(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Pekalongan (2022)

Selain terkenal dengan batik yang sudah diakui kualitasnya, ternyata Pekalongan memiliki banyak pesantren bagus dan keren lho. Nah di artikel ini kami akan membahas referensi pesantren di Pekalongan yang paling bagus. Semoga bermanfaat ya!

Pondok Pesantren Syafii Akrom

Kredit Foto: Elang Exotict

Pesantren di Pekalongan pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Syafii Akrom. Pesantren yang terletak di pusat kota Pekalongan ini berawal dari ide KH. Syafi’i Abdul Majid yang ingin mendirikan pesantren khusus untuk mengkaji kitab kuning sebagai cabang dari Ponpes Al-Qur’an Buaran yang Khusus dijadikan tempat bagi para penghafal Al-Qur’nul Karim. Kemudian di tunjuklah KH. Akrom Shofwan untuk mengelola Ponpes Syafi’i Akrom.

Saat ini Ponpes Syafii Akrom menyelenggarakan 3 program pendidikan, yaitu:

  • Madrasah Diniyah
  • SMP Sains Cahaya Al-Qur’an
  • SMK Sains Cahaya Al-Qur’an

Nantinya setiap peserta didik SMP dan SMK secara otomatis merupakan santri yang akan mengikuti program kajian id Madrasah Diniyah. Pengajiannya dilaksanakan pada pagi, sore dan malam hari. Pengajian ini dihadiri para santri dan terbuka untuk umum (bagi yang berminat mengkaji ilmu agama islam).

Kemudian dalam Pengajian Madrasah Diniyah dibagi dalam 4 (empat) tingkatan/kelas (kelas I’dadiyah, Ula, Wustho & Ulya), dimana satu tingkatan berlanjut ke tingkat berikutnya secara berkesinambungan dan disempurnakan dengan tingkat takhasus. Kitab-kitab yang akan dikaji antara lain: Aqidatul Awam, Hidayatus Sibyan, Tijan Doruri, Al-Jurumiyah, Tuhfatul Athfal, Tafsir Jalalain, Bulughul Maram, dll.

Namun sayangnya kami belum mendapatkan informasi mengenai biaya pendidikannya.

Alamat lengkap pesantren: Jl. KH. Akrom Khasani, Kel. Jenggot, Kec. Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51133

Website resmi: https://www.ponpessyafiiakrom.com/

Pondok Pesantren Modern Al Qur’an Buaran

Kredit Foto: Pondok Pesantren Modern Al Qur’an Buaran

Berikutnya adalah Ponpes Modern Al Qur’an. Pesantren yang berfokus kepada pendidikan Qur’an ini dirikan pada tanggal 22 Juni 1975 oleh KH Syafii Abdul Majid. Pada awal berdirinya pesantren ini mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat, ulama maupun pejabat pemerintah pada waktu itu. Sehingga pada 1975 mendapat kunjungan dari menteri Agama RI yang dijabat oleh Mukti Ali.

Secara garis besar kurikulum pendidikan di pesantren ini lebih diarahkan kepada enam bidang pemahaman, yaitu aqidah/ tauhid, fiqih, bahasa arab, Al-Qur’an, tafsir, tarikh, akhlak dan pelajaran umum. Kemudian pembelajaran di pesantren ini dibagi menjadi dua bidang, yaitu Madrasah Tahfidzul Qur’an dan Madrasah Ulumul Qur’an. Madrasah Tahfidzul Qur’an menggunakan sistem ziyadah (setoran perhalaman dan muroja’ah). 

Adapun Madrasah Ulumul Qur’an mengajarkan aqidah, akhlaq, ilmu fiqih, ushul fiqih, nahwu/shorof, bahasa Arab, imla’/khot Al-Qur’an, hadits, bahasa Inggris, ilmu tajwid, qiro’ah sab’ah, tafsir/ilmu tafsir, tarikh Al-Qur’an dan tarikh islam.

Tak ketinggalan terdapat juga beberapa kegiatan ekstrakurikuler antara lain qiro’ah qur’an/taghoni, pidato, baca berzanji/ Diba’ serta keterampilan menjahit, komputer, memasak dan olahraga.

Untuk pendidikan formalnya, saat ini Ponpes Modern Al Qur’an mengelola jenjang MTs dan kejar paket C.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 2.500.000Biaya masuk
Sekitar Rp. 350.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Pelita II, Buaran, Kec. Pekalongan Sel., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51117

Website resmi: https://www.facebook.com/ponpesmodernalquran/

Pondok Pesantren Ribatul Muta’allimin

Kredit Foto: Google Maps

Selanjutnya adalah Ponpes Ribatul Muta’allimin. Pesantren yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu yang tertua di pekalongan, tepatnya didirikan pada tahun 1911 oleh KH. Saelan. Beliau adalah murid langsung dari salah satu ulama besar nusantara yaitu KH.R. Cholil bin Abdul Latif atau biasa disebut Syeikh Cholil Bangkalan.

Dalam menjalankan pendidikannya, Ribatul Muta’allimin berpedoman pada visinya yaitu: “Menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dengan karakter santri, berahlak mulia, yang berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah demi mewujudkan peradaban manusia untuk islam yang rahmatan lil alamin.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menyelenggarakan pendidikan agama dan sains secara terintegrasi.
  • Menyemai dan menanamkan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah dalam sendi kehidupan masyarakat dan kemasyarakatan.

Saat ini Ponpes Ribatul Muta’aallimin menyelenggarakan dan mengelola pendidikan berupa:

  • Madrasah Diniyah Salafiyah (Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah)

Pembelajaran dengan muatan khusus agama dengan kurikulum terstruktur sesuai tingkatan/kelas untuk mempersiapkan santri dengan ilmu nahwu, sharaf, dan balaghah sebagai perangkat untuk mampu membaca dan memahami kitab-kitab ulama salaf dalam berbagai bidang ilmu keislaman.

  • Madrasah Tsanawiyah (Akreditasi A)

Setingkat SMP

  • Madrasah Aliyah (Akreditasi B)

Setingkat SMA

Mengenai biaya pendidikannya bisa Anda lihat di link ini

Alamat lengkap pesantren: Jl. Hos Cokroaminoto No.57, RW.6, Landungsari, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51129

Website resmi: http://ribatulmutaallimin.ponpes.id/

Pondok Pesantren PDF WALINDO Siti Zaenab Manbaul Falah Kyai Parak Bambu Runcing IV BERBAUR

Kredit Foto: Ulil Albab

Berikutnya adalah Ponpes PDF WALINDO. Pesantren yang memiliki nama sangat panjang ini didirikan oleh KH. Muhammad Al Fardani beserta Ibu Nyai Hj Siti Mahmudah Al Hafidzah pada 8 September tahun 2000. Sesuai namanya, pesantren ini menggunakan pendidikan dengan pola PDF (Pendidikan Diniyah Formal) yang meliputi Wustha’ (setingkat tsanawiyah) dan Ulya’ (setingkat aliyah). 

Adapun PDF adalah sebuah program pemerintah melalui Kementerian Agama dengan tujuan memunculkan generasi yang ahli di dalam ilmu agama islam (Mutafakih fiddin) sebagai kader ulama penerus ajaran Rasulullah SAW yang dibawa oleh Auliya’ (Wali Songo) yang berasas Ahlussunnah Wal Jamaah yang sangat dibutuhkan demi menjaga keutuhan NKRI.

Kemudian Sistem pendidikan yang diselenggarakan di pesantren ini adalah pendidikan dengan model pesantren salaf yang konsisten memegang teguh tradisi Ulama‟ Salaf As sholih. Dengan menggunakan kurikulum berbasis kitab kuning yang terbagi dalam tujuh tingkatan dimulai dengan tingkat Wustha selama tiga tahun, Ulya selama tiga tahun, kemudian takhasus selama satu tahun. Persentase pendidikan meliputi 80% kitab kuning dan 20% pendidikan umum.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 2.500.000Biaya masuk Wustha
Sekitar Rp. 2.750.000Biaya masuk Ulya
Sekitar Rp. 500.000Biaya bulanan Wustha & Ulya

Alamat lengkap pesantren: Jl. Gusdur No.1, Boyo Tlk., Kec. Siwalan, Pekalongan, Jawa Tengah 51137

Website resmi: http://pdfwalindoberbaur.ponpes.id/profil.php

Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha

Kredit Foto: Fatah Yasin

Selanjutnya adalah Ponpes Al Fusha. Pesantren yang dibawah naungan Yayasan Fasihul Lisan ini didirikan oleh Rama K.H.M. Dzilqon bersama istri beliau Umi Nyai Hj Uswatun Hasanah. Tujuan awal dari pendiriannya adalah ingin menyelenggarakan pendidikan terpadu antara pendidikan salaf dan pendidikan umun.

Dalam menjalankan pendidikannya, Al Fusha berpegang pada visinya yaitu: “Menjadi lembaga pendidikan unggulan yang memadukan pengajaran agama Islam khas salafiyah dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sebagai bekal pengembangan keislaman dan dakwah multikultural.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Melaksanakan pembelajaran terpadu antara pesantren, sekolah dan madrasah diniyah.
  • Mengembangkan manajemen lembaga yang agamis, sehat, dan dinamis.
  • Membekali pengetahuan santri melalui tenaga pengajar yang profesional sesuai bidangnya.
  • Ikut serta dalam membangun masyarakat melalui kegiatan-kegiatan dan kajian-kajian keislaman.
  • Meningkatkan kompetensi lulusan pondok pesantren melalui pembekalan akhlakul karimah, skill, serta pengamalan ilmu sesuai tuntunan agama Islam dengan faham ahlussunah wal jamaah bersumber dari Al Qur’an, Al Hadist, Ijma’ dan Qiyas.
  • Memfasilitasi berbagai kegiatan untuk menunjang keterampilan dakwah.

Saat ini Ponpes Terpadu Al Fusha menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegerasi dengan pendidikan formal jenjang:

  • SMP
  • SMA
  • SMK (Jurusan Akuntansi, Tata Busana, dan Teknik Sepeda Motor

Mengenai biaya pendidikannya bisa Anda klik di

Biaya pendidikan SMP

Biaya pendidikan SMK

Alamat lengkap pesantren: Jalan Desa Rowocacing – Pakisputih Km.1, Kec. Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah 51173

Website resmi: http://alfusha.ponpes.id/

Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum

Kredit Foto: IMBS Miftahul Ulum Pekalongan

Berikutnya adalah Ponpes Muhammadiyah Miftahul Ulum. Pesantren ini resmi berdiri pada 15 Juni 1997. Pendiriannya diputuskan atas hasil keputusan Rapat Pleno Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pekajangan. Kala itu yang ditetapkan menjadi pimpinannya adalah KH. Syukron Madani Qahmad Ambari.

Dalam menjalankan pendidikannya, Miftahul Ulum berpedoman pada visinya yaitu: “Terwujudnya pendidikan pesantren yang berwawasan International dan berkualitas dalam menyiapkan kader Muhammadiyah dan kader umat.” Dari visi ini lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Menyelenggarakan pendidikan pesantren modern berwawasan internasional.
  • Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan kader – kader Muhammadiyah dan umat yang siap melaksanakan dakwah islam.
  • Mempersiapkan calon pememimpin dan kader yang unggul, berkualitas menuju terbentuknya khairaummah (umat terbaik).
  • Mempersiapkan ulama intelek dan intelek ulama yang memiliki keseimbangan zikir dan pikir.

Mengenai kurikulumnya, pesantren ini menggunakan kurikulum terpadu dengan menggabungkan antara madrasah dengan Pesantren yang dikolaborasikan dengan kurikulum KMI (Kulliyatul Mu’allimin Islamiyah). Kerangka dasar kurikulum Miftahul Ulum Pekajangan terdiri dari:

  • Ilmu Agama
  • Ilmu Akhlak
  • Ilmu pengetahuan dan Teknologi
  • Kesenian

Kemudian terdapat juga berbagai kegiatan penunjang bagi terbentuknya kualitas santri seperti mengintensifkan komunikasi harian dalam bahasa Arab dan Inggris, kegiatan seni dan olah raga, serta ketrempilan mengoperasionalkan komputer dan sebagianya.

Saat ini Ponpes Muhammadiyah Miftahul Ulum menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal SMP dan SMA.

Mengenai biaya pendidikannya bisa Anda klik di link ini

Alamat lengkap pesantren: Gg. 9 No.105, Kambang Tengah, Ambokembang, Kec. Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah 51173

Website resmi: http://imbs-miftahululum.sch.id/

Assalam Boarding School

Kredit Foto: Fatah Yasin

Pesantren di Pekalongan terakhir yang akan kami bahas adalah Assalam Boarding School. Dari namanya, sejatinya Assalam bukanlah pesantren, melainkan sebuah Boarding School. Namun karena Boarding School adalah sekolah berasrama dan terdapat juga program khusus keislaman, maka kami masukkan ke ulasan mengenai pesantren di Pekalongan.

Dalam menjalankan pendidikannya, Assalam berpedoman pada visinya yaitu: “Terwujudnya generasi Qur’ani pengemban risalah Islam, berakhlak mulia, berilmu pengetahuan, terampil dalam hidup dan siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.” Dari visi tersebut lahirlah beberapa misi pendidikan berupa:

  • Melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an yang terpadu.
  • Membentuk karakter islami pada peserta didik dan semua civitas akademika.
  • Menyiapkan kader dakwah yang tangguh.
  • Melaksanakan pembelajaran secara menyeluruh dan seimbang antara aspek fikriyah, ruhiyyah dan jasadiah.
  • Mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik.
  • Menerapkan strategi pembelajaran yang menyenangkan, efektif, dan islami.

Menjadikan Assalaam Boarding School Pekalongan sebagai lembaga yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan islam yang terintegrasi.

Untuk kurikulumnya, Assalam menerapkan kurikulum Nasional yang diperkaya dengan kurikulum tarbiyah islamiyah (pendidikan Islam). Kurikulum tarbiyah islamiyah Assalaam yang dimaksud adalah tambahan muatan Pelajaran Diniyah (agama Islam), Program Tahfizhul Qur’an (hafalan Al qu`an), Kepanduan/Kepramukaan, Mentoring Islamic Character Building, dan Kewirausahaan.

Saat ini Assalam Boarding School baru mengelola pendidikan SMPIT.

Mengenai biaya pendidikannya

Sekitar Rp. 12.265.000Biaya masuk putra
Sekitar Rp. 12.840.000Biaya masuk putri
Sekitar Rp. 1.200.000Biaya bulanan

Alamat lengkap pesantren: Jl. Ir. Sutami, KM-1 Sokorejo, Kalibaros, Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51129

Website resmi: https://assalaam.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Pekalongan yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 7 Pondok Pesantren di Semarang Paling Bagus (2021)

Tinggalkan komentar