Anda sedang mencari pondok pesantren di Pringsewu? Tepat sekali jika mampir di artikel ini.

Perlu Anda ketahui, saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs kemenag, di Pringsewu terdapat sekitar 14 Pondok Pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 2.082. Jumlah tersebut terbagi menjadi 1.902 santri mukim, dan 181 santri non mukim alias ngalong.

Pondok Pesantren Nurul Huda Pringsewu

Ponpes Nurul Huda Pringsewu
Kredit Foto: Nurul Huda

Pesantren pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Nurul Huda. Pesantren ini bisa disebut sebagai pesantren tertua yang ada di tanah Pringsewu. Telah berdiri sejak tahun 1966, pesantren ini telah terbukti mampu menghasilkan ribuan santri yang berguna bagi bangsa dan Negara.

Pesantren ini memiliki metote pendidikan khas pesantren NU, yaitu memiliki kegiatan harian melalui pendalaman kitab kuning. Sehingga penguasaan ilmu alat, seperti bahasa arab menjadi menu wajib melalui nahwu dan sharf yang matang. Selain itu tentu saja sebagai pesantren NU, para santrinya memiliki pemahaman aswaja yang sangat kuat.

Adapun sarana dan prasarana yang tersedia untuk menunjang pendidikan di pesantren ini antara lain:  3 komplek asrama, puskestren, perpustakaan, lahan pertanian, mushala terpisah antara putra dan putri, dll. Selain itu terdapat juga ragam ekstrakulikuler seperti: pramuka, tenis meja, tahfidz, kaligrafi, ragam olahraga, dll.

Yang istimewa adalah, pesantren ini beberapa kali mampu meraih juara festival video pendek Kemenag RI tingkat nasional, 2017 dan 2018. Itu artinya multimedia di pesantren ini bagus. Oleh sebab itu programnya cukup variatif dan menjadi salah satu pesantren terbaik di Pringsewu.

Saat ini Ponpes Nurul Huda Pringsewu menyelenggarakan pendidikan tingkat MTS, MA, dan SMK. Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai rincian biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Ki Hajar Dewantara No.42/55, Pringsewu Tim., Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung 35373

Website resmi: https://yppnhpringsewu.sch.id/

Pondok Pesantren Al Hidayah

Ponpes Al Hidayah Pringsewu

Berikutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Hidayah. Pesantren ini bisa dikatakan tergolong paling lengkap secara jenjang. Terdapat jenjang pendidikan mulai setingkat MI-MA.

Pesantren ini secara identitas jika dilihat dari visinya adalah pesantren sunnah yang berpegang pada pemahaman salafus shalih. Maka jangan heran, ketika Anda melihat brosur ataupun websitenya, maka disana tidak ditampilkan satu wajah pun. Selain itu di pesantren ini setiap santriwati wajib memakai cadar.

Kelebihan pesantren ini yang cukup baik adalah pada bidang tahfidz Quran. Bagi santri jenjang sekolah dasar targetnya tiga juz, untuk jenjang berikutnya adalah hafal 15 juz. Ada pula jenjang khusus menghafal 30 juz Al Quran. Bahkan hebatnya lagi, beberapa kali santri dari pesantren ini menjadi juara lomba tahfidz Quran, seperti juara umum olimpiade Al Quran Provinsi Lampung, dsb. 

Satu hal lain yang menjadi unggulan dari pesantren ini adalah bahasa arab. Disini setiap santri memiliki target untuk bisa membaca kitab ulama terdahulu. Bahkan jika ingin masuk jenjang Aliyah dan belum bisa bahasa arab, atau tidak lulus, maka ada satu tahun jenjang persiapan bahasa arab.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan, maka harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk jenjang MI: sekitar Rp. 6.500.000
  • Biaya masuk jenjang MTS : sekitar Rp. 7.500.000
  • Biaya masuk jenjang MA: sekitar Rp. 8.500.000
  • Biaya bulanan jenjang MI: sekitar Rp. 600.000
  • Biaya bulanan jenjang MTS dan MA: sekitar Rp. 700.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Way sekampung, Ds pamenang, Pagelaran, Pringsewu Lampung 353573

Website resmi: http://mahadalhidayah.com/

Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Pagelaran

Ponpes Madinatul Ilmi Pagelaran

Selanjutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Madinatul Ilmi. Pesantren yang satu ini terbilang cukup muda. Baru berdiri pada tahun 2006, meskipun begitu pesantren ini telah mampu mendidik santrinya sesuai program yang diambil masing-masing santri.

Pesantren ini memiliki beberapa program. Pertama, program madrasah diniyyah. Program ini adalah program pendidikan yang fokus pada pembelajaran kitab kuning dengan tingkatan Ula selama empat tahun, Wustha selama tiga tahun, dan Ulya selama tiga tahun.

Masing-masing memiliki 18 jam pelajaran selama satu minggu. Artinya satu hari rata-rata sekitar tiga jam. Fokus diniyyah seperti ini layaknya pesantren Al Anwar Rembang, juga pesantren lain di Jawa Timur.

Kedua, program pendidikan formal. Pesantren ini juga sebagaimana layaknya pesantren pada umumnya menyelenggarakan pendidikan formal. Di Ponpes Madinatul Ilmi terdapat jenjang pendidikan setingkat MTS dan SMK yang bisa diambil oleh setiap santrinya. Ketiga, program khusus tahfidz Al-Qur’an.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan, maka harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya pendidikan selama setahun 2 kali makan: sekitar Rp. 4.200.000
  • Biaya pendidikan selama setahun 3 kali makan: sekitar Rp. 5.600.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Raya Gumukrejo KM.42 No.677, Gumuk Rejo, Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Lampung 35376

Website resmi: https://www.madinah.or.id/

Pondok Pesantren Al Ansor Putri Pringsewu

Pesantren Khusus Putri Pringsewu
Kredit Foto: Kosin

Berikutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Ansor Putri Pringsewu. Sesuai namanya, pesantren ini hanya dikhususkan untuk perempuan. Pesantren ini masih berusia 7 tahun, namun meskipun begitu pesantren ini sudah berhasil menelurkan ratusan perempuan shalehah.

Ada dua program yang cukup menarik. Pertama pesantren ini hanya fokus kepada pendidikan jenjang menengah atas, SMA. Di program ini, pesantren menyelenggarakan kurikulum campuran kemenag dan diknas. Kedua adalah program khusus tahfidz Quran. Program ini untuk siswi usia antara 15 sampai dengan 25 tahun. Targetnya adalah 30 juz.

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan, maka harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 7.000.000
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 750.000 – 850.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Way Bayas, Panjerejo, Kec. Gadingrejo, Kab. Pringsewu, Lampung. 35372

Website resmi: https://www.ppialanshorputri.com/2019/11/informasi-pendaftaran-santri-baru-ppi.html

Pondok Pesantren Sunan Jati Agung

Pesantren Sunan Jati Agung

Selanjutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Sunan Jati Agung. Pesantren yang satu ini merupakan pesantren yang didirikan seorang Habib lulusan Universitas Al Azhar, yaitu Maulana Habib Yahya Assegaf.

Pesantren ini memiliki metote pendidikan khas pesantren NU, yaitu memiliki kegiatan harian melalui pendalaman kitab kuning. Sehingga penguasaan ilmu alat, seperti bahasa arab menjadi menu wajib melalui nahwu, sharf dan balaghah yang matang. Selain itu tentu saja sebagai pesantren NU, para santrinya memiliki pemahaman aswaja yang sangat kuat.

Uniknya, di pesantren ini tidak memiliki jenjang pendidikan formal. Pendidikannya 100% hanya berkutat dengan pengkajian kitab-kitab warisan para ulama salaf.

Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai rincian biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jati Agung, Ambarawa, Pringsewu Regency, Lampung 35376, Indonesia

Website resmi: –

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Husna Pringsewu

Ponpes Tahfiz Al Quran Al Husna

Berikutnya, pesantren yang akan kami bahas adalah Ponpes Tahfidz Al Husna. Pesantren ini merupakan Pondok Pesantren Salafiyah dengan manajemen modern. Sesuai namanya, pesantren ini mempunyai Program yang khas, yaitu Tahfizhul Qur’an.

Santri diajarkan berbagai metode dalam hal menghafal al-Qur’an. Rata-rata Santri dapat menyelesaikan hafalan 30 juz yang relatif cepat yakni selama 1,5 tahun. Yang mana Sanad hafalan Qur’an nya mutawasshil sampai Rasulullah SAW.

Selain fokus dalam hal hafalan al-Qur’an, terdapat juga madrasah diniyah yang di dialamnya banyak kajian Kitab kuning. Tak ketinggalan, terdapat program unggulan lain seperti: Pengembangan IT dan Pengembangan bahasa Arab dan Inggris serta Life Skill (Keterampilan Hidup). 

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang kami dapatkan, maka harus menyediakan dana sejumlah:

  • Biaya masuk seluruh program: sekitar Rp. 4.000.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama)
  • Biaya bulanan seluruh program: sekitar Rp. 550.000

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Jl. Bhayangkara Gg. Al-Furqon No.03 RT.01 RW.02 Pringsewu Barat Kec. pringsewu Barat Kab. Pringsewu – 35373

Website resmi: https://pptqalhusna.sch.id/

Insan Mulia Boarding School

Insan Mulia Boarding School
Kredit Foto: Kang Cucu

Terakhir, pesantren yang akan kami bahas adalah Insan Mulia Boarding School. Pesantren yang satu ini usianya terbilang sangat muda, tepatnya baru berusia 4 tahun. Namun meskipun begitu, pesantren ini memiliki bangunan yang terbilang sangat megah.

Islamic Boarding School di Pringsewu ini memiliki dua identitas pokok, yaitu pendidikan formal, dan tahfidz Quran. Dari kegiatan harian, dua hal ini cukup dominan. Targetnya adalah dalam tiga tahun, baik jenjang SMP atau SMA, setiap santri mampu menghafal 7 juz.

Oleh sebab itu pesantren ini pernah juara nasional tahfidz Quran kategori lima juz pada hari santri nasional 2019. Kemudian di asrama penggunaan bahasa Arab dan Inggris menjadi salah satu kebiasaan positif yang dibangun di tengah santri.

Namun sayangnya, kami belum berhasil mendapatkan informasi mengenai rincian biaya masuk dan bulanannya.

Adapun alamat lengkap pesantren ini adalah: Pringsewu Sel., Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung 35376

Website resmi: imbos.sch.id/

Kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren di Pringsewu yang mana? Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya!

Baca Juga:

Daftar ++500 Pesantren Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 7 Pesantren di Bandar Lampung

Rekomendasi 9 Pesantren di Metro

2 pemikiran pada “(REVIEW) Rekomendasi 7 Pesantren di Pringsewu (2022)”

Tinggalkan komentar