(REVIEW) Rekomendasi 5 Pondok Pesantren di Payakumbuh (2022)

Anda sedang mencari Pesantren di Payakumbuh? Kalau iya, maka pencarian anda akan berhenti disini. Pada artikel ini kami akan mengulas tentang Pesantren di Payakumbuh yang paling recommended.

Jika Anda penasaran, baca sampai habis ya!

Insan Cendekia Boarding School

Kredit Foto: Fitra Zikra

Pesantren di Payakumbuh pertama yang akan kami bahas adalah Insan Cendekia Boarding School (ICBS). Dari namanya, sejatinya Insan Cendekia bukanlah pesantren, melainkan sebuah Boarding School. Namun karena Boarding School adalah sekolah berasrama dan terdapat juga program khusus keislaman, maka kami masukkan ke ulasan mengenai pesantren di Payakumbuh.

Secara umum (ICBS) Payakumbuh merupakan sekolah berasrama yang memadukan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. ICBS menerapkan Kurikulum Pendidikan Nasional dipadukan dengan Kurikulum Khusus yang diadopsi dari dalam dan luar negeri. Didirikan tahun 2010 untuk dua jenjang pendidikan yakni SMP dan SMA, ICBS siap mewujudkan generasi cerdas, Islami, mandiri, dan berprestasi.

ICBS bisa dikatakan memiliki banyak keunggulan. Disini ICBS mengakomodir semua potensi siswa dengan mengadakan camp-camp bahasa dan pembinaan kompetisi secara intensif, seperti MTQ dan olimpiade.

Kemudian lingkungan sekolahnya merupakan lingkungan yang aktif berbahasa Inggris dan Arab yang mendukung seluruh siswa untuk berkomunikasi dan sharing opini melalui forum diskusi, debat dan organisasi.

Bahkan setiap tahunnya, ICBS selalu mengadakan program kunjungan ke sekolah maupun universitas di luar negeri, seperti negara-negara di Eropa, Turki, Jepang, Malaysia, Singapura dan lainnya, untuk memperluas wawasan global siswa. Karenanya tak heran banyak siswanya yang mendapatkan berbagai prestasi di tingkat nasional dan internasional.

Mengenai biaya pendidikannya:

Sekitar Rp. 14.900.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.700.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jln. RA Kartini, Payakumbuh Utara. Kota Payakumbuh, Sumatera Barat

Website resmi: https://icbs.sch.id/

Pondok Pesantren Cahaya Islam

Selanjutnya adalah Ponpes Cahaya Islam. Pesantren ini adalah pesantren yang mengembangkan diri, kepribadian, bakat, minat dengan ruh keislaman santri yang diharapkan kelak dapat berbuat amal shaleh di Indonesia ini khususnya dan di dunia ini umumnya sebagai bekal akhirat.

Secara umum kurikulum yang digunakan di Cahaya Islam memadukan Kurikulum Dinas Pendidikan Nasional yang dielaborasi dengan Kurikulum Khas Pesantren sesuai dengan visi dan misi sekolah. Di samping itu, terdapat beberapa program unggulan qur’an yang terdiri dari: tahfizhul qur’an, tarjamatul qur’an, tahsinul qur’an, kitabatul qur’an, dll.

Tidak lupa, para pengurus memberikan muatan life skill, social skill hingga ragam kegiatan lapangan yang bertujuan agar membentuk santri memiliki karakter mandiri, sehat dan adanya kepekaan terhadap permasalahan di masyarakat.

Di samping itu, terdapat beberapa target harian dan tahunan bagi para siswa. Antara lain

TargetProgram
2 baris/hari  Tarjamatul Qur’an
3 Kosa kata atau 1Hiwar/hari  Pembiasaan Bahasa Arab
1 Juz/Tahun  Tahfidz Qur’an
120 Hadits/Tahun  Tarjamatul Hadits             
10 Juz/Tahun  Takhosus Al-qur’an               
20 Judul/TahunKultum                 
15 Judul/Tahun  Muhadhoroh               

Saat ini Ponpes Cahaya Islam menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan sekaligus pendidikan formal jenjang SMP dan SMA

Mengenai biaya pendidikannya:

Maaf kami belum menemukannyaBiaya masuk
Sekitar Rp. 1.150.000Biaya bulanan SMP
Sekitar Rp. 1.250.000Biaya bulanan SMA

Alamat lengkap pesantren: Jl. Prof. Hamka No. 54, Tarok, Kec. Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat 26217

Website resmi: https://smpcahayaislampayakumbuh.sch.id/

Pondok Pesantren Al Fath Abdurrahman

Berikutnya adalah Ponpes Al Fath Abdurrahman. Pesantren ini didirikan oleh beberapa tokoh Payakumbuh pada tahun 2014. Berdirinya pesantren ini adalah sebagai wujud keinginan Yayasan Al Fath Abdurrahman untuk turut serta memajukan pendidikan berbasis Akhlak Al- Qur’an di wilayah kota Payakumbuh dan sekitarnya, serta banyaknya animo masyarakat yang ingin menyekolahkan putra–putrinya di sekolah yang berbasis Islami.

Dalam pelaksanaan pendidikannya, pesantren ini memadukan konsep sekolah unggulan umum dan konsep pesantren unggulan yang diharapkan akan melahirkan alumni yang berakhlak mulia, memiliki kemampuan Bahasa Arab dan Inggris, ilmu Sains dan memiliki hafalan Al – Qur’an minimal 8 Juz selama tiga tahun.

Saat ini terdapat 3 program pendidikan formal dan kepesantrenan yang tersedia. Yaitu:

  • SMP IT
  • SMA IT (Jurusan IPA & IPS)
  • Takhasus Al Qur’an (Target Hafalan 30 Juz Dalam 3 Tahun)

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 11.000.000Biaya masuk SMP dan SMA
Sekitar Rp. 12.000.000Biaya masuk Takhasus Qur’an
Sekitar Rp. 1.350.000Biaya bulanan SMP dan SMA
Sekitar Rp. 1.500.000Biaya bulanan Takhasus Qur’an

Alamat lengkap pesantren:  Jl. Rangkayo Rasuna Said, Labuh Basilang, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat

Website resmi: https://www.alfathabdurrahmanpayakumbuh.sch.id/

Pondok Pesantren Maa’rif As-Sa’diyah

Selanjutnya adalah Ponpes Ma’arif As Sa’diyah. Pesantren yang bercorak NU ini didirikan pada tahun 1995 oleh Ulama Kharismatik Payakumbuh yakni Buya Sudirman Syair. Awalnya kala itu beliau hanya mendirikan sebuah surau untuk mendidik para santrinya, namun seiring perkembangan zaman, maka suraunya pun terus berkembang menjadi seperti saat ini.

Untuk Pola pendidikannya berorientasi kepada penanaman nilai-nilai dan pembiasaan tradisi-tradisi lama yang membentuk sosok pribadi Muslim hakiki yang resistan (tahan) terhadap pukulan zaman. Adapun kurikulumnya menerapkan pembelajaran Kitab at Turats (Kitab Gundul atau Kitab Kuning) ditambah dengan mata pelajaran dari Kemenag dan Dinas Pendidikan RI kemudian ditambah dengan beberapa mata pelajaran dari LP Ma’arif NU dan program ekstrakurikuler lainnya.

Salah satu program khas dari pesantren ini adalah Program Safari Ramadhan setiap tahunnya. Kegiatan ini berupa pengriman santri-santri terpilih untuk menjadi dai di berbagai masjid dan mushola yang ada di Payakumbuh. Tujuan program ini adalah sebagai sarana latihan mengasah kemampuan yang efektif dan mengajarkan santri dalam bersosialisasi.

Diantara mata pelajaran yang diajarkan di PP Ma’arif Assa’adiyah ini adalah; Tahfizhil Qur’an, Tahsin, Tafsir, Hadis, Ilmu Nahwu, Sharaf, Tashrif, I’rab, Fiqih, Mantiq, Balaghah, Ilmu Hadist, Ilmu Tafsir, Tashauf, Tarekh, Bahasa Arab, Aswaja, Tauhid, Ushul Fiqh, praktek ibadah, Retorika Dakwah, Akidah Akhlak, IPS, IPA, dll

Saat ini Ponpes Ma’arif As Sa’diyah membukan pendidikan kepesantrenan dengan pendidikan formal jenjang MTS dan MA.

Namun sayangnya kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren:  Limo Puluh Kota, Simalanggang, Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26251

NB: Pesantren ini terletak di Kecamatan Payakumbuh bukan di Kota Payakumbuh

Website resmi: https://www.maarifassaadiyah.ponpes.id/

Al Furqon Islamic Boarding School

Kredit Foto: Al Furqon

Selanjutnya adalah Al Furqon Islamic Boarding School. Secara umum sama seperti ulasan ICBS diatas, Al Furqon tidak menyebut sekolahnya sebagai pesantren, melainkan Boarding School. Namun karena di dalam pendidikannya penuh dengan nilai keislaman, maka kami masukkan ke dalam ulasan mengenai Pesantren di Payakumbuh.

Dalam menjalankan aktivitas pendidikannya yang berupa jenjang SMP dan SMA, Al Furqon memiliki sebuah visi mulia, yaitu: “Terwujudnya generasi muda Islam yang Sholeh, Sehat, Cerdas, Bersahabat dan berwawasan global sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah”.

Mengenai kurikulumnya, setidaknya ada 4 kurikulum yang menjadi acuan aktivitas pembelajaran di Al Furqon, antara lain:

  • Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
  • Kurikulum Tahfizhul Qur’an dengan Tajwid yang tepat dan hafalan yang Mutqin
  • Kurikulum agama dengan penerapan Adab Islami dan pelajaran Ulumul Syar’I yang terdiri dari :Aqidah, Fiqih Ibadah, Dzikir dan do’a, Sirah Nabawiyah, Bahasa Arab dan Hadits.
  • Kurikulum kekhasan lembaga dengan mengadopsi kurikulum terbaik dari lembaga pendidikan terbaik nasional ataupun internasional

Selain itu untuk meningkatkan berbagai kemampuan santri, maka terdapat banyak ekstrakulikuler. Antara lain tahfidz club, qiroatul kutub, pramuka, hand craft, English club, Arabic club, renang, panahan, berkuda, beladiri, dll.

Sekitar Rp. 10.570.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 1.500.000Biaya bulanan
Sekitar Rp. 2.170.000Biaya tahunan

Alamat lengkap pesantren:  Jl. Tan Malaka No.KM 5, Koto Baru Simalanggang, Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26251

NB: Boarding School ini terletak di Kecamatan Payakumbuh bukan di Kota Payakumbuh

Website resmi: https://alfurqon.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Payakumbuh yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Tinggalkan komentar