(REVIEW) Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Kudus (2022)

Kudus ini adalah pusat perkembangan agama Islam pada abad pertengahan. Hal ini dapat dilihat dari adanya tiga makam wali/sunan, yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu. Karenanya tak heran jika banyak pesantren di Kudus yang bagus. Di artikel ini kami akan mengulas pesantren di Kudus paling recommended.

Nah, silahkan simak deretan pesantren terbaik di Kudus ini!

Pondok Pesantren Yanbaul Qur’an


Kredit Foto: Abdul Basith Nahrowi

Pesantren di Kudus pertama yang akan kami ulas adalah Ponpes Yanbaul Qur’an. Berdiri pada tahun 1970, pesantren ini telah menjelma menjadi Pesantren Qur’an yang paling masyhur di Indonesia. Hal ini tak lepas dari peran pendirinya yaitu K.H. Arwani Amin Said. Beliau adalah seorang ulama besar yang sangat dikenal keilmuannya, terutama dalam bidang al-Qur’an dan Thariqah.

Kini Yanbaul Qur’an berada di bawah Yayasan Arwaniyah, yang mana Arwaniyah ini memiliki memiliki beberapa cabang, di antaranya adalah Mahad Ulumus Syariyyah Yanbuul Quran (MUSYQ), Pondok Tahfidz Yanbuul Quran (PTYQ) Remaja/Bejen, PTYQ Anak-anak/Krandon, PTYQ Menawan, hingga adanya cabang di luar kota dan di luar pulau Jawa.

Namun di ulasan ini, kami akan lebih mengulas program formal bagi usia sekolah yang ada di Ponpes Tahfidz Yanbaul Qur’an Menawan.

Yanbaul Qur’an Menawan membuka program pendidikan MTS dan MA. Yang mana target utama pembelajarannya adalah Menghafal 30 juz Al Quran, menguasai bahasa Arab sekaligus bahasa Inggris, serta menguasai ilmu sains. Adapun kurikulum yang digunakannya adalah Kurikulum Kementerian Agama, dengan bahasa keseharian menggunakan bahasa Arab dan Inggris. 

Kemudian untuk memastikan setiap santri hafalannya bertambah setiap hari, kenaikan kelasnya menggunakan syarat minimal hafal 5 juz. Misalnya bila ada santri yang nilainya bagus tapi dia tidak mencapai target hafalan, maka tidak akan naik kelas.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 16.295.000Biaya masuk MTs dan MA
Sekitar Rp. 1.140.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: Jl. Rahtawu Raya, Menawan, Kec. Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59333

Website resmi: https://yanbumenawan.sch.id/

Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus

Kredit Foto: Rija Revano

Berikutnya adalah Ponpes Muhammadiyah Kudus. Pesantren yang langsung dikelola oleh Pengurus Muhammadiyah Kudus ini didirikan pada tahun 2001. Memiliki visi: “Membentuk santri yang faqih dalam Ilmu, mulia dalam akhlaq, dan prima dalam prestasi.”

Untuk mencapai visi yang diharapkan tersebut, pesantren ini menyeimbangkan dasar-dasar ilmu keislaman dengan pengetahuan dasar keilmuan. Kemudian pengembangan kurikulum dilakukan sedemikian rupa secara inovatif menuju visi, misi, dan tujuan Pondok. Yang mana kurikulum tersebut dikemas dalam bentuk:

  • Struktur pembelajaran Ilmu Agama yang seimbang antara teori dan praktek, dan dipadukan dengan pembelajaran ilmu umum. Untuk memperkuat ini, dikembangkan pula kegiatan pengembangan bahasa asing (Arab/Inggris)
  • Long life Education yang dilakukan di maskan/asrama dengan pendekatan uswah (keteladanan), kegiatan ilmiah, keterampilan, dan kepemimpinan.
  • Penguatan implementasi dasar-dasar ilmu ke-lslam-an dan kejuangan/kekaderan dengan proses pendampingan dan praktek langsung sehingga dapat menunjang pembentukan karakter pribadi unggul

Tersedia bula berbagai ekstrakulikuler untuk menunjang keterampilan dan kemampuan para santri seperti:

  • Olahraga (Sepakbola, Bulu Tangkis , tenis meja).
  • Tapak Suci (TS), dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).
  • Elektro, Komputer, Qiro’ah, Nasyid, Kaligrafi , Keputrian (Tata busana, tata boga, baki lamaran).

Saat ini Ponpes Muhammadiyah Kudus hanya membuka pendidikan kepesantrenan dan formal jenjang MTS dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi sebutar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. KHR. Asnawi, RT.01/RW.02, Lemah Gunung, Krandon, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59314

Website resmi: https://ponpesmuhkudus.sch.id/

Pondok Pesantren Tahfidz Nahdlatul Qur’an

Selanjutnya adalah Ponpes Tahfidz Nahdlatul Qur’an. Pesantren ini didirikan pada tahun 2008 oleh KH. Arifin Noor, yang merupakan salah satu santri KH. Muhammad Arwani Amin. Karenanya progam tahfidz dan metode hafalan Al-Qur’an menggunakan metode Yanbu’a yang merupakan metode menghafal di Ponpes Yanbaul Qur’an.

Secara umum pesantren ini masih bercorak salafiyah murni, karenanya tidak ada pembelajaran formal dalam Kegiatan Belajar Mengajarnya (KBM). Namun tak usah risau, karena pihak pengurus pun menyelenggarakan pendidikan Paket B dan C.

Setiap harinya, santri akan menghafal, murojaah, simaan, dan menyetorkan hafalan kepada muhaffidz. Selain itu santri juga akan mengaji beberapa kitab, meskipun porsinya bisa dibilang cukup sedikit.

Adapun system Tahfidz yang dilakukan di Nahdaltul Qur’an adalah:

  • Tahsin (al-fatihah, Tasyahud awal dan akhir, dan juz 30) bin-nadzor bersama pengasuh.
  • Menyempurnakan makhroj dan belajar buku yanbu’a jilid 1-7 bersama ustadz dan senior.
  • Keputusan setoran bil-ghoib di-tentukan oleh pengasuh.
  • Memulai setoran bil-ghoib dari juz 1 dan setoran muroja’ah minimal ¼ dan maksimal ½ juz harus lancar.
  • Bagi yang telah menyelesaikan setoran bil-ghoib 30 juz wajib mengikuti progam khotimin yang di arahkan oleh pengasuh.
  • Mengikuti seleksi wisuda bagi yang sudah siap di simak 30 juz bil-ghoib.
  • Wisuda Khotmil Qur’an Bagi yang lulus seleksi.
  • Pengabdian wajib 1 tahun bagi khotimin.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi sebutar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. KH Moh. Arwani No.12, RT.01/RW.03, Singopadon, Singocandi, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59314

Website resmi: https://nahdlatulqurankudus.id/

Pondok Pesantren Yasin 1

Berikutnya adalah Ponpes Yasin 1. Pesantren salafiyah ini didirikan pada tahun oleh 1985 oleh KH Abdullah Zaini Nadhirun (almarhum). Beliau memimpin pesantren hingga wafat pada tahun 2005. Setelah itu, kepemimpinan pesantren dilanjutkan oleh putra beliau, yaitu KH Muhammad Agus Nafi, S.Ag., M.Pd.I. hingga saat ini.

Yang menjadi bidang kekhususan (takhassus) Ponpes Yasin adalah Tahfidh Al-Qur’an. Selama kurun waktu pendirian hingga saat ini telah meluluskan ratusan alumni Hafidh maupun Hafidhoh. Selain itu, santri juga dibekali dengan kemampuan membaca kitab kuning klasik (salaf) dan keterampilan pendukung lain.

Beberapa kitab yang dipelajari santri: Tafsir Jalalain, Bulughul Marom, Riyadlul Badiah, Fathul Qorib, Majmu’atul Arbainat, Al Wajis Min Shohih Muslim, Jurumiyah, dan Amsilatut Tasrif.

Adapun keterampilan pendukung lain yang diajarkan adalah:

  • Tilawah Al Qur’an
  • Khitobah (pidato)
  • Membaca tahlil dan al Barzanji
  • Keterampilan bermain Rebana
  • Keterampilan teknologi informasi
  • Keterampilan sains dan matematika
  • Keterampilan berbahasa Arab dan Inggris

Sebagai pesantren salafiyah, Ponpes Yasin 1 tidak membuka pendidikan formal. Namun meskipun begitu para santri diwajibkan untuk mengikuti pendidikan formal yang ada di sekitar pesantren.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 3.700.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 700.000Biaya bulanan

Alamat lengkap: RT 01 RW 003 Nomor 256, Sunggingan Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59317

Website resmi: https://yasin.ponpes.id/

Pondok Pesantren Raudlatul Muta’allimin

Kredit Foto: Kais Ibad

Selanjutnya adalah Ponpes Raudlatul Muta’allimin. Pesantren yang masih bercorak salafiyah ini bisa dikatakan merupakan slah satu pesantren tertua yang ada di Kudus, tepatnya berdiri pada tahun 1920. Adapun pendiri dari pesantren yang masyhur juga disebut sebagai Pesantren Jagalan adalah Mbah Irsyad.

Sebagai pesantren Salafiyah, Raudlatul Muta’allimin memiliki 2 program unggulan yang bisa dipilih sesuai keinginan santri. Program tersebut yaitu Program Salaf (kitab) atau program tahfidz.

Untuk santri yang mengambil program salaf, maka pelajarannya akan dikhususkan terhadap kajian keislaman yang langsung ditelaah dari kitab-kitab kuning yang ada. Kemudian para santri pun diwajibkan untuk menghafal 1000 bait yang berada di kitab Alfiyah Ibnu Malik.

Diantara kitab yang akan dipelajari adalah: Fath Al-Mu’in, Fath Al-Qorib Al-MujibKhasifathus ShajaKifayatul Akhyar, Minhajut Tnolibin, Al-Jurumiyyah, Al-umrithi, Al-Mutammimah, Alfiyah Ibn- Malik dan Syarh Ibn Aqil, dll.

Adapun yang mengambil program tahfidz, maka setiap harinya para santri akan terus berkutat dengan Al Qur’an. Menghafal, memurojaah, simaan, dan setoran hafalan telah menjadi santapan setiap harinya. Tak hanya itu mereka pun tetap akan mengikuti kajian kitab kuning, meskipun tentu porsinya tidak banyak seperti yang mengambil program salaf.

Meskipun tidak membuka pendidikan formal, Ponpes Raudlatul Muta’allimin mengarahkan santrinya agar bersekolah di sekolah formal yang dekat dengan komplek pesantren.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 600.000Biaya masuk
Belum kami temukanBiaya bulanan

Alamat lengkap: Jl. Sunan Kudus No.62, Pejaten, Langgardalem, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59313

Website resmi: https://yasin.ponpes.id/

Pondok Pesantren Darul Ulum

Kredit Foto: Santri Media

Berikutnya adalah Ponpes Darul Ulum. Pesantren salafiyah yang satu ini didirikan pada tahun 1961 atas kerjasama Bapak H. Ma’ruf dengan kyai Akhmad Zaenuri. Adapun visi dari pesantren ini adalah: “Memperjuangkan terlaksananya risalah rasulullah Muhammad Saw melalui jalur tarbiyah, dengan mempersiapkan generasi Islam yang beriman, bertaqwa dan berakhlaq yang mulia.”

Untuk mencapai visi tersebut, maka dibuatlah dua misi utama yaitu:

  • Meneruskan cita-cita perjuangan alim ulama dan mendidik para santri agar menjadi ‘alim, ‘amil, shalih, mujahid dan mukhlis.
  • Berperan aktif dalam usaha pemberdayaan masyarakat berbangsa dan bernegara, khususnya di bidang tarbiyyah Islamiyyah.

Sebagai pesantren salafiyah, system pengajarannya masih menerapkan metode sorogan, bandongan dan musyawarah. Pelajaran kitab kuning dari berbagai fan ilmu akan menjadi santapan harian para santri. Kemudian Secara formal bagi santri yang masih berusia sekolah dianjurkan untuk ikut sekolah umum milik yayasan.

Yayasan sendiri sudah memiliki lembaga pendidikan formal yaitu TK, MI, MTs, dan MA. Dan bagi santri juga diwajibkan untuk bersekolah di madrasah diniyyah Darul Ulum yang diselenggarakan pada sore hari.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi sebutar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Ngembalrejo, Kec. Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322

Website resmi: https://nahdlatulqurankudus.id/

Pondok Pesantren Al Furqon

Kredit Foto: Shofa Amalia

Selanjutnya adalah Ponpes Al Furqon. Pesantren yang mengkhususkan kepada Tahfidzul Qur’an ini didirikan oleh KH. Abdul Bashir Muchtar, M.A. Al-Hafidz beserta Hj. Maskanah Zulfa Al-Hafidzoh pada 1992.

Dalam menjalankan pendidikannya, Al Furqon memiliki sebuah visi yaitu: ” Menjadi titik sentral pengembangan karakter qur’any demi terbentuknya generasi muslim yang berpegang pada Al-Qur’an dan Sunnah Rosul.”

Untuk program pendidikannya Al Furqon menyelenggarakan program pendidikan bagi santri dalam menghafal, memperdalam serta memperluas wawasan Al-Qur’an. Santri terdiri dari tingkat kanak-kanak (usia sekolah dasar), remaja dan dewasa.

Selama di Asrama, santri wajib mengikuti disiplin pembinaan dan bimbingan akhlaq serta pengawasan pengasuh yang intensif. Santri juga mengikuti pendidikan Al-Qur’an di awali dengan Tahsin (perbaikan bacaan). Bagi yang sudah lulus, bisa melanjutkan ke program Tahfidz (Hafalan).

Nantinya Pendidikan Al-Qur’an bersifat kelompok. Satu kelompok terdiri dari satu guru dan beberapa santri 8-13 orang. Adapun pendidikan formalnya, Al Furqon hanya menyediakan bagi santri SD. Untuk santri tingkat MTs dan MA akan melanjutkan pendidikan formalnya di sekolah sekitar lingkungan pesantren.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 3.220.000Jenjang MI
Sekitar Rp. 3.080.000Jenjang MTs
Sekitar Rp. 3.195.000Jenjang MA
Sekitar Rp. 3.045.000Dewasa
Sekitar Rp. 580.000Bulanan MI
Sekitar Rp. 440.000Bulanan MTs
Sekitar Rp. 555.000Bulanan MA
Sekitar Rp. 405.000Bulanan Dewasa

Alamat lengkap: Dukuh Tulis, Desa Gondosari 04/01 Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah 59354

Website resmi: https://alfurqontulis.com/

Pondok Pesantren Tasywiqul Qur’an

Kredit Foto: Ponpes Tasywiqul Qur’an

Berikutnya adalah Ponpes Tasywiqul Qur’an. Pesantren yang memiliki makna rindu/sangat senang terhadap Al Qur`an ini didirikan oleh KH. Saifuddin Isma`il al Hafidh. Dalam menjalankan pendidikannya memiliki sebuah visi yaitu: “Terwujudunya Generasi Qur’any amali, unggul dalam prestasi, luhur dalam budi pekerti.”

Dalam mencapai visinya tersebut, maka dibuatlah beberapa misi. Antara lain:

  • Mewujudkan santri yang hafidh Alqur’an dan disiplin dalam beribadah sesuai haluan ahlu al sunnah wa al jama’ah.
  • Mewujudkan santri yang berkarakter Islami yang mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mencetak santri yang unggul dalam prestasi akademik dan nonakademik.
  • Membentuk santri yang berakhlakul karimah.

Mengenai pendidikannya, pesantren ini memiliki unit pendidikan formal jenjang MTs dan MA. Yang mana pembelajaran mewajibkan semua santri untuk menghafal al Qur`an. Selain itu, terdapat pengembangan keterampilan bahasa Arab dan Inggris serta keterampilan dalam mengembangkan IPTEK.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi sebutar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Garung Lor, Kec. Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59361

Website resmi: https://mtsttq.sch.id/

Pondok Pesantren Al Ghuroba

Kredit Foto: Kang Santri

Terakhir adalah Ponpes Al Ghuroba. Pesantren yang bercorak salafiyah ini merupakan lembaga pendidikan Islam di Kudus yang sebagian besar mendidik dan membina para santri dalam menghafal Al-Qur’an. Dirintis oleh KH. Mustamir Abdul Mu’in Al-Hafidz pada tahun 1980an dan diresmikan pada tahun 1999 M.

Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, Ponpes Al Ghuroba berpegang pada sebuah visi yaitu: ” Mewujudkan sumber daya santri yang Hafidz dan Amil serta mampu menghadapi tantangan zaman dengan terus berpijak Al Qur’an dan Al-Hadits.” Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi yaitu:

  • Menanamkan jiwa yang berkomitmen pada syari’at Al-Qur’an dan As-Sunnah.
  • Menumbuhkan semangat juang kepada seluruh warga Pesantren dalam berdakwah dan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud dari pengabdian kepada Allah Azza wa Jalla.
  • Mewujudkan masyarakat Qur‟ani yang berakhlakul karimah

Sebagai pesantren salafiyah, Al Ghuroba sama sekali tidak membuka pendidikan formal bagi para santrinya. Namun pihak pengurus tidak akan melarang bila ada santri yang ingin bersekolah di lingkungan sekitar pesantren.

Untuk kegiatan hariannya, lebih dari 70% kegiatan selalu berhubungan dengan Al Qur’an. Para santri dituntut untuk dekat dengan Al Qur’an di setiap saat. Nantinya kegiatan harian dimulai sejak pukul 02.30 untuk melaksanakan shalat tahajud bersama. Kemudian kegiatan harian baru berakhir pukul 22.30.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi sebutar biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Tumpangkrasak, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59349

Website resmi:

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Kudus yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar