(REVIEW) 7 Pondok Pesantren di Mojokerto Paling Bagus (2022)

Pasti Anda sedang mencari pondok pesantren di Mojokerto? Benar kan?

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Mojokerto terdapat sekitar 128 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 21.071. Jumlah tersebut terbagi menjadi 15.106 santri mukim, dan 5.965 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto

Ponpes Darul Hikam Mojokerto

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Darul Hikam. Pesantren ini merupakan pesantren modern bertaraf internasional. Menggunakan dua bahasa utama, Arab dan Inggris, roda kegiatan di pondok ini digerakkan dengan pola identik Gontor. Kepala sekolahnya berasal dari Gontor. Tak ayal kedisiplinan dijalankan dengan cukup ketat di pesantren ini.

Kelebihan pondok ini ada pada mengedepankan prestasi siswa, sehingga ekstrakulikulernya tidak hanya sebatas dalam bidang seperti hadrah saja, tapi juga mencakup persiapan olimpiade, robotic, jurnalistik, bahkan sudah menjadi hal biasa karya tulis milik santri dibukukan. Oleh sebab itu prestasi pondok ini tergolong mentereng. Mampu menjuarai lomba robotic tingkat internasional di Osaka Jepang pada tahun 2017.

Namun di sisi lain, pimpinan pondok ini juga menyampaikan bahwa unsur salafiyah juga dipegang teguh dalam pola pembinaan akhlaq siswa. Sehingga adab santri terhadap guru dan orangtua menjadi titik penting selain prestasi. Apalagi memiliki asrama dengan kamar mandi di dalam, menjadikan pembinaan menjadi jauh lebih mudah.

Ada satu hal yang mungkin tidak dimiliki pesantren lain, yaitu program pendidikan ke luar negeri. Kyai di pesantren ini memang sosok yang sudah lama tinggal di Singapura dan Malaysia, sehingga memiliki relasi yang cukup luas.

Saat ini Pesantren Darul Hikam menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat SMP dan SMA. Selain itu terdapat juga program khusus tahfidz. Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk jenjang SMP dan SMA: sekitar Rp. 10.000.000
  • Biaya masuk program tahfidz: sekitar Rp. 25.000.000
  • Biaya bulanan jenjang SMP dan SMA: sekitar Rp. 1.500.000
  • Biaya bulanan program tahfidz: sekitar Rp. 2.500.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Tambaksuruh Puri, Tambakagung, Puri, Tambak Suro, Tambakagung, Kec. Puri, Mojokerto, Jawa Timur 61363

Website resmi: http://darulhikamtahfidz.sch.id/

Pondok Pesantren Al Multazam Mojokerto

Ponpes Al Multazam

Berikutnya adalah Ponpes Al Multazam. Pesantren ini berdiri pada 25 September 1994 M. Didirikan oleh K.H. Makinuddin Qomari yang menjadi Pengasuh Pesantren. Awal berdirinya pesantren ini berjalan dengan sistem belajar mengaji diniyah ala pesantren salaf serta membuka lembaga pendidikan tingkat kanak-kanak (TK).

Barulah pada tahun 2003 program diniyah dikembangkan menjadi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Multazam, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun pelajaran 2006, keduanya menjadi program terpadu khusus putri.

Dalam mengembangkan pendidikan didalam pesantren, Al-Multazam menerapkan sistem terpadu antara salaf dan modern, hal ini dilakukan agar Pondok Pesantren Al-Multazam tetap relevan dengan kondisi zaman yang terus berkembang dengan tetap berpegang pada prinsip “mempertahankan tradisi lama yang masih eksis, dan mengambil tradisi baru yang lebih relevan” sehingga terus berupaya untuk maju dan lebih baik.

Adapun sarana dan prasarana yang tersedia untuk menunjang pendidikan di pesantren ini antara lain: sarana ruang kelas multimedia, ruang kantor, berbagai laboratorium, unit kesehatan sekolah, aula, perpustakaan, lapangan olah raga, dan masjid. Selain itu terdapat juga ragam ekstrakulikuler seperti: pmr, klub olimpiade, menjahit, pramuka, paduan suara, dll.

Saat ini Pesantren Al Multazam menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat MTS dan SMA khusus putri. Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 24.165.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 1.750.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Kepuhanyar No.24, Kepuh Anyar, Kepuhanyar, Kec. Mojoanyar, Mojokerto, Jawa Timur 61364

Website resmi: http://mtsalmultazam-mjk.sch.id/

Pondok Pesantren Al Amin

Al Amin Islamic Boarding School

Selanjutnya adalah Ponpes Al Amin. Lahirnya pesantren ini berawal dari suatu pemikiran perlunya mencetak kader-kader muda muslim Nahdlatul Ulama yang berkualitas, berwawasan luas serta memiliki kepribadian luhur, berjiwa mandiri dan berguna bagi agama, bangsa dan negara.

Pesantren Al-Amin memiliki lembaga pendidikan formal dengan sistem pendidikan yang mengintegrasikan kurikulum pendidikan nasional, dan kurikulum standar pesantren Islamic Boarding School, serta aplikasi hidden curriculum.

Hidden curriculum adalah kurikulum yang dimana santri dibekali dengan kemampuan organisasi, leadership, penanaman nilai ahlussunnah waljama’ah secara berkesinambungan dan keahlian dalam science technology terkini yang diprogramkan selama 6 tahun melalui jenjang Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Adapun sarana dan prasarana yang tersedia untuk menunjang pendidikan di pesantren ini antara lain: sarana ruang kelas multimedia, ruang kantor, berbagai laboratorium, unit kesehatan sekolah, aula, perpustakaan, lapangan olah raga, dan masjid. Selain itu terdapat juga ragam ekstrakulikuler seperti: banjari, futsal, kaligrafi, jurnalistik, tilawah Qur’an, dll.

Saat ini Pesantren Al Amin menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat MTS dan MA. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. R.A Basuni No.18, Jampirogo, Kec. Sooko, Mojokerto, Jawa Timur 61361

Website resmi: https://www.alamin.sch.id/

Pondok Pesantren Amanatul Ummah

Ponpes Amanatul Ummah
Kredit Foto: Ogi Pratama

Berikutnya adalah Ponpes Amanatul Ummah. Pesantren ini adalah salah satu lembaga pendidikan tingkat Madrasah Aliyah (MA/SMA) dari Yayasan Pendidikan Unggulan Amanatul Ummah. Kolaborasi keilmuan pesantren tradisional dengan pendidikan formal berhasil membawa seluruh lulusannya (95%) diterima di perguruan tinggi favorit baik dalam negeri  maupun di luar negeri.

Selain itu, para santrinya menunjukkan prestasi-prestasi gemilang, baik dalam bidang Keagamaan Islam, Sains, Olahraga, dan Seni. Saking hebatnya, perlombaan yang dimenangi santri adalah perlomban tingkat Nasional maupun Internasional. Tidak hanya itu, lulusan pesantren ini juga akan dibekali beberapa sertifikasi yakni Ijazah Nasional, TOEFL ITP dan Ijazah Muadalah yang disetarakan dengan Al-Azhar Kairo, Mesir.

Kemudian sistem pembimbingan bagi santrinya adalah 24 Jam setiap hari. Terdapat Wali Kelas Formal, Wali Kelas Diniyah dan Wali Kamar sebagai pembimbing santri sehingga santri merasa terdampingi oleh ustadz/ustdazah yang kompeten di bidangnya. Pelayanan pesantren juga dibuka selama 24 Jam untuk para santri.

Adapun sarana dan prasarana yang tersedia untuk menunjang pendidikan di pesantren ini antara lain: kelas representatif, kantor public service, berbagai laboratorium, perpustakaan, lapangan olah raga, dan masjid. Selain itu terdapat juga ragam ekstrakulikuler seperti: banjari, robotika, perkapalan, tataboga, fotografi, dll.

Saat ini Pesantren Amanatul Ummah menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat SMP dan SMA khusus putri. Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk seluruh jenjang: sekitar Rp. 8.600.000 – 9.100.000
  • Biaya bulanan seluruh jenjang: sekitar Rp. 1.600.000
  • Biaya tahunan seluruh jenjang: sekitar Rp. 2.700.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:  Jl. Tirtowening No. 2 Kembang, Belor, Kembangbelor, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

Website resmi: https://www.mbi-au.sch.id/newmbi/

Pondok Pesantren Al Azhar Mojokerto

Selanjutnya adalah Ponpes Al Azhar. Corak pemikiran yang berkembang di pondok pesantren ini berhaluan Ahl al-Sunnah wa al-Jamaah (Aswaja) dengan corak yang lebih moderat. Para pendiri dan pembinanya lebih banyak yang berafiliasi dan aktif di Nahdlatul Ulama (NU).

Pesantren ini memiliki visi “Terwujudnya generasi yang bertaqwa kepada Allah SWT, yang berakhlaq al karimah dan mampu mengemban amanah, mengajak dan mengajarkan kebaikan serta amar ma’ruf nahi munkar.” Untuk mewujudkan visi tersebut, pesantren ini memiliki dua program, yaitu program full day dan program boarding.

Target bagi santri program full day adalah mampu hafal dengan lancar minimal 3 Juz (termasuk Juz 30). Sedangkan untuk siswa yang bertempat di pondok (asrama) memiliki target lulus SMP mampu hafal dengan lancar minimal 10 Juz. Kurikulum Diniyyah bagi semua siswa memakai kitab-kitab yang diajarkan Ulama’ Ahlussunnah Wal Jama’ah, dengan metode pengajian menggunakan Bahasa Jawa (Pegon).

Saat ini Pesantren Al Amin menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat SMP. Selain itu terdapat juga jenjang SD full day. Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah:   Jl. Empunala, Mergelo, Kedundung, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61316

Website resmi: https://alazhar.id/

Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI

Berikutnya adalah Ponpes Islamic Center eLKISI. Pesantren ini berdiri seiring semakin kompleksnya problematika keummatan di negeri ini, seperti kuatnya pendidikan sekuler dan materialistik pada kerusakan aqidah, dekadensi akhlak hingga minimnya penyeru kebaikan.

Sebagai pesantren yang berbasis edukasi dan sosial keummatan, sejak beridirinya pada tahun 2010 silam, ingin lebih berperan aktif dalam proses kaderisasi ummat tanpa meninggalkan peran penting lainnya, yakni sosial keummatan.

Elkisi mempunyai misi melahirkan kader-kader beraqidah salimah, berakhlaqul kariimah, bermanfaat bagi ummat dan mampu bersaing secara global. Oleh karena itu kurikulum yang digunakannya pun perpaduan aspek penting. Yakni ciri khas Elkisi, kurikulum nasional, dan kurikulum Al-Azhar Cairo. Gabungan dua kurikulum ini cukup dinamis. 

Lantas, apa ciri khas Elkisi sendiri? Ciri khasnya adalah program tahfidz qur’an dan hadist. Para santri minimal mempunyai hafalan 6 juz al-qur’an, 300 hadist maudlu’i (tematik), bisa berkhutbah, mandiri, dan masih banyak lagi. 

Saat ini Pesantren eLKISI menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat SD, SMP, dan SMA. Selain itu terdapat juga jenjang perkuliahan. Adapun bagi yang berminat mengikuti pendidikan di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan harus menyiapkan dana sebesar:

  • Biaya masuk jenjang SD: sekitar Rp. 6.000.000
  • Biaya masuk jenjang SMP dan SMA: sekitar Rp. 10.900.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Mojosari Trawas Km. 08, Dsn. Kemuning, Ds. Mojorejo, Kec. Pungging, Mojokerto, Jawa Timur 61384.

Website resmi: https://elkisi.com/

Pondok Pesantren Raudlatun Nasyiin

Pesantren terakhir yang akan kami bahas adalah Ponpes Raudlatun Nasyiin. Pesantren ini adalah Pondok Pesantren yang berlandaskan Ahlus Sunnah Waljama’ah, mencetak generasi yang tangguh dan kreatif dengan menyediakan keilmuan Agama, Bahasa, Al-qur’an dan ilmu umum.

Bahasa Inggris dan Bahasa Arab adalah program unggulan pondok pesantren Roudlotun Nasyiin, selain tentu mempelajari Kitab Kuning, Materi Umum dll. Para pengurus senantiasa mendidik para santri agar mampu menguasai Bahasa Inggris dan Bahasa Arab sebagai bekal dikemudian hari.

Kini Pesantren Raudlatun Nasyiin menyelenggarakan pendidikan formal dan informal. Pendidikan formalnya antara lain PAUD/TK, MI, SMPI, MTs, MA, SMAI, SMK dan Perguruan Tinggi. Adapun pendikan informalnya antara lain Lembaga Bahasa Asing, Madrasah Diniyah Takmiliyah, Lembaga Tahfidz Al Qur’an.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendaftaran dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Dsn. Berattengah Ds. Beratkulon Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto 61353 Provinsi Jawa Timur

Website resmi: https://ponpesronas.com/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Mojokerto yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 9 Pesantren Terbaik di Malang

Rekomendasi 7 Pesantren Terbaik di Batu

Tinggalkan komentar