(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Medan (2022)

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari referensi pesantren di Medan yang bagus untuk pendidikan islam anak Anda? Jika iya maka tepat sekali Anda datang ke artikel kami. Di artikel ini kami telah mengumpulkan beberapa daftar nama rekomendasi pesantren di Medan yang mungkin bisa menjadi tujuan pendidikan anak Anda selanjutnya.

Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Raudlatul Hasanah

Kredit Foto: Handika Surbakti

Pesantren di Medan pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Raudlatul Hasanah. Bisa dikatakan pesantren ini merupakan pesantren alumni Gontor terbesar yang ada di Sumatera. Di sebut pesantren alumni Gontor karena sang pendirinya merupakan alumni Gontor. Beliau adalah al-Ustadz Usman Husni. Kala itu pesantren ini diresmikan pada 18 Oktober 1982.

Dalam menjalankan pendidikannya, Raudlatul Hasananh berpegangan pada visinya yaitu: “Menjadikan lembaga Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah sebagai lembaga kaderisasi dan layanan masyarakat yang bermutu, semata-mata untuk ibadah kepada Allah SWT dan mengharap ridho-Nya serta implementasi fungsi khalifah Allah di muka bumi.”

Mengenai kurikulumnya, pesantren ini menggunakan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI). KMI Ar-Raudlatul Hasanah adalah Sekolah Pendidikan Guru Islam yang model dan kurikulumnya diambil dari KMI Pondok Modern Darussalam Gontor, yang merupakan perpaduan antara Sekolah Normal Islam Padang Panjang dengan model pendidikan pondok pesantren di Jawa.

Para santri nantinya akan dididik selama full 24 jam untuk menjadi individu yang berkepribadian IQRA (‘Ilmy, Qur’any, Rabbany dan ‘Alamy) yang siap mengamalkannya di tengah-tengah masyarakat dengan ikhlas, cerdas dan beramal. Yang mana IQRA terbentuk dengan memadukan antara aspek pikir (‘ilmy ‘alamy) dan aspek zikir (qur’any rabbany) yang teraktualisasikan dalam intelegensia dan moralitas yang religius.

Saat ini Ponpes Raudlatul Hasanah menyelenggarakan pendidikan pesantren berbasis KMI selama 6 tahun (setingkat SMP dan SMA) dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ar-Raudlatul Hasanah (STIT)

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 7.650.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 900.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Setia Budi, Simpang Selayang, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara 20135

Website resmi: https://raudhah.ac.id/

Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Al Akbar

Kredit Foto: Khairil Afdhal

Dalam melaksanakan setiap aktivtitas pendidikannya, Al Kautsar berpedoman pada visinya yaitu: “Menjadi Pesantren yang mampu melahirkan insan mandiri, Cerdas dan Unggul secara Intelektual dan Generasi yang Berakhlak Mulia”

Berikutnya adalah Ponpes Modern Al Kautsar. Pesantren yang bercorak modern ini didirikan pada tahun 1982 oleh Syech Ali Akbar Marbun. Beliau adalah salah satu ulama batak yang telah berkelana mereguk ilmu kepada para syaikh di negeri Hijaz. Dan diantara salah satu gurunya adalah salah satu ulama besar dunia dalam bidang tashawwuf yaitu Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Al-Hasani.

Mengenai kurikulumnya, Al Kautsar menggunakan beberapa kurikulum yaitu:

  • Kurikulum Pesantren yang menjadi ciri khas Al-Kautsar yaitu pendalaman ilmu-ilmu keislaman (seperti : Tafsir, Hadits, Fiqh, Akhlak, Tauhid, Bahasa Arab, dan lain-lain).
  • Kurikulum Kementerian Agama yang dipadukan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional yang disebut dengan K-13.

Secara umum kegiatan yang dilaksanakan santri setiap harinya di pesantren ini adalah:

  • Sekolah Formal dilaksanakan pada Pagi hari
  • Kegiatan ekstra Kurikuler pada sore hari
  • Belajar untuk praktek bahasa, hafalan Al-Qur’an dan wirid, dan pembelajaran kitab kuning dilaksanakan pada ba’da Subuh, ba’da isya’, dan Ba’da magrib
  • Belajar mandiri bersama dilaksanakan pukul 21.00-22.15 WIB

Saat ini Ponpes Modern Al Kautsar menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang MTs dan MA. Selain terdapat juga RA dan berbagai program seperti Kelas Tahfidz Qur’an dan Training Calon Dai dan Pendidik.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Pelajar Timur No.246, Binjai, Medan Denai, Medan, Sumatera Utara 20228

Website resmi: https://pesantrenalkautsarmedan.org/

Pondok Pesantren Modern Ta’dib Al-Syakirin

Kredit Foto: Muhammad Iqbal

Selanjutnya adalah Ponpes Modern Ta’dib Al-Syakirin. Pesantren yang masih termasuk pesantren alumni Gontor ini didirikan pada tahun 1993 atas prakarsa/wakaf dari Bapak H. Muhammad Syukur Rangkuti. Beliau adalah seorang saudagar kaya yang menginginkan hartanya berkah dengan mendirikan sebuah lembaga pendidikan modern.

Dalam menjalankan pendidikannya, pesantren ini berpedoman pada visinya yaitu: ” Membentuk Generasi Muda Muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berfikiran bebas dan dapat berkhidmat kepada masyarakat.” Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Membentuk santri yang memiliki mental dan karakter.
  • Membentuk santri yang berpengetahuan dan berpanca jiwa
  • Membentuk santri agar menjadi warga Negara yang berkepribadian Indonesia serta bertaqwa kepada Allah SWT

Adapun panca jiwa pesantren ini adalah:

  • Keikhlasan (Sincerity)
  • Kesederhanaan (Simplicity)
  • Ukhuwah Islamiyah (Islamic Brotherhood)
  • Berdikari (Self Suffiency)
  • Jiwa Bebas (Freedom)

Nah pendidikan di pesantren ini lebih menekankan pada pembinaan mental attitude ketimbang pengajaran. Sekalipun santri dibekali pengetahuan baik agama maupun pengetahuan umum di kelas, tapi yang lebih penting lagi adalah penanaman nilai-nilai dan mentalitas kepada mereka.

Saat ini Program pendidikan yang diselenggarakan di pesantren ini meliputi jenjang Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah dengan formulasi kurikulum terpadu antara Program Departemen Agama (Pemerintah) dan Program Pesantren.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Gg. Tapian Nauli, Titi Kuning, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara 20146

Website resmi: https://tadibalsyakirin.com/

Pondok Pesantren Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam (TPI)

Kredit Foto: Email Ponsel

Berikutnya adalah Ponpes Darul Hikmah. Pesantren ini bisa dikatakan merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di Medan. Darul Hikmah merupakan salah satu Institusi Pendidikan yang didirikan dibawah Yayasan Taman Pendidikan Islam yang didirikan oleh KH. Rifa’i Abdul Manaf Nst pada 1 Mei 1950.

Dalam perjalanannya membina umat selama lebih dari 70 tahun, tentu saja pesantren ini telah mengalamami berbagai perubahan dan perkembangan. Dan kini Darul Hikmah telah menjadi salah satu pesantren yang bercorak modern, meskipun begitu corak tradisionalnya tidak dihilangkan begitu saja. Hal ini ditandai dengan adanya kajian dengan metode sorogan.

Mengenai visi yang dijadikan pedoman Darul Hikmah adalah: ” Membina, mendidik dan membentuk manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, agar menjadi tenaga pembangun masyarakat yang berakhlakul karimah, berjiwa pemimpin, mandiri, dan bertanggung jawab, serta mampu menghadapi tantangan dan problematika kehidupan baik duniawiah maupun ukhrowiah.”

Saat ini Ponpes Darul Hikmah TPI menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang SMP dan SMA.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. Pelajar No.44, Teladan Tim., Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20217

Website resmi: –

Pondok Pesantren Hidayatullah Medan

Kredit Foto: Muh Khumaini

Berikutnya adalah Ponpes Hidayatullah. Pesantren ini sesuai namanya merupakan milik Ormas Hidayatullah. Pesantren Hidayatullah sendiri telah tersebar di penjuru Indonesia. Yang mana ciri utama pendidikan Hidayatullah adalah menyelenggarakan pendidikan formal, baik system fullday maupun boarding school.

Pola pengajaran di Pesantren Hidayatullah adalah sistem pesantren modern, yaitu penggabungan mata pelajaran umum Kemendikbud dan Kemenag serta mata pelajaran khusus atau keislaman (diniyah).

Mata pelajaran umum sama seperti mata pelajaran pada sekolah – sekolah umum lainnya, contohnya matematika, fisika, kimia dan lain lain. Mata pelajaran khusus yaitu mata pelajaran yang berkaitan dengan keislaman, contohnya aqidah, fiqih, bahasa Arab, dan hafalan/tahfidz Al Qur’an, serta masih banyak lagi mata pelajaran yang lain, sesuai dengan jenjang pendidikan dan letak kampus.

Di Pesantren Hidayatullah Medan, lembaga pendidikan dikembangkan pada beberapa unit level pendidikan. Setidaknya sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam (sekolah Islam di Medan) yang ikut memberikan output kader yang memperjuangkan dinul Islam.

Level pendidikan yang kini dikelola oleh Ponpes Hidayatullah Medan adalah:

  • Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Tirta Deli
  • RA/ PAUD Qurrata Aini
  • MIS Luqman Al-Hakim (Fullday School)
  • MTS Hidayatullah Putra / Putri Berasrama
  • MA Hidayatullah Putra/putri Berasrama
  • Ma’had Aliy / Sekolah Tinggi Al-Qur’an
  • Takhassus (Putra/Putri) Tahfidzul Qur’an

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Saat ini Ponpes Hidayatullah Medan memiliki 2 kampus utama yang terletak di Medan dan Deli Serdang.

Alamat lengkap Kampus Medan: Jl.Sejati Baru, Desa Karang Sari, Kecamatan Polonia Medan, Kota Medan, Sumatera Utara 20158

Alamat lengkap kampus Deli Serdang: Desa Bandar Labuhan, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

Website resmi: http://www.hidayatullahmedan.com/

Islamic Center Sumatera Utara

Kredit Foto: Rahmad Agus Koto

Selanjutnya adalah Islamic Center Sumut. Sesuai namanya, lembaga ini adalah pusat kegiatan keislaman untuk Provisin Sumatera Utara. Islamic Center ini berdiri pada tahun 1983 atas prakarsa para tokoh dan ulama Sumatera Utara. Mereka bersepakat mendirikan Islamic Center karena semakin masifnya kegiatan umat islam di Sumut.

Sebagai Islamic Center, salah satu bidang yang dikelolanya adalah bidang pendidikan. Visi dari Islamic Center ini dalam bidang pendidikan adalah: ” “Terwujudnya insan yang Hafizh dan berwawasan Al-Qur’an serta memiliki keseimbangan Spiritual, Intelektual yang beretika menuju generasi yang berperadaban Al-Qur’an, serta berkomitmen tinggi dalam mengaktualisasikan nilai-nilai ajaran Al-Qur’an”.

Dari visi diatas lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Membentuk generasi yang hafal Al-Qur’an dan berakhlakul karimah sesuai dengan ajaran islam.
  • Mendidik generasi agar memiliki kemampuan seni baca Al-Qur’an dan menginterprestasikan isi kandungan Al-Qur’an, dan penyeru kepada kebaikan dan pencegah kemungkaran.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan dalam pencapaian prestasi akademik dan non- akademik.
  • Mengimplementasikan nilai-nilai Alquran dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari.

Mengenai kurikulumnya, Islamic Center memiliki beberapa kurikulum wajib yaitu:

  • Tahfidz Al Qur’an 30 Juz
  • Kurikulum Nasional
  • Kurikulum Pesantren (kitab kuning)

Saat ini Islamic Center Sumatera Utara selain mengelola pendidikan kepesantrenna juga mengelola beberapa pendidikan formal dan non formal. Untuk pendidikan formalnya adalah:

  • SDIT
  • MTs
  • MA

Adapun pendidikan informalnya berupa:

  • Madrasah Hifzhil Qur’an
  • Pendidikan Kader Ulama

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesanrten: Jl. Willem Iskandar/Pancing, Medan, Sumatera Utara 20222

Website resmi: https://www.icsumut.com/

Jabal Rahmah Mulia Boarding School

Kredit Foto: Rudi Setiawan

Pesantren di Medan terakhir yang akan kami bahas adalah Jabal Rahmah Mulia Boarding School. Jabal Rahmah Mulia adalah lembaga pendidikan berbasis Tahfidzul Qur’an & Akhlakul karimah yang diprakarsai dan didirikan oleh Ir. H. Hardianto.

Dalam menjalankan pendidikannya, Jabal Rahmah berpegang teguh pada visinya yaitu: “ Terwujudnya lembaga pendidikan berbasis Tahfidzul Qur’an yang memiliki keunggulan dalam menghasilkan generasi cerdas, disiplin, dan soleh.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menjadikan anak didik gemar menghafal Al Qur’an.
  • Menyiapkan generasi cerdas, disiplin, dan soleh.
  • Menjadikan anak didik mampu menjawab tantangan zaman dan menjadi kebanggaan orang tua.
  • Menyiapkan pembibitan olimpiade.

Mengenai kurikulumnya, pesantren ini menggunakan beberapa kurikulum yaitu:

  • Kurikulum 2013
  • Kurikulum Cambridge
  • Kurikulum Lokal (Tahfidz 30 Juz)

Saat ini Jabal Rahmah Mulia menyelenggarakan Boarding School untuk peserta didik jenjang SMP dan SMA. Untuk jenjang SMP, program unggulannya adalah:

  • Karakter Islami
  • Tahsin dan Tahfidz 20 Juz
  • English Cambridge
  • Terjemah Al-Qur’an Metode Granada
  • Muadzin, Imam & Public Speaking Skills

Adapun untuk jenjang SMA program unggulannya adalah:

  • Karakter Islami
  • Tahsin dan Tahfidz 10 Juz
  • English Cambridge & Toefl ITP
  • Muadzin, Imam & Public Speaking Skills
  • Kuliah di PTN, Sekolah Kedinasan, atau Luar Negeri

Selain SMP dan SMA, Jabal Rahmah Mulia juga mengelola pendidikan jenjang TK, SD, dan Rumah Tahfidz

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesanrten: Jl. Balai Desa No.24 H, Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20122

Website resmi: http://jabalrahmahmulia.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Medan yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 5 Pondok Pesantren di Tapanuli Selatan Terbaik (2021)

Rekomendasi 3 Pondok Pesantren di Asahan (2021)

Tinggalkan komentar