(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Majalengka (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pesantren yang bagus di daerah Majalengka? Kalau iya maka pencarian Anda akan berhenti disini. Di artikel ini kami akan membahas pesantren di Majalengka paling bagus dan recommended.

Berikut ulasan mengenai pesantren terbaik di Majalengka untuk Anda!

Pondok Pesantren Mursyidul Falaah Majalengka

Ponpes Mursyidul Falaah Majalengka
Kredit Foto: Mursyidul Falaah

Pesantren di Majalengka pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Mursyidul Falaah. Pesantren ini didirikan oleh KH Jaja Jamaludin beserta ibundanya pada tahun 1991. Awalnya beliau mendirikan pesantren ini khusus dalam bidang keagamaan yaitu mempelajari Kitab-kitab Kuning. Namun sejak tahun 2007, Mursyidul Falaah mulai membuka pendidikan formal yang diawali dengan pendirian SMP.

Secara umum Mursyidul Falah merupakan pesantren yang masih kental dengan corak salafiyah. Adapun kurikulumnya sebagai berikut:

  • Tahun Pertama (kelas I)

Al-Qur’an Juz’ama binnadhor, Safinatun Naja (fiqih), Risalah Bajuri / matan Tijanud Daruri (Tauhid), Qothrotul Mufidah (Tauhid), Al-Ajurumiyyah (Nahwu), dan Qowa’idut Tashrif (Shorof)

  • Tahun Kedua (Kelas II)

Al-Qur’an Juz’ama bilghoib, Riyadul Badi’ah (Fiqih), Sulamuttaufiq (Fiqih), Assanusiyah (Tauhid), Nadhmul Imriti (Nahwu), Nadzom Maqshud (Shorof), dan Matan Kailani (Shorof)

Tahun Ketiga (Kelas III)

Al-Qur’an, Fathul Qorib (Fiqih), Kifayatul ‘Awam (Tauhid), dan Alfiyah Ibnu Malik (Nahwu dan Shorof)

  • Tahun keempat (Kelas IV)

Al-Qur’an (lanjutan), Fathul Qorib (Fiqih),  Alfiyah Ibnu Malik (Nahwu dan Shorof),Ummul barohin (Tauhid), Riyadhus Sholihin (Hadis), dan Nashoihul ‘Ibad (Tashowuf).

  • Tahun Kelima (Kelas V)

Al-Qur’an (lanjutan), Fathul Mu’in (Fiqih), Jauhar Maknun (Balaghoh), ‘Ilmu Tafsir, Tafsir Jalalain (Tafsir Al-qur’an), Ummul barohin (Tauhid), Riyadhus Sholihin (Hadis), dan Nashoihul ‘Ibad (Tashowuf).

  • Tahun Keenam ketujuh :

Pembimbingan para Santri untuk mempersiapkan terjun di masyarakat atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di pesantren ini maupun di pesantren lain.

Selain pendidikan kepesantrenan, Miftahul Falah juga membuka pendidkan formal jenjang SMP dan SMK.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 880.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 140.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jalan Raya Rajagaluh-Kramat. No.KM 01, RT.001/RW.001, Leuwilaja, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45474

Website resmi: https://pp-murfal.id/

Pondok Pesantren At Tibyaan Majalengka

Berikutnya adalah Ponpes At Tibyaan. Pesantren yang masih bercorak salafiyah ini didirikan oleh K. H. Drs. Zaenal Muttaqin pada tahun 1994. Sang pendiri merupakan salah seorang ulama dalam bidang Ilmu Falak, karenanya pesantren ini terkenal dengan keunggulannya dalam ilmu falak.

Keunggulan dari pesantren salafiyah ini adalah dengan dibebaskannya biaya pendidikan. Seluruh santri apapun latar belakangnya tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Kemudian karena tidak ada pendidikan formal, maka santri yang mukim terdiri dari berbagai macam usia. Diantara mereka ada yang masih remaja, pemuda, bahkan ada juga yang sudah menikah.

Adapun pelajaran yang dikaji selain ilmu falak adalah bidang ilmu Qiro’at, Tajwid, Tafsir, Tauhid, Akhlaq, Ushul Fiqih, Fiqih, Nahwu, Shorof, Mantiq, Ma’ani, Bayan, Badi’ , ‘Arud, Qofiyah, Mustholah Hadits, Hadits, Tarikh , dan berbagai disiplin ilmu lainnya.

Kemudian Setiap tahun pesantren ini mengadakan kajian kilat sebanyak 3 kali yaitu dilaksanakan pada bulan Robi’ul Awwal, Ramadhan dan Syawal. Pada program kilat ini biasanya santri yang datang merupakan santri yang berasal dari luar jawa barat.

Alamat lengkap pesantren: Jalan Raya Sindang Blok Jum’at Desa Sindang Kec.Cikijing Kab.Majalengka 45466 Prov. Jawa Barat

Website resmi: –

Pondok Pesantren Mufidah Santi Asmoro

Ponpes Mufidah Santi Asmoro
Kredit Foto: Nazwa

Selanjutnya adalah Ponpes Mufidah Santi Asmoro. Pesantren yang bercorak modern ini lahir dari sebuah gagasan brilian dari seorang tokoh Ulama yang juga seorang Pahlawan Nasional, yaitu KH. Abdul Halim. Kurang lebih beliau mulai membangun pesantren ini sejak tahun 1932. Yang mana kala itu bangunannya hanya sebuah surau kecil.

Mengenai nama Santi Asmoro, kata tersebut diambil dari bahasa sanskerta, artinya “Tempat yang Damai”, mengadopsi dari kata “Darussalam”. Alasan penggunan nama ini adalah strategi dalam upaya mengaburkan kecurigaan Penjajah Belanda, yang pada saat itu memandang aktifitas KH. Abdul Halim sebagai ancaman.

Adapun system pendidikannya merupakan sistem pendidikan yang mengarah kepada keseimbangan, karena selain memperdalam keilmuan keagamaan, para santri juga diberikan keilmuan umum dan keterampilan maka dari itu dinamakan SMP/SMA Prakarya, yang meliputi keterampilan: Pertanian, perikanan, perkebunan, kerajinan dan lain – lain.

Kemudian terdapat juga berbagai ekstrakulikuler seperti pramuka, paskibra, menjahit, marawis, hadroh, membatik, karate, silat, design grafis, tata boga, dll.

Selain menyenggarakan kegiatan pendidikan SMP dan SMA, diselenggarakan pula kegiatan pendidikan dan pembinaan yang lain, seperti TK/RA Al Halim, Madrasah Ibtidaiyah dan Majlis ta’lim.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Desa Pasirayu – Sindang -Majalengka – Jawa Barat

Website resmi: https://santiasromo.or.id/

Pondok Pesantren Nurul Fajri

Ponpes Nurul Fajri Majalengka
Kedit Foto: Asy’ari

Berikutnya adalah Ponpes Nurul Fajri. Pesantren yang berdiri pada tahun 2011 ini merupakan salah satu pesantren bercorak modern yang ada di Majalengka. Yang mana banyak dari gurunya merupakan alumni dari Pesantren Gontor.

Sebagai pesantren modern, Kurikulum yang ada di Nurul Fajri merupakan kurikulum yang terintegrasi antara sekolah dan pesantren dengan bimbingan dan arahan dari para guru dan pengasuh selama 24 jam. Berbagai program unggulan telah direncanakan pengurus, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Integrasi keilmuwan

Yakni integrase antara ayat-ayat Qur’aniyyah dan Kauniyyah. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan dikotomi keilmuan, sehingga para santri diharapkan selain melek dalam memahami ilmu agama (tafaqquh fid din) tetapi juga bisa berkreasi dan berinovasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

  • Penguasaan Bahasa Arab – Inggris

Yakni penerapan penggunaan Bahasa Arab dan Inggris dalam keseharian di seluruh lingkungan pesantren.

  • Kajian Kitab Kuning

Meskipun merupakan pesantren modern, namun kajian kitab kuning tidaklah dilepaskan. Diharapkan nantinya para santri dapat melestarikan peninggalan-peninggalan keilmuan para ulama salaf.

Saat ini pendidikan yang diselenggarakan oleh Ponpes Nurul Fajri adalah pendidikan kepesantrenan dan unit pendidikan formal jenjang SMP dan SMA.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Desa Weragati RT 02 RW 04, Kecamatan Palasah, 45475 Kab. Majalengka, Jawa Barat

Website resmi: –

Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadiin

Selanjutnya adalah Ponpes Raudlatul Mubtadiin. Pesantren yang masih bertahan dengan corak salafiyah ini telah berdiri sejak lebih dari setengah abad yang lalu, tepatnya pada tahun 1961. Pendirinya adalah seorang Ulama yang sangat waro’ dan Istiqomah dalam beribadah yaitu KH. Muhammad Qusyaeri (menantu KH. Amin Sepuh Babakan-Ciwaringin-Cirebon).

Sebagai pesantren salafiyah, tentu metode pendidikan yang digunakan adalah sorogan dan wetonan. Kemudian Selain metode-metode tersebut, ada pula metode-metode lain yang digunakan. Antara lain:  Metode Tanya-jawab, Metode Hafalan (Muhafadzoh), Metode Muthola’ah, Metode diskusi  (Bahtsul masa’il), dan Metode Amtsilati.

Adapun yang menjadi kekhasan pesantren ini adalah pada pengkajian ilmu Fiqih dan Alat (Nahwu-shorof) serta pegembangan bahasa arab, inggris & komputer. Motto pesantren ini yaitu slogan “Bila ingin pandai, rajinlah belajar & Bila ingin benar rajinlah berjamaah” yang merupakan wasiyat sang pendiri pesantren.

Nantinya dalam pembelajarannya, para santri akan dibagi sesuai tingkatan kemampuannya. Yang mana nantinya setiap tingkatan memiliki kitab-kitab khusus yang akan dikaji. Tingkatan tersebut antara lain:

  • Tingkat I’dadiyah (tingkat persiapan)
  • Tingkat Ibtidaiyah (tingkat awal)
  • Tingkat Tsanawiyah (tingkat pertengahan)
  • Tingkat Aliyah (tingkat atas)
  • Tingkat Pra Ustadz / Pra Ustadzah

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Desa Leuwikujang, Leuwikujang, Kec. Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45473

Website resmi: –

Pondok Pesantren An Nawawiyah

Berikutnya adalah Ponpes An Nawawiyah. Pesantren yang bercorak semi modern ini mulai dirintis oleh H. Abdussalam sejak masa sebelum kemerdekaan. Namun kegiatan sempat terhenti pada masa revolusi untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Tak berselang lama Pada tahun 1968 pengajian anak-anak dirintis kembali oleh Bapak H. Abdul Fattah H.S. (almarhum) yang waktu itu masih menjabat Kepala Desa Kawunggirang bersama putra H. Abdussalam yaitu K.H. Ahmad Nawawi.

Mengenai pembelajarannya, Kegiatan pendidikan dipolakan dalam pendidikan formal dan informal atau pendidikan sekolah dan luar sekolah. Dalam rangka penyelenggaraan pendidikan formal dibuka:

  • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  • Raudhatul Athfal (RA)
  • Madrasah Diniyah
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  • Madrasah Aliyah (MA)

Adapun kurikulum yang dugunakan adalah Kurikulum Departemen Agama ditambah muatan lokal berupa pendalaman ilmu-ilmu agama, antara lain Bahasa Arab dan Pengajian Kitab Kuning.

Kemudian para santri juga akan diberi pendidikan keterampilan dalam rangka membentuk santri yang mandiri dan berwiraswasta. Keterampilan tersebut berupa keterampilan jahit-menjahit, memasak, dan menyulam bagi santri putri serta elektronik dan pertanian bagi santri putra.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: JL. Kyai Haji Ahmad Nawawi, Kawunggiran, Majalengka, Kawunggirang, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka 45411

Website resmi: –

Pondok Pesantren Al Ghazali Kumbung

Ponpes Al Ghazali Kumbung
Kredit Foto: Yayat

Terakhir adalah Ponpes Al Ghazali Kumbung. Pesantren yang menisbatkan namanya kepada Imam Al Ghazali ini didirikan pada tahun 1995 oleh KH. Ridwan Nasuhi dan KH. Hidayat Tamammi. Sebagai pesantren salaf, pesantren ini akan membimbing para santrinya untuk selalu menjungjung tinggi Akhlakul Karimah, karena Ponpes Al Ghozali menjunjung tinggi kalam ulama yang menyebutkan “al adabu fauqol ilmi” .

Mengenai pendidikannya, Ponpes Al Ghazali mengembangkan sistem pendidikan keislaman berbasis Akhlakul Karim dimana santri dibimbing untuk dapat beribadah dan bermuamalah sesuai dengan syariat islam, yang menjadi inti kurikulum pesantren.

Adapun Sistem pendidikannya lebih menitik beratkan pada sistem pendidikan holistik dan komperenhensif, sehinggga para santri memiliki bekal untuk pionir dan teladan bagi masyarakat. Kemudian selain dibekali ilmu keagamaan, mereka juga dibekali ketrampilan profesional yang menjadi kebutuhan hidup dan kehidupan di era modern.

Kini Ponpes Al Ghazali selain menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan, juga membuka pendidikan formal berupa:

SMP Islam Terpadu Ma’arif

SMK Ma’arif Al-Ghozali

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Raya Kumbung Blok Ahad Rt. 01 Rw. 01 Desa Kumbung Kec. Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45472

Website resmi: –

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar