(REVIEW) Rekomendasi 9 Pondok Pesantren di Metro (2022)

Anda sedang mencari referensi pesantren recommended di Kota Metro? Kalau iya maka Anda sangat beruntung, sebab disini kami akan membahas Pesantren di Metro yang paling bagus dan recommended.

Cek daftar pesantren terbaik di Metro berikut ini!

Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an

Kredit Foto: Wahid Alimudin

Pesantren di Metro pertama yang akan kami ulas adalah Ponpes Raudlatul Qur’an. Sesuai namanya, pesantren yang didirikan oleh Drs. KH. Ali Qomaruddin, SQ Al-Hafidz pada tahun 2001 ini memiliki kekhususan dalam bidang Al-Qur’an.

Karenanya dalam visi pesantren ini tertulis: “Menjaga Al-Qur’an sebagi kalam Illahi yang sarat dengan disiplin ilmu dan menjadikan sebagai pedoman serta pandangan hidup.” Untuk mencapai visi tersebut, maka terciptalah dua misi utama yaitu:

  • Membina Qori’ dan Qori’ah serta hafidz dan hafidzah yang berkualitas dan berwawasan Qur’ani.
  • Mencetak kader-kader / generasi muda penerus bangsa yang hafal Al-Qur’an yang berkualitas.

Karena bertekad mencetak banyak Hafidz Qur’an, maka program utama di pesantren ini adalah Program Takhasus Tahfidzul Qur’an. Program ini merupakan program menghafal Qur’an yang terbuka bagi semua kalangan, yang mana tidak ada batasan usianya.

Kemudian Raudlatul Qur’an juga memiliki unit pendidikan formal jenjang SMP dan SMA. Yang mana keduanya merupakan sekolah berbasis pesantren yang memadukan dua sistem yaitu pendidikan umum dan pendidikan Diniyah yang mengedepankan kemampuan anak untuk menggunakan dua bahasa (Arab dan Inggris). Sekaligus program tahfidzul Qur’an bagi anak-anak yang memiliki kemampuan dan kemauan.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 1.000.000Biaya masuk program tahfidz
Sekitar Rp. 7.000.000Biaya masuk SMP dan SMA
Sekitar Rp. 400.000Biaya bulanan program tahfidz
Sekitar Rp. 625.000Biaya bulanan SMP
Sekitar Rp. 650.000Biaya bulanan SMA

Alamat lengkap: Jl. Pratama Praja No.16C, Mulyojati, Kec. Metro Bar., Kota Metro, Lampung 34125

Website resmi: https://pprqmetro.net/

Pondok Pesantren Islam Al Muhsin

Kredit Foto: Hanuro Aja

Berikutnya adalah Ponpes Islam Al Muhsin. Pesantren yang satu ini digagas oleh Al Fuadi Rusli, Drs. Hayumi RB, Drs. Hi Supoyo, Hi Mukhtar AM, dan bersama sahabat- sahabat yang lainnya pada tahun 1994. Visi dari pesantren ini adalah: “Terwujudnya almuhsin sebagai lembaga pendidikan dan dakwah yang berorientasi pada kemurniaan ajaran islam dan unggul dalam wawasan global.”

Secara umum, pesantren ini menyelenggarakan pendidikan MTS-MA yang terintegrasi selama 6 tahun. Namun nantinya jika ada santri lulusan SMP/Sederajat ingin masuk ke MA Al Muhsin, maka dibolehkan dengan catatan mengikuti kelas penyetaraan terlebih dahulu selama setahun.

Mengenai MTs Al Muhsin, maka akan terbagi menjadi dua program. Yaitu:

  • MTs Reguler

MTs reguler adalah Madrasah Tsanawiyah yang ada dikampus utama Pon-Pes Islam Al-Muhsin, pada unit MTs reguler terdapat muatan pembelajaran agama (ulumuddin) dan juga pembelajaran umum yang merujuk kepada Kurikulum Kemenag. Yang mana nantinya setiap santri minimal hafal 1 juz setiap tahunnya.

  • MTs PROGRAM TAHFIDZ (KHUSUS PUTRA)

Unit khusus MTs dari Pon-Pes Islam Al-Muhsin yang tetap menggunakan Kurikulum Agama (ulumuddin) dan Kurikulum Kemenag, namun lebih memprioritaskan hafalan Al-Qur’an dengan pencapaian minimal 15 Juz Mutqin dalam waktu 3 tahun, dengan didukung oleh para ustadz yang sudah hafidz 30 juz Al-Qur’an.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Dr. Sutomo No.28, Purwosari, Metro Utara, Kota Metro, Lampung 34114

Website resmi: https://almuhsin.or.id/

Pondok Pesantren Muhammadiyah At Tanwir

Kredit Foto: Afriyan Al Faraby

Selanjutnya adalah Ponpes Muhammadiyah At Tanwir. Sesuai namanya pesantren yang didirikan pada tahun 2004 ini memang dimiliki oleh Muhammadiyah, bahkan satu-satunya lembaga kader umat yang dimiliki Muhammadiyah di Propinsi Lampung.

Awalnya Ponpes At Tanwir merupakan asrama mahasiswa bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro. Namun kini At Tanwir mulai membuka pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang SMP dan MA.

Adapun kurikulumnya mengacu pada kurikulum nasional yang dimodifikasi sesuai perkembangan dankebutuhan. Dengan menyediakan beberapa sistem pelajaran yaitu mempelajari ilmu-ilmu keagamaan lengkap beserta kitab. Selain itu Tahfidz Qur’an pun menjadi salah satu keunggulan disini.

Tak hanya melaksanakan pembelajaran intrakurikuler, para pengurus juga mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, yaitu kegiatan yang menitikberatkan pada kreatifitas santri yang bersifat Rekreatif. Kegiatan ekstrakulikuler antara lain seperti olahraga, kesenian, berorganisasi, dll.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Proklamasi No.01, Mulyosari, Kec. Metro Bar., Kota Metro, Lampung 34125

Website resmi: https://attanwirmetro.or.id/

Pondok Pesantren Al Abror

Kredit Foto: Rizalari Vivo

Berikutnya adalah Ponpes Al Abror. Pesantren yang satu ini berdiri pada tahun 2016 dan merupakan unit pendidikan dari Yayasan Al Abror Metro, yang mana mulanya memiliki nama Yayasan Pendidikan Islam Nurul Falah Yosomulyo.

Dalam menjalankan pendidikannya, Al Abror memiliki sebuah visi yaitu: “Terbentuknya generasi muslim yang berilmu, beramal sholeh, berakhlaqul karimah, terampil, kreatif, mandiri dan bertanggung jawab dalam beragama.”

Untuk mencapai visi tersebut, maka Al Abror menetapkan berbagai misi yaitu:

  • Menyelenggaran pendidikan yang terpadu antara Ilmu Agama, Sains dan Teknologi.
  • Menanamkan ukhuwah di lingkungan pondok pesantren.
  • Membekali peserta didik Aqidah yang lurus, ibadah yang benar dan Akhlaqul Karimah.
  • Membekali peserta didik dengan keterampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang menumbuhkan kemandirian.

Mengenai kurikulumya, Al Abror mengintegrasikan 3 kurikulum, yaitu:

  • Kurikulum Kemenag
  • Kurikulum Diknas
  • Kurikulum Kepesantrenan

Kemudian untuk menunjang berbagai kemampuan santi, maka terdapat berbagai ekstrakulikuler seperti Pidato 3 bahasa (Arab, Inggris, Indonesia), Pengembangan diri, Kelompok tahfidz Al Qur’an,Organisasi santri (IST), Kegiantan pecinta alam, Beladiri, Futsal, Keterampilan, dan Muqoyyam.

Saat ini Ponpes Al Abror baru membuka pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal jenjang MTS.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl Waltermongsidi No.57 21D Yosomulyo, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung

Website resmi: http://ponpesalabror.blogspot.com/

Pondok Pesantren Darul A’mal

Kredit Foto: Fadhilah Azzahra

Selanjutnya adalah Ponpes Darul A’mal. Pesantren yang berdiri pada tahun 1987 ini didirikan oleh KH. Khusnan Mustofa Ghufron, seorang tokoh yang dikenal sebagai aktifis di bidang politik yang sudah tidak asing lagi namanya didengar oleh masyarakat Lampung.

Secara umum pesantren ini masih bercorak salafiyah dengan kekhasan pendidikan diniyah. Selain itu pesantren ini juga memiliki identitas sebagai pesantren NU. Karena itu ebagaimana umumnya pondok pesantren lain yang berbasis ke NU, pesantren ini mengikuti faham Ahlussunah wal Jama’ah (ASWAJA).

Dalam menjalankan aktivitas pendidikannya, Darul A’mal memiliki visi yang simple akan tetapi penuh makna, yaitu: “Mewujudkan santri yang beriman, taqwa, berwawasan luas dan memiliki skill.” Untuk mencapai visi tersebut, maka dibuatlah misi sebgai berikut:

  • Mengikutsertakan santri dalam kegiatan ekternal maupun internal
  • Mengoptimalkan semua elemen pembelajaran
  • Melengkapi sarana dan prasarana pondok pesantren
  • Open management
  • Meningkatkan pelayanan dalam berbagai sektor

Mengenai pendidikan yang tersedia, pesantren ini memiliki berbagai program pendidikan. Antara lain:

  • Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren (informal)
  • Madrasah Tsanawiyah (Akreditasi A)
  • Madrasah Aliyah (Akreditasi A)
  • Sekolah Menengah Kejuran (Jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Tata Busana)
  • Institut Agama Islam Darul A’mal

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Soekarno Hatta No.16B, Mulyojati, Kec. Metro Bar., Kota Metro, Lampung 34125

Website resmi: https://darulamalmetro.ponpes.id/

Pondok Pesantren Darul Ulya

Kredit Foto: Aldho

Berikutnya adalah Ponpes Darul Ulya. Pesantren ini merupakan salah satu pondok pesantren tradisional (salaf) di Kota Metro yang didirikan oleh Kyai M. Subadji Rahmad pada tahun 2008. Kala itu pembangunannya didasari keinginan sang pendiri untuk mengembangkan Syiar Agama.

Sebagai pesantren salaf, pesantren ini memiliki keunggulan dalam bidang kitab-kitab kuning, khususnya nahwu. Yang mana pembelajaran nahwu tersebut terbagi menjadi lima tingkatan kelas Madrasah Diniyah (Madin), yaitu kelas As-Sabrowi , Al-Jurumiyah, Al-`Imrithi, Allfiyah Awal, Alfiyah Tsani.

Dalam pembelajaran nahwunya, Darul Ulya menggunakan metode lama yaitu menghafal bab ataupun bait-bait ilmu nahwu, baik dengan dibaca biasa ataupun dilagukan yang bertujuan untuk mempermudah santri dalam menghafalnya.

Selain program kitab, Daarul Ulya juga memiliki program tahfidz, yang mana selain menghafal Al-Quran santri tersebut tetap mengikuti progran diniyah yaitu mengkaji kitab-kibab umum (selain Nahwu).

Tidak hanya belajar kitab-kitab saja, di Pondok Pesantren ini santri juga difasilitasi sekolah umum yang mempelajari pelajaran umum untuk menambah ilmu pengetahuan santri untuk di dunia dan memperdalam ilmu agama untuk bekal di akhirat. Sekolah umum tersebut berupa MTs dan SMK.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Merica I No.31, Iringmulyo, Kec. Metro Tim., Kota Metro, Lampung 34124

Website resmi: –

Pondok Pesantren Darul Muttaqin Al Islami

Kredit Foto: Ponpes Darul Muttaqin

Selanjutnya adalah Ponpes Darul Muttaqin Al Islami. Pesantren yang satu ini merupakan salah satu pesantren di Metro yang bernafaskan pendidikan modern. Yang mana dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, Darul Muttaqin memiliki sebuah visi yaitu: “Terwujudnya generasi yang memiliki pemahaman dan pengamalan islam yang benar dan berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah.”

Saat ini Darul Muttaqin memiliki 2 program pendidikan formal yang secara umum memadukan kurikulum Diknas, Kurikulum Depag, dan Kurikulum Kepesantrenan, yaitu:

  • SMP Islam Darul Muttaqin

Sebuah lembaga pendidikan tingkat menengah pertama yang mempunyai keunggulan dalam bidang Tahfidzul Quran, Bahasa Arab, Bahasa Inggris serta Sains dan pelajaran umum lainnya.

SMA Islam Darul Muttaqin

Mempunyai kurikulum khusus untuk mempersiapkan santri yang ingin menempuh pendidikan lanjutan hingga ke luar negeri seperti Mesir, Jordania dan negara Timur Tengah lainnya.

Beberapa keunggulan Darul Muttaqin adalah:

  • Memberikan alokasi yang besar untuk Tahfidz, pelajaran agama, dan Bahasa Arab & Inggris.
  • Lingkungan pendidikan yang kondusif, bersih, nyaman, tenang, dan bebas polusi.
  • Pembiasaan Bahasa Arab & Inggris dalam keseharian
  • Tenaga pengajar yang mumpuni (mayoritas S2)

Mengenai biaya pendidikannya bisa klik di link ini https://darulmuttaqin.sch.id/brosur-pendaftaran-santri-baru/

Alamat lengkap: Jalan Almuttaqin 2 16 B Kelurahan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat Kota Metro – Lampung 34125

Website resmi: https://darulmuttaqin.sch.id/

Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Kredit Foto: Ponpes Mambaul Ulum

Berikutnya adalah Ponpes Mambaul Ulum. Pesantren yang berdiri pada tahun 2000 ini didirikan oleh K.H Nur Muhammad. Beliau mendirikan pesantren ini karena saat itu melihat suasana desa Gayau Sakti yang semakin maju masyarakatnya tetapi justru semakin tidak tertata generasi penerusnya (anak-anak) khususnya dibidang keagamaan.

Dalam menjalankan setiap aktivitas pendidikannya, Mambaul Ulum memiliki sebuah visi yaitu: “Mewujudkan santri yang berakhlaqul karimah, disiplin tinggi, berilmu, bermasyarakat, dan terdepan dalam prestasi.” Untuk mencapai visi tersebut maka disusunlah berbagai misi pesantren, antara lain:

  • Menanamkan akhlak mulia dalam diri santri.
  • Melatih rasa disiplin dan tanggung jawab dalam diri santri.
  • Meningkatkan kedisiplinan dalam kegiatan pembelajaran.
  • Membekali santri dengan ilmu kemasyarakatan.

Adapun program unggulan yang tersedia di Mambaul Ulum adalah:

  • Penguatan Bahasa Arab & Inggris
  • Wajib menghafal Al-qur’an Minimal 5 Juz (Jurusan Tahfidz)
  • Lancar Membaca Kitab Kuning / Arab Gundul (Jurusan Salafiyah)
  • Kesenian Drum Band berlagu Religi
  • Kesenian Hadroh

Saat ini Ponpes Mambaul Ulum menyelenggarakan berbagai program pendidikan, antara lain:

  • Madrasah Diniyah (Salafiyah & Tahfidz)
  • Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum
  • Madrasah Aliyah Mambaul Ulum

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. Raya Stadion, Tejosari, Kec. Metro Tim., Kota Metro, Lampung 34123

Website resmi: –

Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin

Terakhir adalah Ponpes Raudhatut Thalibin. Pesantren yang satu ini adalah lembaga pendidikan islam yang memiliki visi yang cukup besar yaitu: “Mewujudkan generasi yang Qur’ani yang berwawasan luas, cerdas, disiplin, mapan intelektual dan kokoh spiritual.”

Mengenai system pendidikannya Roudlatut Tholibin mengkolaborasikan media piker dan dzikir, intelektual dan moral, IPTEK dan IMTAQ, serta teori dan pengaplikasian dalam berbagai lembaga pendidikan yang tersedia dalam bingkai pendidikan salaf yang terkenal dengan nilai-nilai islami, moralitas, dan nasionalisme. Adapun lembaga pendidikan yang diselenggarakan adalah:

Pendidikan Formal

  • SD Al Qur’an
  • MTs Ma’arif
  • MA Ma’arif
  • Pendidikan Informal (terbuka bagi semua kalangan)
  • Madrasah Salafiyah
  • Madrasah Diniyah
  • Asrama Tahfidzul Qur’an
  • Asrama Mahasiswa

Untuk menunjang keterampilan dan skill para santri, maka terdapat berbagai ekstrakulikuler seperti: Dibaiyah, muhadatsah, seni tari, fahmil Qur’an, pramuka, olahraga, hadroh, drum band, dll.

Terdapat juga berbagai kegiatan mingguan dan bulanan, yaitu

Kegiatan Mingguan

  • Kajian tajwid
  • Qiroat sab’ah
  • Shalawatan
  • Muhadharah
  • Simaan bil ghaib
  • Dll
  • Kegiatan bulanan
  • Evaluasi
  • Khataman Al Qur’an
  • Dll

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi biaya pendidikannya.

Alamat lengkap: Jl. RA Kartini No.28, Purwosari, Metro Utara, Lampung 34111

Website resmi: –

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Metro yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar