Rp. 8.650.000Biaya masuk SUTQ
Sekitar Rp. 1.450.000 – 1.625.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Hang Lekiu No.2 Sambau Nongsa, Batam, Kepulauan Riau 29465, Indonesia

Website resmi: https://www.ppitimamsyafii.sch.id/

Pondok Pesantren Hidayatullah Batam

Kredit Foto: Java

Berikutnya adalah Ponpes Hidayatullah. Pesantren ini sesuai namanya merupakan milik Ormas Hidayatullah. Pesantren Hidayatullah sendiri telah tersebar di penjuru Indonesia. Yang mana ciri utama pendidikan Hidayatullah adalah menyelenggarakan pendidikan formal, baik system fullday maupun boarding school.

Saat ini Hidayatullah Batam menyelenggarakan pendidikan jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Yang mana seluruh jenjang tersebut menerapkan Kurikulum Nasional dan Lokal (Kurikulum Pesantren Hidayatullah) yang secara integral di modifikasi sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah. Kurikulum tersebut dikemas dalam bentuk:

  • Sturuktur Program pendidikan yang menitik beratkan pada akhlak, penguasaan dasar ulumuddin, dan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengusaan bahasa.
  • Kurikulum yang diperkaya dengan pendidikan yang mengarah pada keterampilan hidup. 
  • Menggunakan pendekatan taushiyah (penyadaran), uswah (tauladan) dan qudwah (pengarahan dan bimbingan)

Selain itu untuk menambah skill santri dalam berbagai bidang, tersedia ragam kegiatan ekstrakulikuler. Antara lain memanah, beladiri, English club, Arabic club, renang, bulu tangkis, memasak, tahfidz, dll.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 16.000.000Biaya masuk SMP, SMA, dan SMK
Sekitar Rp. 1.500.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Letjen Soeprapto, Kibing, Kec. Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau 29424

Website resmi: http://hidayatullahbatam.com/online/

Pondok Pesantren Mambaus Shalihin VII Bintan

Ponpes Mambaus Solihin 7 Bintan
Kredit Foto: Mambaus Sholihin 7

Selanjutnya adalah Ponpes Mambaus Shalihin VII. Pesantren yang bercorak NU ini merupakan cabang ketujuh dari Ponpes Mambaus Shalihin yang ada di gresik. Pesantren ini didirikan pada tahun 2013 oleh 20 Himpunan Alumni Mamba’us Sholihin (HIMAM) yang punya keinginan kuat untuk mendirikan sebuah pondok pesantren.

Secara umum pendidikan disini memadukan beberapa aspek keilmuan, yaitu penguasaan bahasa asing (Bahasa Arab dan Inggris), kutub at-turats (kajian kitab kuning), dan tartil Al-Qur’an. Kemudian motto pesantren ini adalah Alim, Shalih dan Kafi.

Makna motto tersebut adalah bahwa, santri-santri yang lulus dari pesantren diharapkan menjadi orang yang alim di bidang agama, taat beribadah, serta serba bisa di segala bidang untuk menjawab tuntutan perekembangan zaman.

Dalam aktivitas sehari-hari, para santri dididik, dibimbing dan ditempa mulai dari bangun tidur untuk shalat tahajud, shalat shubuh dan dzikir berjamaah. Selain itu juga dilakukan kursus penguatan bahasa, shalat dhuha, sekolah formal, sekolah diniyyah dan mengaji dengan pengasuh pondok. Tak ketinggalan di bidang keahlian, santri-santri juga dibekali dengan keterampilan berpidato, kesenian hadhrah, kaligrafi, dan komputer.

Saat ini Ponpes Mambaus Shalihin VII hanya membuka pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi seputar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Kampung Bugis, Tanjung Uban, Bintan Utara,  Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darul Falah Batam

Berikutnya adalah Ponpes Darul Falah. Pesantren ini berdiri pada tahun 1988, yang digagas dan dibidani beberapa aktivis Islam, ulama dan tokoh masyarakat kota Batam yaitu H. Adamri Al-Husaini, H. Dedi Suryadi, H. Abdul Wahab Madiun, K.H. Mahrus Amin, H. Abdul Rahman, KH. ’Utsman Ahmad, Bapak Ismail, Ibu Siti Mariah, Bapak Salim, dan Ibu Siti Indani Nur Laila.

Bisa dikatakan pesantren ini adalah salah satu pesantren dengan santri terbanyak di Batam. Tercatat terdapat 1800 santri yang mukim pada tahun 2021. Para santri tersebut terbagi kepada beberapa program yang tersedia di Darul Falah, antara lain:

  • Madrasah Tsanawiyah

Pendidikan formal jenjang SMP yang mengajarkan pendidikan nasional umum dan ilmu alat juga seperti nahwu shorof dan kitab kuning lainnya.

  • Madrasah Aliyah

Pendidikan formal jenjang SMA yang mengajarkan pendidikan nasional umum dan ilmu alat juga seperti nahwu shorof dan kitab kuning lainnya.

  • Program Salaf Wustho

Program usia SMP yang fokus kepada pengkajian kitab kuning dan Tahfidz Qur’an. Namun para santri pun nantinya tetap akan mendapatkan ijazah formal.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Hang Tuah, Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau 29465

Website resmi: https://darulfalahbatam.net/

Pondok Pesantren Modern Khairu Ummah Kepulauan Anambas

Ponpes Khaira Ummah Anambas
Kredit Foto: Muhirin

Selanjutnya adalah Ponpes Modern Khairu Ummah. Sesuai namanya, pesantren yang terletak di Kepulauan Anambas ini merupakan pesantren yang bercorak modern. Meskipun terletak di sebuah pulau yang sangat jauh dari pusat pemerintahan, pesantren ini memiliki sebuah visi besar yaitu: ” Menjadi Pusat Pendidikan Unggulan Yang Membangun Generasi Khaira Ummah”.

Secara umum disini para santri akan dididik untuk memiliki 3 karakter, yaitu:

  • Ulama

Ulama disini bukanlah ilmu agama (akhirat) saja, tapi juga ilmu keduniaan (umum). Karena pada dasarnya dalam literatur Islam, tidak ada pemisahan (sekulerisasi) antara ilmu agama dan umum.

  • Umara

Para santri disiapkan untuk menjadi pemimpin-pemimpin bangsa (Imam al-Muttaqin), siap menjadi pejabat-pejabat dan aparatur negara maupun tehnokrat-tehnokrat handal yang mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa.

  • Aghniya

Santri disiapkan untuk dapat mandiri dengan pembekalan soft skill kewirausahaan, agar dapat menjadi pundi-pundi jalan dakwah di masa depan, yang mampu meng-infaq-kan hartanya untuk menegakkan kalimat Allah di tanah air tercinta.

Kemudian disini juga terdapat 3 program unggulan, yaitu:

  • Tahfidz Qur’an 5 Juz
  • Pembiasaan Komunikasi Bahasa Arab dan Inggris
  • Berbagai Kegiatan Ekstrakurikuler

Saat ini Ponpes Khairu Ummah hanya menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 4.750.000Biaya masuk putra
Sekitar Rp. 5.050.000Biaya masuk putri
Sekitar Rp. 1.500.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Batu Tabir, Tarempa Selatan, Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Website resmi: https://khairaummah.sch.id/

Pondok Pesantren Idris Bintan

Kredit Foto: Ponpes Idris

Berikutnya adalah Ponpes Idris. Pesantren yang satu ini didirikan oleh Yayasan Al Idris Kepri. Yaysan ini mengkhususkan diri bergerak dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya insani. Serta turut aktif dalam bidang social dalam rangka ikut serta meningkatkan harkat & martabat umat.

Dalam menjalankan pendidikannya, Ponpes Idris memiliki sebuah visi yaitu: “Menjadi lembaga pendidikan unggul dalam menghasilkan generasi yang sholeh, cerdas, dan siap memimpin”.

Adapun misi dari pesantren ini adalah:

  • Menyelenggarakan system pendidikan yang kondusif dalam pembentukan pribadi yang shaleh.
  • Mengembangkan system pendidikan yang berorientasi pada terciptanya generasi yang memiliki pemahaman syari yang komprehensif.
  • Mengembangkan system pendidikan yang mewujudkan terciptanya generasi yang menguasahi Bahasa arab dan inggris.
  • Membentuk generasi yang memiliki jiwa kepemimpnan serta peduli terhadap umat.

Dengan visi dan misi tersebut, para santri setelah lulus akan memiliki output sebagai berikut:

  • Memiliki bacaan Qur’an yang baik dan benar
  • Hafal 5 juz Al- Qur’an dan Hadits Arbain An Nawawi
  • Mampu berbahasa arab, inggris, dan Indonesia dengan baik dan benar.
  • Memiliki semangat keisalaman yang tinggi.

Untuk mencapai target yang telah ditentukan tersebut, maka santri akan melaksanakan kegiatan sebagai berikut:

  • Qiyamul lail dan dhuha
  • Public speaking
  • Leadership camp
  • One day one juz
  • Character building
  • Kunjungan edukatif
  • Dll

Saat ini Ponpes Al Idris membuka pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang MTS dan MA

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 10.900.000Biaya masuk putra
Sekitar Rp. 11.200.000Biaya masuk putri
Sekitar Rp. 1.250.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Wisata Bahari, Kp. Jeropet, Kawal, Gn. Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29151

Website resmi: https://pondok-pesantren-al-idris.business.site/?hl=id

Pondok Pesantren Al Ustmaniyah Batam

Berikutnya adalah Ponpes Al Utsmaniyah. Pesantren yang didirikan pada tahun 2012 ini bisa dibilang memiliki corak NU yang sangat kental. Hal ini bisa dilihat dengan adanya kegiatan Silat Pagar Nusa. Selain itu para pengurus pun sering kali mengadakan acara tahlilan, isthigosah, manaqiban, dan berbagai kegiatan khas Nahdliyin.

Sebagai pesantren Nu, tentu Al Utsmaniyah memfokuskan para santri terhadap kajian kitab kuning. Kitab-kitab seperti jurumiyah, kailani, safinah, sulam munawwaroq, dll, akan menjadi santapan lezat bagi para santri. Tak hanya kitab kuning, para santri pun nantinya akan diarahkan untuk menghafal Qur’an sesusai dengan kemampuannya masing-masing.

Tak ketinggalan, para santri yang ingin mendapat ijazah formal pun tak usah khawatir. Hal ini karena Al Utsmaniyah juga menyelenggarakan pendidikan formal jenjang SMP dan SMA.

Untuk menghilangkan kejenuhan para santri, terdapat berbagai ektrakulikuler seperti tilawatil Qur’an, computer, kaligrafi, bela, diri, dll.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 8.600.000Biaya masuk pesantren + sekolah
Sekitar Rp. 4.250.000Biaya masuk pesantren saja
Sekitar Rp. 950.000Biaya bulanan pesantren + sekolah
Sekitar Rp. 700.000Biaya bulanan pesantren saja

Alamat lengkap pesantren: Jl. Dapur XII, Sungai Pelunggut, Kec. Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau 29472

Website resmi: –

Pondok Pesantren An Ni’mah Batam

Selanjutnya adalah Ponpes An Ni’mah. Pesantren yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu pesantren di Batam yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan mewah. Karenanya tentu saja secara model pendidikan, pesantren ini bercorak modern.

Sejauh ini, Ponpes An Ni’mah menyelenggarakan 4 program pendidikan kepesantrenan, antara lain

  • Kuliyatul Muallimin Al Islamiyah (KMI)

Program ini khusus untuk santri usia SMP. Bisa dibilang mirip dengan KMI yang ada di Gontor. Dimana nantinya system pendidikan bagi para santri adalah pengintegrasian antara Kurikulum Agama dan Formal secara seimbang dan terstruktur. Selain itu para santri akan diberi target untuk hafal 5 Juz Al Qur’an.

  • Program Salafiyah Wustho

Program ini khusus untuk santri usia SMP. Yang mana nantinya para santri akan terfokus untuk mendalami kitab-kitab kuning dibandingkan pelajaran umum. Selain itu santri di program ini diberi target untuk hafal 10 juz Al Qur’an.

  • Madrasah Aliyah

Program ini khusus untuk santri usia SMA. Yang mana para santri akan belajar ilmu agama dan umum secara beriringan. Kemudian para santri pun akan digembleng dengan maksimal supaya bisa masuk ke Universitas. Selain itu santri juga ditarget untuk hafal 5 juz Al Qir’an.

  • Takhosus Tahfidz

Adalah program bagi santri SMP dan SMA yang ingin menghafal Qur’an dengan target hafalan 30 juz dalam waktu 3 tahun.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 10.000.000Biaya masuk seluruh program
Sekitar Rp. 900.000Biaya bulanan
Sekitar Rp. 1.050.000Biaya tahunan

Alamat lengkap pesantren: Sagulung, Sungai Beduk, Sagulung Kota, Kec. Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau 29425

Website resmi: –

Pondok Pesantren Salafiyah Miftahur Rabbani

Terakhir adalah Ponpes Salafiyah Miftahur Rabbani. Pesantren ini didirikan pada 06 Januari 2011 oleh KH. Asep Ahmad Rabbany Hidayat, dengan sistem kurikulum yang terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran Al Qur’an dan kitab kuning secara intensif.

Dengan didukung oleh lingkungan yang asri, pengurus berupaya untuk mencetak manusia yang muttafaqoh fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berfikir dan berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

Disini pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta kegiatan santri sehari-hari dilaksanakan oleh para guru/ustadz dengan latar belakang pendidikan dari berbagai perguruan tinggi dan pondok pesantren, yang sebagian besar tinggal di asrama dan secara penuh mengawasi serta membimbing santri dalam proses kegiatan belajar mengajar dan kepengasuhan santri.

Terdapat 3 jenjang pendidikan yang tersedia, yaitu:

  • Kelas Ula (setingkat SD)
  • Kelas Wustha (setingkat SMP)
  • Kelas Ulya (setingkat SMA)

Di tiga kelas tersebut para santri akan fokus menguasai llmu keislaman seperti fiqih, hadits, Bahasa arab, tafsir, ahlak, tajwid, dll. Namun meskipun fokus kepada ilmu agama, para santri pun nantinya akan mendapatkan ijazah persamaan sesuai jenjangnya.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 3.500.000Biaya masuk Kelas Ula
Sekitar Rp. 4.000.000Biaya masuk Kelas Wustha & Ulya
Sekitar Rp. 650.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Bengkong Kolam Mas No.RT 13/09, Sadai, Kec. Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444

Website resmi: https://www.miftahurrabbani.com/#

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Kepulauan Riau yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar